NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

21.12.23

Jenis Pakan Burung Yang Bikin Suara Gacor

Jenis Pakan Burung Yang Bikin Suara Gacor


Seperti biasa, waktu pagi kami selalu disambut kicauan burung-burung yang saling bersahut-sahutan, seperti berlomba memamerkan keindahan suara gacor mereka. Senang banget mendengarnya. "Terimakasih tetangga yang sudah memelihara burung bersuara indah dan gacor, kami kebagian kebahagiaannya", gumamku.

Hehe, alhamdulillah, gak perlu repot memelihara burung, tapi kami bisa ikut menikmati keindahan suara-suara burung ciptaan Tuhan melalui tangan tetangga tersebut. Nikmat mana lagi yang kau dustakan? Suasana rumah jadi terasa asri, semoga berkah karena bersedekah ya, pak!

Iya, tetanggaku itu senang sekali memelihara burung-burung bersuara indah dan lantang, gacor lah istilahnya. Antara lain ada Kacer, Lovebird, Kenari, dan Murai Batu. Bentuk tubuh mereka mungil dan corak warnanya cantik. "Lumayan bisa menghilangkan stres sepulang kerja. Sesekali suka diajak lomba. Lumayan hadiahnya, buat tambahan pakan burung lagi", katanya.


Jenis Pakan Burung Bisa Mempengaruhi Suara Burung Makin Gacor 

Menurutnya, memelihara burung-burung bersuara gacor ini cukup mudah namun harus sabar dan telaten. Rawatlah mereka dengan cinta, selalu perhatikan kesehatan burung juga membersihkan kandang. 

Jangan sampai burung jadi stress karena hanya dijadikan bisnis dan cari untung semata. Toh, jika mereka sehat maka jadi happy, makin ceriwis, suaranya gacor, semakin mahal harganya bahkan ada yang ratusan juta seperti burung Cucok Rowo. 

Agar mereka sehat dan bersuara gacor, berikan pakan burung yang tepat dan disukai. Pastikan pakan yang diberikan sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, agar tidak terkontaminasi dengan udara, debu, maupun kotorannya sendiri.

Jangan cuma diberi biji-bijian, beras, dan kacang-kacangan. Perlu adanya variasi pakan lain agar kebutuhan kalori, protein, lemak, dan vitamin mineral agar burung tidak kekurangan vitamin dan mineral. Jika pakan tidak diganti-ganti jenisnya, nutrisi kurang terserap bahkan ada yang obesitas akhirnya malas berkicau. 

Apalagi jika kekurangan protein dapat membuat bulu  burung jadi rusak, mencabuti bulunya sendiri, menjadi kurus, kerdil, kanibalisme dan murung. 

Kroto sumber protein untuk burung murai

Untuk kebutuhan protein bisa tercukupi dengan:

• Jangkrik

• Ulat Hongkong

• Ulat kandang

• Kroto telur semut

• Cacing

• Kuaci biji matahari

• Kacang hijau 

Sedangkan untuk vitamin mineral dan serat, burung bisa diberikan:

• Sayuran seperti bayam, labu, brokoli, kembang kol, wortel, seledri, paprika 

• Buah-buahan seperti apel, pir, berry, pepaya, pisang. Berikan dalam bentuk potongan kecil-kecil. 

Dan supaya kicauan burung semakin gacor, bisa berikan Voer yaitu pakan yang diformulasi sesuai konsentrat yang pas. Mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh burung peliharaan. Teksturnya lembut dan halus, mudah dicerna. Contohnya pakan burung premium Tory Daily dari CPPETINDO.

Pakan burung premium Tory Daily Bird Food dibuat dengan formula istimewa menggunakan bahan-bahan terbaik agar kebutuhan nutrisi semua jenis burung kicau kesayangan terpenuhi, semakin sehat, dan kicauannya makin gacor dan ngemplong. 

Butirannya halus dan komposisinya terdiri dari jagung, tepung ikan, bungkil kedelai, tepung serangga, minyak ikan, madu, dan tepung buah-buahan. Bernilai gizi 20% Protein, 5% Lemak, 5% Serat kasar, 10% Kadar air, 0.8 - 2% Kalsium, 0.6% Fosfor.

Jenis Pakan Burung Yang Bikin Suara Gacor

Keunggulan produk yang dikemas dalam pouch ukuran 400 gram ini membuat kebutuhan nutrisi burung kicau seimbang, diperkaya Nukleotida agar burung semakin cerdas meniru suara, meningkatkan stamina, dan mencegah penyakit. Tentunya akan meningkatkan nilai jual pada burung.

Kita bisa beli produk Voer pakan burung premium lainnya di https://cppetindo.com/ atau di CPPETINDO Official Store. CPPETINDO adalah produsen & distributor pakan yang sudah terpercaya sejak dulu membantu menyediakan pakan hewan kesayangan yang sehat dan baik, termasuk Jual Pakan Burung. CPPETINDO percaya bahwa hewan kesayangan pet pals yang sehat adalah hewan kesayangan yang bahagia.


Selain Pakan, Perhatikan Hal Ini Saat Memelihara Burung !

Selain pakan makanan burung, kebutuhan hidup burung-burung juga harus diperhatikan agar sehat dan bersuara gacor, antara lain:

• Berikan Kandang Yang Lega Dibanding Sangkar Yang Kecil 

Memperhatikan kandang atau sangkar burung itu penting banget. Pastikan dari bahan yang kuat dan rapat, agar kepalanya tidak keluar. Makin besar ukuran kandang atau sangkar itu makin baik, karena burung membutuhkan ruang yang lebih luas untuk terbang, mengepakkan sayap, dan memanjat jeruji kandang. 

• Berikan Aksesoris Pendukung Pada Kandang 

Tambahkan ranting kayu sebagai tempat bertengger, mainan untuk melatih kecerdasan burung. Letakkan tempat makanan dan minuman serta wadah pemandian di area atas agar tidak terkena kotorannya sendiri. Pastikan makanan dan air selalu diganti. 

• Rajin Bersihkan Kandang Dari Kotoran 

Berikan pasir atau alas koran di bagian bawah kandang untuk menampung kotoran burung. Segera bersihkan jika sudah banyak agar tidak menjadi sumber bakteri dan virus penyakit pada burung. Bila perlu lakukan ini setiap hari. 

Jemur Burung Pada Pagi dan Sore 

Menempatkan kandang burung lebih baik di area dengan ventilasi baik, jauh dari angin dan sinar matahari langsung. Namun burung juga perlu dijemur sekitar 15 menit setiap pagi dan sore agar mereka bisa mendapat udara yang cukup baik. 

Mandikan Menggunakan Botol Semprot Spray 

Pagi hari, burung juga bisa sekalian dimandikan, cukup disemprot dengan botol spray. Air mandi bisa menggunakan air biasa, atau dengan campuran rebusan daun sirih bahkan garam agar membantu mengurangi gatal, tungau, bahkan bisa membuat bulunya berkilau. Lakukan hal ini setiap enam minggu sekali. 

Berikan Vitamin Dan Obat Jika Sakit 

Berikan vitamin agar burung tidak gampang sakit. Jika suara kicaunya tidak seramai biasanya, bulunya menggembung seperti kedinginan, lemas, sering tidur, malas makan, ada muntah, keluar cairan dari mata, hidung, atau paruh, kotorannya berlendir dan sebagainya itu tandanya burung sedang sakit. Kalau sudah seperti ini bisa diberikan obat sesuai kondisi burung dan kunjungi dokter jika sakit tak sembuh-sembuh. 

Ajak Berinteraksi dan Sosialisasi 

Memelihara burung bukan hanya supaya nyaring bunyi suaranya namun mereka juga bisa diajak berinteraksi dan sosialisasi agar tidak mudah stres, mereka juga membutuhkan teman. Lakukan pendekatan, mengajak bicara setiap hari, masukkan tangan ke kandang dengan setangkup makanan supaya burung mau mendekat dan bertengger di tanganmu. 

Berikan Stimulasi Agar Suara Makin Gacor 

Sebagaimana petarung, burung bersuara gacor juga harus dilatih dan distimulasi, dengan ikut bersiul bahkan bisa menyetel suara master kicau dari MP3, video, radio, agar mudah ditiru terutama oleh si burung. Namun hati-hati jika burung diajari buat lomba, beberapa jenis burung harus dipisahkan agar suaranya tidak saling ditiru dan membuat suara kicauan amburadul. 

***

Itulah jenis pakan burung yang bikin suara makin gacor dan cara memeliharanya agar burung kicau kesayangan selalu sehat dan menjadi nilai tambah jual.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge