Peran Dukungan Tumbuh Kembang Anak Lahir Prematur Agar Sehat Berprestasi


Kemarin lusa tanggal 17 November diperingati sebagai Hari Prematur Sedunia, World Prematurity Day (WPD). Mengingatkan kepada seluruh dunia jika hidup sehat dan pintar juga adalah hak anak lahir prematur.

Diperlukan dukungan dan perhatian semua orangtua agar saling bersinergi, bukan tugas satu dua orang tua saja tapi sebaiknya kita harus saling merangkul, menjadi penyemangat antar orangtua, agar lebih lapang dada mendampingi kehidupan anak-anak istimewa, sesuai dengan tema tahun ini yaituA Parent's Embrace: A Powerful Therapy.

Seorang ibu yang mengalami lahiran prematur pasti pernah merasakan kecewa, minder, sedih bahkan depresi ketika mendapati anak sendiri terlahir tidak sesuai standar usia mingguan, atau mengalami kondisi tertentu. Apalagi kalau ada nyinyiran tetangga, duh panas! Makanya buat para ibu lainnya, dukungan dan pelukan hangat itu penting, bisa menjadi obat penghibur hati.

Untuk ikut serta peduli terhadap masalah ini, Danone Specialized Nutrition Indonesia pun mengadakan kembali edukasi #BicaraGiziDanone sehubungan adanya #WPD2022 bagi masyarakat luas agar lebih memahami kondisi anak prematur dan tentunya sebagai Orang Tua harus saling mendukung serta memantau anak prematur agar bisa tumbuh Sehat dan berprestasi.

Yap, anak lahir prematur bisa tumbuh dan hidup layak. Sebagai contoh beberapa ilmuwan dan artis sukses, seperti Albert Einstein, Charles Darwin, Isaac Newton, Raffi Ahmad, Rizky Febrian, dan bintang tamu kali ini Benazir Shahnaz Alqori yang akrab disapa Shahnaz, punya banyak prestasi.

Arif Mujahidin – Corporate Communication Director Danone Indonesia mengamini betapa pentingnya peran orangtua dalam intervensi nutrisi sejak dini pada anak lahir prematur untuk mengejar ketertinggalannya. Adapun edukasi Bicara Gizi ini adalah bentuk dukungan aktif Danone Indonesia dalam membentuk generasi Indonesia yang berkualitas dan tumbuh menjadi Generasi Maju.


4 Peran Dukungan Untuk Tumbuh Kembang Anak Lahir Prematur



World Health Organization
(WHO) menjelaskan bahwa ada 1 dari 10 di dunia kasus anak lahir prematur. Setara 15 juta anak lahir prematur dari seluruh dunia. Kelahiran prematur itu sendiri adalah kelahiran yang terjadi di waktu usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Lebih cepat hadir di dunia dibandingkan anak-anak lainnya lahir di usia 38 sampai 39 minggu.

Kondisi ini biasanya dipicu banyak hal, antara lain:
• Usia ibu hamil sangat muda
• Kelelahan dan stress berkepanjangan
• Kurang asupan nutrisi penting saat hamil
• Gangguan darah beku
• Preeklamsia
• Kelainan bentuk rahim atau leher rahim
• Penyakit degeneratif seperti sakit jantung, ginjal, diabetes, hipertensi
• Terkena infeksi di bagian vagina, saluran kemih, bahkan infeksi cairan ketuban
• Kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada ibu dan janin.

Akibatnya, menurut ibu Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K) - Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi, pertumbuhan dan perkembangan anak-anak prematur ini harus dipantau sejak dini karena mereka termasuk kategori high risk, memiliki risiko tinggi dibanding dengan anak dengan kelahiran usia cukup bulan.

Menurutnya ada 4 (empat) hal yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak lahir prematur yaitu:


1. Kesehatan Fisik (physical health)

Umumnya, bayi prematur memiliki beberapa masalah kesehatan fisik seperti:
- gangguan pernafasan dan harus selalu butuh oksigen tambahan akibat paru-paru yang belum matang fungsinya.
- Gangguan tumbuh kembang, bahkan bisa mengalami gejala stunting
- Ukuran otak lebih dan ada gangguan syaraf otak, cerebral palsy
- Gangguan panca indera, ada masalah pada reflek pengecap, sulit menelan ASI, gangguan pada indra penglihatan dan pendengaran.

Prof. Rinawati mengatakan orangtua jangan acuh, tumbuh kembang anak harus selalu dipantau setiap bulannya agar sesuai dengan grafik tumbuh kembang anak. Jangan pernah membanding-bandingkan dengan anak lain, karena mereka punya keunikan yang hanya dimiliki si anak itu sendiri.

Dalam hal ini pihak dokter juga bertanggung jawab menatalaksanakan asupan nutrisi yang tepat. Orangtua tidak boleh sembarangan memberikan suplemen tanpa konsultasi dokter, semua diatur sesuai kemampuan daya terima si anak, tidak bisa instan. Terpenting adalah meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain memberikan asupan makanan sesuai panduan Isi Piringku, anak lahir prematur mendapatkan asupan tinggi protein hewani seperti daging, seafood, telur, ikan, belut, susu, keju, dan protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, susu kedelai, agar tubuhnya memiliki berat badan dan tinggi badan yang ideal.

Ketika memasuki usia sekolah, perhatikan kesehatan metabolik anak. Menjelang usia remaja, muncul gejala pubertas terlalu dini karena gangguan hormon. Libatkan berbagai macam dokter spesialis. “Idealnya anak dengan risiko tinggi harus ditangani oleh tim khusus yang terdiri atas tenaga kesehatan dari berbagai ilmu multidisplin", begitu pesan profesor.

2. Kemampuan Belajar dan Kognitif (Learning and cognition)

Stimulasi kemampuan kognitif dan bahasa anak lahir prematur sangat penting agar bisa mencerna informasi dan berkomunikasi dengan orang di sekelilingnya. Hal ini akan mempengaruhi keterampilan pra sekolah dan akademisnya.

Tidak hanya berhenti sampai perawatan sampai usia 2 tahun saja. Pemantauan anak-anak, termasuk anak risiko tinggi seperti anak yang lahir prematur harus dilakukan bahkan sampai dia memasuki usia dewasa agar berkembang menjadi SDM yang unggul.

Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi – Psikolog Anak dan Keluarga
pun mengatakan pada orang tua agar tak perlu khawatir. Berdasarkan Journal of America Medical Associaton (JAMA), hampir semua anak prematur di semua kategori dapat masuk sekolah tepat waktu. Sama seperti anak normal lainnya. Baik TK, SD, SMP, SMA. Bahkan banyak yang memiliki bakat luar biasa yang optimal dan berprestasi.

3. Kesehatan Mental (mental health)

Selain genetika, tumbuh kembang anak dipengaruhi lingkungan dalam proses stimulasi dan pengasuhan. Berikan pola asuh yang baik, kasih sayang, sehingga dapat mengembangkan rasa percaya diri sang anak. Ajak dan biasakan bergaul dan bertatap muka dengan orang lain, teman, dan tetangga. Jangan biarkan anak menarik diri sehingga bisa saja menjadi autisme.

Bukan cuma kesehatan mental anak, namun
menjaga kualitas emosi orangtua juga sangat penting. Jika ibu dan ayah lapang dada, menerima apa adanya, sabar, dan bahagia maka selama memberikan stimulasi akan terasa menyenangkan, kemampuan kognitif dan kesehatan anak pun optimal.

Sebaliknya, kemampuan anak akan terhambat jika orangtua tidak terampil mengelola emosi. Mulai dari stress, minder, kelelahan, ketidaksiapan mental, postpartum emotion, tantangan ketika menyusui, kekurangan kemampuan finansial, ada masalah keluarga, kurangnya dukungan pasangan, hingga stigma tentang anak prematur.

4. Kehidupan yang Berkualitas (Quality of life)

Keistimewaan anak lahir prematur lainnya, mereka dapat menjalani kehidupan yang sehat dan lebih tangguh. Bahkan dengan terapi skin to skin contact yang tinggi akan dapat memaksimalkan perkembangan otak anak. Respon otak lebih kuat terhadap sentuhan lembut, ini karena anak prematur melalui kontak fisik yang lebih banyak dengan orangtua atau pengasuh di rumah sakit selama perawatan.

Berikan ruang belajar yang layak dan berkualitas melalui pengalaman atau experiental learning. Berikan peluang eksplorasi agar dapat mencoba hal baru sehingga banyak neuron di otaknya tersambung secara kuat dan kompleks. Maka dari sinilah tumbuh kembang anak prematur secara kognitif terjadi.


6 Langkah Stimulasi Potensi Anak Lahir Prematur Sejak Dini


1. Konsultasikan dengan dokter untuk mendeteksi gangguan kesehatan dini sangat penting untuk mencegah kurang gizi. Hal ini diperlukan untuk perkembangan otak yang optimal

2. Tingkatkan imunitas dan minimalisir segala gangguan kesehatan

3. Temukan tanda awal potensi anak, pantau, perhatikan kebiasaan dan minat anak, berikan peluang untuk eksplorasi dan mendorong kreativitasnya. Misalkan saat mereka senang mencorat coret, bisa jadi hobi seni gambar.

4. Tumbuhkan percaya diri, berikan kasih sayang, jangan memberikan label tertentu padanya, motivasi anak untuk mau mencoba, serta puji usahanya ketika melakukan sesuatu

5. Modifikasi kegiatan dan terapi agar anak mampu bereksplorasi, terapi sensori integrasi untuk mengembangkan kemampuan belajar, konsentrasi dan emosi.

6. Menjaga kualitas emosi orangtua. Apapun bentuk stimulasi yang diberikan kepada anak akan terhambat jika orangtua tidak terampil mengelola emosi.

Peran Dukungan Tumbuh Kembang Anak Lahir Prematur Agar Sehat Berprestasi

Peran orangtua dan lingkungan terdekat dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak lahir prematur menjadi anak yang berprestasi, seperti
Benazir Shahnaz Alqori. Shahnaz lahir dengan berat 529 gram dengan usia kelahiran 25 minggu. Kini ia duduk dikelas 9 dan memiliki segudang prestasi mulai dari mengikuti balet selama delapan tahun hingga mengikuti National Science and Mathematics Olympic.

“Insya Allah tanggal 19 November nanti akan mewakili sekolah untuk tampil di Manila Ochestra atas undangan Kedutaaan Besar Indonesia untuk Filipina,” ucap Desi Fatwa, orangtua Shahnaz.

Bagi Desi semua prestasi anaknya adalah wujud ketekunannya dalam memberikan stimulasi yang baik, nutrisi yang optimal, dan dukungan kasih sayang dari keluarga. Meski dahulu Shahnaz mendapat banyak perawatan intensif yang harus dijalani sejak kecil, namun dirinya tetap yakin dapat tumbuh seperti anak yang lainnya.

“Kami sangat bersyukur Shahnaz dapat tumbuh sehat serta berprestasi seperti sekarang. Alhamdulillah dia anak yang mau berjuang, kami sebagai orangtua hanya berusaha memberikan yang terbaik,” tutup Desi.


42 komentar:

  1. Bayi lahir prematur juga bisa karena ibunya kena preeklamsia ya, mba. Berarti emang harus hati2 banget biar lahirnya cukup bulan ya. Ibunya ga boleh kecapekan. Kalau udah lahir juga extra merawatnya karena bayinya butuh nutrisi untuk tumbuh kembangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, banyak hal pemicunya kenapa anak terlahir prematur

      Hapus
  2. Selain sehat fisik dan mental, kehidupan yang berkualitas patut diperhatikan juga ya, dan pastinya dukungan dan kesabaran anggota keluarga bisa meningkatkan semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peranan orangtua dan lingkungan sangat menentukan anak lahir prematur bisa berprestasi

      Hapus
  3. setuju banget Mbak Lia
    anak sulung saya lahir preamtur, hanya 1,7 kg
    perjuangannya berat banget, saya ketakutan si sulung kenapa2
    Alhamdulilah dia bisa berprestasi seperti anak lahir normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sharingnya kak, sangat menginspirasi, sehat dan terus berprestasi ya untuk anaknya

      Hapus
  4. Support system sangat membantu orangtua dalam membesarkan anak yang lahir prematur agar tumbuh sehat dan berprestasi ya mba. Kisah bu Desi menjadi salah satu inspirasi nyata kalau anak prematur sangat dapat berprestasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisah ibu Desi dan Shahnaz sangat menginspirasi ibu-ibu lainnya ya

      Hapus
  5. Pemberian nutrisi yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan perawatan bayi prematur dengan tumbuh kembang yang sesuai umur. ASI eksklusif adalah solusi paling jitu untuk bayi prematur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sharingnya pak dokter

      Hapus
  6. Lewat tulisan ini, saya jadi kenal dengan Benazir Shahnaz Alqori. Namanya bagus sekali dan ternyata dia dulu prematur kemudian kini menjadi sukses dengan segudang prestasi. Ini membuktikan semua anak membawa bakatnya masing-masing dari lahir. Kalau pun ada kendala, seperti terlahir prematur, dengan penanganan yang tepat, tumbuh kembangnya bisa baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prestasinya luar biasa ya, salut juga sama orangtuanya

      Hapus
  7. Kakak saya juga lahir prematur mbak, jadi kalo menurut saya dan juga beberapa orang lain, lahir prematur itu punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak yang lahir normal. Memang semua tergantung bagaimana orang tua memberikan kasih sayang dan mencukupi kebutuhan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sangat inspiratif, terimakasih banyak sharingnya kak

      Hapus
  8. Anak lahir prematur tetap bs tumbuh dgn optimal dan menggapai prestasi terbaiiikk yah 😍🙏 materinya dagiiingg bgt mba..cocok utk ortu jaman now

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, supaya mamah selanjutnya yang melahirkan prematur gak sedih

      Hapus
  9. Bayi prematur akan berdampak kuatnya mengahadapi tantangan hidup karena sedari kecil terlatih dan cerdas

    BalasHapus
  10. Anak yang terlahir prematur bukan berarti tidak bisa menjadi anak yang berprestasi, jika sudah tahu cara dan tips nya, pasti bisa menjadi anak berprestasi seperti Benazir Shahnaz ini. Setiap masalah pasti ada solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mom, itulah mengapa kita harus saling bererat tangan saling dukung, karena semua ada solusinya

      Hapus
  11. Berprestasi itu hak semua anak ya, Mbak. Tidak terkecuali dengan anak yang lahir prematur juga. Anak yang lahir prematur juga bisa kok berprestasi. Dengan support system yang saling terkoneksi dan saling memberikan motivasi bisa lo. Salut untuk orang tua yang punya anak lahir prematur, Daya juangnya untuk membesarkan anaknya double lipatnya dibanding dengan anak yang lahir normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pun salut dengan orangtua yang sangat peduli dengan tumbuh kembang anak lahir prematur agar bisa berprestasi

      Hapus
  12. Anak prematur memang harus melakukan perawatan secara khusus ya ka.dengan peran orang tua yang merawat full kasih sayang asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat anak prematur akan tumbuh sehat dan berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting banget nutrisi dan kasih sayang orangtuanya

      Hapus
  13. Anak anak yang terlahir tidak normal memang harus dapat perhatian khusus. Terlebih dari kita orang tuanya. Kalau pengasuhan dan perawatannya bagus, prestasi dan hasil akhirnya akan bisa melebihi anak normal pada umumnya, ya...
    Bahkan sejak dulu saya sering dengar kalau anak prematur biasanya jenius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah malah jadi anugrah tersendiri ya kalau jenius

      Hapus
  14. Dengan perawatan yang tepat oleh orangtuanya, anak prematur pun bisa tumbuh sehat dan berprestasi. Ini fakta, karena memang saya lihat sendiri orang-orang di sekitar saya yang punya saudara maupun anak yang terlahir prematur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa anak lahir prematur bisa berprestasi

      Hapus
  15. Yang saya temui, anak prematur malah pinter-pinter dan berprestasi. Mereka ini saat bayi sampai kecil sangat diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener juga ya, karena lebih intensif perawatan tumbuh kembangnya malah jadi luar biasa dibanding anak lainnya

      Hapus
  16. Anak prematur jika ditangani oleh terapi dan orang yang tepat, nyatanya bisa tumbuh secara normal juga ya. Malah bisa berprestasi layaknya anak-anak yang lahir normal.

    BalasHapus
  17. Anak prematur memang kyknya problemnya gak berhenti saat dia lahir yaaa, mash banyak PR lainnya dan ortu dengan bantuan dokter kudu memantau baik2 pertumbuhan maupun perkembangan anak supaya si anak bisa sehat dan saat dewasa juga pintar berprestasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya aku salut sama orangtuanya

      Hapus
  18. Nggak mudah sebenarnya merawat anak yang terlahir prematur. Tapi dengan peran kedua orang tua makan tumbuh kembang nya bisa diperhatikan dan menjadikannya berprestasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, makanya sebagai orangtua justru harus saling dukung

      Hapus
  19. Adikku anaknya lahir prematur memang gak muda merawatnya tapi alhamdullilah sekarang tumbuh sehat.. yany terpenting selain gizi, stimulus dukungan orang terdekat dn lingkungan ikut berpengaruh thdp tumbuh kembanganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seneng dapet cerita positif lagi, terimakasih banyak ya

      Hapus
  20. Ya Allah~
    Senang sekali dengan adanya Webinar mengenai Tumbuh Kembang Bayi Premature ini seolah memberi semangat dan edukasi terhadap yang sudah menjadi Ibu atau belum untuk senantiasa mensupport Ibu dengan bayi premature.

    Karena sumber kekuatan inilah yang dibutuhkan agar Ibu bisa tetap tenang dalam merawat tumbuh kembang bayi premature dengan penanganan yang dibutuhkan si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya kemarin ditegaskan justru orangtuanya juga harus sehat mentalnya biar anak lahir prematur bisa berprestasi

      Hapus
  21. Dulu temenku llmelahirkan anaknya prematur karena Preeklamsia . Dan sediih banget Krn si anak lahirnya keciiiil banget, dan masuk nicu bbrp bulan. Bahkan setelah kluar, ttp masih sangat dipantau keadaannya. Temenku untungnya sabar dan ga nyerah saat itu, dengan berbagai prediksi dari dokter, tapi dia ttp telaten ngelakuin segala metode buat si anak. Aku inget salah satunya metoda kangguru apaa gitu, di mana si anak dilekatkan skin to skin ke orangtuanya.

    Tapi bersyukurnya, skr malah tumbuh sehat, udah gede juga, dan berprestasi di bidang olahraga in line skate.. bukti kalo anak prematur sekalipun ttp bisa survive dan berkembang kayak anak yg lahir normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sharingnya kak, memang kembali kepada orangtuanya ya, gimana peranan mereka dukung tumbuh kembang anaknya sendiri

      Hapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤