NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

6.12.17

Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
Orangtua mana yang tak ingin anaknya sehat, lincah, dan cerdas. Semua pasti mau dong. Apalagi kalau anaknya gemuk, biasanya jadi idola, menggemaskan, selalu dibilang anak sehat, kalau ikut lomba menang melulu, bisa jadi selebgram, pokoknya bisa dibanggakan deh. Horeee.. *ihihi.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Sedangkan anak kurus? haduh, biasanya selaluuuu saja bikin para orangtua cemas. Takut kurang gizi, gak pintar, dibilang penyakitan, dan bikin kuping panas karena gak tahan omongan orang.. *haha, yee kaan?
Sama, anakku juga keliatan kurus, ayah bundanya tinggi langsing. Tapi alhamdulillah, sekarang jarang sakit, batuk pilek bisa dihitung. Nah, menurutku anak kurus itu belum tentu gampang sakit, ada yang kurus tapi lincahnya bukan main, ada yang kurus tapi makannya banyak, bermacam-macam. Tentunya dipengaruhi lingkungan, nutrisi, genetik, dan daya tahan tubuh. 

Asalkan jangan kurus seperti tengkorak kan. Tulang belulang kelihatan. Wah, hati-hati, apalagi kalau kurusnya bikin jadi lesu, malas bergerak, mata cekung, batuk pilek terus menerus, baru deh kita khawatir.. 

Apalagi sekarang lagi wabah Difteri, status kejadian luar biasa lho, gejalanya mirip seperti anak yang radang tenggorokan dan batuk pilek, lemas, disertai demam. Baru beberapa hari baru deh muncul putih-putih di rongga mulut. Tambah khawatir jika si kecil tertular??

Pemerintah sibuk, orangtua panik, kubu provaksin dan antivaksin beradu argumen tentang imunisasi. Padahal katanya untuk anak usia semua anak usia 1-19 tahun sebaiknya diimunisasi ulang agar terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini. 

Sama, suamiku juga jadi ikutan khawatir. Menyuruhku mencari informasi dimana ada vaksin DPT akan diberikan. Beliau pengen ketiga anak kami mendapat suntikan DPT kembali. Alhamdulillah kalau Shidqi dan Selma sudah dapat di sekolahan, sedangkan Syadid mungkin akan diberikan saat jadwal posyandu nanti.

"Lho kok nanti-nanti, jangan kelamaan", begitu sarannya.
"Iya, sabar yah, nanti memang akan ada jadwalnya. Daripada dibawa ke rumah sakit atau puskesmas, nanti malah ketularan penyakit lain. Yang penting bantu dari dalam, kuatin daya tahan tubuhnya dengan nutrisi yang bagus, gizi yang tepat", sanggahku.

Yups, aku selalu ingat nasihat dokter anak langganan kami, beliau tuh suka ngasih tahu kalau anak itu mau kurus, mau gemuk, yang penting sehat, nutrisinya cukup, gak bentar-bentar sakit. Kalau sering ke rumah sakit malah akan terkontaminasi dengan kondisi penyakit lain.

Benar juga sih, kalau anak itu diberikan nutrisi yang baik, mau bentuknya gemuk atau kurus, pastinya sehat, daya tahannya lebih kuat, sambil menanti jadwal imunisasi. Apalagi vaksin kan tidak boleh diberikan kepada anak yang sakit, malah lebih berbahaya.

Cemas boleh, asal jangan berlebihan, kita harus tahu alternatif pencegahannya.

Jadi sebaiknya bagaimana?


Pertumbuhan dan kesehatan anak memang tidak bisa berdiri sendiri, tetap ada pengaruh makanan, genetik, lingkungan. Untuk mencapai hal ini anak harus kuat dari dalam agar imunitasnya terjaga.
Imunitas (daya tahan tubuh) bisa berasal dari imunisasi, nutrisi alami, dan pencernaan yang sehat. Jika tubuhnya sudah kuat dari dalam, tumbuh kembangnya pasti optimal. Ya, kan?

Alhamdulillah, kebetulan Sabtu kemarin aku diundang dalam kegiatan "Friso Mom Bloggers Gathering", di resto Kembang Kencur, Pejaten, Jakarta Selatan. Pada kesempatan ini, hadir 3 (tiga) orang dokter sebagai narasumber, yaitu: 
1. Dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, MKes, selaku dokter spesialis gizi klinik
2. Dr. Aulia Fitri Swity, Sp.A, MKes, selaku dokter spesialis anak.
3. Dr. Rulli P. A. Situmorang, selaku Medical Marketing Manager Friso.


Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Kebetulan temanya bagus nih, suasana ruangannya juga cantik, pembawa acaranya juga ngelawak terus, senang banget rasanya bisa ikutan.
Acara dimulai dengan sambutan ibu Yuniastuti Kusuma Putri, selaku Head of Friso Business Unit Indonesia. Beliau mengatakan bahwa tujuan acara ini adalah bentuk kepedulian pada tumbuh kembang anak, dengan pemberian nutrisi alami, agar mereka selalu sehat dan kuat dari dalam.


Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Anak sehat dan kuat dari dalam adalah mereka yang jarang sakit, mampu bertumbuh kembang dengan optimal, emosinya stabil, sistem pencernaannya baik, sesuai dengan potensi genetiknya. 

Anak sehat adalah anak yang bernutrisi baik dan cukup.
Ciri-ciri anak dengan nutrisi baik, adalah :
- Pertumbuhan fisik baik (tinggi badan dan berat badan seimbang, lingkar kepala normal) 
- Panca indera tidak terganggu.
- Perkembangan motorik cepat, lincah, dan penuh semangat
- Jiwa sosialnya baik, peduli, sayang teman, dan emosi stabil
- Konsentrasi belajar tidak terganggu 
- Prestasi belajar meningkat
- Gak gampang sakit.
Begitu sebaliknya, ciri-ciri anak dengan nutrisi buruk, adalah :
- Pertumbuhan fisik terganggu, postur tubuhnya pendek (stunted)
- Terlambat puber
- Kurang konsentrasi
- Prestasi belajar kurang baik
- Emosinya labil
- Sering sakit
Olala, gak ada yang mau lah jika anak tumbuh dengan nutrisi buruk.

Lalu bagaimana caranya agar anak selalu sehat, bernutrisi baik, kuat dari dalam? Nah ini nih rahasianya. Yuk, perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Berikan asupan makanan dan minuman sesuai Pedoman Umum Gizi Seimbang
Pernah tahu 4 sehat 5 sempurna kan? Nah, sekarang diganti menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Agar anak sehat, pastikan selalu berikan makanan dan minuman yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang ini.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Dr. Diana F. Suganda mengatakan bahwa nutrisi dalam makanan dan minuman itu terdiri dari Makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan Mikronutrien (vitamin dan mineral). Makronutrien lebih banyak dibutuhkan dibandingkan mikronutrien.
- Karbohidrat, sebagai sumber energi. Terdapat pada serealia, nasi, oatmeal, tepung-tepungan, kentang, jagung, singkong, ubi, talas. Bisa terdapat pada makanan olahan seperti gula, biskuit, roti, bolu, permen, dan syirup.  
- Protein, sebagai penunjang pertumbuhan, mengatur proses metabolisme tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak. Protein terbagi menjadi 2 (dua), protein hewani dan nabati. Protein hewani berupa telur, daging, susu, ikan, keju, sedangkan protein nabati bisa kita dapatkan pada kacang-kacangan, tempe, tahu.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
- Lemak, sebagai sumber asam lemak yang baik untuk perkembangan otot, otak, dan fungsi tubuh lainnya. Lemak bisa ditemukan pada daging, produk minyak, kacang-kacangan, buah alpukat, jeroan, dan telur
- Vitamin dan Mineralsebagai penunjang proses metabolisme nutrisi dalam tubuh, sumber serat alami, dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Terdapat pada sayuran dan buah-buahan.
- Airsebagai sumber penting dalam metabolisme tubuh dan membantu menetralisir zat-zat asing. Biasakan minum air putih, jus buah, dan susu.
5 Rahasia Nutrisi Anak Sehat Kuat Dari Dalam

2. Berikan Makanan Dengan Pengolahan Yang Baik, Agar Nutrisi Tetap Alami dan Tidak Rusak.
Pernahkah kita menggoreng dengan minyak terlalu lama, menggoreng telur hingga berkerak, menghangatkan sayur berkali-kali, atau membuat susu dengan air panas?
"Itu semua adalah cara yang salah", begitu lanjut dr. Diana.
Mengolah masakan terlalu lama akan mengurangi nutrisi yang terkandung pada bahan makanan, juga akan menyebabkan Denaturasi Protein yaitu rusaknya unsur protein sehingga akan sulit dicerna dalam usus.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Nutrisi alami bukan berarti anak kita makan makanan mentah ya, bun. Tetapi ya itu tadi, kita harus perhatikan cara memasak yang baik. Atau bisa diberikan bermacam buah-buahan yang langsung bisa dipotong, seperti apel, pir, jeruk, mangga, semangka, melon, dan sebagainya.
3. Pertahankan kesehatan saluran cernanya agar tumbuh kembang optimal
Tahukah bun, bahwa sebesar 80% antibodi diproduksi dalam saluran cerna lho, dan sebagian 40% lainnya disusun oleh kelenjar getah bening.

Keduanya itu adalah sebagai senjata pertahanan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Jadi jangan abaikan saluran pencernaan anak-anak, karena disini gudangnya antibodi.
Jika saluran cerna sehat, anak akan terhindar dari diare, kembung, susah BAB, muntaber. Tahu sendiri kan kalau anak terserang penyakit ini, aduhh.. pusing deh, anak akan rewel, lemes, nafsu makan berkurang, malas bereksplorasi deh. Akibatnya daya tangkap belajarnya terganggu.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Perhatikan bentuk feses-nya ketika buang air besar, jika berbentuk biji-biji, atau malah mencret, pastikan analisa kembali apa yang sudah dikonsumsinya. Berikut contoh indikasi kesehatan pencernaan:
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
Type 1 dan 2 adalah bentuk feses karena sembelit (konstipasi), type 3 dan 4 normal, type 5 kurang serat, serta type 6 dan 7 adalah bentuk diare. Konsultasikan ke dokter jika si kecil sudah mengalami masalah diare atau sembelit.
4. Cek Selalu Tumbuh Kembang, Berat Badan dan Tinggi Badan
Dr. Aulia Fitri pun mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang adalah genetik (keturunan), stimulasi lingkungan, dan nutrisi. 

Ya kan, seperti tadi yang aku ceritakan, anak kurus belum tentu sakit atau kurang gizi, bisa jadi karena ibu bapaknya memang bertubuh kurus, bertulang kecil. Demikian sebaliknya.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Jadi untuk mengetahui tingkat kesehatan anak, cek dengan mengukur fisiknya, berat badannya, tinggi badannya, lingkar kepalanya, lalu sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.  Jika sesuai dengan petunjuk WHO, CDC, KMS, atau BKIA, dipastikan anak kita itu sehat dan tumbuh kembangnya tidak terganggu. 

Dalam KMS, biasanya, anak sehat itu berada di grafik berwarna hijau.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
Selain cek fisiknya, lakukan juga pemantauan perkembangan seperti motorik kasarnya, motorik halusnya, kognitif, kemampuan berbahasa, dan sosial-emosionalnya.

5. Jika Perlu Berikan Susu Pertumbuhan Yang Tepat
Tidak bisa dipungkiri, bahwa susu itu juga tetap bermanfaat untuk menunjang kesehatan. Rasulullah saja dalam kisahnya selalu meminum susu. Jadi kenapa mesti ragu kita berikan susu untuk anak-anak, bahkan diri kita sendiri.
Tapi hati-hati, tidak semua susu itu baik. Kita ingatkan lagi, jika salah pengolahan, proteinnya malah jadi rusak, akibatnya jadi susah dicerna dan diserap usus anak-anak. Bisa-bisa muncul diare atau konstipasi.
Jadi, bagaimana ya susu yang tepat? 
Susu yang tepat adalah susu yang diolah dengan kualitas baik, bernutrisi alami, tidak terlalu banyak pengolahan, karena bisa merusak zat gizi penting pada susu.

Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Ada lho susu yang tepat seperti itu.
Contohnya Friso.
Friso itu dibuat dari susu pilihan. Bayangkan, berasal dari sapi yang diperlakukan dengan baik, diberikan air minum dan rumput yang berkualitas, diberikan lahan yang luas, sehingga sapinya tenang dan bahagia, haha.. *ini seperti kebutuhan para ibu menyusui juga.

Tentang Susu Friso


Masih penasaran dengan susu Friso?
Kemarin, langsung dijelaskan oleh dr. Rulli P. A Situmorang bahwa Friso itu diolah dengan menerapkan konsep Nature Science dan Grass to Glass. 

Maksudnya seluruh mata rantai produksi susu dikontrol penuh, mulai lahan peternakannya, pemilihan air, rumput, sapi, hingga hasil akhir siap didistribusikan kepada konsumen.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
Friso diproduksi menggunakan tekhnologi LockNutri dan sistem One Single Process, yaitu proses dengan satu kali pemanasan saja, sehingga bisa dipastikan protein susu tidak rusak, mudah dicerna dan diserap oleh pencernaan anak.
Ditambah dengan fortifikasi vitamin dan mineral menjadikan susu ini tepat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam

Friso ini diproduksi oleh Royal FrieslandCampina, adalah salah satu produsen susu terbesar di dunia. Memiliki anggota 18.900 peternak sapi perah di Belanda, Jerman, dan Belgia. Serta mempunyai kantor cabang di 33 negara, termasuk di Indonesia.
Jadi semakin yakin kan? Adalah tepat memilih Friso sebagai susu dengan nutrisi alami.

Apalagi sudah mendapat sertifikat The Netherlands Controlling Authority for Milk and Milk Products (COKZ), telah memenuhi syarat EU Commission Decision, Council of European Community (EEC), dan Codex Alimentarius Commission. Direkomendasikan untuk anak dengan masalah pencernaan.
So, kenapa tidak mencobanya?
Kita bisa membeli di supermarket atau melalui online di berbagai e-commerce. Untuk informasi lebih banyak, cek saja media onlinenya di:
Website: www.friso.co.id
Instagram: @frisopopupplay
Twitter: @frisoID
Eh kita bisa berkonsultasi gizi juga lho, langsung dengan ahlinya. Jadi sekarang gak perlu khawatir lagi. Mau gemuk, mau kurus, yang penting anak sehat, asupan gizi tepat, tumbuh kembang optimal, dan kuat dari dalam.
*****
Alhamdulillah, acara akhir ditutup dengan tanya jawab, pemberian doorprize, dan makan siang. Terimakasih banyak ya Friso dan Blogger Perempuan atas undangannya, seru banget acaranya, ilmunya juga bermanfaat, dan hadiah doorprizenya juga keren, membuat aku harus lebih memperhatikan gizi anak-anak, hehe..
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
Ini Lho Rahasia Nutrisi Untuk Anak Sehat, Kuat Dari Dalam
alhamdulillah, dapet mixer
Salam sukses, salam sehat.
#Friso #AnakKuatDariDalam
#NutrisiDalamKeadaanAlami
#KuatDariDalam

👇👇👇👇

103 komentar:

  1. Wah bawa pulang apaan tuh mbak Lia? Acaranya banyak ilmu dan hadiah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mixer alias pengaduk hihi
      Iya ilmunya bermanfaat, doorprize juga :D

      Hapus
  2. Jangan sampai pencernaan anak ga sehat gara-gara nutrisi yang dikonsumsi tidak alami ya. Catatan nih untuk kita para orang tua.

    BalasHapus
  3. Gizi dan nutrisi alami memang penting buat anak ya mbak. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  4. acaranya seru dapet ilmu lagi ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya, banyak banget manfaat acara Friso ini

      Hapus
  5. dua anakku kurus semua padahal dari kecil gak pernah susah makan, begitu deh sering ditanyai, kok kurus, kalai kurang gizi. Tapi setelahnya sih kebal, yang penting anak sehat dan diberi makanan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak, bukannya gak peduli sama anak hingga smp kurus, tapi ada hal lain yg memang keturunannya bentuknya tinggi langsing :)

      Hapus
  6. Lengkap banget infonya, kereen

    BalasHapus
  7. Memang nggak bisa dipungkiri ya Mba, susu salah satu yang dapat memenuhi tumbuh kembang anak. Ternyata susu Friso mengandung nutrisi alami jadi bisa melindungi anak2 dari dalam.

    Assik Mba Lia, bawa pulang Mixer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak, tetep aja susu itu masih bermanfaat utk anak selepas ASI dua tahun

      Hapus
  8. lengkappp banget infonya, makasih yaaa..

    BalasHapus
  9. anak sulung saya susu apapun alhamdulillah suka tak aneh badannya sekarang berisi. sementara adiknya duuh agak susah makan dan minum susunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sharingnya mbak Kania

      Hapus
  10. Waaah, boleh juga nih Friso. Makasih banyak ya, Mbak, info pentingnya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak, semoga cocok dengan Friso ya :)

      Hapus
  11. Konsep Nature Science dan teknologi Locknutrinya bagus ya Friso ini. Bikin susunya terjaga kualitas nutrisinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat, tekhnologinya canggih menjaga nutrisi lebih baik

      Hapus
  12. Yay, dapat hadiah. Makin happy deh, dapat ilmu tentang gizi anak plus hadiah gede.

    BalasHapus
  13. Agar anak sehat dan pertumbuhannya lancar daya tahan tubuh melalui imunisasi serta nutrisi alami yang sehat serta pencernaan yang lancar dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembang anak menjadi optimal ya Bu. Mungkin termasuk jajanan anak juga harus selalu kita awasi yah ehehe. Asiik dapat hadiah apa itu Bu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tetap harus diawasi, memang tugas ibu menjaga apa yg anak konsumsi.

      Hapus
  14. kalo anak udah sakit, sediih banget ya... dan susu adalah minuman tambahan supaya tubuh anak terjaga kesehatannya. Anak pertama saya tdk suka susu, tapi masih suka sama yogurt, tapi kalo anak kedua, sama susu tuh hobi banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pengennya jangan sakit-sakitan ya mbak

      Hapus
  15. Memang harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, perlu pemahaman yg tepat, bukan sekedar memberikan asupan

      Hapus
  16. Wah, ilmunya bermanfaat banget Mba. Menjaga nutrisi alami anak itu memang sangat penting ya, penunjang tumbuh kembang dan masa depan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi justru seringkali nutrisi dlm makanan tdk terjaga

      Hapus
  17. Iyaaaaa
    emang lagi ribut nih Difteri

    Jawa barat, banten dan DKI

    Mudah2an krucil nya sehat selalu dan bisa tumbuh dgn maksimal ya mbaaak
    Biar jadi selebgram semua hihihi

    BalasHapus
  18. Aku salfok sm hadiahnya Mba hehe.. btw acaranya seru plus bawa pulang banyak ilmu, yang baca pun kebagian ilmunya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, ilmunya sangat bermanfaat :)

      Hapus
  19. Senangnya kalau anak bisa mengkonsumsi susu Friso yang memiliki nutrisi alami dari dalam. Pasti akan tumbuh dengan lebih optimal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi memang rasanya enak seperti es krim :)

      Hapus
  20. Waaaaaa informasinya lengkap banget mbaa, thanks for sharing!

    BalasHapus
  21. seneeeng diacara kemaren akhirnya ketemuan lagi sama mba lia.. seru dan bermannfaat banget acara kemaren.

    BalasHapus
  22. Aku sendiri pas kecil kurus banget Mba, tapi baik2 saja. Alhamdulillah dapat sekolah yang bagus terus juga, semoga mengurangi kekhawatiran para ortu tentang anak kurus. Bener banget yang penting sehat dan nutrisinya terpenuhi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya aku pun saat kecil juga kurus

      Hapus
  23. Anak yang mendapatkan nutrisi cukup akan tumbuh dengan baik ya, mba

    BalasHapus
  24. Akuuu... Anak aku kurus hehe yg satu gembul. Iyaah yg satu udah makan banyak tapi nggak bisa gemuk. 😁 Noted, nggak gampang sakit ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, kesehatan yg paling utama, bukan karena bentuk tubuhnya :)

      Hapus
  25. Kalau saya terkendala pada saluran pencernaan yang tidak sehat. Mungkin karena dulu kurang dizi :)
    Ah jadi malu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe jangan malu ya, yg penting sehat kan sekarang

      Hapus
  26. anakku juga kurus mba...alhamdulillah jarang sakit dan lincah anaknya...

    BalasHapus
  27. Ternyata asupan makanan itu ngaruh bnget ya mba ke segala aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Bismillah..semoga bisa memberikan yang terbaik untuk anak ya mba..

    BalasHapus
  28. Terimakasih sharing ilmunya mbak.
    Anak pertama saya (8 th) sekitar 2 bulan ini mulai susah makan, berat badannya jadi turun deh, jadi kelihatan kurus. Tapi saya nggak terlalu khawatir karena anaknya tetap lincah dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga asupan gizinya tetap terjaga ya mbak, jadi si kecil kuat dari dalam :)

      Hapus
  29. Horeee dapat doorprize. Nah bener mbak lagi musim difteri jadi sebaiknya anak diimunisasi ya, sama suaminya kayak suamiku bawel kalau urusan perimunan seperti ini. Btw ternyata anak kurang konsentrasi dan emosi labil itu ternyata ciri dari anak yang bernutrisi buruk ya. Noted banget deh, dan baru tahu lho ada susu yang cuma dipanasin sekali jadi gampang dicerna buat anak. Semoga dengan Friso anak-anak Indonesia makin sehat ya

    BalasHapus
  30. intinya anak jangan sampai kekurangan nutrisi ya mbak :)

    BalasHapus
  31. Lagi musim difteri. Kudu waspada ya terhadap kesehatan. Anak-anakku suka minum susu. Apalagi kalau dingin, lebih segar. Yang penting sehat semua ya.

    BalasHapus
  32. Dua anakku kurus-kurus Mbak. Padahal minumnya banyak. Sepertinya karena kedua orang tuanya kurus ya.

    BalasHapus
  33. Anak saya yang bungsu agak susah makan, bisakah Friso ini jadi solusi buat permasalahan tersebut? Kami sudah mencoba beberapa multivitamin tapi belum ada efek yang cukup berarti buat masalah susah makan tersebut.

    BalasHapus
  34. Acaranya super keren mba, syarat ilmu dan manfaat apalagi buat saya yang notabenenya adalah ibu baru.

    BalasHapus
  35. Gizi dan nutrisi memang pengaruhnya signifikan ke kecerdasan anak ya

    BalasHapus
  36. Artikelnya lengkap dan runut banget. Suka bacanya. Makasih ya mbak Lia.btw asyik ya. Pulang2 bawa mixer 💞 selamat yaa ...

    BalasHapus
  37. Acara yang bagus, banyak ilmu yang didapat, banyak pengetahuan. Ini bisa saya pelajari bagaimana saya jadi orang tua kelak ketika mengasuh anak. Ternyata banyak yg harus diperhatikan, dari segi nutrisi dan lain sebagainya. 😊

    BalasHapus
  38. Wah, lengkap infonya. Betul sekali, nutrisi yang baik akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

    BalasHapus
  39. Wah bisa juga konsultasi gizi, enak banget tuh. Apalagi anak-anakku jauh dari gemuk, hehe..

    BalasHapus
  40. Wah, terlambat puber juga ternyata harus diwaspadai, ya. Noted banget! Tfs, mbak. :)

    BalasHapus
  41. Tulisannya informatif, Thank you yaa..

    BalasHapus
  42. wow lengkap banget ulasannya Mba.. aku jadi ada tambahan referensi soal nutrisi untuk anak..

    BalasHapus
  43. Boleh ni buat kepokananku, soalnya no have baby.. belum nikah, hiks aja deh ya..

    BalasHapus
  44. Aku baru denger nih soal Friso :) Maklum belom punya anak hehehe.

    BalasHapus
  45. Friso rasanya juga enaakkk :)

    BalasHapus
  46. Ulasannya bisa aku jadiin referensi nih ntar kalo udah punya anak.

    BalasHapus
  47. Dulu, kita mikirnya gpp anak kurus yanh penting sehat, dalam arti memang jarang sakit2an
    Tapi ternyata itu bisa jadi indikator ada masalah dengan pencernaannya ya

    Wah memang ilmu mengasuh anak itu terus berkembang. Beruntung ada acara2 seperti ini yang selalu siap berbagi ilmu dengan para orang tua ya.
    Makasi sharingnya mbak. Saya jadi belajar banyak

    BalasHapus
  48. anakku dulu gemuuuk, eh udah tau jajan jadi kuyus... gak papa ya asal nggak sering sakit

    BalasHapus
  49. Keren banget acaranya yaaa. Dapat doorprize keren jugaaaa

    BalasHapus
  50. Nah penting banget neh, catet ah

    BalasHapus
  51. Sudah lama aku ga lihat kms. Sekarang dari dokter anak biasanha berbentuk buku, bukan lembaran kms gitu. Tapi yang penting sih memang selalu cek bb dan tb anak ya

    BalasHapus
  52. Baca yang komen, semua wanita, wah saya jadi penyusup nih, jejaka di sarang lelembut. WKkkk

    Duh ya stigma anak gemuk = sehat, anak kurus = tidak sehat, itu bener-bener sangat menyesatkan ya.
    Klo anak saya, setelah 2 tahun udah mengurangi susu bahkan udah engga sama sekali. Minum susu cuman sekali-kali aja karena kami orang tuanya berkeyakinan untuk memberi asupan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Asalkan masuk makanan dengan gizi seimbang, asupan tambahan seperti multivitamin dll dan bahkan susu gak perlu. Untuk jaga-jaga, oke juga sih Frisso ini ya keliatannya. :)

    BalasHapus
  53. Waaah asyiknya dapat door prize. Moga jadi rajin bikin kue yaaaa *eh. Btw, memang kalau anak2 sakit ga dikit2 dibawa ke dokter/RS. Malah berpotensi tertular yaa

    BalasHapus
  54. nutrisi alami memang jauh lebih baik ya..:)

    BalasHapus
  55. Ngomongin masalah imunisasi alu termasuk yg 'tergantung' sama jadwal posyandu ato PIN di skul anak. Jarang ke RS or puskes jd kudet masalah jadwal imunisasi..yg pasti ikhtiar menjaga nutrisi anak jalan trs..

    BalasHapus
  56. Tidak semua anak bisa gemuk..terkadang anak gemuk juga dipengaruhi faktor keturunan...

    Yang penting..vitamin anak terpenuhi..dia sehat dan aktif... Kecuali loyo lesu...dan sakit2tan..

    BalasHapus
  57. Memang senang sih mba kalau liat anak sellau sehat dan semoga anak anak kita selalu terlindungi ya mbaa

    BalasHapus
  58. Acaranya bagus banyak manfaat dan memberikan pengetahuan untuk kita para ibu, ya mbak. Semoga di bandung nanti diadain :)

    BalasHapus
  59. Anak aku yg nomor dua picky eater deh bun, makanya dia lebih kurus dibandingkan dgn kaka dan adiknya yg mau aja makan apa aja yg disodorin. Kecukupan nutrisi emamg jd pr ya bun supaya tumbuh kembanh anak optimal

    BalasHapus
  60. Trims infonya mba lengkap bgt nih, btw kurus gemuk bukan jd patokan ya mba, yg penting sehat :)

    BalasHapus
  61. Susu memang penting ya mbak untuk menunjang tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  62. Wuih asyik, dpt ilmu & dpt mixer jg... Makasih sharingnya ya mba :)

    BalasHapus
  63. Bicara soal nutrisi emang ga ada habisnya ya mak. Sebagai ibu hrs update juga yak. Begitipula dengan nutrisi tambahan. Kehadiran frisco bisa jd meringankan beban ibu soal nutrisi ya. Makasih atas info tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  64. Nutrisi yg pas buat keluarga itu penting banget yaa. Makanys tugas ibu itu jadi lebih banyak. Karena ngga cuma ngurus rumah aja. Tapi juga nutrisi keluarga

    BalasHapus
  65. Meskipun belum meniqa dan punya anak ini penting bgt buat di share ke calon bu ibu.. :)

    BalasHapus
  66. Nah iya seringkali anak2 yang enggak gemuk ini dijadikan bahan bully. Begitupun dengan anaknya adik saya, padahal dokter pun bilang yang terpenting masih dalam cukup gizi. Ciri2 anak cukup gizi pun spt yang Mba Lia tulis, memang anaknya lincah. Susu yang gizinya lengkap juga memang salah satu yang membantu sih, karena dia pun agak susah makan.

    BalasHapus
  67. Air putih anak susah minum. Apalagi minum susu. Suka es
    . Padahal penting

    BalasHapus
  68. Penting memperhatikan asupan, pada masa tumbuh kembang anak..
    Ulasannya sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  69. Kurus atau gemuk yh penting sehat ya ..tentunya krn mengkonsumsi makanan sehat..

    BalasHapus
  70. Emang masih banyak stigma di masyarakat kita kalo liat anak gemuk itu pasti sehat ya, Mbak. Ntar begitu liat anak kurus dikira kurang gizi
    Padahal mah yang penting nilai gizinya

    BalasHapus
  71. Anak-anak memang harus sangat diperhatikan nutrisinya. Apalagi sedang bertumbuh kembang

    BalasHapus
  72. Boleh juga nih, Friso. Makasih ya, Mbak infonya...

    BalasHapus
  73. Yes... pemenuhan nutrisi untuk tubuh harus cukup biar tumbuh kembang si kecil optimal.

    BalasHapus
  74. Nutrisi memang harus diperhatikan agar gizi yang dibutuhkan tercukupi

    BalasHapus
  75. si adek (anak kedua), BBnya agak imut diband kakaknya pas seusianya dulu, tapi kalau dari poin2 standar tumbuh kembang insyaa Allah terpenuhi, tp ya ttp si mamanya galau jg soal BBnya

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge