Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran
Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero

Sore itu kubuka lagi twitter sambil menyesap kopi susu hangat, kepo, ada trending apa lagi hari ini. Ternyata masih seputar drakor dan G20 yang spektakuler. Dan juga beberapa cuitan teman-teman yang membahas Nia Ramadhani dengan hastag #CeritaAde. Apakah ini?


Penasaranku terjawab ketika membaca lanjutannya, ternyata Nia tuh mau launching sebuah buku novel berjudul Cerita Ade. Digarap bersama Pidi Baiq. Tujuan awalnya menulis hanya untuk mengisi waktu dan terapi selama masa rehabilitasi narkoba. Pada kesempatan itu, Nia mencurahkan isi hati agar menjadi healing baginya. 

Sekedar info, penyebab Nia terjerat narkoba adalah karena depresi. Ayahnya (Priya Ramadhani) meninggal, Nia sangat kehilangan, padahal saat itu mereka sedang dekat-dekatnya setelah bertahun-tahun berpisah. Ditambah ada tekanan perasaan kalau hidupnya harus selalu sempurna dan banyak impiannya yang belum tercapai.

Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Makin banyak cerita yang dituliskan, muncul ide untuk membuat karya kembali, menerbitkan sebuah buku. 
Nia akan menceritakan dirinya mulai dari kecil hingga dewasa. Salah satunya, masa kecil Ade sudah harus bekerja dan shooting. Meski bukan anak tunggal, tapi sejak usia 5 tahunan dia sudah ikut membantu perekonomian keluarga, hal ini dipicu perceraian orangtuanya.

Hidup Nia tidak selamanya indah seperti masyarakat pikirkan. Walau sudah menikah muda dengan Ardi Bakrie, anak pengusaha konglomerat, Nia tetap ingin menunjukkan bahwa dia pun punya prestasi dan berkarir di dunia hiburan mulai dari nol. Kerja keras, tidak ikutan ajang pencari bakat, apalagi instan dan viral.

Nia Ramadhani menyebut kalau karirnya From Zero to Hero. Apa saja itu?

• Penari Latar Video Musik Anak-Anak


Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Selama ini kukira Nia Ramadhani adalah jebolan gadis sampul. Namun ternyata awal karirnya menjadi penari latar anak-anak di video klip anak-anak. Antara lain: Jangan Marah (Trio Wek Wek), Baju Baru (Dhea Ananda), Saras 008, Menang Kita Menang, Ratu Sinisi, Mister Blek (Angie Kamalsah), Enno Ceria (Enno Lerian), Mata Mata (Cindy Cenora), Sang Detektif (Alfandy Cahyono), dan lainnya.


Di sebuah podcast, Nia bercerita kalau sebenarnya dia tidak bisa menari, malah sering salah, terlihat sesekali saja dan gerakannya sangat sederhana dalam video. Namun bertambah usia Nia semakin piawai bergaya dan menari sesuai musik.

• Figuran Sinetron


Tahun 1998, debut Nia memulai meniti karir di bidang sinetron anak-anak berjudul Saras 008. Berperan sebagai Fio, adiknya Saras, namun hanya tampil beberapa saat saja, tidak sering muncul.

• Pemeran Pembantu dan Bintang Utama Sinetron


Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Mulai tahun 2000 hingga 2013 Nia berkarir sebagai pemeran sinetron. Jika terhitung, ada 29 judul sinetron yang pernah Nia Ramadhani perankan, seperti Aku Ingin Pulang, Bidadari, Hantu Cilik, Inikah Rasanya, Surga di Telapak Kaki Ibu, Kisah Adinda, Hidayah, Benci Jadi Cinta, Sitti Nurbaya, Bawang Merah Bawang Putih, Puteri Nomor Satu dan lainnya.


Semua dilakukannya, dari pemeran pembantu hingga bintang utama. Nia lebih banyak mendapat peran antagonis bahkan tertindas. Aktingnya selalu optimal. Nama Nia semakin melambung setelah memerankan Bawang Merah dan Sitti Nurbaya. Pernah menjadi nominasi Artis Cilik Of The Year dari sinetron Hantu Cilik.

• Model Video Klip


Dengan wajah cantik dan gayanya yang selalu ceria, Nia Ramadhani dipercaya untuk menjadi model video klip band Radja berjudul Jujur (2003) dan Bulan (2004). Dilanjutkan di beberapa video klip milik Rey Gai, Gita Rizkia, Abi, Leony VH.

• Bintang Iklan


Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Meski Nia Ramadhani sempat terkalah oleh Sandy Aulia pada audisi bintang iklan deodorant, dia tak patah semangat. Impiannya tercapai ketika pernah membintangi video commercial alias iklan seperti Fruitamin, permen Bonkies, permen Lotte, Biskuit Khong Guan, Komix obat batuk, XL Ramadhan, Shampoo Clear dan Sunsilk, Kacang Yes, dan berbagai Bank.


• Bintang Film


Selain pemeran sinetron, di tahun 2007 hingga 2009 Nia Ramadhani pernah membintangi 3 judul film horor, antara lain Suster Ngesot sebagai Vira, Hantu Jembatan Ancol sebagai Donna , dan Kesurupan sebagai Felina.

• Model Cover Majalah


Deretan Perjuangan Karir Nia Ramadhani From Zero to Hero, Pernah Jadi Figuran

Jika kalian pernah memiliki dan mengoleksi majalah jadul remaja seperti Kawanku, Aneka Yess, Hai, wajah Nia Ramadhani pernah terpampang di sana bersama beberapa model lainnya. Begitu pun pada majalah wanita seperti Cita Cinta, Indonesia Tatier, Prestige, dan Muslimah. Tak heran Nia Ramadhani memang memiliki wajah cantik belasteran orangtuanya dan bertubuh tinggi 170cm.


• Presenter dan Acara TV


Tak hanya puas di dunia sinetron, film, model dan  iklan, Nia Ramadhani pun menjajal sebagai presenter dan ikut di berbagai acara televisi seperti Extravaganza ABG, Jawaraku, Lesehan, Ngopi Dara, Namaku Arin, Nyonya Boss, Host Tiktok Awards, dan Ngobrol Pagi With Jedar dan Nia.

• Penghargaan dan Prestasi


Selain menjadi Artis Cilik Of The Year (2003) Nia Ramadhani pernah menjadi nominasi penghargaan seperti Hot Mama Tersilet (2016), Kontroversi Tersilet (2018), Selebriti Tiktok Terkiss (2020), Kehidupan Tersilet (2008). Dan menjadi pemenang Fashionable Women Insert Awards (2021), dan olahraga seperti Onepride Fun Run 5K, Milo Run 10KJelajah Timur Run For Equality, serta Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K, pada 16 Oktober 2022

***

Itulah deretan karir pekerjaan Nia Ramadhani dari nol hingga sukses seperti sekarang. Cerita yang sangat inspiratif karena mampu bertahan dan tegar menjalani lika liku di dunia entertainment. Kita bisa bayangkan di dunia kerja yang penuh tekanan, kejar tayang, kekerasan verbal dan persaingan, tentunya banyak asam garam di dalamnya.

Namun Tuhan Maha Adil, Nia pun menemukan jodohnya yang baik dan keluarga mertua yang hangat. Nia beruntung tidak pernah mengalami KDRT pada wanita. Hidupnya bagaikan dongeng tuan putri. Menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa manusia tidak ada yang sempurna, namun kita tetap bisa meraih impian yang luar biasa, menjadi hero dalam kehidupan diri sendiri.

Hmm, jadi tak sabar membaca buku Cerita Ade yang akan launching tanggal 28 November 2022 besok. Kalian juga bisa mendapatkan informasinya di instagram @cerita.ade dan @ramadhaniabakrie. Bahkan ada lomba menulis di Facebook berhadiah 1.5 juta dan 10 buku novel Cerita Ade. Yuk ikutan!



2 komentar:

  1. MasyaAllah artis cantik satu ini sejak kecil memang sudah diajari cara berpikir orang dewasa, jadi artis karena perceraian keluarga. Anak broken home, belum lagi menjadi istri dari pengusaha memang tidak muda harus tetap punya karya sendiri agar tidak dianggap mengandalkan suami, ya. Wanita kuat ternyata, salut. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Oalaaaah pas main di Sitti Nurbaya, itu yg versi kedua yaaa, aku pikir yg pas pertama kali di bikin serialnya, pemainnya Gusti Randa, Novia kolopaking dan him Damsyik. Aku nonton yg itu soalnya mba, sempet mikir nia yg jadi apa di sinetron itu, perasaan ga ada anak kecilnya hahahahha. Krn dia pasti msh kecil pas sinetron yg pertama tayang. Yg kedua aku ga nonton soalnya 😅

    Nia ini, hebat Yaa, aku suka sih Ama dia, apalagi terlepas Krn kesandung narkoba , dia keliatan kok ibu dan istri yg baik. Salut dia bisa bangkit dan malah nambah prestasi di bidang lari. Aku jadi penasaran pengen beli bukunya mba.

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤