Hadir 3 Smartphone Gaming Asus Terbaik di Indonesia, Pilih mana?

Siang itu, sambil berlari-lari kecil aku memasuki Pullman Central Park Hotel dan menuju ballroom. Kukira masih sepi, ternyata kusalah duga, pada waktu 12.30 WIB, sudah lebih dari ratusan peserta undangan memadati koridor ballroom, malah katanya nyaris menembus angka 1000 orang.

Antusiasme terlihat jelas, aku dan mereka akan menjadi saksi peluncuran perdana 3 smartphone gaming yang dibesut canggih oleh ASUS.

Yap, hari itu tanggal 11 Desember 2018, ASUS resmi memperkenalkan smartphone gaming terbarunya di pasaran Indonesia.



Tak tanggung-tanggung, ada 3 smartphone yang dihadirkan di sini, yaitu:
1. ASUS ZenFone Max Pro M2,
2. ZenFone Max M2, dan
3. ROG Phone.

Ketiga smartphone tersebut hadir dengan spesifikasi dan fitur terbaik di kelasnya masing-masing, agar aku dan kamu serta pengguna lainnya akan mendapatkan hasil permainan yang maksimal.

Tidak ada lagi kendala nge-lag, nge-freeze, atau malah tiba-tiba nge-hang, dan lowbatt. Duh gak banget deh kalau begini 🤨

Seperti yang dijanjikan oleh Jimmy Lin, selaku Regional Director ASUS South East Asia. Beliau mengatakan bahwa melalui tiga produk ini, ASUS telah memastikan posisinya sebagai produsen smartphone gaming terdepan dan menjadi number one in mobile gaming di Indonesia.

Lalu apa perbedaannya?

Oke, begini penjelasannya. Meski ketiganya disebut sebagai smartphone gaming, namun ketiga smartphone baru ASUS yang dirilis kali ini dihadirkan untuk kalangan pengguna yang berbeda, mulai dari kelas mainstream hingga high-end.

1. ZenFone Max Pro M2 (Mid-Range Class)

Setelah sukses dengan pendahulunya yaitu ZenFone Max Pro M1, ASUS lagi-lagi menghadirkan smartphone gaming kelas mid-range yang powerful yaitu ZenFone Max Pro M2.



Smartphone ini menjadi penerus dari ZenFone Max Pro M1 yang dihadirkan dengan performa yang lebih baik, fitur yang lebih banyak, dan tentunya didesain lebih elegan. Pokoknya bisa menjadi Next Generation Gaming deh..

Keunggulan ZenFone Max Pro M2 antara lain:

Segi Layar
Layar all-screen display (19:9) beresolusi Full HD (2280x1080 pixel). Layar tersebut tampil lebih baik dengan reproduksi warna sehingga jadi kontras yang semakin lebih baik.

Layarnya telah dilapisi Gorilla Glass 6, membuatnya semakin tangguh. Sementara bodinya menggunakan desain 3D glossy dengan wave pattern agar tampil lebih mewah.



Hal ini dibenarkan oleh Scott Forester, Division Vice President, Marketing and Innovation Products Gorilla Glass. “Kami senang bisa bekerja sama dengan ASUS yang menggunakan Corning Gorilla Glass 6 untuk melindungi ZenFone Max Pro M2 agar terhindar dari masalah akibat seringnya jatuh.”

Segi Performa
ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE, tentunya lebih kencang dari Snapdragon 636 yang digunakan di ZenFone Max Pro M1. Tentu saja performanya menjadi semakin lebih baik, powerful, dan lebih smart.



Segi Kamera
Kamera ganda ZenFone Max Pro M2 juga ditingkatkan, menggunakan sensor kamera premium dan terupdate yaitu Sony IMX486 beresolusi 12MP dengan aperture lensa besar f/1.8.


Sensor kamera tersebut memiliki ukuran pixel 1,25µm, lebih besar dari sensor yang digunakan pada smartphone dikelasnya. Jika kamera menggunakan ukuran pixel yang lebih besar, maka sensornya akan bisa menangkap cahaya lebih baik, hasil foto pun akan lebih bagus.

Jadi ZenFone Max Pro M2 bukan cuma mumpuni buat para gamers tapi juga dapat diandalkan untuk para photographer untuk mendukung keperluan fotografi.


Pada kamera utama kedua beresolusi 5MP digunakan sebagai depth sensor dan berfungsi untuk mengukur tingkat kedalaman dan posisi objek foto, mampu menghasilkan foto potrait dengan efek bokeh yang natural dan bisa diatur tingkat efek bokeh seperti pada kamera DLSR profesional.

Tak lupa, dengan dukungan teknologi AI membuat kamera bisa mengenali 13 jenis foto, dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan jenis fotonya, sehingga seluruh foto yang dihasilkan tentu jadi lebih baik.

Segi Baterai
Baterai ZenFone Max Pro M2 sebesar 5.000mAh, siap menemani kita sepanjang hari, hingga 10 jam atau sekitar dua kali lebih tahan lama dari smartphone lain di kelasnya.



Berat ZenFone Max Pro M2 sangat ringan dibandingkan ZenFone Max Pro M1 atau smartphone berbaterai besar lainnya, sekitar 175gr saja.

Segi Operation System
Sistem operasi Stock Android Oreo yang lebih ringan, performanya lebih kencang, serta dipastikan mendapatkan update lebih cepat. Ke depannya ASUS juga memastikan ZenFone Max Pro M2 akan mendapatkan update Android Pie. *Yeaayy..

Harga
- 3GB/32GB = Rp 2.799.000
- 4GB/64GB = Rp 3.199.000
- 6GB/64GB = Rp 3.699.000

Setiap pembelian ZenFone Max Pro M2 di 12 toko ini, pembeli akan mendapatkan power bank ZenPower Duo berkapasitas 10.000 mAh secara cuma-cuma.


2. ZenFone Max M2

Selanjutnya ASUS juga memperkenalkan ZenFone Max M2 sebagai smartphone gaming kelas mid-range yang terjangkau. Meskipun begitu ZenFone Max M2 tetap tampil dengan performa yang sangat baik untuk bermain games.

ZenFone Max M2 ditanamkan SoC Qualcomm Snapdragon 632 yang memiliki performa lebih baik dari pendahulunya (ZenFone Max M1) yang masih menggunakan Snapdragon 430.

Berdasarkan aplikasi benchmark AnTuTu, Snapdragon 632 memiliki skor pengujian di atas 100.000 poin yang artinya sangat baik untuk menjalankan semua game terkini.

ZenFone Max M2 juga hadir dengan sistem kamera ganda yang ditenagai sensor beresolusi 13MP dan 8MP dan telah memiliki aperture f/1.8.

ZenFone Max M2 memiliki triple slot yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot kartu MicroSD, jadi kita masih bisa memakai dua nomor ponsel beserta kartu memori MicroSD sekaligus hingga kapasitas 2TB.

Kapasitas baterai juga masih dipertahankan yaitu sebesar 4.000 mAh, membuat smartphone ini bertahan seharian tanpa dukungan power bank. *mantap banget, bro!

Untuk ZenFone Max M2 ini, penjualan perdana akan digelar secara eksklusif di Shopee dan Lazada pada tanggal 12 Desember 2018 pukul 11.00 WIB dengan banderol harga mulai dari Rp. 2.299.000,-.

Dan mulai tanggal 14 Desember 2018, setiap pembelian Zenfone Max M2 ini, kamu juga akan mendapatkan ZenPower Pocket berkapasitas 6.000 mAh jika membeli di toko-toko resmi di kotamu.


3. ASUS ROG Phone

Tahukah kamu, setelah sukses merilis laptop ROG G1 dan G2 pada tahun 2017 lalu, kini ASUS mengeluarkan ROG Phone yang juga menjadi smartphone gaming kelas premium pertama di Indonesia, dengan membawa nama Republic of Gamers, ASUS ingin mengulang kesuksesannya.


Smartphone gaming ini dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 845 speed binned, yaitu versi yang telah dipilih secara khusus dan bisa berfungsi dengan kecepatan hingga 2,96 GHz, lebih cepat dari SoC Snapdragon 845 versi standar.

Koneksinya juga kencang karena terdukung dengan konektivitas 4G LTE dan WiFi 802.11ad yang lebih kencang.

ROG Phone juga menggunakan teknologi 'GameCool' dengan menggabungkan 3D vapor-chamber cooling dengan heat speader berbahan tembaga untuk performa pendinginan yang maksimal.



Dan lebih mantapnya lagi ada tambahan AeroActive Cooler, yaitu kipas yang bisa dipasang di ROG Phone dan mampu menurunkan suhu hingga 4,7 derajat Celcius.

Layar dan body mantap
Layarnya pun memiliki teknologi HDR dan refresh rate hingga 90Hz, so dijamin anti lag dan stuttering. Ini lho, spesifikasi layar yang dibutuhkan oleh pemain esports profesional.

Bodynya pun menggunakan rangka berbasis metal dengan campuran tembaga yang sangat kokoh. Layarnya dilapisi oleh gabungan 2.5D dan 3D curved Corning Gorilla Glass, serta sudah dirancang agar tahan terhadap cipratan air.

Aksesori
Nih, tersedia mulai dari GameVice controller, Mobile Desktop Dock, dan TwinView Dock, secara eksklusif dihadirkan hanya untuk ROG Phone.

Baterai
Kapasitasnya 4.000 mAh dan dapat diisi dengan daya super cepat, karena ada Qualcomm Quick Charge 4.0. Menggunakan charger bawaannya, baterai ROG Phone dapat terisi hingga 60% kapasitas hanya dalam waktu setengah jam saja.

Kamera
Kamera belakang 12MP + 8MP dengan wide angle camera. ROG Phone dibekali sensor kamera kelas flagship yaitu Sony IMX363 dengan aperture lebar f/1.7. Sensor kamera tersebut berukuran 2,55 inci dengan besar pixel 1,4 µm untuk pengambilan gambar yang super keren.

Harga
Untuk memory 8GB/128GB ROG Phone dijual dengan harga 12.999.999 sedangkan untuk 8GB/512GB dijual dengan harga 14.499.000

Nah, gimana? Sudah terbayang mana yang bisa kamu pilih?



8 komentar:

  1. Aku pilih Zenfone Max Pro M2 aja mbak. Bagus speknya tapi murah :D

    Makasih ya mbak atas partisipasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak, aku juga pengen banget punya Zenfone Max Pro M2 😍

      Hapus
  2. Wah, cocok nih anakku lagi merayu terus minta dibeliin HP. Asus ZenFone oke nih udah Gorilla Glass 6. Layarnya mantap ya buat main game. Jadi tiap kita beli HP bakalan dapetin gratis power bank, mbak Lia? Asik nih :) Ada yg baterainya tahan sampai 10 jam ya wuiiih kudu beli ini.

    BalasHapus
  3. Mba Lia, handphone Asus ini keren banget. Bagi yang suka gamming kayak ya bisa jadikan hape ini jadi rekomendasi terbaik :)

    BalasHapus
  4. Nggak nyangka, sekarang game makin berkembang. Para gamers pasti seneng dengan Smartphone yang Gaming.
    Mantap nih bikin penasaran

    BalasHapus
  5. Bikin mupeng ya mbak smartphone Asusnya. Jadi pengen punya, apalagi pekerjaanku sekarang menggunakan Smartphone

    BalasHapus
  6. Wah bisa ga udah2 main gamenya kalau punya Asus yg ini ya mba, anti nge-lag pula... Bagus ni bagi para gaming.

    BalasHapus
  7. wah bingung nih, suamiku mau beli baru krn yang lama sudah suak ahnging terus, sdh banayk lihat2 review, kayaknay sih pilih zenfoen max pro 2 deh

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com