Beginilah Dampak Jika Kau Tak Sayangi Ginjalmu



Bukan cuma kekasih saja yang disayang. Ginjal pun harus diperhatikan dan disayang. Jangan sampai gagal ginjal dan jadi meninggal, seperti teman suamiku.

"Teman saya meninggal gara-gara kebanyakan minum aleale, kopi, isotonik, tapi gak minum air putih, ginjalnya kena infeksi. Padahal masih muda, kasihan anak istrinya".

Haduh, bikin sedih saja.

"Hati-hati. Kamu kan juga sering banget minum teh manis, jarang banget keliatan minum air putih", lanjutnya. 

"Iyaaa, soalnya suka eneg kalau minum air putih", jawabku.

"Ingat lho, dulu kamu pernah cerita kakekmu pernah cuci darah, nenekmu pernah sakit kencing batu. Bisa saja penyakit itu menurun ke kamu", nasihat suamiku yang semakin membuatku berfikir. 

Memang sih, akhir-akhir ini aku kurang peduli dengan asupan cairan ke tubuh ini. Namanya juga ibu-ibu, saking repotnya makan minum tuh suka sekenanya saja. Beda banget dengan suami, dia mah selalu peduli terhadap apa yang akan masuk ke dalam mulutnya itu.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!

Bagaimana dengan kamu? Hati-hati ya, jangan sampai kita menjadi salah satu orang yang menderita gagal ginjal. Karena menurut penelitian Riskesdas 2018, dari satu juta orang di Indonesia sendiri sudah ada 3.800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis.

Sedangkan di dunia, ada lebih dari 850 juta orang di dunia mengidap penyakit ginjal, artinya berjumlah dua kali lipat dari jumlah pengidap diabetes dan 20 kali lebih banyak dari kanker sebanyak 42 juta.


Memperingati Hari Ginjal Sedunia


Dan hari Minggu tanggal 24 Maret lalu, Danone-AQUA ikut memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) 2019 yang jatuh pada setiap tanggal 14 Maret. Beruntung, aku bisa ikut serta di dalamnya. 

Dan di kawasan jalan Thamrin 10 Jakarta ini, aku seperti diingatkan kembali akan pentingnya ginjal yang sehat. Peserta diajak berolahraga dan kembali minum air putih. Ramai banget pesertanya, seru!

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Acara interaktif dan edukatif ini mengusung tema “Gaya Hidup Sehat dengan Aksi Hidrasi Sehat”. Ada funwalk, senam zumba, talkshow bersama para dokter ahli, arena pledge Hidrasi Sehat dan peluncuran aplikasi AQUA Hydration Calculator yang dapat membantu menghitung kebutuhan hidrasi. 



Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Danone-AQUA juga telah mendistribusikan stiker urine color chart (PURI – Periksa Urin Sendiri) di lebih dari 1.000 lokasi di seluruh wilayah Indonesia agar masyarakat bisa menilai air kencingnya sendiri. Apakah bening apa keruh? Hal ini bisa menjadi kewaspadaan kesehatan ginjal.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Sesuai dengan misi dan visi Danone-AQUA, “One Planet One Health” yang ingin terus menginspirasi masyarakat Indonesia agar menjaga hidrasi sehat melalui makanan dan minuman.

Menurut Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK, selaku Ketua Indonesia Hydro Working Group (IHWG), acara ini patut didukung penuh karena sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan gerakan Ayo Minum Air (AMIR) agar masyarakat peduli akan pentingnya gaya hidup sehat sejak awal, bebas keluhan masalah ginjal.

Dalam hal ini, ginjal termasuk organ tubuh penting, tapi sering dilupakan. Fungsinya untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah yang nantinya akan dibuang bersamaan dengan air kencing (urine).

Untuk membantu memperlancar pembuangan urin yang penuh racun, beliau menyarankan agar kita membiasakan minum air putih dengan cara-cara berikut:

1. Pilihlah air minum murni dengan PH normal, tak perlu yang bernilai basa (alkali). Kurangi minum minuman manis kemasan.

2. Bawalah air dalam kemasan yang mudah dibawa, agar tidak terlambat minum, seperti air putih botolan.

3. Jika merasa eneg, air putih bisa ditambahkan irisan buah seperti lemon, strawberry, kiwi, dan lainnya, agar terasa lebih segar.

4. Minumlah air putih dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Pastikan tubuh bisa menerima dengan baik.


Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Pesan ini juga diamini oleh Dr. Tria Rosemiarti, selaku Hydration Science Director Danone-AQUA. Beliau menjelaskan bahwa Aqua berasal dari sumber mata air yang telah teruji klinis, memiliki PH 7, dan dikemas dalam botol yang mudah dibawa kemana saja.

AQUA tetap peduli kesehatan lingkungan lho, jadi botol-botol yang tak digunakan lagi, akan dikumpulkan dan dapat didaur ulang menjadi berbagai kebutuhan, seperti kaos, perabotan rumah tangga, dan lainnya.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!



Masalah Yang Terjadi Jika Kurang Minum Air (Dehidrasi)

Jika ginjal mengalami kerusakan, otomatis fungsi menyaring darah pun rusak, tak berfungsi baik, akhirnya menimbulkan limbah yang menumpuk dalam ginjal dan menjadi racun di tubuh. Itulah yang disebut gagal ginjal

Sayangnya, gejala sakit ginjal seringnya tidak spesifik, sering salah kira. Menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, selaku dokter spesialis penyakit dalam, banyak sekali pasien yang datang berobat ketika kasus penyakit ginjalnya telah parah. Jika sudah banyak komplikasi akan sulit disembuhkan, sehingga pengobatan menjadi lama bahkan harus cuci darah. Katanya, sakit banget lho kalau sudah cuci darah 😑😑

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Padahal untuk mencegah hal itu kita hanya perlu minum air putih secara teratur minimal 1.6 Liter setara 8 gelas setiap hari", begitu pesan dokter yang aktif juga sebagai Dekan FKUI. Walau pun resikonya jadi sering buang air kecil namun kinerja ginjal dan saluran kemih jadi ringan tanpa limbah racun. Jangan lupa cek kondisi warna urinnya!


Waspada ya buat kamu yang jarang olahraga, selalu berada di ruang AC, biasanya jarang haus, akibatnya sering akan melupakan minum air putih dan dehidrasi. Untuk itu, dr. Ari menyarankan kepada kita semua agar seringlah berolahraga, sekedar berjalan kaki di udara luar, agar berkeringat sehingga otomatis kita akan minum air putih.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Beliau sangat menekankan bahwa minum air putih tak perlu yang mahal dengan embel-embel air alkali, karena menurut penelitian air tersebut belum terbukti klinis dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

Jika kekurangan minum air putih, kita akan merasakan berbagai masalah penyakit dari mulut hingga dubur. Antara lain:

1. Masalah mulut: kerusakan gigi, sariawan, bau mulut, bahkan radang tenggorokan karena kering.

2. Masalah Jantung dan paru-paru: jika seseorang mengalami dehidrasi, kerja aliran darah dan udara semakin cepat, bisa menyebabkan hipertensi, sesak nafas.

3. Masalah fungsi Otak: kekurangan cairan bisa menyebabkan fungsi otak terganggu, cepat emosi, pingsan, bahkan koma. 

4. Masalah Pencernaan: tukak lambung, sembelit, perut kembung, susah buang air besar, ambeyen, hingga kanker usus.

5. Masalah Saluran kemih: kurang minum air putih dapat menyebabkan infeksi seperti anyang-anyangan.

6. Masalah Kulit: dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, cepat keriput, mudah berjerawat, gatal-gatal, bahkan kasar.


Manfaat Minum Air Putih Bagi Seorang Adinia Wirasti

Seperti yang dirasakan Adinia Wirasti, aktris dan pelaku gaya hidup sehat. Dia selalu menyempatkan diri berolahraga di sela-sela kesibukannya, memastikan harus sedia air putih dalam 4 botol ukuran 1.5 L untuk kebutuhan selama sedang menjalani syuting.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!


Hal ini akan membuatnya tak cepat lelah, tetap enjoy menikmati waktu kerja yang 'ajaib' tak kenal pagi siang sore malam. Dengan rutin minum air putih, kulitnya terasa dingin, otot tubuhnya tidak sering keram lagi, tentunya lebih berkonsentrasi dalam berakting.

Meskipun sering minum air putih, Adinia tidak malas buang air kecil, karena dia meyakini bahwa semakin banyak minum air putih akan semakin banyak racun junk food yang keluar bersama urin, tidak  kena anyang-anyangan, badan pun semakin sehat.

Perhatikan dan Sayangi Ginjalmu Sebelum Terlambat!

Untuk itu, mari sayangi ginjal kita mulai sekarang, #loveyourkidney. Dan #HanyaAQUA yang peduli dan mengajak masyarakat untuk memperingati #WorldKidneyDay. Ayo minum air putih..!



Salam Sehat
-Lia Lathifa-

33 komentar:

  1. tetanggaku juga abis cuci darah gegara kebanyakan minum energy drink, padahal masih muda juga, kayaknya dia lgsg shock dan insaf minum begitu2an deh, karena inget anak istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah kok sama ya nasibnya, untung sih belum sampai kolaps ya. Yuk ah jadi pengen minum air putih terus deh

      Hapus
  2. Air putih itu emang penting banget ya untuk kelancaran peredaran jalan darah dan memebersihkan segalanya di dlm tubuh kita. Saya juga membiasakan ke anak2 dr skrg minimal minum 2 botol. Kalau jalan pasti sedia air putih juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, anak-anak itu rentan banget kalo gak minum air putih, makanya biasakan

      Hapus
  3. Aku aja dinasehatin dokter bahwa minum air putih itu jangan menunggu haus dulu. Jadi meskipun ga haus biasakan minum deh kan 8L minimal per hari ya. Abis olahraga berenang atau sambil berenang aku siap sedia taruh botol minuman di pinggir kolamnya. Peduli kesehatan harus dimulai sekarang juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih mba Nurul sudah berhasil menerapkan gaya hidup sehat meskipun sambil berenang tetap banyak minum air putih

      Hapus
  4. Wah seru banget nih bisa ikutan acaranya juga

    BalasHapus
  5. Wah bener banget tuh, jangan hanya kekasih aja yang di sayang haha

    BalasHapus
  6. Menjaga kesehatan ginjal itu memang sangat penting ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget mbak tapi sering dilupakan

      Hapus
  7. Air putih itu memang penting banget ya buat kesehatan diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting buat kesehatan. Jangan lupa minum air putih ya

      Hapus
  8. Wah bermnafaat banget nih artikelnya. Sepertinya aku harus lebih banyak lagi nih minum air putihnya

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, aku hampir tiap kemana2 bawa air putih Mba. Udah kebiasaan, jd sulit dihindari. Meski gak punya turunan sakit ginjap, tapi kebiasaan baik minum air putih harus dijaga ya, suami jg nih musti diingetin selalu. Ohya, malah baru tau ada hari ginjal sedunia, Aqua keren acaranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Amel memang hebat deh udah membiasakan minum air putih, pastinya Aqua mendukung agar ginjal orang Indonesia sehat

      Hapus
  10. Banyak sekali manfaat minum air jangan sampai kekurangan . Ingat tmn gara gara kurang air dia kena stroke ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah bisa stroke juga ya, hipertensi itu kali ya penyebabnya, darah terlalu mengental

      Hapus
  11. Mba, ada temanku yang mengalami seperti yang mba ceritakan. Dia meninggal gagal ginjal juga karena semasa hidup jaramg minum air putih karna slalu minum minuman bersoda :(. Makasih sudah berbaginya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah kan lagi-lagi minuman manis dan bersoda. Yukk minum Aqua biar gak bermasalah ginjal kita

      Hapus
  12. Kalau lagi kehausan mah, boro2 mau mikir ya mba, yg ada malah lemeees. Makanya sebisa mungkin kemanapun selalu siap sedia air putih kalau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, senewen aja bawaannya. Memang sebaiknya sedia di tas supaya siap siaga

      Hapus
  13. Baca ini langsung ingat Bapakku di Garut yang kurang minum di sehari2nya. Terlalu sibuk padahal sering diingatkan Mamah,tapi ya paling minum dikit-dikit aja. Akhirnya sempet dinyatakan ada batu di ginjalnya, yang Alhamdulillah sudah dihancurkan beberapa tahun silam. Tapi hal itu jadi concern buatku dan Adikku yang saat ini tinggalnya jauh dari Orangtua, kami jadi sering mengingatkan Bapak walau sebatas di Telpon atau Video Call. Minum air putih itu penting dan memang manfaatnya cukup signifikan ya Mba Li. Kita juga harus semangaaat minum air putih yang cukup supaya senantiasa sehat. Amiin Ya Rabb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, sehat ya bapak. Ayo banyak minum air putih ya pak, udah diingetin ibu tuuh

      Hapus
  14. Duhh mbaa... postingan ini bikin aku makin sadar buat jaga kesehatan. Maklum ya, sebagai penderita diabetes aku kudu jaga angka normal gula darah. Soalnya kalau ngga bisa merembet ke semua penyakit... Thanks for sharing yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya kemarin dr. Ari juga bilang penderita diabetes itu pastinya beser terus, makanya harus dibantu masukkan lagi cairan melalui minum

      Hapus
  15. Aku selalu ngingetin suami sama anak-anak buat rajin minum air putih mba.. Pernah kejadian soalnya aku ngalamin pasir di ginjal, untungnya belom jadi batu.. Itu kejadiannya pas lagi menyusui, jadi kebutuhan minum kan juga mesti banyak ya.. Nah aku kayaknya emang lagi kurang minum. Sakitnyaaa warbyasa deh, gak mau lagi aku ngalamin itu.. Aku sekarang selalu rajin minum air putih jadinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah ada lagi pasir ginjal, buang pake air Aqua bisa kali ya. Sehat terus ya mbak dan tetap menginspirasi

      Hapus
  16. air putih sering dianggap enteng namun khasiatnya luar biasa utamanya untuk ginjal kita.

    BalasHapus
  17. Olahraga dan eurin minum air putih sebenarnya murah dan bisa mencegah penyakit seperti gagagl ginjal, sayang kita kerap abai.
    Langkah-langkah di atas sangat membantu otang awam agar tahu. Pips keruh itu ternyata karena kita kebanyakan makan makanan sampah. Jadinya banyak minum air putih semacam cara efektif agar pipis tak keruh lagi. Inilah keajaiban air minum.
    Saya harus melarang Palung jajan minuman kemasan manis, masih bandel dan harus saya tunjukkan tulisan tentang bahayanya terlalu banyak jajan demikian, susah kontrol kalau di sekolah, harus diberi pengertian. kasih bekal air dari rumah.

    BalasHapus
  18. Jadi inget waktu SMA dulu aku pernah kena gejala ginjal gara2 kurang minum air putih, tiap brp hari sekali harus terapi, ga enak bgt rasanya, sejak saat itu mulai banyak minum air putih

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, jangan lupa gunakan akun googlemu agar tidak menjadi spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com