NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

12.3.23

3 Perpustakaan Ramah Anak Di Bogor

Mengulik Perpustakaan Ramah Anak Di Bogor
Perpustakaan Ramah Anak Bogor

Sebelum mengulas 3 perpustakaan ramah anak di Bogor, izinkan aku bercerita nostalgia sejenak mengapa aku suka banget ke tempat tenang ini sampai sekarang. Dahulu kala, sejak tiga puluh tahun lalu, perpustakaan adalah tempat favorit yang sering kami kunjungi di Minggu pagi. Ayah senang mengajak ke Perpustakaan Wiladatika Cibubur, kebetulan sangat dekat dari rumah. Mulai jam enam pagi, kami berangkat sambil bersepeda. Hitung-hitung olahraga menghirup udara segar.

Tentu saja kami senang, jadi hiburan yang berkesan hingga sekarang. Di sekitarnya ada taman dengan rumput hijau tertata beserta bunga hias, terdapat ayunan besi yang bisa kami pakai untuk bermain sebentar sebelum perpustakaan dibuka oleh petugas. Pulangnya ayah akan membelikan kami jajanan, menikmati es lilin manis yang segar penghilang dahaga dan sepotong roti pengganjal perut lapar sebelum tiba ke rumah.

Kebiasaan baik tersebut ternyata melekat pada kehidupanku. Perpustakaan menjadi tempat healing yang nyaman, tenang, dan damai. Saat kesepian, patah hati, kesal, aku suka menjelajah ke beberapa perpustakaan di Jakarta. Kuhabiskan waktu untuk membaca buku novel dan buku filsuf untuk mencari jawaban atas keresahanku.

Hobi ini pun membuatku jadi suka menulis, menuangkan pemikiran dan sudut pandangku. Sempat bercita-cita jadi penulis buku seperti kak Trianiretno yang hebat atau mungkin editor freelance. Akhirnya ikut berbagai komunitas menulis buku dan blog. Aku banyak belajar dan bisa ikut membidani beberapa buku antalogi. Bisa dibilang harapanku tercapai jadi penulis walau masih level pemula.

Pun kini ketika sudah punya anak, aku masih suka pergi ke Perpustakaan mengajak mereka ke tempat yang semakin keren, menarik, dan ramah anak. Selain bisa mengenalkan budaya gemar membaca, anak-anak tetap bisa mengembangkan minat kinestetiknya dengan media belajar yang ada di sana. Seperti di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Cikini dan Perpustakaan Nasional RI dekat Balai Kota Monas.

Namun begitu kami pindah ke Bojonggede, ada perasaan yang hampa. Saat itu di daerah sini belum banyak perpustakaan ramah anak. Satu-satunya cara kami harus menggunakan moda transportasi Commuterline dengan jarak tempuh satu jam lebih atau lanjut dengan TransJakarta. Awalnya sih senang-senang aja karena bisa jalan-jalan, tapi lama-lama mereka merasa bosan dan capek juga.

Untungnya, rasa haus kami pada perpustakaan kini terobati. Perpustakaan umum mulai bertebaran di beberapa lokasi di daerah Bogor dan kabupaten dekat dengan rumah kami sekarang. Tempatnya sangat menarik dan tentunya ramah anak. Berikut daftar perpustakaan yang bisa kita kunjungi bersama anak-anak. Antara lain:

1. Perpustakaan Kabupaten Bogor


Mengulik Perpustakaan Ramah Anak Di Bogor
Dok. Pribadi saat di Perpustakaan kab. Bogor

Perpustakaan ini bertempat di gedung hijau yang berdekatan dengan kawasan pemerintahan kabupaten Bogor, di antara gedung arsip dan Pengadilan Agama. Tempatnya berlantai dua, tidak terlalu luas, tetapi lumayan untuk membaca dan mengerjakan tugas. Terdapat ruang anak yang berdekatan dengan ruang bacaan umum. 

Sayangnya kami belum bisa meminjam buku di sini dengan alasan buku-bukunya belum terlalu banyak. Dan memang masih terbatas, terutama untuk buku anak-anak, kebanyakan yang sudah agak rusak. Tapi ya gak apa-apa deh, toh dekat banget dari rumah, naik motor cuma 5 menit saja, lumayan bisa jadi tempat mengerjakan tugas ngeblog.

2. Perpustakaan dan Galeri Bogor

Mengulik Perpustakaan Ramah Anak Di Bogor
Dok. Pribadi Saat di Perpustakaan Bogor

Lokasinya tidak jauh dari stasiun Bogor, cukup berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menuju ke sini. Tepatnya di samping gedung Bapedda Kota Bogor. 
Sejak pandemi, perpustakaan bertingkat tiga ini kembali dibuka, setiap hari kerja mulai pukul 08.00-15.30 WIB dan Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Tapi akan ada waktu istirahat mulai pukul 12.00-13.00 WIB, pengunjung diharapkan keluar ruangan dulu.

Di sini terbagi jadi beberapa tempat, ada ruang khusus baca untuk anak-anak, ruang playground, ruang untuk difabel, pendaftaran member, ruang multimedia, ruang karya umum, ruang referensi, dan ruang galeri. Tak ketinggalan terdapat ruang outdoor yang nyaman, asalkan tidak sedang panas cuacanya. 

Aku senang banget ke sini, benar-benar banyak koleksi bukunya. Bisa sebagai tempat wisata dekat stasiun Bogor. Nanti aku ceritakan selengkapnya ya di sini tentang Perpustakaan dan Galeri Bogor. Sementara ini infonya ada di instagram @diarpuskotabogor

3. Perpustakaan Cinta Baca Bogor

Mengulik Perpustakaan Ramah Anak Di Bogor
Dok. Perpustakaan Cinta Baca 

Perpustakaan ini menjadi rekomendasi di Kota Bogor, lokasinya ada di Tegal Gundil, dekat jalan pintas kebelakang vokasi IPB. Didirikan oleh Yayasan Cinta Baca yang sudah tersebar di beberapa kota termasuk di Bogor. Untuk menjadi anggota di sini dipungut biaya administrasi. Menurut staff-nya sudah ada koleksi buku sebanyak puluhan ribu.


Tempatnya nyaman, strategis, staff perpustakaannya ramah, setiap Jumat suka ada kegiatan mendongeng dan craft, serta ada English Club. Buka di hari Senin - Sabtu pukul 09.00-17.00 WIB. Oya, terbuka juga untuk para relawan ya. Cek informasi lengkap di Instagram @cintabaca_id

Sebagai penutup, aku sangat berterimakasih dengan adanya perpustakaan seperti ini, menjadi wadah lain di kala gempuran gadget sangat banyak. Anak-anak dan masyarakat masih mempunyai ruang membaca yang mengasyikan di Bogor, bisa menjadi tempat edukasi murah meriah menggapai cita-cita.

Kira-kira perpustakaan ramah anak mana lagi yang keren dan bisa dikunjungi bersama anak-anak? Share dong di kolom komentar, terimakasih! ☺️


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge