NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

4.4.19

Tips Agar Percaya Diri Dan Menjadi Perempuan Idaman


"Perempuan yang kuat itu adalah perempuan yang mampu menghapus air matanya sendiri, lalu bangkit, percaya diri meraih kebahagiaan untuk melupakan kesedihannya".


Dibalik senyuman, siapa yang tahu?


Begitulah sebuah nasihat yang kubaca di salah satu media online. Entah siapa yang pertama kali menuturkannya, namun kalau boleh aku jujur, aku sangat setuju.

Meskipun masih banyak kasus-kasus yang menceritakan kesedihan dan ketidakberdayaan perempuan, namun banyak pula kisah perempuan yang akhirnya mampu bangkit dan meraih cita-cita tanpa bergantung kepada orang lain.

Kalau sudah begitu, siapa pun pasti mendambanya. Siapa sih yang tak kagum pada perempuan kuat, siapa yang tak mau jadi perempuan idaman?

Lalu, bagaimana tips agar bisa seperti itu? 

Ibu Misiyah, seorang ibu yang mampu melepaskan diri dari belenggu luka menjadi daya, sepertinya bisa menjadi contoh sebagai sosok yang percaya diri dan menjadi perempuan idaman semua orang. 

Mengapa begitu?

"Di masa remaja, saya merasakan sendiri bagaimana kehidupan para perempuan seperti budak, harus selalu melayani urusan laki-laki, tak ada waktu bermain-main. Menyaksikan teman-teman sebaya putus sekolah, menikah muda, bahkan ada yang dipaksa menjadi PSK. Namun saya bersyukur saya bisa menghindarinya", begitu pengakuannya.

Ibu Misiyah, Direktur Kapal Perempuan Indonesia

Meskipun begitu, ibu Misiyah tetap saja risau dan sedih. Didasari kesedihan inilah, tepat tanggal 8 Maret tahun 2000, Ibu Misiyah mendirikan sebuah organisasi sosial yang bertujuan merangkul dan memberikan perhatian khusus pada perempuan yang terpinggirkan di berbagai wilayah terpencil di Indonesia.

Organisasi ini diberi nama Institut KAPAL Perempuan Indonesia. KAPAL adalah singkatan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif, untuk perempuan. Filosofinya berarti menjadi wadah dan penghubung transportasi kekuatan antar pulau. 

Di sini sudah ada sekitar 5000 perempuan ikut bergabung, di dalam lingkarannya semua saling bersinergi dan kuat. 

Penampilan Sekolah Perempuan Jakarta

Tak disangka, sudah 19 tahun silam, dibawah kepemimpinannya, KAPAL telah menelurkan banyak Sekolah Perempuan di berbagai desa di 6 provinsi yaitu NTB, NTT, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Pulau Jawa dan DKI Jakarta.

Sekolah ini rata-rata memiliki murid perempuan berusia 25 hingga 70 tahun, mereka semangat, masih mau belajar agar lebih percaya diri, dipercaya bisa mengurus keluarga, dan jadi idaman.

Mendengar ceritanya, aku jadi terharu. Inspiratif banget ya. Malu deh pada diri sendiri, masih suka mengeluh. Gimana dengan kamu? Apakah juga masih sedih dan merasa sendirian?

Tenang, kawan. Kamu gak sendirian. Aku saja masih suka bersedih dan kehilangan rasa percaya diri. Tapi mau sampai kapan kita gini-gini aja?


Share Your Power With Lactacyd


Salah satu cara menghilangkan kesedihan adalah dengan cara menghapus air matamu, lalu cari kesibukan yang sesuai hobimu. Jika perlu, jadikan hobimu menjadi lahan bisnismu. Kalau dompet ' hidup senang', hati pun tenang.

Sama seperti aku Sabtu lalu, di akhir bulan Maret menghadiri acara "Gathering Share Your Power" bersama Lactacyd yang diadakan di lapangan Carrefour Lebak Bulus, Jakarta. Sejak pagi, lapangan ini sudah ramai dengan senam Zumba bersama. Ramai seperti hasil akhir Quick Count

Nampak kegembiraan dan semangat terpancar dari wajah peserta yang ikut bergoyang seiring musik. Sebagian lainnya juga memadati booth games, henna, decoupage dan food truck ikut meramaikan suasana acara yang serba pink ini. Membuat jiwaku ikut bersemangat.

Senam Zumba Ceria

Menurut Adisti Nirmala selaku Head of Marketing Sanofi, acara ini memang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Women's Day) yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Semua wanita berhak bahagia.

Bukan saja menghadirkan sosok ibu Misiyah, tetapi juga ada Ibu Rohika Kurniadi Sari, selaku Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam kesempatan ini, beliau pun berpesan bahwa perempuan harus bangkit dan percaya diri. Nasib generasi yang akan datang ditentukan oleh tangan para ibu.

Tak heran, di jaman now, sepertinya serentak para perempuan juga bangkit dan menunjukkan kekuatannya. Seperti kami-kami ini, ikut komunitas, pagi-pagi sudah berangkat, berkumpul, dan saling berbagi semangat.

Emak Kuat Percaya Diri

Kamu bisa kok. Untuk menjadi percaya diri, kita harus berani berubah. Dari lemah menjadi kuat, membantu sesama, memberikan inspirasi, dan menjadi idaman semua orang. 

Dalam kesempatan ini, Lactacyd juga mendukung kepercayaan diri para ibu melalui edukasi kesehatan, terutama pada area kewanitaan. Bukan saja pikirannya yang sehat, fisik ibu pun juga harus sehat. Setuju? 

Sayangnya masih banyak perempuan yang belum mengerti, masih banyak yang memiliki keluhan keputihan, bau tak sedap, dan gatal-gatal pada miss v, akibatnya jadi malu dan minder.

Kalau area kewanitaan kurang sehat, yakin deh, kita suka risih, wajah meringis-ringis, jadi kurang menarik dan tentu saja kurang bebas bergerak. Hmm, hilang deh kepercayaan dirinya.

Untuk mengatasi hal ini, Dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Medical Manager Sanofi juga sekalian memberikan tips-tips agar kita bisa mencegahnya. 

Antara lain:

1. Area ini sangatlah sensitif, jadi sering-seringlah mengganti celana dalam dan pembalut dalam sehari, jangan sampai area kewanitaan menjadi lembab, muncul kuman dan jamur.

2. Sebenarnya Allah sudah menciptakan bakteri baik Lactobacyllus yang bersifat asam dan dipercaya dapat melawan kuman. Jadi, jangan sembarangan membasuh dengan sabun biasa yang bersifat basa, jika salah penanganan, akibatnya bakteri baiknya mati, lalu muncul iritasi.

3. Sebaiknya cuci area kewanitaan menggunakan sabun khusus yang mengandung susu. Dengan susu itu akan menghasilkan lebih banyak bakteri baik Lactobacyllus yang dapat mencegah kuman datang.

4. Pakailah celana dalam berbahan yang menyerap keringat, agar sirkulasi udara tetap baik dan membuat kulit menjadi nyaman.

5. Cucilah area kewanitaan dari arah depan ke belakang, jangan terbalik ya, karena hal ini dapat meminimalisir kotoran masuk ke dalam miss V.

6. Keringkan menggunakan tissue atau handuk bersih dengan seksama agar kulit tidak lembab.

dr. Riana (ki) & bapak Jehezkiel (ka)

Lalu sabun apa yang cocok untuk area kewanitaan ini? Nah, ini jawabannya. Bapak Jehezkiel Martua, selaku Product Marketing Consultant Sanofi menyarankan agar menggunakan  produk dari Sanofi.

Siapa yang tak tahu Lactacyd?

Produk yang sudah lama dipercaya ini terkandung asam lactat, lactobacyllus,PH seimbang, hypoalergenic, dan tersedia dalam kemasan botol praktis. 

Share Your Power With Lactacyd

Kini bukan hanya Feminine Hygiene saja, tetapi juga semakin banyak variasinya. Ada Lactacyd Herbal dengan kandungan daun sirih, Lactacyd White Ultimate, dan Lactacyd Teen khusus remaja.

Aku pun menggunakannya sejak hamil, melahirkan, hingga sekarang agar bebas keputihan dan gatal. Jika area kewanitaan sehat, suami juga makin sayang dong. Itu rahasianya jadi lebih percaya diri dan tentu saja jadi idaman suami, eaaa.. 😊😊

Nah, supaya kekuatanmu terpancar, percaya diri, dan jadi perempuan idaman, kamu mau pilih Lactacyd yang mana? Cari infonya di @Lactacyd_id ya!


Salam Sehat
-Lia Lathifa-

29 komentar:

  1. Daerah v gatal sungguh menyiksa. Mau di garuk, malu di depan umum. Tidak di garuk, kesel .

    Menjaga kebersihan organ intim penting apalagi yang sudah menikah. Bisa meningkatkan percaya diri di hadapan suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mpok, kalo pas gatal datang bikin gak percaya diri deh

      Hapus
  2. Waaaah, Lactacyd ini tidak hanya untuk perempuan yang sudah menikah ya, untuk para remaja pun bisa memakainya. Ya, menjaga daerah kewanitaan sudah menjadi kewajiban ya, biar makin bersih dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa. Intinya untuk menambah bakteri baik di sana sehingga bisa mencegah bakteri buruk penyebab gatal, aroma tak sedap, keputihan

      Hapus
  3. perempuan yang kuat masih banyak ya, tapi tetap juga butuh naungan seperti Institut Kapal Perempuan Indonesia. Biar tumbuh kuat terus dan terus. Baik ya Lactacyd, mau berbagi untuk menjaga kesehatan perempuan terutama area kewanitaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus ancungi jempol buat para pendiri Kapal Perempuan ini, bisa membawa derajat perempuan lebih baik

      Hapus
  4. Duh aq galfok sm bunga2nya itu mba, boleh ga sh minta setangkai hihi..
    Menjaga organ intim emang penting bgt apalagi kebersihannya aq jg percayakan ke lactacyd dr dulu wanginya lembut bikin nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, andai bisa kuberikan bunga itu. Namun apa daya ☺

      Iya lactacyd aromanya khas segar ya

      Hapus
  5. Wah... wah... tipsnya ditulis dengan rapi dan keren. Semua perempuan wajib tahu tentang ini dan yang sudah tahu nggak perlu pura-pura nggak tahu.
    Kita harus membiasakan diri sedari sekarang.

    Beruntung saya sudah dibiasakan sejak dini, akhirnya sampai sekarang kalau nggak melakukan tips-tips di atas sana, rasanya aneh.

    Acaranya juga keren.

    Terima kasih Kakak.

    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Einid, keren lho kamu udah menjalani menjaga kesehatan area intim

      Hapus
  6. Salut aku sama Ibu Misiyah. Hebat ya mba, beliau bisa memberdayakan perempuan dari segi pendidikan.. Masalah2 yang dihadapi kaum perempuan masih banyak, semoga ada banyak lagi Ibu Misiyah lainnya...

    Acaranya seru ya Mba Mba Lia.. Trims tips-tips untuk pencegahan masalah di area kewanitaannya noted banget nih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga salut sama ibu Misiyah, jadi malu lihat diri belum banyak berbuat apa-apa untuk orang lain

      Hapus
  7. acaranya seruu... menginspirasi banget :)
    btw aku pake lactacyd juga. alhamdulillah cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senangnya sudah pakai Lactacyd ya bunda

      Hapus
  8. Jadi kagum dengan ibu Misiyah, dari kisahnya bisa tergerak untuk mendirikan sekolah bagi perempuan. Ah sangat menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga kagum banget, malu rasanya belum bisa seperti beliau yang mengapresiasi para perempuan

      Hapus
  9. keren saya suka acara2 seperti ini jadi buat kita semangat daah

    BalasHapus
  10. Acara ini inspiratif banget, saya baru tau ada wadah bagi perempuan bernama Kapal Perempuan melalui acara ini. Sayangnya hari itu gak bisa datang dari pagi biar bisa ikutan zumba hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya aku gak ikutan zumba juga, padahal lumayan bikin berkeringat badan sehat deh

      Hapus
  11. Waaa acaranya seruuu! Kita sedama perempuan memang harus terus mendukung satu sama lain bukan saling nyinyir

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kita kudu saling mendukung ya, bukan nyindir dan nyinyir. Insyaallah berkah

      Hapus
  12. Perempuan memang harus percaya diri ya apalagi banyak masalah yang harus di hadapi kaum perempuan. Salut dengan ibu Masiyah yang mau berkorban memberikan perhatiannya untuk membantu sesama perempuan. Ini acara yang bagus, berbagi dan mencari solusi bersama sebagai sesama perempuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lukanya malah menjadi daya, keren banget ya. Menginspirasi banget beliau

      Hapus
  13. dan ingat Percaya diri itu bukan untuk dimiliki tapi untuk di lakukan :)

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah masih setia pake lactacyd dari dulu. Jadi gak salah pilih

    BalasHapus
  15. Salah satu hal yang bikin makin percaya diri terutama di depan suami memang kesehatan dan kebersihan miss v ya.

    BalasHapus
  16. ga banyak pembersih kewanitaan yg aku percaya. salah satunya lactacyd sih. aku memang pakai 2 merk, krn kdg ada 1 merk ga ada di toko yg aku datangin. bgs kok lactacyd ini, apalagi produknya makin banyak . ada utk anak2 juga sabun nya kan. anakku cocok tuh secara kulitnya sgt sensitiv. aku pun cocok bgt pake pembersih kewanitaannya :)

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge