Sukses Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan Bikin Akses Edukasi dan Nutrisi Makin Maksimal

Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan SGM Eksplor, Telkomsel, CAKAP
Aku sudah ikut Ayo Tunjuk Tangan

Masih ingat program sosial donasi Ayo Tunjuk Tangan yang diselenggarakan SGM Eksplor sejak Agustus lalu, sudahkah kalian ikut serta di dalamnya? Alhamdulillah aku sudah, saudaraku sudah, teman-temanku sudah, dan ada 400 ribuan orang lainnya juga sudah ikutan. (Baca juga: Dukung Nutrisi dan Edukasi Anak Indonesia). Wow, amazing, seantusias itu mereka mendukung program kolaborasi gerakan donasi ini. 

Dan kabar gembiranya lagi, program ini sudah berjalan sampai saat ini dan akan terus berlanjut demi kemajuan Generasi Maju mendapatkan akses edukasi dan nutrisi. Kita patut berbangga, karena hal ini terlaksana juga karena adanya kolaborasi solid antara masyarakat seperti kita, Danone Specialized Nutrition, Kemendikbudristek, Telkomsel, dan CAKAP.com sehingga akan lebih maksimal.

Aku pun merasa beruntung bisa ikutan Webinar mengenai Kolaborasi #AyoTunjukTangan untuk maksimalkan akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember lalu, menyaksikan langsung paparan para narasumber yang ikut serta dalam gerakan sosial ini.

Oya, bagi kalian yang masih penasaran apa sih Ayo Tunjuk Tangan ini? Oke nanti aku jelaskan, tapi sebelumnya kuucapkan terimakasih karena kamu sudah tepat berada di sini, mengklik tulisanku ini. Yes, akan aku beritahu. Asalkan kamu mau baca sampai selesai dan semoga bisa ikutan juga ya, kesempatan baik ini jangan sampai dilewatkan!


Inisiatif Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Demi Generasi Emas Indonesia 2045


Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi & Nutrisi
narasumber kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan

Program Ayo Tunjuk Tangan ini adalah inisiatif hebat dari SGM Eksplor yang percaya bahwa semua berhak menjadi Anak Indonesia Maju, tidak boleh ada yang ketinggalan. Dan program ini tergerak setelah adanya fakta bahwa menurut data UNICEF pada tahun 2020 kemarin, ada 9 dari 10 anak yang terhambat akses edukasi dan nutrisinya.

Coba bayangkan, bagaimana nasib mereka jika tidak bisa menerima asupan nutrisi dan edukasi yang tepat? Mereka akan tumbuh kembang seperti apa, sedangkan mereka adalah harapan, menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan bangsa.

Sesuai seperti apa yang disampaikan oleh bapak Jumeri, S.TP., M. Si., selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek), inisiatif ini sejalan dengan prioritas pemerintah mewujudkan kemajuan SDM Indonesia agar mampu mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 yang memiliki empat pilar utama, yaitu:
  1. Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK
  2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
  3. Pemerataan Pembangunan
  4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan.
Indonesia butuh generasi masa depan yang berkualitas unggul, mandiri, cerdas, sehat dan maju. Jika nanti saat anak Indonesia maju mencapai usia produktif, diharapkan dapat menjadi mesin pembangunan yang hebat dan meraih manfaat maksimal dari bonus demografi, berguna untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Indonesia harus berinvestasi sekarang juga di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi pondasi dasar untuk mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal jadi Generasi Maju.

"Oleh karena itu, kami menyambut baik, apalagi sudah menjangkau hampir di seluruh kabupaten dan kota. Juga mengapresiasi setiap inisiatif dan praktek, baik dari pihak swasta yang ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia, agar terwujud Merdeka Belajar demi kemajuan generasi selanjutnya", sambung bapak Jumeri.

Atas dukungan inilah akhirnya 
muncul gerakan kolaborasi ini, #SGMEksplor dengan hastag #AyoTunjukTangan konsisten mendukung agar semakin banyak anak-anak Indonesia yang terbantu jadi #GenerasiMaju.

Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi Nutrisi

Agar lebih maksimal, SGM Eksplor tidak bisa sendiri. Kita semua harus turut serta, karena kegiatan ini tidak akan berjalan baik jika masyarakat tidak saling paham dan tak mendukung pendidikan dan kesehatan sekelilingnya. "Hal ini bukan hanya urusan keluarga masing-masing, masyarakat adalah aktor penting dalam pembangunan, penggerak utama, dan mampu berkontribusi untuk kemajuan penerus bangsa", begitu yang disampaikan Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci, Pengamat sosial anak & Sosiolog UI.

Kesehatan dan pendidikan bukan cuma urusan masing-masing keluarga. Masyarakat perlu peduli dan ikut serta sebagai penggerak utama kemajuan penerus bangsa.

Manfaat lainnya juga akan membuat kita bisa menyuarakan suara lebih baik, bahagia, sehat, dan lebih peduli sesama. Apalagi kalian tak perlu khawatir, program ini gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. Jadi tak usah berkecil hati kita membantu sesama.

Kita hanya diajak memilih salah satu dari 3 macam donasi di website Generasi Maju, antara lain:
• 75.000 paket dukungan Nutrisi Anak usia mulai 1 tahun,
• 1500 beasiswa pendidikan online
• dan bantuan renovasi sekolah

Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi & Nutrisi
Jangkauan donasi Ayo Tunjuk Tangan

Dan sampai saat ini, ibu Vera Galuh Sugijanto (VP General Secretary Danone Indonesia) memaparkan dalam acara webinar Kamis lalu, bahwa program ini sudah berjalan baik dan berhasil mendonasikan akses nutrisi, beasiswa online, dan renovasi 10 sekolah menjangkau di 41 Kab/Kota dan 15 Provinsi di Indonesia, lho. Sudah nampak beberapa bangunan sekolah PAUD dan sekolah dasar menjadi lebih baik dan layak guna. Mantap ya!

Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi & Nutrisi
Bukti nyata donasi Ayo Tunjuk Tangan

Dalam hal ini sudah diberikan:
• 10.000 paket nutrisi di wilayah Timur seperti Flores dan Nusa Tenggara Timur
• 40.000 paket nutrisi di wilayah Jawa Barat
• 25.000 paket nutrisi di beberapa kabupaten dan kota di wilayah Indonesia
 

Kolaborasi Bersama Telkomsel dan CAKAP.com Untuk Dukung Beasiswa Pendidikan Online


Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi Nutrisi
Perwakilan Telkomsel dan CAKAP.com

Tidak dipungkiri, lebih dari setahun pandemi semakin mempersulit akses pendidikan bagi kemajuan masa depan anak Indonesia. Semua anak diharuskan belajar di rumah menggunakan media online secara mendadak. Ya, tidak semua masyarakat siap media handphone, laptop, maupun paket data internet. Jika pun ada, mereka harus berbagi dengan saudaranya, menunggu, bergantian, sehingga sering tidak ada kabar, bahkan tidak bisa mengumpulkan tugas karena internet mati atau tak punya pulsa.

Untuk mengatasi hal ini, SGM Eksplor merangkul perusahaan terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel untuk berkolaborasi. Gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini disambut baik karena sesuai dengan komitmen Telkomsel untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. Siapa sih yang tak butuh dengan jaringan yang luas dan kencang saat ini? Telkomsel sangat cocok sebagai mitra.

Sesuai visi Merdeka Jarak Jauh, Telkomsel mendukung Ayo Tunjuk Tangan dengan memberikan akses paket internet dengan jaringan terbaik


"Untuk itu, kami sangat senang bisa ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial ini guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia. Sesuai misi visi kami Merdeka Jarak Jauh, menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler, menyediakan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik tentunya berkat jaringan yang baik pula," jelas bapak Andry P. Santoso selaku General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel.

Tak terkecuali, kolaborasi SGM Eksplor Ayo Tunjuk Tangan ini pun didukung penuh oleh platform pelopor pembelajaran online di Indonesia sejak 2015 yaitu CAKAP, telah memberikan program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Alasannya pun sama, mempunyai visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, apalagi belajar Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini.

"Kami bangga bisa bergabung dengan kolaborasi ini dan kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris dengan mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya. Hal ini pun kami ambil karena sejalan dengan harapan pemerintah dalam pemerataan pendidikan, ” ulas ibu Siti Messyana Putri, Senior Business Development Manager CAKAP.


SGM Eksplor Konsisten Dukung Nutrisi Anak Usia Mulai 1 Tahun Di Indonesia


Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi & Nutrisi
Dukungan nutrisi SGM Eksplor

Saat pandemi, selain akses edukasi, sisi akses nutrisi pun banyak yang mengalami kendala besar. Banyak pekerja yang kehilangan mata pencaharian, otomatis akan ada pengurangan pembelanjaan, asupan makanan pun akan terbatas pada masing-masing anggota keluarga, dihemat-hemat agar semua kebagian, sehingga wajar jika mereka mengalami risiko kekurangan gizi lebih tinggi dan pastinya dapat menghambat kemampuannya untuk tumbuh kembang anak jadi optimal.

Untuk itu SGM Eksplor mempelopori menjadi solusi memberikan paket nutrisi anak usia mulai 1 tahun. Siapa sih yang tak kenal produksi Sari Husada yang menjadi bagian kategori bisnis Danone Specialized Nutrition ini? Kontribusi membangun gizi negeri sudah berjalan sejak 65 tahun lalu, lho. Sudah dipercaya sejak dahulu.

Dan kini kandungan gizinya lebih bagus lagi, SGM Eksplor Progress Maxx diperkaya dengan kandungan IronC (perpaduan zat besi dan vitamin C) yang bermanfaat untuk:
• mencegah anemia
• meningkatkan konsentrasi belajar dan 
• meningkatkan daya tahan tubuh.
Kandungan ini sangat dibutuhkan anak-anak yang pelajarannya makin menumpuk, mereka butuh asupan sehat agar lebih fokus, tidak lesu, dan semangat belajar.

Bukti Sukses Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan Akses Edukasi dan Nutrisi
Selain makro gizi seperti kalori, protein dan lemak, mikro gizi yang terkandung pada SGM Eksplor, SGM Soya, dan SGM Bunda pun mampu meningkatkan kebutuhan tubuh akan nutrisi penting sehingga keluarga sehat dan mendukung potensi kecerdasan tumbuh kembang anak Generasi Maju.

Terbayang kan, gimana kolaborasi ini benar-benar sukses memaksimalkan akses nutrisi dan edukasi? Anak-anak jadi bisa pintar karena tubuhnya sehat minum susu SGM Eksplor, ilmu bahasa Inggrisnya mantap, media dan jaringan internetnya pun lancar. Komplit deh!

Jadi jangan ragu lagi ya, bagi kalian yang belum sempat ikutan. Saatnya mulai sekarang ikutan Ayo Tunjuk Tangan agar siap menuju Indonesia Emas. Caranya cukup kunjungi website #AYOTUNJUKTANGAN ya, dan tinggal pilihan donasinya. Terimakasih banyak atas dukungannya, satu dukungan sangat berarti.

Kalau bukan kita, siapa lagi?
Salam sehat, salam bahagia




53 komentar:

  1. Wahh ini programnya bagus banget lho...harus sering2 diadain biar merata sampai ke pelosok Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sih karena memang terbukti nyata ada tersalurkan

      Hapus
  2. Wah ini kolaborasi yang bagus sekali
    Semoga bisa segera merata di seluruh Indonesia, agar anak Indonesia maju bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, terimakasih sudah mampir dan mendukung program Ayo Tunjuk Tangan ini

      Hapus
  3. Selalu suka deh dengan gaya penulisan narasilia. Enakeun gitu ya dibacanya. Oh ya back to Ayo Tunjuk Tangan. Ini program bagus banget si kalau bisa dirutinin tiap tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bisa ae kak Bunga, bu anyway terimakasih dukungannya

      Hapus
  4. Alhamdulillah udah menjangkau seluruh Indonesia ya hasil donasinya. Harus ikut tunjuk tangan nih untuk terutama untuk bantu pendidikan anak-anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, semoga makin banyak yang dukung makin banyak anak Indonesia yang terbantu

      Hapus
  5. SGM memang yang terbaik, tidak hanya memberikan nutrisi kepada anak, tetapi juga mendukung tumbuh kembang mereka.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah aku udah ikutan gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini, semoga makin banyak bunda yang berpartisipasi ya bun biar makin banyak juga anak-anak Indonesia yang terbantu

    BalasHapus
  7. Alhamdullilah banyak yang ikutan gerakan tunjuk tangan. Dengan begitu berarti kita saling percaya bahwa kekuatan emak-emak memang dasyat menolong pendidikan dan nutrisi anak bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe selalu setuju deh sama mpok

      Hapus
  8. Danone baik itu sgm, aqua dan lainnya memiliki program-program bagus untuk Indonesia dan sangat menyenangkan mengetahui dampaknya bagus bagi kemajuan negara kita

    BalasHapus
  9. Anemia menjadi issue yang harus di highlights ya apalagi buat anak perempuan. Bahkan konon, Ibu yang anemia berpotensi menurunkan anemia ke anak-anaknya. Karena kami mendapatkan dari Bunda kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini makanya SGM Eksplor Progress ada kandungan IronC

      Hapus
  10. Ini manfaat dari keberadaan perusahaan yang luar biasa. Kolaborasi semakin menguatkan tentunya meringankan beban untuk mewujudkan pendidikan dan ketercukupan nutrisi generasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget kak, terimakasih banyak

      Hapus
  11. Nutrisi bisa maksimal diberikan lewat edukasi ya mba. Saya pribadi pun gak bakal tahu nutrisi lengkap anak kalo gak baca-baca informasi kayak tulisan ini. Ini tugas kita semua, bukan cuma SGM Eksplore. Ayo, berani tunjuk tangan, jadikan anak kita anak-anak yang cakap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, Ayo Tunjuk Tangan semua

      Hapus
  12. keren banget
    Danone yang sangat peduli gizi anak Indonesia, bekerja sama dengan Telkomsel dalam kampanye ini
    Karena pemerintah gak bisa beraksi sendirian ya?
    Perlu bekerja sama dengan perusahaan swasta dan BUMN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, kalau sendirian yaah kepayahan juga gak kejangkau aspek lainnya

      Hapus
  13. Alhamdulillah semoga semakin banyak anak Indonesia yang dapat menerima paket donasi dari gerakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa robbal alamin terimakasih banyak. Ikutan ya..

      Hapus
  14. Program hebat! Salut pada SGM Eksplor. Semoga cita-cita untuk menciptakan generasi maju yang memiliki kemudahan akses pendidikan dapat tercapai. Dan semoga kolaborasi dengan pemerintah, telkomsel, dan CAKAP juga dapat terus berlanjut. Sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa robbal alamin terimakasih banyak supportnya kak

      Hapus
  15. Salut buat program2nya CAKAP... Semoga ke depannya makin berkembang dan mengindonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak dokter, terimakasih atensinya

      Hapus
  16. Program program SGM emang TOP banget ya kak. Fokus pad pengembangan generasi maju adalah konsep sangat luar biasa demi masa depan bangsa

    BalasHapus
  17. Banyak juga pihak yang berkolaborasi dengan SGM, ada program belajar bahasa Inggris juga. Wah lengkap ternyata, nggak hanya memperbaiki nutrisi untuk anak-anak Indonesia.

    BalasHapus
  18. Jumlah kasus stunting di Indonesia memang cukup tinggi dan menyerang sebagian besar anak-anak. Ini bukti bahwa pemenuhan nutrisi harian anak masih rendah. Sehingga anak2 butuh gizi seimbang dengan asupan tambahan susu sebagai sumber protein. Dan sumber susu SGM juga bisa membuat tumbuh kembang anak semakin bagus, bukankah begitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mas, SGM Eksplor Progress proteinnya tinggi pas untuk anak yang sedang tumbuh kembang

      Hapus
  19. keren ya SGM Explore dengan kegiatan program ayo tunjuk tangan ini. Semoga anak2 Indonesia benar2 bisa jadi generasi emas yang diunggulkan di tahun 2045 nanti.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillaah SGM selalu mendukung kesehatan anak2 dan keluarga ya. Adanya program Ayo Tunjuk Tangan ini bisa meningkatkan nutrisi dan tumbuh kembang generasi bangsa. Mudah2an berkesinambungan kini dan seterusnya aamiin.

    BalasHapus
  21. Sebuah program kolaborasi yang bermanfaat ya mbak
    Mendorong anak Indonesia untuk tumbuh jadi generasi maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kita dukung bersama semoga makin banyak yang terbantu

      Hapus
  22. alhamdulillah yaaa semoga lebih banyak lagi bunda-bunda di Indonesia yang mau ikut gerakan ayo tunjuk tangan ini untuk memajukan anak-anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya target bisa 2 jutaan yang dukung

      Hapus
  23. Kalau mau ikutan, tinggal klik webnya ayotunjuktangan ya Mbak. Alhamdulillah SGM punya inisiatif program untuk anak-anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak, mudah banget dan gratis

      Hapus
  24. Aku suka banget edukasi yang terus SGM tanamkan ini untuk masyarakat khususnya mom dan anak-anak. Karena sangat mendukung perkembangan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh setuju banget kak, fokus ya

      Hapus
  25. SGM sangat kreatif ya bikin edukasinya untuk mom dan anak..sehingga mereka bisa langsung merasakan enaknya SGM sebagai susu anak. Semoga semakin berkembang dan inovatif deh ya programSGMselanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saking fokusnya mendukung Generasi Maju

      Hapus
  26. Untuk Mama yang memperhatikan golden age insya Allah terbayar yaa Lia satu saat kelak, anak anak tumbuh kembangnya optimal aaamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa robbal alamin terimakasih banyak doanya

      Hapus
  27. Bisa langsung donasi juga ke websitenya ya,tentu menarik nih mengajak para bunda lainnya berpartisipasi dalam kebaikan. Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh SGM ini semoga semakin terus membantu anak-anak tumbuh kembang aktif.

    BalasHapus

Gunakan akun google anda jika ingin berdiskusi atau bertanya. Atau silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com