Hidup Sehat Bugar Ala Nia Ramadhani Pasca Rehabilitasi Narkoba

Hidup Sehat Bugar Ala Nia Ramadhani Pasca Rehabilitasi Narkoba

Beberapa minggu ini, nama Nia Ramadhani selalu trending di twitter. Rupanya Nia menjadi sorotan, karena sejak pasca rehabilitasi narkoba, dia terlihat makin fresh dan body-nya makin goal layaknya anak muda. 

Ibu beranak tiga ini memang selalu rutin berolahraga. Nia hobi bermain golf dan tennis. Dan sering berlatih lari di Gelora Bung Karno Senayan, hampir setiap hari. Bersama teman-teman atau suami dan keluarganya. Juga rajin ikut marathon hingga finish.

Bukan tanpa alasan Nia melakukan hal ini. Sejak tertangkap kasus penyalahgunaan narkoba dan menyelesaikan proses rehabilitasi selama 8 bulan, dia benar-benar berjanji pada dirinya untuk berubah hidup lebih baik, menjalankan hal positif agar tubuh dan jiwanya kembali sehat bugar. Bangkit dari segala keterpurukan.


Manusia Tidak Ada Yang Sempurna, Inilah Aktor dan aktris yang pernah terjerat kasus penyalahgunaan narkoba.


Aku sendiri memang sempat kaget. Nia Ramadhani yang cantik, hidupnya serba enak, sukses di sinetron, menikah dengan anak konglomerat, hidup glamor, anak-anaknya lucu, tidak ada masalah dengan mertua, kok bisa ya kena kasus penyalahgunaan narkoba.

Hidup Sehat Bugar Ala Nia Ramadhani Pasca Rehabilitasi Narkoba

Ada apa sih? Apa yang bikin dia begitu hingga tergoda mencicipi sabu. Padahal dia kan pasti gak pernah pusing mikirin besok masak apa, gak senewen liat cucian numpuk, setrikaan bejibun, tunggakan, apalagi cicilan, sepertinya tidak... *ihik, emangnya guee, nasib, nasib!


Sementara orang lain masih berlomba-lomba mencari jati diri untuk terkenal, viral, lalu bermunculan kerjasama endorse, Nia mah bisa saja tinggal tunjuk ini itu. Mau belanja barang mahal, jalan-jalan ke Bali, Disneyland, langsung bisa. Tapi yaaah kembali ke kodratnya. Setiap manusia pasti punya masalah. Tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada saja celah kekurangannya.

Banyak kasus lainnya yang sama. Lihat saja beberapa tahun belakangan, banyak artis-artis yang terjerat narkoba. Seperti Dwi Sasono, Nunung, Raffi Ahmad, Anjie Drive, Catherine Wilson, Roger Danuarta. Mereka adalah korban rayuan untuk menjadi pemakai narkoba agar tetap bisa berkarya di antara ratusan persaingan.

1. Dwi Sasono

Kaget dong, selama ini kehidupan keluarga Dwi Sasono bersama Widi Mulia terlihat harmonis, menjadi inspiratif. Tak disangka, Dwi ditangkap pada 26 Mei 2020 pada malam hari di kediamannya di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Ditemukan ganja seberat 16 gram disimpan di atas lemari dengan posisi tersembunyi. Alasannya terlalu lama di rumah selama pandemi.

2. Komedian Nunung

Tak selamanya komedian itu selalu bisa tertawa. Nunung dan suaminya ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu di rumah kawasan Tebet pada 19 Juli 2019. Keduanya ditangkap sehari setelah melakukan transaksi sabu dengan tersangka lainnya. Nunung memesan dua gram sabu dari tersangka. Polisi pun menemukan barang bukti, alat hisap sabu dan sabu sisa pakai seberat 0,36 gram. Alasannya untuk menambah staminanya.

3. Catherine Wilson

Begitupun peragawati cantik ini, ditangkap di rumah kawasan Ciganjur pada 17 Juli 2020. Dia ditangkap bersama petugas keamanan rumahnya. Polisi berhasil mengamankan Sabu neto 0,7184 gram dan alat isapnya. Alasannya untuk menambah stamina dan menurunkan berat badan. Apakah sudah tak percaya diri akibat makin gemuk? Tapi rasanya masih gemukan diriku, deh.. *ehem!

Dan banyak cerita artis lainnya yang bisa kamu baca sendiri kisahnya. Mungkin juga karena banyak uang itulah mereka tak segan untuk membeli barang haram tersebut tanpa pikir panjang. Mau mahal kek, tapi kalo bikin ketagihan dan nambah semangat kerja, kenapa tidak? Mereka lupa akan kesehatan jiwa raganya.

Ya memang sih, jadi artis itu tidak segampang yang kita pikirkan. Persaingan antar teman, ada perbedaan pendapat dengan para kru, jadwal yang padat sehingga kurang istirahat, perubahan tubuh yang dituntut langsing, belum lagi julidnya omongan para netizen yang selalu memojokkan. Hati mana yang tak hancur dan sedih jika saat berkarya tidak diapresiasi dan segala macam permasalahan mental.


Nia Terpuruk Kemudian Bangkit dan Hidup Sehat Kembali


Begitu pun Nia, dia mengaku memakai sabu karena sedang terpuruk, berada dalam kesedihan. Apalagi dia merasa dituntut harus selalu terlihat bahagia. Bukan itu saja, kesedihannya makin berlarut-larut hingga membuat dadanya sesak, ketika sang ayah wafat.

Hidup Sehat Bugar Ala Nia Ramadhani Pasca Rehabilitasi Narkoba
Curhatan @niaramadhanibakrie

Ayah yang selama ini Nia rindukan, baru saja bertemu tiga tahun belakangan sejak orangtuanya bercerai, malah pergi untuk selama-lamanya. Nia mengaku makin stress dan depresi karena dia tak mampu bercerita banyak kepada suaminya sendiri. Ardi Bakrie yang duduk disebelahnya saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta pun nampak berusaha membangkitkan semangat Nia sambil mengusap punggungnya.

Atas penyalahgunaan narkoba ini, Nia, Ardie, dan sopir pribadinya yang juga tertangkap pada tanggal 7 Juli 2021 silam akan dijatuhi hukuman penjara. Namun setelah ajukan banding, mereka hanya direhabilitasi selama 8 bulan di FAN Campus kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat yang merupakan salah satu tempat rehabilitas yang cukup bagus, penuh disiplin dan mendapat perlakuan yang sama.

Mereka hanyalah korban, bukan pengedar, jadi bisa direhabilitasi sambil mengintropeksi diri. Nia dan sang suami hidup sederhana di sana.  Berbeda jauh dengan kehidupan sebelumnya. Ruangan kamar tanpa AC, memasak seperti kebanyakan ibu rumah tangga, berolahraga, dan sesekali menggambar untuk mengeluarkan bakat terpendamnya. Proses rehabilitasi selesai pada tanggal 29 Maret 2022

Sejak itulah Nia benar-benar tersadar. Sekarang bisa kita lihat, hidupnya diisi dengan kegiatan positif, rajin olahraga. Ditambah berbagai kegiatan marathon yang pernah dia ikuti, seperti:

• Onepride Fun Run 5K pada 16 Juli 2022
• Milo Run 10K
• Jelajah Timur Run For Equality pada 18 September 2022
Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K, pada 16 Oktober 2022

Hidup Sehat Bugar Ala Nia Ramadhani Pasca Rehabilitasi Narkoba

Sebuah prestasi menurutku. Kebayang dong, kalau tidak biasa olahraga lari, mana bisa ikut marathon sepanjang itu, perlu latihan rutin supaya badan gak kaget. Paru-paru pun harus kuat agar sirkulasi udara pernafasan baik, gak terasa meledak. Kita juga bisa ikuti caranya. Mulai jarak dekat seperti 5km kemudian bisa menempuh finish jarak jauh 21km.


Dan dengar-dengar nih, Nia Ramadhani pun akan segera launching buku bersama Pidi Baiq akhir bulan November nanti yang berisi cerita kehidupannya sejak kecil hingga dewasa. Sering-sering saja lihat hastag #CeritaAde deh, nanti kamu akan tahu garis besar yang ingin disampaikan dalam tulisan buku tersebut. Kita tunggu saja ya!

Nah, pesanku, buat kalian yang sedang terpuruk, jangan coba-coba dekati narkoba ya. Segera lakukan hidup sehat, lakukan work life balance ala Fiona, gabung di berbagai komunitas, dan lakukan kegiatan positif. Carilah bakat terpendammu dan sebarkan karya-karyamu mulai sekarang!


15 komentar:

  1. Enggak begitu mengikuti berita tentang Nia Ramadhani karena kecewa dan setengah enggak percaya. Secara udah cantik dan hidup bahagia, kenapa mengonsumsi narkoba. Ya, kita enggak tahu kondisi mental seseorang, tapi kalau dengar kisah ayahnya jadi ikut sedih. Turut berduka cita. Tipsnya mantep ini bisa diterapkan, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Senang dengan upayanya Nia buat lekas move on. Gak lama-lama terpuruk dalam kesedihan dan masa lalunya, dia bisa mencetak prestasi ciamik dalam bidang olahraga.

    BalasHapus
  3. Keren ya perubahan Nia Ramadhani dari yg ngobat, sekarang menjalan Pola hidup sehat apalgi olahraga nya lari dah bbrp Kali ikut lomba juga ...

    Semoga konsisten nih soalnya dah lama juga ikutan jalan ceritanya

    BalasHapus
  4. Semangat bangkit kembali untuk Nia Ramadhani. Apalagi sudah memiliki anak-anak yang cantik dan ganteng yg bisa jadi pelipur kesedihannya. Yang udah terjadi jadikan pelajaran hidup, sebba manusia tempatnya alfa dan khilaf. Semangat berkarya kembali.

    BalasHapus
  5. Aku sempet liat di podcast siapa gitu lupa, jadi dia sekarang lebih terbuka juga ke suaminya begitu juga Ardi bakrie yang selama ini klo ada masalah dalam diri masing-masing hanya saling disimpan sendiri. Saling cerita satu sama lain sebagai pasangan emang jadi penyembuh dan melegakan juga. Semenjak di rehab mereka jadi lebih bahagia dan lebih dewasa melihat kehidupan. Paling suka kalau baca buku dari pengalaman orang, karena kita bisa ambil hikmahnya

    BalasHapus
  6. Selalu ada pelajaran yang bisa kita petik dari pengalaman para public figure saat terpuruk dan bagaimana cara mereka bangkit. Olah raga memang bisa membuat raga kita bugar, juga healing yang bagus untuk recovery mental

    BalasHapus
  7. Jadi ingat kasus Raffi Ahmad yang juga pernah tersandung kasus narkoba
    hilmahnya, baik Nia maupun Raffi menjadikan kasus ini sabagai batu ujian untuk maju

    BalasHapus
  8. Setiap manusia memang tak lepas dari masalah ya mbak, walau nampak sempurna banget hidupnya dalam pandangan orang lain.

    Salut buat Nia Ramadhani yang pernah terpuruk lalu lari ke narkoba, kini bisa lepas dari jerat narkoba dan rutin berolahraga lari, bahkan lari jarak jauh

    BalasHapus
  9. Nia Ramadhani Bakrie sangat inspiring ya.
    Pastinya bs menjadi role model bagu ibu2 muda jaman now
    Keren sangaattt 😍🙏

    BalasHapus
  10. Olah raga memang dibutuhkan, kalau masalah Nia Ramadhani ga terlalu mengikuti atau bahkan tidak pernah mengikuti, kecuali yang tidak bisa mengupas salak. Semoga aja semua bisa menjadi lebih baik, termasuk kita dan keluarga terjaga dari hal buruk dan belajar menghargai setiap yang berusahan menjadi lebih baik dengan melupakan keburukannya.

    BalasHapus
  11. Beruntung Nia belajar dari pengalaman atau masalah yang telah menimpanya untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
    Penasaran untuk buku Nia x Pidi Baiq yang akan dilaunching tersebut, mbakk

    BalasHapus
  12. Sehat dan sukses terus Nia Ramadani dan keluarga.
    Aku salut karena Nia berusaha bangkit dan sangat berterima kasih memiliki support system yang mendukungnya. Ini bentuk rasa syukur Nia yang perlu banget diapresiasi ya..

    BalasHapus
  13. Ada hal yang seperti innerchild yang bikin seseorang sedih atau terpuruk. Saya seneng sih akhirnya Nia Ramadhani bisa bangkit kembali dan sekarang berprestasi di dunia lari. Memang olahraga katanya bisa mengurangi kadar stress karena banyak bergerak itu menyehatkan

    BalasHapus
  14. Benar-benar pencapaian keren dari Nia Ramadhani setelah sempat terjerat kasus narkoba. Salut karena Nia bisa segera bangkit dan kembali berprestasi. Kini makin sehat bugar dan bisa jadi penyemangat banyak orang dengan aktivitasnya di antaranya di olahraga lari. Bravo Nia!

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, rehabilitasi memberikan pengaruh yang positif bagi Nia Ramadhani ya mbak
    Jadi lebih sehat dan bugar saat ini, karena menjalankan pola hidup sehat

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤