NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

23.12.23

Penglihatan Terasa Terganggu Saat Lama Menatap Layar? Waspadai Gejala Mata Kering

Penglihatan Terasa Terganggu Saat Lama Menatap Layar? Waspadai Gejala Mata Kering


Era digital semakin canggih dan inovatif membuat sebagian masyarakat mau tak mau selalu menggunakannya untuk berbagai keperluan sekolah, kantor, maupun bisnis, dan wirausaha. Namun tidak dipungkiri, efek negatifnya sangat mempengaruhi bagi kesehatan mata dan mengurangi daya penglihatan.

Seperti kemarin malam, suami mengeluh matanya sepet, pegal, perih kemerahan dan berair menghangat mengalir di ujung pelupuk mata. Jadi merasa terganggu, tidak nyaman, dan sering mengucek mata. Padahal dia masih diburu waktu untuk menyelesaikan tugas kantor, menginput banyak data dan harus disetorkan tengah malam, agar esok hari bisa dilakukan pengepakan oleh tim lainnya.

Apalagi menjelang liburan natal dan tahun baru serta bersamaan audit tutup tahun, tugasnya sangat menumpuk. Kasihan aku melihatnya, jadi kurang istirahat. Ndilalah, laptop kami sedang rusak, terpaksa dia mengerjakannya melalui smartphone berukuran 6.25 inchi. Ihh, kebayang tulisannya jadi kecil-kecil kan, mana sudah larut malam, jelas saja matanya meminta hak untuk dipejamkan.


Waspadai Bahaya Gejala Mata Kering


Penglihatan Terasa Terganggu Saat Lama Menatap Layar? Waspadai Gejala Mata Kering

Aku kira karena memang sudah lelah mengantuk sehingga matanya begitu. Kuanjurkan untuk tidur saja terlebih dahulu. "Cuci muka dulu, yah. Atau tidur saja dulu, matanya udah merah gitu", saranku.

"Ya udah, satu jam lagi tolong bangunin ya. Udah dijapri terus nih", jawabnya.

"Oke!".

Tapi begitu dibangunkan dan melanjutkan kerjanya, tetap saja matanya tidak nyaman jika berlama-lama di depan smartphone. Duh, drama banget ya!

Sambil menemaninya menyelesaikan input data, aku penasaran, segera googling mencari tau bagaimana solusinya pada masalah ini. Pada beberapa situs kesehatan, aku membaca bahwa ternyata suamiku itu mengalami gejala mata kering.

Gejala ini akan berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Antara lain kestabilan komponen lapisan air mata yang bermanfaat untuk melumasi permukaan bola mata dan melindungi zat asing dari luar akan berkurang, akibatnya akan mengalami kerusakan permukaan mata, apalagi jika sering dikucek dan terinfeksi mikroorganisme, selanjutnya mata bisa mengalami kelainan neuro sensori sehingga mempercepat penurunan daya penglihatan mata alias rabun. Wah ngeri ya. Hal ini jangan dibiarkan, harus kita waspadai!


Yuk Ketahui Penyebab Gejala Mata Kering!


Penglihatan Terasa Terganggu Saat Lama Menatap Layar? Waspadai Gejala Mata Kering

Aku juga merasakan mata pedih dan berair saat kelamaan membaca buku, apakah ini juga mengalami gejala mata kering seperti suamiku yang bekerja di depan layar smartphone? Kan kita tidak menatap layar atau terpapar sinar radiasi.
Hmm, pasti kalian juga mengalami hal sama kan? Yuk kita sama-sama kenali penyebabnya!

Setelah banyak membaca dan menyimpulkan dari artikel di KMU RS dan Klinik Mata, ternyata gejala mata kering disebabkan karena tidak normalnya pelumasan mata akibat jumlah air mata berkurang atau pun kualitasnya tidak sempurna. Bagaimana bisa? 

Begini, di dalam mata terdapat tiga struktur air mata yang berlapis, mulai dari Mucous layer, Watery Layer, dan Oil layer.

1. Mucous layer, diproduksi oleh kornea mata, berperan untuk menyebarkan air mata ke seluruh permukaan bola mata.

2. Watery Layer bertugas menampung air mata yang diproduksi oleh Lacrimal Gland yang ada dalam kelopak mata maupun di atas bola mata. 

3. Oil Layer berfungsi menampung minyak dari Meibomian Glands yang terletak di kelopak mata bagian bawah dan bertugas menjaga air mata agar tidak gampang menguap yang menyebabkan mata kering tadi.

Ketiga lapisan ini berperan penting menjaga jumlah dan kualitas air mata. Bila salah satunya terganggu maka kita mengalami gejala mata kering. Gangguan ini bukan hanya dari faktor mata tapi bisa dipicu oleh beberapa faktor penyebab seperti:
 • Faktor usia, biasanya menjelang usia 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan usia muda bisa mengalami gejala mata kering akibat gaya hidup dan pola makan tidak sehat
• Gangguan hormon, menopause, kehamilan, menyusui, 
• Minum obat-obatan anti histamin, kondisi penyakit degeneratif, jantung, diabetes, hipertensi,
• Lingkungan berpolusi, udara kering, sering menggunakan kipas angin, lama berada di ruangan ber AC.


Tips Dan Solusi Mengatasi Gejala Mata Kering


Untuk mengatasi gejala mata kering itu akhirnya aku minta anterin suami membeli obat tetes mata. Sampai di apotik, kami direkomendasikan apoteker untuk menggunakan tetes mata steril Insto Dry Eyes, harganya cuma 16 ribuan, harga yang sangat terjangkau sebagai pertolongan pertama #SolusiMataKering.

Tetes mata steril yang mengandung zat aktif 3.0 mg Hydroxypropyl Methylcellulose dan 0.1 mg Benzalkonium Chloride ini bermanfaat sebagai air mata buatan, membantu memberikan efek melumasi permukaan bola mata sehingga kebutuhan air pada mata tercukupi layaknya air mata alami, dapat mencegah dan meringankan iritasi. Kalian yang suka main games, mengalami masalah mata minus, atau sering pakai kontak lens bisa gunakan ini juga lho.

Penglihatan Terasa Terganggu Saat Lama Menatap Layar? Waspadai Gejala Mata Kering

Kami menggunakan produk PT. Pharma Health Care ini sebanyak 1-2 tetes pada setiap bola mata dalam 3x sehari. Mata terasa nyaman, sejuk, tidak berair, dan tentu saja tidak ada drama lagi. Suamiku jadi membawanya ke kantor, untuk jaga-jaga. Mumpung kemasan botolnya mini, praktis dibawa-bawa, tinggal dimasukan ke dalam saku kemeja.

Tetes mata steril #InstoDryEyes berukuran 7.5 ml ini cukup aman dan sudah terdaftar BPOM RI dan bersertifikasi Halal No. 00140094950419. Dimana kalian bisa membelinya? Coba cek di apotik langganan, Tokopedia dan Shopee dengan harga bervariatif namun tidak bikin kantong bolong.

Selain meneteskan Insto Dry Eyes, kita bisa melakukan solusi mata kering antara lain:
• Mengkonsumsi sumber makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, mengkonsumsi pepaya, wortel, tomat, madu, teh hijau agar tetap menjaga kesehatan bola mata.
• Istirahat yang cukup, usahakan jangan begadang, dan rajin mengedipkan mata agar mata kita tidak mudah lelah.
• Gunakan kacamata sesuai ukuran, kurangi penggunaan kontak lensa, lepas jika mata sudah tidak nyaman dan kemerahan.
• Jauhi lingkungan berpolusi maupun kondisi kering, jika perlu gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan dan pasang humidifier di dalam ruangan.
• Rajin berolahraga agar tubuh tetap fit dan perbanyak minum air putih agar terus terhidrasi.
• Konsultasikan ke dokter mata jika gejala mata kering tidak berkurang.

Selamat mencoba!


56 komentar:

  1. Ini sih selalu ada di rumah dan dibawa kalau bepergian.
    Mata kering dan lelah mah langganan semua orang, ngga mesti lama menatap layar ya.
    Untung kemasannya kecil, jadi praktis dibawa kemana2
    Insto terbaik, lah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih yang jadi pilihan dan wajib dibawa kemana pun karena ukurannya mungil praktis

      Hapus
  2. wah bener banget, apalagi buat aku yang kerjanya di depan layar terus

    BalasHapus
  3. Yes setuju klo lihat layar dengan waktu lama sekarang mah ga perlu khawatir karena ada Insto dry eyes ya mbak.

    BalasHapus
  4. Saya selalu stok Insto di kotak obat di rumah. Sudah bertahun-tahun pakai karena memang pekerjaan saya butuh mata yang sehat dan kuat. Mulai dari menulis manual, kerja di depan komputer/laptop, serta membuat perhiasan dengan teknik yang rumit dan butuh ketelitian. Selain harus banyak jeda dengan mengistirahatkan mata, menjaga kesehatan mata juga penting banget. Dan Insto bisa membantu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos, sama Mbak
      Bedanya saya terlalu lama di depan laptop, bahkan WA pun pakai laptop
      Jadi butuh banget Insto Dry Skin yang bikin mata terasa nyes dan fresh lagi

      Hapus
  5. Mata kering tuh gak nyaman banget sih. Apalagi pas lagi asyiknya natap layar, jadi makin keganggu. Saya pun sekarang gak khawatir lagi mbak karena juga sedia Insto Dry Eyes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya panas terasa panas gatel pengennya garuk-garuk aja

      Hapus
  6. Insto Dry Eyes selalu ada di kotak obatku nih
    Eh malah selalu ada di dekat saya kerja
    Supaya mudah diambil ketika mata tiba-tiba terasa gak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sedia payung sebelum hujan namanya

      Hapus
  7. Setuju nih mata kering banyak dialami orang yang pekerjaannya banyak di depan laptop untung aja ada insto dr eyes ya mbak

    BalasHapus
  8. Ah, iya. Samaan dengan saya. Kadang suka lelah kalau liat layar lama-lama baik laptop maupun hp. Kalau udah lelah dan kering matanya enaknya pakai insto dry eyes biar mata lebih fresh dan nggak kering lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung terasa adem nyaman ya di mata

      Hapus
  9. Mata kering karena terlalu lama menatap layar monitor itu rasanya gak nyaman banget, untung ada Insto dry eyes yang bisa dijadikan solusi. Teman mata yg selalu dibawa-bawa ini.

    BalasHapus
  10. kalau udah menatap layar gawai udah harus pintar mengelolanya biar mata gak gampang kering, karena perih juga kan kelamaan di depan layar

    BalasHapus
  11. Hiks, masalahku banget ini, Mbak. Ya gimana, nyari nafkahnya dari dunia online. Mau nggak mau tiap hari menatap layar laptop dan hp berjam-jam. Makanya selalu sedia Insto Dry Eyes di rumah, biar mata lebih nyaman.

    BalasHapus
  12. Nah, benar sekali nih, Ka. kita kudu menjaga kesehatan mata dengan membatasi waktu screen time. Sesekali di selingi lihat hijau-hijauan biar mata ga bisa mengendorkan syaraf.

    BalasHapus
  13. Insto memang solusi terbaik ya mbak ketika mata kita terlalu lelah bekerja di depan komputer. Biar bagaimanapun kita adalah blogger yang sebagian besar waktunya di depan komputer

    BalasHapus
  14. Insto ini cocok banget nih buat kita, yg sering berlama-lama di depan layar laptop, pc dan sebagainya. Sensasinya itu lho adem banget!

    BalasHapus
  15. wah usiaku udah 40 ke atas berarti harus jaga-jaga neh mata kering jangan sampai menganggu aktivitas dengan menyediakan insto di rumah

    BalasHapus
  16. insto dry eyes ini aku kenal sejak lama, udah ngebantu banget klo lagi sakit mata. mata gatel atau mata kering bisa sering menghampiri karna aktifitas yang akrab dengan sinar radiasi. tapi memang harus bisa mengimbangi dengan mengistirahatkan mata sejenak saat lelah

    BalasHapus
  17. saya juga ada itu mb untuk siap2 kalau-kalau saja mas joko mata pedes karena seharian di depan laptop dan bener saja, rasanya langsung adem aja

    BalasHapus
  18. Aku juga mengalami mata kering. Selain faktor usia juga keseringan lama di depan laptop, Sangat tidak nyaman memang

    BalasHapus
  19. Aktivitas dan keseharian yg begitu intens menatap layar gadget jadi membuat mata terasa kering, yg tentu bikin ga nyaman. Makanya Insto Dry Eyes jadi pilihan, packaging mungil tp manfaat besar

    BalasHapus
  20. Kerjaan input data emang bikin mata perih. Mana lah ngeliat tulisan yang kecil2, harus fokus banget kan itu, mata jadi cepat lelah. Sebaiknya memang istirahat terlebih dahulu, tetes pake Insto Dry Eyes agar kembali segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilumasi atau dilembabkan lagi ya matanya dengan insto sehingga gak lagi terasa kering

      Hapus
  21. Nita Juwithafina1.1.24

    Jaman dulu kala, masi jadi nak kantoran, Insto selalu ku setok dalam tas yang ku bawa Tiap mata perih selalu ku teteskan ini. Alhamdulillah works. Makanya aku selalu setok di tas yang aku bawa :)

    BalasHapus
  22. Wah itu mah gangguan mata yang bikin kita kalang kabut. Dikejar deadline. Laptop rusak. Bikin panik. Untung ada insto ya. Jd mata kering bisa ada solusi cepatnya

    BalasHapus
  23. Iya nih, Mbak. Aku pun ngerasa banget mata sering jadi kering dan perih kalau kelamaan ngadep layar laptop. Makanya Insto Dry Eyes selalu ada di rumah.

    BalasHapus
  24. Emang ga enak banget ya kak. Pas deadline malah tiba2 mata kita sakit. Ya emg kerjaan kita kbnykn di depan layar monitor trs sih plus jg hrs pantau ponsel.

    Insto Dry Eyes ini selalu jd penyelamatku di saat mata sepet, memerah, pedih krn terlalu lama kerja dpn layar sih. Recommended bgt.

    BalasHapus
  25. Pernah menjadi content Creator di salah satu website mataku lebih banyak di depan laptop sehingga kering dan perih banget Untungnya aku stok Insto di rumah

    BalasHapus
  26. Buat saya yang sering ke lapangan atau kerjanya sering banget depan laptop wajib banget menjaga kesehatan mata salah satunya dengan menggunakan Insto Dry Eyes ini yang bakal aman banget jaga kesehatan mata kita

    BalasHapus
  27. Nita Juwithafina1.1.24

    Jaman masi sering wara wiri naik motor ke tempat jauh aku selalu tak lupa sedia ini di tas. Karena abis berkendara tu mata kering banget. Thank to Insto yang sudah menemani hari2ku :)

    BalasHapus
  28. selalu sedia insto dry eyes ini 😍 adem banget di mata
    biasanya aku cuek aja mata udah sakit karena layar laptok dan HP, tapi ternyata efeknya lebih bahaya ya

    BalasHapus
  29. Penting banget memang ya kak buat jaga kesehatan mata ini, apalagi kalau sering menatap layar. Aduh, aku gak ada sedia insto lagi, habis ini beli ah

    BalasHapus
  30. Kalau bawa motor dan agak jauh tuh mata biasanya langsung perih dan berair. Padahal udah pake kacamata, tapi tetap aja debu masuk. Nah penangannya biasa pake insto ini. Jadi andalan juga kalau berkesempatan traveling. Ntah bersalju atau padang pasir, kalau mata iritasi, langsung ditetesin insto wah auto adeeem.

    BalasHapus
  31. bener banget nih aku tuh pernah terlalu lama tatap-tatapan sama gadget alhasil mataku rasanya gak nyaman dan kaya kering gitu, insto memang penyelamat bgt deh, plus juga kita harus tau waktu juga untuk break sejenak

    BalasHapus
  32. Nasib jadi penulis ya mbak, kerjaannya banyak di depan laptop atau di depan hape sehingga terpapar layar terus menerus. Aku kalau mata udah kering biasanya kedip-kedip dan berhenti kerja dulu, ambil minum atau senam-senam. Tapi kayaknya aku juga perlu sedia insto deh, biar langsung adem dan nyaman lagi.

    BalasHapus
  33. Mata kering emang gak bisa dianggap sepele, bisa berbahaya. Saya pun sedia insto Dry Eyes Krn gak bisa lepas dari menatap Layar Krn pekerjaan juga di HP. Alhamdulillah insto Dry Eyes jadi solusi

    BalasHapus
  34. Mata kering memang tidak nyaman. Seharian banyak memandang monitor, memang seharusnya siap antisipasi dengan insto di rumah ya. Jangan sampai mata rusak secara mata kan aset paling berharga tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kalau udah lama menatap layar monitor mata terasa sepat, seringnya main ucek pakai tangan aja, padahal harus ditetesin Insto dry untuk menghindari mata kering yg makin parah ya.

      Hapus
  35. Hayoo yang kerjaannya menatap layar laptop maupun HP, pasti tuh sering kena gangguan mata kering. Untung sekarang ada insto dry eyes ya, jadi ga khawatir lagi ya.

    BalasHapus
  36. Lagi ngerasain banget mata kering. Ngejar menyelesaikan novel ke-2, bikin saya mantengin laptop lebih lama dari biasanya. Tapi saya selalu stok sih INSTO DRY EYES ini di kotak obat. Buat berjaga-jaga jangan sampai tumbang gegara masalah mata.

    BalasHapus
  37. Jadi ingat tetangga yang mengalami mata kering dan harus ke dokter buat ambil obat mata kering. Sekarang asik sudah ada insto khusus mata kering.

    BalasHapus
  38. Aku juga pernah tiba-tiba mata merah padahal ga kena apa-apa, mungkin memang gara-gara kelamaan menatap layar komputer ya? aku belum pernah nyoba yang insto dry eyes

    BalasHapus
  39. Aku banget nih. Mata capek banget kalau sudah agak lama di depan laptop. Kayak sepet. Tapi aku memang sedia insto cool sih. Jadi, paling diselingi istirahat liat ke alam bebas yang ijo-ijo

    BalasHapus
  40. Aku jarang banget mendengar alarm dari mata begini, ka..
    Rasanya dzolim banget yaah.. Kalau mata uda panas dan perih, kudunya istirahat dulu atau jika sampai menjadi merah, bisa mendapatkan bantuan dari Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
  41. Aku suka banget pake insto bkin seger mata. Apalagi aku kerjanya 24 jam natap layar apa gak pusing itu mata. Sekarang udh ada insto dry eyes nih mantep gak perlu pusing lagi.

    BalasHapus
  42. Andalan saya juga nih untuk atasi mata kering, apalagi aku hampir seharian di depan laptop dan gadget.

    BalasHapus
  43. jadi mata kering tuh bukan semata-mata kesalahan "gadget" ya, bukan karena kelamaan menatap layar monitor saja, tapi kelamaan baca buku pun bisa bikin mata kering

    BalasHapus
  44. Nah bner bangett nih Mba, klo udah lama-lama menatap layar, biasanya mata saya juga kelelahan. jadi jangan dipaksa klo udah lelah ya. istirahat dulu.. klo memnag membutuhkan kasih insto dry eyes ke mata agar mata kering tidak jadi drama

    BalasHapus
  45. Kayanya aku juga kudu stok insto deh, soalnya aku kadang juga merasakan gejala yang sama... Ga enak banget rasanya, apalagi kalo pas kerjaan belum selesai..

    BalasHapus
  46. Kalau kelamaan di ruangan AC sambil bukain laptop juga bikin mataku kering mba. Baru tahu insto bagus buat mata kering jg yah

    BalasHapus
  47. Wah, aku nggak bisa kerja intens pake smartphone mbak, nggak nyaman banget. Bakal tersiksa banget ketika ditempatkan dalam kondisi kayak suamimu huhu. Btw, sinar gadget ada radiasinya mbak, namanya sinar biru. Beberapa gadget terkini menyematkan fitur low blue light untuk memikat pengguna.

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge