Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan Ini.

Hai.. pernahkah anda merasa kebelet ingin pipis, tetapi keluarnya sedikit, gak tuntas, jadinya bolak balik saja ke kamar mandi, tidak nyaman, terasa sakit saat buang air kecil, bahkan ada rasa panas? 

Yap, gejala tersebut dikenal dengan sebutan anyang-anyangan. Jeungjeuriheun, kalo kata orang sunda mah. 

Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.

Menurut survey, anyang-anyangan lebih banyak diderita oleh perempuan. Perbandingannya adalah 5 dari 10 orang perempuan dinyatakan pernah mengalaminya. Bahkan 60% kasus menunjukkan kalau anyang-anyangan bisa kembali kambuh dan berulang.. *glek.

Aku juga pernah merasa anyang-anyangan, tepat bersamaan saat sedang haid. Aduh, rasa gak nyaman itu jadi kian bertambah-tambah. 

Sebel kan, area intim jadi terasa semakin lembab karena sering cebok dan ada pembalut juga. Apalagi kalau ditambah ada ruam kulit di selangkangan. [Baca: Mengatasi Ruam Kulit Pada Selangkangan]

Gak cukup membersihkannya dengan air biasa. Aku tambah dengan pembersih ekstrak daun sirih. Tapi gak ada pengaruhnya.

Iyaa, mengaku deh, anyang-anyangan di saat haid ini memang kelalaianku. Waktu itu nekat bepergian jauh bersama ketiga anakku hanya karena ingin bersilaturahim. Kebetulan suami tidak bisa ikut serta. 

Apa sih penyebab anyang-anyangan?

Menurut medis, anyang-anyangan itu adalah gejala awal Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ditandai rasa perih saat buang air kecil (dysuria), rasa terbakar, pinggul terasa gak nyaman, bahkan sampai ada yang demam dan mual.

Gejala infeksi saluran kemih dibagi dua, yaitu:
  • ISK bagian atas, infeksinya terjadi pada bagian ginjal dan ureter. Biasanya   mengalami rasa nyeri hebat, pinggul terasa gak enak, bahkan bisa demam. Ini harus segera cek ke dokter spesialis urologi untuk diperiksa lebih lanjut.
  • ISK bagian bawah, infeksi terjadi pada bagian bawah saluran kemih menuju lubang pembuangan urin. Bisa kena pada bagian kandung kemih (sistitis) atau pada saluran kemih. Nah, anyang-anyangan termasuk pada bagian ini.

PERHATIAN..!

Perempuan lebih rentan terkena anyang-anyangan dibanding laki-laki, alasannya karena saluran kemih (uretra) perempuan lebih pendek. Berukuran sekitar 2,5 - 4 cm saja, sehingga kuman lebih mudah masuk kedalam kandung kemih melalui saluran tadi.

Terlebih anatomi area intim perempuan itu sangat dekat dengan anus. Ada kemungkinan lebih rentan tertular bakteri dari anus. Bakteri yang sering ditemukan adalah Escherichia Coli (E. Coli) yang umumnya sering ada di usus besar.


Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.


Jika bakteri E. Coli banyak yang keluar melalui anus, ia akan masuk melalui uretra dan menempel ke dinding kandung kemih, lalu membentuk biofilm yang kebal terhadap respon imun.

Ditambah jika anda sedang haid, pembalut lembab, kena darah kotor, celana dalam yang dipakai terlalu ketat, kurang menjaga kebersihan, air yang dipakai kurang bersih, serta kurang minum air putih, maka tak heran jika anyang-anyangan juga bisa terjadi.


Bagaimana cara mengatasi masalah anyang-anyangan saat haid?


Untuk mengatasi masalah anyang-anyangan sebenarnya gampang dibandingkan jika sudah berlarut-larut hingga menyerang ginjal.

Menurut beberapa sumber yang aku rangkum dan dipraktekkan, solusi mengatasi anyang-anyangan saat haid adalah dengan hal berikut:
  • Sering membersihkan area intim dengan seksama setiap 2-4 jam sekali. Saat cebok selesai buang air kecil (BAK), arahkan usapan air ke arah depan. Sedangkan setelah buang air besar (BAB), arahkan air ke belakang melewati anus. Hal ini dapat mencegah kuman tertinggal dan berkembang biak.
  • Saat di toilet umum, gunakan air keran saat membersihkan BAK maupun BAB. Jangan menggunakan air dalam ember, resiko terpapar air kotor pun bisa terjadi.
  • Ganti pembalut maksimal 4 jam sekali. Keringkan area intim dengan tissue selesai cebok agar sisa air tidak menimbulkan lembab.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun agar sirkulasi udara tetap baik dan tidak lembab. Hindari penggunaan celana dalam maupun legging yang amat ketat.
  • Rajin berolahraga agar stamina dan imunitas tubuh lebih baik, tidak mudah terserang infeksi kuman.
  • Minum jus buah cranberry yang kaya antioksidan Proanthocyanidins. Zat ini bersifat anti-adhesi, dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih sehingga pertumbuhan bakteri dapat dihindari.

Weleh, dimana kita bisa dapatkan buah cranberry? di supermarket juga susah ditemui. Malah sebelumnya aku belum tahu bagaimana bentuknya.

Saking penasaran, akhirnya aku malah menemukan informasi tentang buah cranberry dan anyang-anyangan lengkap di www.mypriveworld.com.


Buah cranberry (Vaccinim Oxycoccos) adalah sejenis buah berry yang banyak ditemukan pada semak-semak pendek. Mirip buah blueberry tetapi berwarna merah tua. Terdapat di wilayah utara Amerika dan Kanada.

Buah yang bentuknya kecil-kecil ini konon sudah digunakan oleh suku Indian kuno untuk mengobati luka. Bisa jadi sih, cranberry kan kaya vitamin C tinggi, sumber antioksidan polifenol, kaya serat, mineral, dan flavonoid antosianidin yang dapat mencegah penyakit kronis.

Kini ekstrak buah cranberry mulai populer untuk kecantikan dan kesehatan. Dan sejak bulan April 2004, jus buah cranberry telah diizinkan untuk mencegah bakteri pada saluran kemih oleh AFSSA, sebuah lembaga pengawas obat dan makanan dari Prancis.

Nah, di sini, ekstrak buah cranberry bisa kita dapatkan dari Prive Uri-Cran dari Combiphar PT. Pharma Health Care, Bandung.

Prive Uri-Cran itu dikemas dalam dua macam, kita bisa pilih salah satu produk di bawah ini :
  • Prive Uri-Cran Kapsul, setiap kapsulnya mengandung 250 mg ektrak buah cranberry. Dalam 1 box berisi 30 kapsul. Untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih, cukup minum 1-2 kapsul perhari.
Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.
Uri-Cran Kapsul


  • Prive Uri-Cran Plus, kalau ini kandungannya lebih komplit. Terdapat ekstrak buah cranberry, plus vitamin C dan prebiotik. Bentuknya serbuk rasa asam manis. Dapat dicampur dengan segelas air, atau diemut-emut seperti permen.
Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.
Uri-Cran Plus Serbuk


Kalau aku lebih memilih yang sachet berisi serbuk, rasanya lebih terasa asam manis segar dibanding kapsul.


Prive Uri-Cran Plus juga mengandung vitamin C yang kaya antioksidan dan prebiotik yang dipercaya dapat menyehatkan usus.

Biar jelasnya, yuk baca informasi komposisi per sachetnya, yaitu mengandung:

  • Cranberry Extract (375 mg)
  • Vitamin C (60 mg)
  • Prebiotik (Bifidobacterium bifidum 0.1 mg, Lactobacillus Acidophilus 0.1 mg)
  • Fructo Oligo Saccharides 0.1 mg
  • Calcium Lactate Glukonate 1 mg
Cara minumnya gampang, hanya dicampur dalam segelas air bersuhu sejuk, tidak perlu air hangat lalu diaduk.


Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.
minuman segar yang kaya manfaat

Wahh beneran seger rasanya. Diminum cukup 1-2 sachet saja dalam sehari. Aku minumnya sesudah makan. Jangan berlebihan meskipun rasanya memang enak  dan bisa diemut-emut seperti permen.

Jadi jauhkan juga dari jangkauan anak-anak, nanti mereka malah keasyikan ngemilin Prive Uri-Cran Plus, kita gak kebagian deh, hahaha.. *bukan itu sih alasannya.

Tapi tenang, kalau habis, beli saja lagi. Tak mahal, harganya terjangkau kok. Harganya cuma Rp.7500 persachet, 1 box berisi 15 sachet. Aku membelinya di apotik terdekat.

Kini aku sudah bebas dari anyang-anyangan. Nih, lihat saja hasil cek urin milikku. Hasil laboratoriumnya baik semua, alhamdulillah..

Anyang-Anyangan Saat Haid? Atasi Dengan 9 Hal Ini.

Anda mau mencoba?
Monggo silahkan cari di berbagai apotik dan toko obat terkemuka. Jadi, sehat itu gak perlu ribet kan?



Sumber tulisanku:
Mypriveworld.com
Wikipedia
Alodokter.com
Pengalaman pribadi



48 komentar:

  1. Kayaknya enak ya Uri Cran. Rasa cranberry. Aku anyang2an kalau abis sahur. Itu anyang2an bukan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak, rasanya seger.. habis sahur anyang2an? kalau rasanya gak nyaman, keluarnya sedikit dan perih itu bisa jadi anyang-anyangan..

      Hapus
  2. Anyang-anyangan memang nggak enak. Sebentar-bentar ke kamar mandi, capek jugaa. Uri-Cran ini enak ya rasanya, ntar mau coba ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bikin gak bisa santai :-)

      yuk coba aja prive uri-crannya mbak :-)

      Hapus
  3. anyang2an emang bikin bete ya, sebentar2 ke kamar mandi, udah sampe eh yang keluar cuma dikit. aaarrggg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya beneran bikin bete mbak, pegel

      Hapus
  4. Sama, aku masih mempertahankan tradisi lama, ikat pakai karet.
    Kalau lelaki bisa cebok dengan air sirih itu kagak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha yaa minum prive uri-cran aja mas.. bisa kok buat laki-laki

      Hapus
  5. nggak enak banget memang kalo lagi anyang-anyangan aku pernah ngerasain pinggang sakitnya bukan main..perlu juga nih stock uri-cran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks.. ternyata bener ya anyang-anyangan pernah singgah ke siapa saja.. iya mak lbh baik stok biar gak repot lagi :-)

      Hapus
  6. Anyang anyang memang sangat ngeri dan menganggu sekali ya mbak terutama pada saat haid, duh sepertinya kasihan sekali ya yang mengalami anyang anyangan pasti merasakan sakit yang hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sangat mengganggu, untung skrg sih sdh ada solusi praktis :-)

      Hapus
  7. jangan anyang2an deh ga eeeenaaaakkk

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum kak, aku suka banget sama tulisan kakak,
    Follback blog aku juga ya kak. citraayuv.blogspot.co.id
    Thank you :)

    BalasHapus
  9. Aku jaman pengantin baru pernah kena anyang-anyangan hebat Mba, kayaknya karena penyesuain hormon ya.
    Itu sampe jongkok2 saking sakitnya. Akhirnya nyerah dan ke dokter, dikasih pil kecil-kecil gitu.

    Alhamdulillah sekarang nggak pernah kena lagi. Baru tau nih ada Prive Uri-Cran. Coba dari dulu ada ya, aku nggak perlu ke dokter mungkin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. iya ya, kita baru tau ada Prive Uri-Cran nih..

      Hapus
  10. Alu sering anyang-anyangan karena suka nahan pipis huhuhu..
    Dan emang nggak enak.. Boleh juga nih tips Mbak nanti dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahan pipis dan kurang minum, langsung deh kena anyang-anyangn :(

      Hapus
  11. wah.. kayaknya enak nih rasanya karena mirip sirup gitu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mirip nutri****, seger dikala haus

      Hapus
  12. Waaah, informasi yang sangat bermanfaat neh. Thx kyuh

    BalasHapus
  13. Si Emak satu ini emang hobi jalan-jalan. Next time hati-hati, biar ga anyang-anyangan lagi.
    Btw, jadi lebih paham tu tentang penyakit satu ini. Ah, wanita banyak bener si pernak-pernik penyakitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya terimakasih nasihatnya mak :-)

      Hapus
  14. Dulu waktu kecil sering anyang-anyangan atau jeungjeuriheun, namun beranjak besar Alhamdulillah gak pernah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillaah gak berulang lagi ya mbak :-)

      Hapus
  15. pas jika diminum saat siang sekalian ngilangin dahaga ya mbak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya haha siang-siang di saat terik, weuunak minum Prive Uri-Cran

      Hapus
  16. saya sih sepertinya alhamdulillah ga pernah kena anyang-anyangan, dan mudah-mudahan jangan sampai deh.

    BalasHapus
  17. mamah pernah ngerasain sakit ini, lemes banget dia, jangan sampai deh kita anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gak enak rasanya, jgn smp kena ya

      Hapus
  18. Aku pun kalau terlalu lama nahan pipis, pasti anyang anyangan. gak enak banget ya bun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jd gak enak ya mbak, gak lagi2 deh nahan pipis

      Hapus
  19. Saya pernah beberapa kali ngalamin hal ini. Kirain ini cuma gejala biasa aja, kayak gejala masuk angin gitu. Informasinya bermanfaat mbak. Thanks :)

    Kudu jaga kesehatan terus ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kudu jaga kesehatan ya sblm kena gejala anyang2an

      Hapus
  20. Aku pernah kena anyang-anyangan, mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tdk terulang ya mbak, jgn smp deh

      Hapus
  21. Saya pernah kena anyang-anyangan. Gak enak banget rasanya

    BalasHapus
  22. sayab baru denger buah cranberry, yang baik untuk kesehatan terutama untuk bagian intim kita..
    makasih mba

    BalasHapus
  23. beberapa waktu yang lalu saya juga anyang-anyangan Mba, alhamdulillah sembuh berkat uri-cran juga :)

    BalasHapus
  24. Waktu SMA sering kurang minum dan menahan pipis, suka anyang-anyangan.
    Namun setelah tahu tipsnya, bye bye, anyang-anyang!

    BalasHapus
  25. semoga sehat2 selalu dan bebas anyang2an qt ya mba

    BalasHapus
  26. Harus menjaga kebersihan area miss V ya agar terhindar dari anyang-anyangan, untung sudah ada uri-cran ya

    BalasHapus
  27. Anonim24.8.17

    makassihh bangettt infonya, saya biasany klo anyang2an pakai pembalut soalny males ke kamar mandi :'V terntayata malah g boleh lembab ya, makasih y mba jd tau

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com