Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu? Cek Fakta dan Mitosnya


Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu



Cara agar anak tetap sehat selama pandemi adalah dengan menjalankan protokoler kesehatan dan menjaga asupan nutrisinya. Tetapi kenyataannya tidak semudah itu, guys. Namanya anak-anak seleranya sulit ditebak, ketika makanan disajikan belum tentu langsung dimakan dengan lahap.

 

Ada saja tingkah ajaib mereka, minta makannya semangat banget, begitu disiapkan, mendadak berubah selera: “Bunda, ada es krim nih. Adek gak mau makan nasi goreng, maunya es krim aja, eh makan puding deh”, ucapnya. 


“Heeh.. Katanya tadi adek mau makan nasi goreng. Sudah jadi nih, enak lho ada baksonya. Makan es krimnya nanti saja, ya!”.

 

Drama pun dimulai, si kecil mulai merengek, minta apa yang diinginkan saat itu juga. Dibujuk begini begitu masih saja merajuk. Hiih, aku mulai gak sabaran, akhirnya memberikan kelonggaran: ”Boleh icip sedikit ya, tapi habis itu tetap habiskan nasi gorengnya”.

 

“Iya, bunda”, spontan dia berhenti menangis. Dan tau gak sih, ternyata dia makan nasi, lauk, lalu memasukan sesendok es krim ke dalam mulutnya. Hei, apa rasanya? Enak katanya. Oalaah, macam koki panelis saja yang suka bereksperimen menciptakan rasa baru pada masakan πŸ˜…

 

 

Berikan Makan Porsi Kecil Tapi Sering

 

Anak-anakku memang sangat menyukai cemilan dibanding makan nasi. Aku memang tidak mempermasalahkan, toh cemilan yag ada di rumah itu termasuk cemilan padat, seperti roti, pudding maizena, bubur kacang hijau, dan sebagainya.

 

Tetapi nyatanya, tetap saja mereka harus diatur biar tidak kebanyakan ngemil. Apalagi kalau di rumah nenek, makan nasi itu wajib. Tak boleh menyentuh cemilan lainnya sebelum makan nasi dan sayur.


Alasannya takut nanti jadi malas makan dan masuk angin karena perutnya kosong. Ibaratnya kalau belum makan nasi ya belum makan. Bener gak sih? *Yoeee…

 

Parahnya lagi, jika orangtua terlalu memaksa dengan aturan ketat, hal ini akan membuat anak jadi picky eater, mogok makan, mulutnya ditutup rapat-rapat. Kalau sudah begitu, siapa juga yang akan repot?

 

Jadi sebaiknya gimana, sih? 


Menurut jurnal yang pernah kubaca, hal tadi sebenarnya tidak selalu benar. Anak-anak itu masih suka bereksplorasi berbagai macam makanan. Tak harus makan nasi, buktinya orang Indonesia Timur makannya sagu, orang Italia makannya pasta, ada juga yang makan kentang

 

Artinya jangan stress kalau anak protes tak mau makan yang kita buat, sebaiknya memang kita harus kenali dengan berbagai macam bahan makanan pokok. Yang penting di dalam Isi Piringku itu terdapat sumber gizi kalori, protein, sayur dan buah. Ditambah air putih dan susu.


Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu



Untuk mengatasi hal itu, menurut dokter spesialis anak dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), berikanlah porsi sedikit tapi sering, karena lambung anak itu ukurannya kecil, tidak bisa diberikan porsi sekaligus banyak. Nah, memberi cemilan ini menjadi pilihan yang tepat sebagai tambahan asupan gizi.

 

Meskipun sebagai orangtua, kita punya kendali, tetapi tetaplah bijak. Berikan contoh kebiasaan smart snacking. Kenalkan dan biasakan mereka memilih cemilan yang sehat, agar kebiasaan ini terus dilakukan hingga dewasa nanti sehingga tidak mudah sakit-sakitan.

 

 

Syarat Cemilan Baik Dan Bikin Sehat

 

Jika anak sedang malas makan nasi, bunda bisa hidangkan roti isi daging sayur, dadar telur sayur, rogut ayam, pudding maizena susu alpukat, pudding wortel regal, milkshake strawberry, smoothies, Banana Split. Enak banget kan tuh, kadar gizinya juga sudah sesuai dengan kebutuhan anak.


Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu


Menu-menu cemilan tadi sudah mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat lengkap dalam sekali suap. Dijamin deh, anak tidak akan bosan. Cemilan bergizi bikin tubuh sehat, otaknya jadi lebih konsentrasi belajar, cekatan, berenergi, dan tidak cepat lesu.

 

Dan untuk lebih jelasnya, cemilan yang baik dan bikin sehat harus memiliki syarat utama, antara lain:

  • Selain 3 kali makanan pokok, berikan cemilan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. 

  • Sesuai rekomendasi WHO, cemilan tidak boleh lebih dari:

πŸ‘‰Gula < 50gram

πŸ‘‰Lemak jenuh < 10% dari kalori

πŸ‘‰Kalori 330 Kkal   

πŸ‘‰Rendah garam 

  • Pilih cemilan dengan kandungan kebaikan susu seperti es krim, keju, mayonnaise. Susu menjadi sumber kalsium, protein, dan kalori yang baik untuk menunjang tinggi badan dan pertumbuhan gigi anak,

  • Berikan juga cemilan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, roti gandum, buah potong, salad, juice, es buah dan sebagainya

  • Jika ingin jajan di minimarket, pastikan cemilan kemasan memiliki izin BPOM dan kehalalannya.

Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu

  • Perhatikan logo dan komposisinya, tidak banyak perisa MSG, tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya seperti asam orat, formalin, Rhodamin B, asam salisilat, dulsin, kalium klorat.


Haruskah perhatikan hal itu? Iyaa, dong. Jangan sampai kecolongan. Diberi kebebasan ngemil eh malah jadi kebablasan. Bukannya sehat tapi malah salah pilih cemilan, bikin gemuk, akibatnya malah jadi numpukin penyakit degeneratif. *Naudzubillah, jangan sampai ah!

 

 

Fakta dan Mitos Es Krim Sebagai Cemilan Baik Untukmu

 

Siapa sih yang tak suka es krim? Cemilan lezat yang manis dan dingin menyegarkan itu. Kabar baiknya, es krim bisa menjadi alternatif cemilan baik yang sehat, karena di dalamnya mengandung susu, protein, kalori, dan sari buah.

 

Namun sayangnya, kebanyakan orangtua menolak memberikan es krim kepada anak-anak, alasan takut anak jadi batuk, pilek, bahkan sakit gigi. Faktanya, menurut dr. Attila, tidak ada masalah selama anak-anak tidak memiliki riwayat alergi.


Gigi berlubang pun bukan karena es krim sepenuhnya, tetapi karena gigi anak terkena proses fermentasi gula sehingga menimbulkan karies. Solusinya segera sikat gigi setelah makan makanan manis agar gigi anak tetap sehat bebas lubang.

 

Es krim tidak menyebabkan anak batuk pilek, tapi jika anak rentan alergi susu sapi, kacang, dan dingin, itulah yang menjadi penyebab, sebaiknya dihindari.

 

Daripada bingung memilih es krim mana yang baik untuk anak, coba bunda pilih deh es krim Walls Paddle Pop yang memiliki logo ‘Cemilan Baik Untukmu’. Siapa sih yang tak kenal es krim legends ini, sudah berusia 28 tahun, lho!


Syarat Agar Es Krim Jadi Cemilan Baik Untuk Anakmu


 

Sejak dulu semua es krim Paddle Pop dibuat sesuai standar gizi anak dan syarat yang dihimbau WHO dan Kementerian Kesehatan RI. Pastinya aman, dong! Apalagi sudah memiliki nomor izin edar dari BPOM dan sertifiat halal MUI.

 

Alasan lainnya, es krim Paddle Pop pun dibuat menggunakan susu pilihan dan sari buah serta memiliki kandungan gizi:

- 110 kkal,

- 12 gram gula,

- 3 gram lemak jenuh.

Jadi jika diberikan maksimal 3x dalam sehari, Paddle Pop masih aman diberikan sebagai tambahan nutrisi. Paddle Pop bisa bikin gemuk? Mitos ah..!


Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu


Ibu Hernie Raharja, selaku Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia pun membenarkan: dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 2021 ini, es krim Paddle Pop meresmikan peluncuran logo baru ‘Cemilan Baik Untukmu’, sebagai bentuk jaminan dan dukungan Unilever terhadap nutrisi anak Indonesia.

 

Dengan logo tersebut Paddle Pop menjamin kandungan es krimnya baik dan aman dikonsumsi untuk mendukung tumbuh kembang anak. 


Komitmen #CemilanBaikUntukmu ini juga melengkapi program tujuan baik dari #PaddlePopMainYuk yang sebelumnya telah diluncurkan pada bulan November 2020. Jadi selain asupan nutrisi, anak juga diajak bermain agar tumbuh kembangnya optimal.

 

Syarat Es Krim Jadi Cemilan Baik Untukmu

Paddle Pop bukan saja baik untuk anak, tetapi ibu hamil, bahkan semua anggota keluarga juga boleh menikmatinya. Begitu pun artis dan presenter Sophie Navita membiasakan smart snacking di dalam keluarga dan memberikan cemilan sehat untuk anak-anak agar bisa diterapkan sampai generasi selanjutnya. Jadi anak Indonesia pandai memilih cemilan yang baik dan tidak menyebabkan penyakit.

 

Anak yang tumbuh bahagia bersama keluarga, akan jarang sakit. Jadi gak perlu bingung lagi ya, bun. Anak suka ngemil, gak masalah. Jangan lupa, berikan cemilan baik sebagai sumber tambahan nutrisi dan bikin anak sehat 

 

Makan es krim, yuuuk!


14 komentar:

  1. Wah ternyata syarat camilan baik untuk anak banyak juga ya mba. Selama ini saya tidak terlalu memperhatikan sedetail itu, yang penting halal, aman dan anak suka ya sudah saya kasihkan. Tapi kalau es krim Paddle Pop kayaknya anak saya nggak pernah bisa nolak jadi saya nggak pikir panjang buat ngasihnya asal udah makan nasi aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pikiranku pun jadi terbuka lagi mbak, asal bijak es krim tetap bisa menjadi cemilan baik. Jangankan anak-anak, aku pun gak bisa nolak Paddle Pop, hihi

      Hapus
  2. Ini sih cemilan favorit keluarga nih..jangankan anak-anak orang dewasa aja juga suka. Jadi inget waktu hamil anak kedua sempet janinnya kurang BB, dokter ngebolehin makan es krim karena salah satunya bisa buat nambahin BB janin...selain tentunya makanan bergizi lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sharingnya ya, mantap nih asik bisa makan es krim saat hamil

      Hapus
  3. Es krim sih sebenarnya camilan kesukaanku. Kalau anakku sejak kecil malah terbiasa nyemil sayur dan buah. Sesekali sih makan es krim juga. Biasanya ta paddle pop ini, enak sih es krimnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamanya hebat nih menyiasati cemilan sehat untuk anak-anak di rumah

      Hapus
  4. mak, kalau anak hanya makan cemilan diatas (yg disebutin tadi) apa dia nggak lapar,kalau nggak makan nasi? serius nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemilan yang biasa kusajikan memang termasuk tinggi kalori protein, justru sebagai siasat karena rata-rata anakku agak kurang nasi. Makanya tetep kenyang

      Hapus
  5. wah paddle pop baru ya bisa saya beliin buat keponakan niy mba, kan sehat ya dan aman buat mereka, bisa jadi oleh-oleh buat keponakan kecil

    BalasHapus
  6. Ternyata paddle pop umurnya ga jauh beda sama aku ya πŸ˜„ aku ga nyangka kalorinya lebih rendah dari susu kemasan di pasaran, ini bisa jadi cemilan keluarga yg tepat (buat orang dewasa (akuu))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy akhirnya jadi tenang yaa menikmati es krim

      Hapus
  7. Paddle pop ini ice cream favorit keluarga aku kak, harganya terjangkau dan enak pula. Jadi inget dulu suka ngumpulin stik berhadiahnya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha oiya samaan dong pengumpul stik es krim

      Hapus