Tips Agar Percaya Diri Dan Menjadi Perempuan Idaman


"Perempuan yang kuat itu adalah perempuan yang mampu menghapus air matanya sendiri, lalu bangkit, percaya diri meraih kebahagiaan untuk melupakan kesedihannya".


Dibalik senyuman, siapa yang tahu?


Begitulah sebuah nasihat yang kubaca di salah satu media online. Entah siapa yang pertama kali menuturkannya, namun kalau boleh aku jujur, aku sangat setuju.

Meskipun masih banyak kasus-kasus yang menceritakan kesedihan dan ketidakberdayaan perempuan, namun banyak pula kisah perempuan yang akhirnya mampu bangkit dan meraih cita-cita tanpa bergantung kepada orang lain.

Kalau sudah begitu, siapa pun pasti mendambanya. Siapa sih yang tak kagum pada perempuan kuat, siapa yang tak mau jadi perempuan idaman?

Lalu, bagaimana tips agar bisa seperti itu? 

Ibu Misiyah, seorang ibu yang mampu melepaskan diri dari belenggu luka menjadi daya, sepertinya bisa menjadi contoh sebagai sosok yang percaya diri dan menjadi perempuan idaman semua orang. 

Mengapa begitu?

"Di masa remaja, saya merasakan sendiri bagaimana kehidupan para perempuan seperti budak, harus selalu melayani urusan laki-laki, tak ada waktu bermain-main. Menyaksikan teman-teman sebaya putus sekolah, menikah muda, bahkan ada yang dipaksa menjadi PSK. Namun saya bersyukur saya bisa menghindarinya", begitu pengakuannya.

Ibu Misiyah, Direktur Kapal Perempuan Indonesia

Meskipun begitu, ibu Misiyah tetap saja risau dan sedih. Didasari kesedihan inilah, tepat tanggal 8 Maret tahun 2000, Ibu Misiyah mendirikan sebuah organisasi sosial yang bertujuan merangkul dan memberikan perhatian khusus pada perempuan yang terpinggirkan di berbagai wilayah terpencil di Indonesia.

Organisasi ini diberi nama Institut KAPAL Perempuan Indonesia. KAPAL adalah singkatan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif, untuk perempuan. Filosofinya berarti menjadi wadah dan penghubung transportasi kekuatan antar pulau. 

Di sini sudah ada sekitar 5000 perempuan ikut bergabung, di dalam lingkarannya semua saling bersinergi dan kuat. 

Penampilan Sekolah Perempuan Jakarta

Tak disangka, sudah 19 tahun silam, dibawah kepemimpinannya, KAPAL telah menelurkan banyak Sekolah Perempuan di berbagai desa di 6 provinsi yaitu NTB, NTT, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Pulau Jawa dan DKI Jakarta.

Sekolah ini rata-rata memiliki murid perempuan berusia 25 hingga 70 tahun, mereka semangat, masih mau belajar agar lebih percaya diri, dipercaya bisa mengurus keluarga, dan jadi idaman.

Mendengar ceritanya, aku jadi terharu. Inspiratif banget ya. Malu deh pada diri sendiri, masih suka mengeluh. Gimana dengan kamu? Apakah juga masih sedih dan merasa sendirian?

Tenang, kawan. Kamu gak sendirian. Aku saja masih suka bersedih dan kehilangan rasa percaya diri. Tapi mau sampai kapan kita gini-gini aja?


Share Your Power With Lactacyd


Salah satu cara menghilangkan kesedihan adalah dengan cara menghapus air matamu, lalu cari kesibukan yang sesuai hobimu. Jika perlu, jadikan hobimu menjadi lahan bisnismu. Kalau dompet ' hidup senang', hati pun tenang.

Sama seperti aku Sabtu lalu, di akhir bulan Maret menghadiri acara "Gathering Share Your Power" bersama Lactacyd yang diadakan di lapangan Carrefour Lebak Bulus, Jakarta. Sejak pagi, lapangan ini sudah ramai dengan senam Zumba bersama. 

Nampak kegembiraan dan semangat terpancar dari wajah peserta yang ikut bergoyang seiring musik. Sebagian lainnya juga memadati booth games, henna, decoupage dan food truck ikut meramaikan suasana acara yang serba pink ini. Membuat jiwaku ikut bersemangat.

Senam Zumba Ceria

Menurut Adisti Nirmala selaku Head of Marketing Sanofi, acara ini memang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Women's Day) yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Semua wanita berhak bahagia.

Bukan saja menghadirkan sosok ibu Misiyah, tetapi juga ada Ibu Rohika Kurniadi Sari, selaku Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam kesempatan ini, beliau pun berpesan bahwa perempuan harus bangkit dan percaya diri. Nasib generasi yang akan datang ditentukan oleh tangan para ibu.

Tak heran, di jaman now, sepertinya serentak para perempuan juga bangkit dan menunjukkan kekuatannya. Seperti kami-kami ini, ikut komunitas, pagi-pagi sudah berangkat, berkumpul, dan saling berbagi semangat.

Emak Kuat Percaya Diri

Kamu bisa kok. Untuk menjadi percaya diri, kita harus berani berubah. Dari lemah menjadi kuat, membantu sesama, memberikan inspirasi, dan menjadi idaman semua orang. 

Dalam kesempatan ini, Lactacyd juga mendukung kepercayaan diri para ibu melalui edukasi kesehatan, terutama pada area kewanitaan. Bukan saja pikirannya yang sehat, fisik ibu pun juga harus sehat. Setuju? 

Sayangnya masih banyak perempuan yang belum mengerti, masih banyak yang memiliki keluhan keputihan, bau tak sedap, dan gatal-gatal pada miss v, akibatnya jadi malu dan minder.

Kalau area kewanitaan kurang sehat, yakin deh, kita suka risih, wajah meringis-ringis, jadi kurang menarik dan tentu saja kurang bebas bergerak. Hmm, hilang deh kepercayaan dirinya.

Untuk mengatasi hal ini, Dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Medical Manager Sanofi juga sekalian memberikan tips-tips agar kita bisa mencegahnya. 

Antara lain:

1. Area ini sangatlah sensitif, jadi sering-seringlah mengganti celana dalam dan pembalut dalam sehari, jangan sampai area kewanitaan menjadi lembab, muncul kuman dan jamur.

2. Sebenarnya Allah sudah menciptakan bakteri baik Lactobacyllus yang bersifat asam dan dipercaya dapat melawan kuman. Jadi, jangan sembarangan membasuh dengan sabun biasa yang bersifat basa, jika salah penanganan, akibatnya bakteri baiknya mati, lalu muncul iritasi.

3. Sebaiknya cuci area kewanitaan menggunakan sabun khusus yang mengandung susu. Dengan susu itu akan menghasilkan lebih banyak bakteri baik Lactobacyllus yang dapat mencegah kuman datang.

4. Pakailah celana dalam berbahan yang menyerap keringat, agar sirkulasi udara tetap baik dan membuat kulit menjadi nyaman.

5. Cucilah area kewanitaan dari arah depan ke belakang, jangan terbalik ya, karena hal ini dapat meminimalisir kotoran masuk ke dalam miss V.

6. Keringkan menggunakan tissue atau handuk bersih dengan seksama agar kulit tidak lembab.

dr. Riana (ki) & bapak Jehezkiel (ka)

Lalu sabun apa yang cocok untuk area kewanitaan ini? Nah, ini jawabannya. Bapak Jehezkiel Martua, selaku Product Marketing Consultant Sanofi menyarankan agar menggunakan  produk dari Sanofi.

Siapa yang tak tahu Lactacyd?

Produk yang sudah lama dipercaya ini terkandung asam lactat, lactobacyllus,PH seimbang, hypoalergenic, dan tersedia dalam kemasan botol praktis. 

Share Your Power With Lactacyd

Kini bukan hanya Feminine Hygiene saja, tetapi juga semakin banyak variasinya. Ada Lactacyd Herbal dengan kandungan daun sirih, Lactacyd White Ultimate, dan Lactacyd Teen khusus remaja.

Aku pun menggunakannya sejak hamil, melahirkan, hingga sekarang agar bebas keputihan dan gatal. Jika area kewanitaan sehat, suami juga makin sayang dong. Itu rahasianya jadi lebih percaya diri dan tentu saja jadi idaman suami, eaaa.. 😊😊

Nah, supaya kekuatanmu terpancar, percaya diri, dan jadi perempuan idaman, kamu mau pilih Lactacyd yang mana? Cari infonya di @Lactacyd_id ya!


Salam Sehat
-Lia Lathifa-

6 komentar:

  1. Daerah v gatal sungguh menyiksa. Mau di garuk, malu di depan umum. Tidak di garuk, kesel .

    Menjaga kebersihan organ intim penting apalagi yang sudah menikah. Bisa meningkatkan percaya diri di hadapan suami

    BalasHapus
  2. Waaaah, Lactacyd ini tidak hanya untuk perempuan yang sudah menikah ya, untuk para remaja pun bisa memakainya. Ya, menjaga daerah kewanitaan sudah menjadi kewajiban ya, biar makin bersih dan nyaman.

    BalasHapus
  3. perempuan yang kuat masih banyak ya, tapi tetap juga butuh naungan seperti Institut Kapal Perempuan Indonesia. Biar tumbuh kuat terus dan terus. Baik ya Lactacyd, mau berbagi untuk menjaga kesehatan perempuan terutama area kewanitaan

    BalasHapus
  4. Duh aq galfok sm bunga2nya itu mba, boleh ga sh minta setangkai hihi..
    Menjaga organ intim emang penting bgt apalagi kebersihannya aq jg percayakan ke lactacyd dr dulu wanginya lembut bikin nyaman

    BalasHapus
  5. Wah... wah... tipsnya ditulis dengan rapi dan keren. Semua perempuan wajib tahu tentang ini dan yang sudah tahu nggak perlu pura-pura nggak tahu.
    Kita harus membiasakan diri sedari sekarang.

    Beruntung saya sudah dibiasakan sejak dini, akhirnya sampai sekarang kalau nggak melakukan tips-tips di atas sana, rasanya aneh.

    Acaranya juga keren.

    Terima kasih Kakak.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  6. Salut aku sama Ibu Misiyah. Hebat ya mba, beliau bisa memberdayakan perempuan dari segi pendidikan.. Masalah2 yang dihadapi kaum perempuan masih banyak, semoga ada banyak lagi Ibu Misiyah lainnya...

    Acaranya seru ya Mba Mba Lia.. Trims tips-tips untuk pencegahan masalah di area kewanitaannya noted banget nih mba..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com