Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray

Apakah si kecil selalu rewel tanpa sebab? Sudah diberi ASI, sudah kenyang makan, sudah ganti baju, dikasih mainan gak mau. Padahal perutnya tidak kembung, tidak demam, tapi kok ya masih saja menangis.

Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
Jika kondisinya seperti itu, coba perhatikan di setiap kulitnya, adakah kulit yang memerah? Apalagi di sekitar selangkangannya, atau pada bagian alat kelamin dan pantatnya. Jangan-jangan dia kena Diaper Rash (ruam popok) yang mengganggu.
Ketiga anakku pernah mengalami hal tersebut. Terutama pada Shidqi, si sulung. Sejak bayi seringkali mengalami ruam popok. Rewel saja tingkahnya, ini gak mau, itu gak mau, ah membuatku menjadi jengkel.
Ketika aku periksa satu persatu masalahnya, eh ternyata kulit di selangkangannya seperti melepuh dan memerah. Aduh, kasihan. Mungkin penyebabnya adalah kesalahanku yang lupa mengganti popoknya, akibatnya membuat kulit lembab, lecet dan semakin banyak terpapar urin dan feses.


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray

Atau pernah suatu kali aku salah memakaikan pospak (popok sekali pakai) merek lain yang lebih murah. Akibatnya kulitnya menjadi lecet, memerah, dan berbintil-bintil kecil berisi cairan putih kekuningan. Saat dibersihkan, dia menjerit-jerit kesakitan. Aduh, merasa bersalah deh. Niatnya ingin hemat eh tapi malah membuat dirinya menderita.

Apa Sih Ruam Popok Itu?

Sebenarnya apa sih ruam popok itu, berbahayakah?
Menurut DR. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K) yang merupakan staf divisi Neonatologi FKUI RSCM, bahwa ruam popok adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada kulit bayi maupun orang dewasa yang tertutup dan lembab, kemudian terpapar bakteri dan virus yang berasal dari kotoran seperti urin dan fesesnya.


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
DR. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)
Beliau menjelaskan secara detail masalah ruam popok ini saat kami mengikuti acara buka puasa bersama emak-emak blogger dan 3M Cavilon Spray di restoran Ocha&Bella Morrisey Jakarta, 26 Mei 2018 lalu.
Dokter Rina mengatakan bahwa dalam ilmu medis, ruam popok itu disebutnya Dermatitis Inkontinensia. Ciri-cirinya adalah kulit merah melebar seperti biang keringat, terasa perih dan gatal. Akan semakin parah, jika terkena urin yang sifatnya asam dan dibiarkan lama.
Memang sih ini bukan penyakit serius, namun cukup menyebalkan. Anak sering menangis, bahkan orang dewasa yang mengalami ruam kulit pada selangkangannya akibat pembalut maupun popok dewasa akan merasakan perih dan tak nyaman.
Ironisnya, jika ruam popok ini dibarengi dengan Infeksi Saluran Kencing (ISK), pasien akan semakin menderita. Kalau kita mah bilangnya anyang-ayangan. Uhh, sudah kulit terasa perih, eh saluran pipis kena infeksi, bakalan bikin nangis gak karu-karuan deh. 

Dokter mengatakan jika sudah terkena kedua masalah ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter, supaya dapat ditangani dengan seksama, mengingat bakteri e.coli sangat berbahaya jika tidak diobati dengan baik.


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
jenis ruam popok berdasarkan penyebabnya
Pastikan, kemerahan di bagian selangkangan bayi maupun orang usia sepuh itu bukan cuma karena ruam popok biasa lho, bisa jadi karena Impetigo, Intertigo, Seborrhea, atau karena jamur. Beliau berpesan, jangan sembarangan memberikan lotion anti ruam popok atau minyak kelapa sebelum jelas masalahnya. Lebih baik pergi ke dokter, biasanya akan diberi obat salep khusus dan antibiotik jika sudah sangat parah.

Apa Penyebab Ruam Popok?

Ruam popok pada kulit selangkangan terjadi karena beberapa penyebab, antara lain:


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray

1. Penyebabnya bukan hanya terkena pipis dan feses saja, tetapi bisa jadi karena adanya gesekan bahan kimia seperti deterjen dan sabun. Tidak cocok sabun yang masih menempel di pakaian dalamnya. Begitu kena gesekan, kulit tipisnya akan langsung mudah teriritasi dan terkontaminasi kuman.
2. Bagi anak-anak yang mendapat perawatan antibiotik juga akan mudah terkena ruam popok, dikarenakan tubuhnya lemah. Seperti pasien orangtua yang sakit dan kelamaan menggunakan popok saja akan mengalami ruam popok.
3. Adanya perubahan bentuk makanan bayi, dari ASI menjadi MPASI. Perubahan zat pada bahan makanan yang diberikan kepada bayi bisa mempengaruhi kadar kimia pada urin dan feses.

Cara Menangani Ruam Popok Agar Tidak Semakin Parah

Dulu, aku mengatasi ruam popok pada selangkangan dengan mengurangi penggunaan pospak selama kulitnya masih memerah tadi, supaya kulitnya bisa bernafas. Tak lupa selalu mencebokinya dengan air hangat agar mengurangi rasa gatal dan perih, dan sesudahnya tidak memberikan lotion apa pun, termasuk bedak.
Bagiku, penggunaan lotion dan bedak malah akan memperparah kondisi kulitnya yang rentan alergi. Shidqi kan memang gampang alergi dibanding kedua adiknya. Meskipun kedua adiknya pernah juga mengalami ruam popok, tetapi tidak separah Shidqi.
Begitu kulitnya sembuh dari ruam, aku kembali memakaikannya pospak yang aman, tak lupa sering mengontrol volume pipisnya, selalu mengecek popok apakah sudah kena pup atau belum. Normalnya, kita bisa mengecek popok dengan selang waktu 2-3 jam sekali.
Habis mau bagaimana lagi? Jika tidak menggunakan pospak, aku keteteran mengurus ompolnya yang beredar dimana-mana. Di kasur, di lantai, di karpet, ahh terbayang capek banget untuk membersihkannya, belum lagi kalau dia kepeleset karena menginjak pipisnya sendiri, atau tidurnya terganggu karena mengompol.

[Baca juga: Alasan Memakai Pampers]
Andai saja dulu itu sudah ada popok cuci ulang (Clothdiaper), mungkin aku akan pakaikan itu saja, karena terbukti sejak kedua adiknya menggunakan popok cuci ulang, aku sudah tidak sering repot mengurusi ruam popok.
Tapi ya sudahlah, ini kan pengalamanku saja. Semoga anda yang membacanya bisa mengambil pelajaran yang baik di sini. 

Oke, kita kembali kepada masalah ruam popok yang parah.

Dokter Rina kembali menjelaskan cara penanganan ruam popok pada selangkangan bayi, anak, maupun orang dewasa yang benar. Langkahnya adalah dengan Cleaned – Protect – Restore (CPR), antara lain:


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
prinsip penanganan ruam popok
Langkah 1 : 
Cleaned (C), bersihkan area selangkangan yang terkena ruam popok dengan air bersih dan hangat, sambil diseka menggunakan kapas basah, jangan menggunakan alkohol karena akan semakin memperparah ruam.

Langkah 2 : 
Protect (P), semprotkan 3M Cavilon yang akan melapisi ruam kulit pada selangkangan agar terlindung dari paparan urin, feses, maupun gesekan pospak maupun celana dalam, Cavilon No Sting Barrier Filmtidak menimbulkan rasa sakit saat disemprotkan dan 3M Cavilon ini bekerja hingga 72 jam melindungi kulit.

Langkah 3 : 
Restore (R), setelah dilapisi dengan cairan 3M Cavilon tadi, anda baru bisa memberikan lotion anti ruam popok, atau salep anti radang yang diberikan sesuai resep dokter. Tidak ada cream ruam popok yang bagus, pastikan dulu kondisinya sebelum memberikannya

Lakukan 3 prinsip langkah tadi secara terus menerus sampai kulit penderita sembuh dan bebas iritasi.


Apa Sih 3M Cavilon Spray Itu?

Pada kesempatan yang sama, dr. Sony Wijaya, Sp.B juga memaparkan kegunaan 3M Cavilon yang tadi disebutkan sebagai proteksi atau perlindungan terhadap ruam popok.
Sebagai dokter spesialis bedah, 3M Cavilon ini seringkali beliau gunakan untuk memberikan perlindungan kulit pasiennya sebelum diperban. Cairan 3M Cavilon ini bekerja membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dan kulit pasien.

Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
dr. Sony Wijaya, Sp.B
Cairan 3M Cavilon ini ibarat lakban tipis yang melapisi kulit, namun mudah dibersihkan. Jika kulit disemprotkan 3M Cavilon Spray, otomatis kulit ini terlindungi dari gesekan dan mencegah iritasi semakin parah.
Keunggulan 3M Cavilon ini sangat dipercaya paramedis hampir di seluruh dunia. Sesuai dengan mottonya: Cavilon No Sting Barrier Film, adalah pelapis pembatas yang tidak menyengat, menjadi proteksi kulit seba guna.
Antara lain:
- Melindungi dari bahan perekat di sekitar kulit, di sekitar selang infus, di tepi luka, maupun untuk permukaan selangkangan yang terkena ruam popok.
- Jika cairan 3M Cavilon dioleskan atau disemprotkan kepada kulit yang teriritasi, akan cepat mengering dan tidak lengket. Justru membuat kulit terasa kesat dan mampu mengikuti kontur gerakan tubuh tanpa kaku dan retak.
- Formula 3M Cavilon ini tidak menimbulkan rasa perih yang menyengat karena tidak mengandung alkohol dan tidak menimbulkan efek rasa gatal karena bersifat hipoalergenik.
- Kinerjanya mampu melindungi kulit selama 72 jam dari gesekan, tidak akan menggangu penyerapan obat kulit, steril, kompatibel terhadap Clorhedixine Gluconate (CHG). Jadi tidak perlu bolak balik ganti, hemat namun tetap higienis.

Mengapa 3M Cavilon Spray Bisa Begitu?

3M Cavilon Spray bisa menjadi alat kesehatan yang baik karena berisi NSBF yang terpolymer tersusun dari tiga monomers plus. Mengandung silicone homopolymer (plasticizer) yang dapat meningkatkan fleksibilitas film dengan kulit sehingga menjamin perlindungan kulit.
Seperti saat pelepasan plester atau bahan perekat, kulit tidak ikut tercabut, sel-sel epidermis kulit terlindungi, cukup permukaan kulit atasnya saja yang terbawa. Manfaat 3M Cavilon ini ingin memberikan kemudahan bagi pasien maupun paramedis dalam proses penyembuhan tanpa memberikan rasa sakit berlebih.
Perusahaan 3M ini selalu ingin membawa solusi yang terbaik termasuk pada sektor tekhnologi, manufaktur, dan kesehatan. 3M adalah salah satu perusahaan ternama di dunia yang sudah beroperasi 100 tahun lamanya, sudah banyak penghargaan yang diterima. Beroperasi tersebar di 70 negara, memiliki 36 laboratorium, dan 37 pabrik.
Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray

Bahkan di Indonesia sudah ada sejak 40 tahun lalu, PT. 3M Indonesia berkantor di Jakarta. Sudah banyak memproduksi alat kesehatan dan kebersihan seperti: Scotch, Nextare, Tegaderm, Scotchgard, dan lainnya termasuk 3M Cavilon ini. 
Untuk informasi lengkapnya, bisa lihat di www.3M.co.id deh..!

Bagaimana Mencegah Ruam Popok Datang Kembali?

Ketika kulit sudah sehat kembali, lakukan pencegahan dini agar tidak kambuh lagi, seperti:
1. Pastikan kulit di area selangkangan tetap bersih dan kering
2. Segera ganti popok yang kotor sesering mungkin. 
3. Gunakan popok sesuai ukuran badan, jangan yang kecil dan sempit.
4. Bersihkan kulit dengan air hangat saat mengganti popok
5. Keringkan kulit selangkangan dengan handuk atau kain yang menyerap air sebelum memberikan krim pelindung ruam popok.
6. Semprotkan sejenis film/krim pelindung kulit 3M Cavilon Spray agar dapat melindungi kulit dari paparan lembab dan kotoran berlebih. 
7. Biarkan sejenak tanpa memakai popok selama 2-3 jam agar kulitnya sempat bernafas.


INFO PENTING !!!

👉 Prinsipnya 3M Cavilon Spray ini bukan obat ruam popok ya, tetapi sebagai alat kesehatan sebagai pertolongan pertama. Sebaiknya 3M Cavilon Spray tetap ditemani dengan obat / krim popok rekomendasi dokter. 

👉 3M Cavilon Spray bisa kita beli seharga mulai Rp. 180.000 di apotik Kimia Farma, Lazada, atau e-commerce lainnya. Sebotol ukuran 28 ml bisa digunakan untuk 140 kali semprotan.


Mengatasi Ruam Popok Parah Dengan 3M Cavilon Spray
3M Cavilon Spray 28 ml

Nah, jika anggota keluarga anda mengalami masalah ruam popok parah pada area selangkangan, tidak ada salahnya menggunakan 3M Cavilon ini. Semoga lekas sembuh dan senyum ceria kembali berseri, ya.. 😊

52 komentar:

  1. wah, ini dijelaskan secara lugas dan panjangg. ya semoga ini bisa jadi bahan ajaran buat para orang tua buat anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, buat semuanya sih, bukan cuma buat orangtua :)

      Hapus
  2. kasian mbak aku liat bayi yang kena ruam kulit ini
    apalagi klo tidur malem2
    sering dengar cerita banyak ortu yang kurang peka dan akhirnya malah jadi iritasi berkepanjangan
    untung ada 3M cavilon ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas, kalau gak ngerti cara megatasinya malah makin melebar ruamnya

      Hapus
  3. enak ya mbak tinggal semprot aja

    BalasHapus
  4. Memang ya kalau pakai pospak itu kita kadang suka lupa menggantinya setiap beberapa jam sekali. Akibatnya bayi jadi rentan kena ruam popok deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, keenakan gak ada ompol malah lupa ganti pospak si kecil

      Hapus
  5. wah ada solusi kalau kena ruam ya, krn kasihan banget kalau kena ruam itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alhamdulillah 3M Cavilon memberikan solusi buat ruam popok

      Hapus
  6. Paling gak tega kalo kulit mulus bayi kena ruam ya Mba. Harus diingat-ingat si cavilon nih, siapa tau butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaya melepuh soalnya. Untung ada 3M Cavilon

      Hapus
  7. Ngecekny pakai dicium juga ga bokongnya.. xixixi.. tugas emak yaa sampai segitunya ngecek diapers. Apalagi kalau ada alergi. Kayak anakku yg kedua nih. Begitu juga. Tapi boleh lah dicoba nih cavilon. Semoga bisa melindungi kulit dr iritasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya jasa emak memang luar biasa. Iya, pake dong mak 3M Cavilon ini

      Hapus
  8. Ruam popok bikin bayi gelisah dan sakit pastinya. Sekarang sudah ada solusi, syukur deh, jadi tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti rewelnya ampuuun

      Hapus
  9. Dulu pakai salep khusus untuk mengurangi ra popok, tapi sekarang sudah ada yg sempot ya.. jadi lebih mudah dan tangan ngga lengket hehe jadi pengen punya baby lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo dong mbak, tambah dede lagi. Iya Cavilon semprot ini lebih praktis

      Hapus
  10. 3M teknologinya keren nih.. ternyata bener bisa membantu percepat penyembuhan ruam popok ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, perusahaannya sudah lebih dari 100 ahun sih, jadi keren aja inovasinya

      Hapus
  11. Anakku yang kedua juga sempat kena diaper rash mba, tapi untungnya gal terlalu parah.. Keren nih teknologinya Cavilon, jadi bisa melindungi kulit dan bikin bayi nyaman tanpa gangguan ruam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, 3M Cavilon sudah menjadi rekomendasi dokter bedah

      Hapus
  12. Aku setuju banget kalau memang cara atasi ruam popok ya harus ganti popok sesering mungkin. Jadi Jangan sampai kotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, awal mulanya karena harus rajin ganti pospak

      Hapus
  13. Baru tahu kalau 3M ada produk kesehatannya hehe, Cavilon jauh lebih prakis ya pemakaiannya dibandingkan yang model salep untuk mengatasi ruam popok :) Bisa jadi solusi praktis nih buat mengatasi ruam popok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, 3M Cavilon ini melapisi kulit supaya tidak kena gesekan

      Hapus
  14. Wah ternyata sabun jg bisa bikin ruam ya. Kasian bayi kalo ruam pasti rewel bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gak sangka kan si sabun bisa menjadi penyebab ruam popok

      Hapus
  15. kalo untuk baby, memang kebanyakan karena orangtua yg lalai ya.. jadi harus sering cek-cek kondisi tubuh si kecil terutama area lipatan dan area genital..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, indikasi orangtuanya lalai mengganti pospak

      Hapus
  16. Selain ruam popok bisa buat apalagi ya? Merek baru buat ibu-ibu yang punya baby masalah ruam popok nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat menutup bekas luka biar gak semakin parah

      Hapus
  17. Cavilon ini aku baru denger, bagus ya dia bentuknya cair gitu. Must have item nih, makasih ya mba infonya. Aku lg semangat mulai baca2 lagi ttg perawatan baby newborn :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, persiapan buat dede bayi nanyi ya :)

      Hapus
  18. Setiap ibu-ibu yang punya bayi pastinya pernah mengalami hal seperti ini pada anak bayinya. Malas mengganti atau malas mengecek. Maunya ganti popok jika mau mandi.
    Rasa perih pasti, karena saya pernah melihat keponakan saat mau mandi nangis-nangis jika kena air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian ya mas kalo anak-anak sudah kena ruam popok. Nah iya, bener banget, seringkali ganti popok saat mau mandi aja, padahal gak boleh begitu

      Hapus
  19. Kok kyknya aku merasa dha komen di postingan ini, tapi kok komenku gak ada ya? Mungkin aku halu wkwkwkwkwk
    Inovasi baru buat perlindungan dr luar ruama popok yaaaaaa
    Di rumah aku juga sedia cavilon biar kalau pakai olester gak ketarik hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mungkin kamu komen di tempat lain, saking banyaknya :D
      Wah mantap, sudah punya Cavilon Spray

      Hapus
  20. Iyes, yang terpenting memang mencegah ya mba, jangan sampai terjadi ruam popok ke anak, sedih dan kasian lihatnya. Tapi walaupun kena sekarang enak sih ya, ada solusinya pakai Cavilon ini, ampuh mengatasi ruam popok

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih baik mencegah daripada mengobati, Cavilon Spray ini sebagai P3K

      Hapus
  21. mba aku ngebayangin anak anak bayi digeletakin terus pas ganti popok berjejer pakai ini hahaha. praktis apalagi buat dibawa jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi yaa kaya ikan asin dijemur dong, berjejer :D

      Hapus
  22. praktis ya sekarang, gak perlu oles oleh lagi, pake spray aja, biar lebih steril dan higienis bebas kuman penyebab ruam popok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sebaiknya Cavilon ini dipakai sebelum menggunakan krim popok

      Hapus
  23. Aku belum lama ini Rayyan ngalamin ruam popok. Bahkan agak bikin khawatir. Alhamdulillah pakai Cavilon ini jadi lebih cepat sembuh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih sharingnya mbak Amallia, ternyata Cavilon Spray terbukti ampuh mengatasi ruam popok ya

      Hapus
  24. Jenis ruam popok jenisnya juga banyak ya mba, duh jgn sampe ruam popok berlanjut jd parah,untung ada Cavilon yg memproteksi dan membantu penyembuhan jd lbh efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan sampai deh ruam popoknya susah sembuh, memang sebaiknya dibantu dengan 3M Cavilon Spray ini

      Hapus
  25. Heheeh sampai dibold di bawah, iya ya knp banyak yg mengira Cavilon obat hihihi. Tapi moga2 yang baca postingan ngerti yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, Cavilon ini penolong pertama, terimakasih sudah berkunjung ke artikel ini

      Hapus
  26. Informasinya sangat membantu, terima kasih mbak. Hehehe. Panjang lebar jelasinnya.

    BalasHapus
  27. Kalau anak-anak memang rentan banget terkena ruam. Apalagi kalau kita gak memperhatikan popoknya basah atau kering :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com