NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

7.12.23

Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Pelajar Entry-Level Terbaik Harga Terjangkau

Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Pelajar Entry-Level Terbaik Harga Terjangkau

Lihat kan laptop yang aku angkat dalam satu tangan ini? Iya, ringan banget, bobotnya hanya 1.3 Kg lho. Ini adalah laptop dengan Entry-Level terbaik namun harga terjangkau. Cocok banget sebagai laptop untuk pelajar. Tahu kan kalau para pelajar sekarang tugasnya bejibun. Dengan kurikulum Merdeka Belajar membuat murid-murid harus aktif dan interaktif. Ada saja project-nya tiap hari. Memaksa mereka untuk mencari materi di internet, kemudian diskusi kelompok, menyelesaikan dengan membuat laporan, lalu mempresentasikan di depan kelas. *Asli deh, sibuk bener ngalahin pejabat..

Contohnya anakku, sejak masuk SMPN sibuknya bukan main, bentar-bentar mengerjakan tugas dan laporan. Bahkan saking lelahnya dia suka ketiduran di depan laptop jadulnya itu karena menunggu loading yang terlalu lama, tengah malam terbangun untuk meneruskan sampai selesai. Duh kasihan amat, nasib punya laptop tua. 

Rasanya kalo banyak rejeki, pengen banget mengganti laptop lama itu menjadi ASUS Vivobook Go 14 (E1404F). Biar tugas anakku itu selesai sat-set-sat-set gitu lho. Laptop ini diklaim tangguh seperti laptop harga puluhan juta. Tapi ini harganya dibanderol mulai 6 jutaan, termasuk terjangkau, bukan?

Aku jadi tahu gara-gara diajak mba Evrina Budiastuti, seorang Blogger Bogor yang profesional dan berkegiatan sehari-hari sebagai penyuluh pertanian, untuk melihat dan merasakan langsung sensasi menggunakan laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini di Enthree Coffee & Kitchen Cibinong. Senang banget bukan main, apalagi ketemu teman-teman. 

Gimana kesannya? Ya, hampir semua jadi kepengen punya laptop ini dong, hehe..

Biasanya laptop 6 jutaan, spek-nya biasa saja yang penting bisa buat ngetik di Microsoft Office. Tapi laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yaaa tidak mungkin sesederhana gitu. Sudah dirancang mumpuni, gak kalah canggih sama seniornya, design layar tipis full HD, prosesor hardware generasi terbaru, keyboard ErgoSense dan Backlit, engsel fleksibel, bahkan tangguh lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade. Keren banget, kan?

Sttt, ini nih rahasia yang bikin aku kepincut sama laptop untuk pelajar versi ASUS. Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan kita mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik kita. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kita sepanjang hari.

Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Pelajar Entry-Level Terbaik Harga Terjangkau


Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap - PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita untuk selalu memiliki akses ke fitur yang kita kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kita.

Sebagai catatan informasi, buat yang gak tau, biasanya kalau beli laptop tuh masih "kosong" gak ada program apa-apa, alias harus ditambahin program Windows Home berlisensi dulu baru bisa digunakan. Kita harus nambah bujet untuk membeli operating  system, kalau program yang asli harganya bisa jutaan. Jadi inilah kelebihan laptop ASUS yang sudah diinstal operating system langsung secara gratis, tanpa batas, selama umur laptop ini.

Tangguh Bersertifikasi US Military Grade

https://www.narasilia.com/2023/12/review-asus-vivobook-go-14-e1404f.html

Seperti yang aku singgung sebelumnya, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini cocok sebagai laptop untuk pelajar karena dihadirkan sebagai laptop tangguh, laptop Military Grade yang harganya paling terjangkau di Indonesia. 

Meskipun harga 6 jutaan ini tetapi sudah memiliki kualitas terbaik, telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer Amerika Serikat dan bersertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi ini sangat terkenal ketat dalam pengujian kriteria dan prosedur yang harus dilalui pada sebuah perangkat, nah termasuk laptop yang aku pegang.

Yap, Vivobook Go 14 (E1404F) ini telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Kebayang kan, laptop ini bakalan kuat “tahan banting" jika dipegang oleh pelajar yang kadang suka grasa grusu, labil, sembrono. Jadi gak perlu cerewet mewanti-wanti untuk memperlakukan barang mahal dengan baik.

Privasi Aman Terjaga

Dari sisi pengamanan, ini penting banget, pada ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) tersedia Webcam Shield agar tidak ada hackers yang mengintip aktivitas kita saat online meeting atau saat menggunakan webcam. Adanya privacy shield pada webcam ini juga memudahkan kita ketika sedang mengikuti zoom, ketika tidak ingin mengaktifkan kamera, tak perlu utak utik settingan, cukup menggeser switch buka-tutup pada Webcam Shield, langsung wajah kita tidak akan terlihat siapapun.

Oya, termasuk ada fitur keamanan lain yaitu Fingerprint Sensor yang terletak di area bawah pada touchscreen. Biasanya fitur fingerprint sensor ini cuma tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data, tetapi di ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga ada. Selain untuk keamanan privasi, cuma kita aja yang bisa buka data, bisa juga langsung login ke Windows 11 dengan mudah. Mantap banget gak sih? Iya dong!

Keyboard Yang Lembut dan Nyaman

https://www.narasilia.com/2023/12/review-asus-vivobook-go-14-e1404f.html

Pernah gak jarimu merasa pegal dan kaku saat mengetik banyaknya tugas sekolah atau skripsi? Nah, tentu tidak jika kita menggunakan laptop ini. Jari kita dijamin nyaman saat mengetik karena setiap tuts tombolnya menggunakan teknologi keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang lembut, tidak perlu kuat menghentak, cukup sentuhan halus maka tiap huruf dan angka pun langsung muncul di layar.

Mau seberapa pun banyaknya ketikan, kita tetap enjoy. Bahkan sampai tengah malam pun, tidak menimbulkan irama berisik. Dan saking kerennya pun sudah Backlit Keyboard, artinya ada lampu pada setiap tombolnya, jadi gak perlu khawatir saat mengetik di penerangan yang pas-pasan, kita tak perlu meraba-raba dimana tiap huruf dan angkanya. Mirip laptop gaming gitu..

Ditenagai Hardware Generasi Terbaru

https://www.narasilia.com/2023/12/review-asus-vivobook-go-14-e1404f.html

Mengapa Vivobook Go 14 (E1404F) layak sebagai laptop untuk pelajar yang direkomendasikan? Karena laptop ini diklaim dapat membantu kinerja yang tinggi dan membutuhkan respon cepat. Jangan sampai tugas keteteran akibat laptopnya lemot. 

Dan inilah keunggulannya, selain design modern juga yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang pastinya cepat dan efisiensi energi yang sangat baik. Bukan cuma buat pelajar saja sih, buat wirausahawan, profesional muda, dan konten kreator yang memerlukan perangkat laptop dengan performa tinggi juga boleeeh..

Memory Besar Dan Battery Tahan Lama

Selain prosesor yang powerful, memorinya LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan keunggulan lainnya bisa lebih hemat energi, membuat durasi baterai yang lebih tahan lama 42 Whours. 

Jika adanya kapasitas memori yang besar, kita gak perlu khawatir jika membuka berbagai situs maupun aplikasi penunjang lainnya secara bersamaan sekaligus. Tetap efisien, kita tetap bisa menjalankan banyak aplikasi secara multitasking tanpa menurunkan salah satu fungsi kinerja.

Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi penyimpanan dengan NVMe PCIe SSD berkapasitas sampai 512GB, menjamin kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan lebih responsif. Ini nih yang dibutuhkan!

Dengan kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat, membuat Vivobook Go 14 (E1404F) ini patut dimasukan ke dalam wishlist sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan kamu yang sangat sibuk dengan berbagai tugas media.

Layar Full HD Yang Jernih Detail Tanpa Merusak Mata

Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Pelajar Entry-Level Terbaik Harga Terjangkau

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) tidak kalah canggih jika dibandingkan dengan kompetitor di kelas atasnya, sama-sama memiliki layar Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits. Tampilan gambar lebih tajam dan jernih. Tampilan visualnya pun lebih detil dan imersif, sangat baik untuk membuat gambar design, bermain games, bahkan buat menonton.

Tak perlu khawatir dengan paparan radiasi sinar biru pada mata saat berkutat di depan layar, ASUS tentunya sangat memperhatikan kesehatan mata para pelajar maupun pengguna lainnya, karena layar Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland sehingga dapat meminimalisir sinar negatif yang dapat merusak mata.

Layar Tipis Dengan Engsel Fleksibel

Oya, layar laptop ini pun dirancang dengan NanoEdge Bezel yang tampilannya nampak sangat tipis dan meningkatkan rasio layar pada bodi sehingga terlihat semakin elegan dan berkelas. Dan uniknya, pada engsel (hinge) bisa fleksibel dibuka hingga 180°, lurus sebanding dengan keyboard sehingga bisa digunakan bersama kelompok saat berdiskusi maupun presentasi. Bisa bareng-bareng gitu lah. Anak-anak kita pasti makin semangat maju ke depan untuk menerangkan hasil kerjanya.

Dukungan Perangkat Transfer Data Yang Kompatibel

Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan berbagai port yang akan memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Antara lain ada:
▪︎ USB Type-C untuk mendukung transfer data dari HP atau gadget lain dengan cepat, 
▪︎ USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat lama, 
▪︎ HDMI untuk mendukung kebutuhan presentasi dengan proyektor, monitor, televisi, DVD player,
▪︎ 3.5mm Combo Audio Jack untuk kebutuhan musik dan suara.


Main Spec Vivobook Go 14 (E1404F)

CPU:
• AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)
• AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System: 
Windows 11 Home

Memory:
• 16GB LPDDR5
• 8GB LPDDR5

Storage:
• 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
• 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display: 
14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics: 
AMD Radeon™ Graphics

Input/Output :
• 1x USB 2.0 Type-A,
• 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A,
• 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C,
• 1x HDMI 1.4,
• 1x 3.5mm Combo Audio Jack,
• Backlit keyboard

Connectivity: 
Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera: 
720p HD camera

Audio: 
AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Security : 
• Webcam privacy shield, 
• Fingerprint sensor with Windows Hello support

Battery: 
42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension : 
32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight: 
1.38Kg

Colors : 
• Green Grey, 
• Cool Silver,
• Mixed Black

Price:
• Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)
• Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)
• Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty: 
2 Tahun Garansi Global (termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty)



16 komentar:

  1. Sekarang laptop tidak hanya kebutuhan pekerja, tapi juga anak sekolah ya, Mbak. Apalagi banyak sekali tugas-tugas sekolah yang membutuhkan laptop.
    Dan ini pas memang laptop di level menengah, Mbak. Harga juga terjangkau. tapi sangat mumpuni ya, Mbak. Tangguh diajak berakrivitas.

    BalasHapus
  2. Saya sebagai guru di sekolah memang menyarankan anak-anak punya laptop. apalagi bener banget sekarang ada tugas2 kurmer yang cukup banyak, dan berbasis project. Anak2 harus aktif, mempresentasikan pengalamannya, serta memberi solusi atas permasalahn yang ada, bahkan bisa menciptakan produk P5. Laptop Asus tujuan untuk pelajar ini bagus, dan cocok untuk kebutuhan anak2 sekolah, saya dukung inovasi Asus yang keren ini.

    BalasHapus
  3. Berlimpah kelebihan ASUS Vivobook Go 14 ini ya Mbak. Memang cocoklah untuk para pelajar yang harus mengerjakan banyak tugas dan terikat kebutuhan memiliki laptop agar dapat mengerjakan semua pekerjaan dengan nyaman. ASUS memang top lah. Inovasinya selalu memenuhi kebutuhan publik. Spesifikasinya juga jempolan.

    BalasHapus
  4. Lengkap banget nih fitur dari ASUS VIVOBOOK GO 14 yang pastinya bakalan memanjakan user nih. Yuk yang lagi butuh lappy, silahkan dilirik.

    BalasHapus
  5. Wah pas banget abis ngikutin gatheringnya ASUS dan nyobain laptop ini
    Keren ya?
    Harganya terjangkau tapi gak murahan. Speknya gahar, layarnya bikin nyaman.

    BalasHapus
  6. Ini benar-benar laptop buat pelajar sih. Dengan 256 SSD, cocok lah ya. Harganya terjangkau, kualitasnya juga oke punya. Benar-benar rekomended

    BalasHapus
  7. Portnya lengkap, ringan pula, prosesornya kekinian eh plusnya tersedia OHS wuaah bukan anak sekolah aja, daku pun demen banget nih jadinya.

    BalasHapus
  8. Pelajar sekarang butuh banget gadget yang mumpuni untuk mendukung belajarnya yang satset. Anakku di pesantren juga pakai ASUS. Tapi aku lupa tanya tipenya.. Dan anaknya mungkin juga ga aware masalah ini sih yaa.. Hehe, semoga aja ASUS Vivobook GO 14.

    BalasHapus
  9. Fleksibel sekali laptopnya. desainnya ramping dan ringan. Dengan berat sekitar 1,3 kg aja
    Praktis dan tentu sangat mudah untuk dibawa dalam tas. Ideal banget untuk orang-orang yang sering bepergian.

    BalasHapus
  10. Paling tertarik sama fitur backlit keyboard-nya. Karena saya paling produktif itu jam 21 malam ke atas, alias ketika semua anggota keluarga sudah tertidur. Jadi seringkali bekerja dalam gelap. Saya kira pas nih fitur backlit keyboard-nya untuk pekerja WFH seperti saya.

    BalasHapus
  11. Ini laptop mewah banget sih, baterai tahan lama lebih-lebih ringan juga, cocok juga untuk remote worker hehehe...

    BalasHapus
  12. Wah bener-bener laptop idaman buat pelajar ini. Ringan, praktis, kekinian tapi tangguh. Bisa jadi pilihan buat beliin anak laptop baru nanti.

    BalasHapus
  13. Laptop udah jadi benda wajib buat pelajar saat ini. Laptop dengan harga yg tidak memberatkan orang tua tentunya sangat membantu orang tua. Apalagi klo ketemu laptop ringan yg praktis, dan speknya full. Wajib banget nih sama pelajar

    BalasHapus
  14. Laptop seharga 6 jutaan, tapi diklaim punya ketangguhan seperti laptop harga puluhan juta?
    Hmm... jadi makin penasaran sama asus vivobook go 14 e1404f ini. Apalagi harga 6 jutaan itu sudah termasuk windows ori dan aplikasi office juga

    BalasHapus
  15. ASUS Vivobook Go 14 emang sebagus itu ya kak spec nya..Mendukung banget sebagai media belajar. Harganya juga termasuk ramah dikantong sih untuk spec laptop sebagus ini.

    BalasHapus
  16. Jangankan buat pelajar, aku yang karyawan kantoran dan blogger aja mupeng liat ASUS Vivobook Go 14 ini. Ringan, engselnya fleksibel, keyboard nyaman, privasi terproteksi, namun tetap dengan performa mumpuni.

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge