7 Cara Make up Natural Untuk Kulit Wajah Sensitif




Foto diatas adalah adik kelasku, Sophie namanya. Beberapa tahun belakangan dia menggeluti hobi barunya yaitu merias wajah. Dengan ketekunannya belajar melalui youtube, Sophie semakin mahir ber-makeup, bahkan pernah dipercaya untuk merias artis Inneke Koesherawati untuk pemotretan sebuah majalah. Keren ya? 😍

Kini dia sudah mempunyai sebuah Rumah Pengantin dengan brand namanya sendiri dan punya banyak pelanggan untuk memintanya merias. Wajar saja, hasil riasannya bagus. 

Bagiku dia cerdas, pandai memanfaatkan kondisi dimana semakin banyaknya perempuan yang ingin cantik menggunakan makeup, Sophie mengambilnya sebagai peluang bisnis dan menjadi sumber penghasilan.
  
Termasuk para beauty vlogger dan selebgram seperti Rach Goddard, Suhay Salim, hingga Kekeyi Putri yang sempat viral gara-gara menggunakan balon sebagai alat bantu make up.

Perhatikan saja, tutorialnya banyak yang digandrungi, banyak followers yang ingin mendapatkan tips agar menjadi cantik alami, tampil dengan makeup wajah natural dan tahan lama.




Termasuk diriku, meskipun dari dulu jarang bermakeup, tapi kalau sesekali didandani buat suatu mengisi acara ulang tahun tabloid Nova tahun 2012, ya senang juga rasanya. Sekali-kali ingin terlihat cantik 😁
Ini menjadi bukti bahwa kian hari kosmetik telah menjadi sebuah kebutuhan bagi kaum hawa. Hampir banyak sebagian dari mereka kurang merasa percaya diri jika tidak menggunakannya. 

Di dalam tas pasti ada alat makeup yang harus dibawa kemana saja, seperti lipstick, eyeshadow, dan bedak agar dapat digunakan kapan dan dimana pun berada.

Merias wajah bukan lagi hanya untuk pesta pernikahan, ulangtahun, dan acara resmi saja, tetapi setiap melangkah keluar sepertinya wajah ini harus dirias secantik mungkin.

Tapi sayangnya ada beberapa orang yang tampil dengan hasil makeup yang tidak sesuai dengan wajahnya. Bukannya bikin cantik dan menarik, tapi malah terlihat lebih tua dari umur sebenarnya, atau terlalu tebal sehingga terlihat menor.

Bahkan sebagai pemula, seperti saya, bisa saja malah salah memakainya, sehingga wajah menjadi rusak, beruntusan, berjerawat karena kosmetik yang dipakai tidak cocok dengan kulitnya. Ahh, ngeri...

Jadi, sebaiknya bagaimana? Jangan putus asa ya, kawan. Kita bisa kok menjadi cantik tanpa khawatir salah.

Dari beberapa tips yang pernah aku baca, sebaiknya lakukan beberapa langkah dibawah ini yang bisa kamu lakukan di rumah agar tampak cantik natural tanpa beruntusan. 

Caranya antara lain:

1. Bersihkan Wajah
Sebelum memakai makeup wajah natural yang bagus, pastikan wajah bersih dan kering. Jangan sampai ada kotoran yang masih menempel di wajah. Kamu bisa gunakan pembersih wajah Cetaphil Gentle Skin Cleanser.



2. Gunakan pelembap yang mengandung SPF
Ingat ya, sebelum memulai mengaplikasikan make up, sebaiknya oleskan dulu pelembap wajah yang mengandung SPF tinggi agar kulit terlindungi dari sinar UV matahari, tujuannya agar kulit tidak dehidrasi dan mencegah penuaan dini. Contohnya seperti Skin Aqua, Nivea, Collagen Watsons, dan lainnya.




3. Pakai Foundation dengan warna yang nyaris sama dengan kulit wajah
Manfaat Foundation adalah dapat membuat warna kulit cantik merata tampak natural. Gunakan seperlunya, jangan terlalu tebal, tipis-tipis saja agar tidak terjadi belang antara kulit wajah dan leher, mulai dari atas lalu ke bawah..


@RachGoddard

4. Sempurnakan Dengan Bedak
Untuk menyempurnakan warna kulit kita bisa gunakan bedak tabur, bedak padat. Bila memakai bedak padat, sapukan dengan memakai kuas pada wajah biar hasilnya tipis dan merata diwajah. Pastikan pilih bedak yang tahan lama dan baik untuk kulit sensitifmu, seperti Emina, Marcks, dan lainnya.




5. Merias Mata dengan Warna Natural
- Untuk tampil natural, kalian dapat memilih menggunakan eyeliner atau tidak. Namun awali dengan menggunakan eyeshadow terlebih dahulu. Pakailah nude eyeshadow agar terlihat natural dan asli.

- Lanjutkan dengan memakai eyeliner pensil agar terlihat lebih natural dan alami. Tarik eyeliner sedekat mungkin dengan garis mata bagian atas, dan sedikit tebalkan dibagian sudut mata supaya mendapat tampilan mata terlihat lebih besar dan tegas.




- Untuk sentuhan akhir pakai mascara dan penjepit agar bulu mata terlihat lebih bervolume. Dan sapukan rambut alis menggunakan pensil alis yang memiliki ujung sikat, agar alis tampak indah alami sempurna.

6. Lipstik Nude
Sebagai cara yang akhir buat make up natural, pakailah lipstick atau lip tint berwarna lembut agar wajah kalian tidak terlihat pucat dan tua. Kalian dapat memakai lipstik warna pink, nude, atau peach seperti merk Wardah, Purbasari, Emina, Zoya, dan lainnya.




7. Ingat pesan kesehatan kulit
Jangan terlalu sering memakai make up yang tebal. Sesekali beri ‘nafas’ bagi kulit agar tetap sehat dan tidak mengalami beruntusan pada wajah. Kalau sudah begitu, kan kita sendiri yang rugi.

Tapi tenang, ada cara menghilangkan beruntusan di wajah yang bisa kamu coba, menggunakan bahan-bahan alami yang sering ada di dapur, seperti lemon, putih telur, oatmeal, bakin soda, dan lainnya. Aku pernah baca di review bukalapak sebagai tambahan referensi.

Nah, bagaimana?

Apakah sudah terbayang caranya memulai menggunakan make up agar tampil cantik dan natural? Yuk, sebagai pemula kita sama-sama belajar agar mahir menggunakan makeup ala selebgram dan Sophie adik kelasku itu. 


13 komentar:

  1. Kalo aku oakai make up senang bedak tabur lalu bedak padat. Karena suka males bersihin muka kalau habis keluar runah hehehe. Pori2 ga boleh gerlalu tertutup riasan juga sih nanti jerawatan. Kalo lipstik aku duka natural kayak nude juga tapi ada pink2nya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pernah nyoba pake makeup tebal untuk jadi among tamu, tapi ternyata susah bersihinnya, akhirnya jadi beruntusan

      Hapus
  2. Wah poin 6 favorit ku tuh Nude. Iya penting ya bebaskan wajah dari riasan satu hari. Pun aku nggak dandan tebal tapi tips ini udah mengajarkan cara dandan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama belajar kak, supaya wajah gak pucat banget tanpa riasan

      Hapus
  3. Emang sih kalau kulit sensitif itu gimana pake produknya aja, kalau produknya pas dan aman buat kulit sensitif, pasti bagus hasil make upnya

    BalasHapus
  4. Mbaa, aku pun setuju kalau penting banget untuk menjaga agar kulit wajah bersih dan sehat. Jadi ketika mau tampil natural pun nggak perlu banyak polesan :)

    BalasHapus
  5. Kebayang ya ternyata memang harus telaten dengan cukup panjangnya urut2an dalam ber-makeup. Aku biasanya cuka dibersihkan pakai pembersih wajah,lalu pakai pelembab, foundation, bedak dan lipstick. Simple banget ya

    BalasHapus
  6. Pangliing euy sama dikau mba, beneran lho.
    Bedak enima aku belum pernah ngerti, tahan lama ya diwajah? Pas, aku lagi cari bedak yang tahan lama.
    Kalau pakai besKb rasanya kok cepet banget ilangnya

    BalasHapus
  7. Eh itu mbak Lia sama Mbak tia yang dari Bekasi kan ya yang di foto? Itu dalam rangka apa kok berbdandan? kepoh haha
    Ooo jd pelembab itu kudu mengandung SPF tinggi ya? Tapi cuma buat pas keluar rumah aja kan ya yg pakai SPF tinggi?

    BalasHapus
  8. Aku suka yg natural2, karena jarang dandan jadi ga PD kalau harus make up tebel. Coba ku praktekan tipsnya mba...

    BalasHapus
  9. Tipsnya aku save ya Mba, aku sukanya make up natural juga. Gak berani medok-medok, makanya lipen lipen warnanya nude semua wkwk

    BalasHapus
  10. Aku suka riasan natural klo terpaksa bgt pakai riasan. Klo sehari hari aku lebih suka tanpa riasan. Dan wajahku ini termasuk sensitif jd bner2 selektif utk pakai makeup

    BalasHapus
  11. Aku setuju banget nih, kalau habis make up kudu dibersihkan, secapek apapun ya. Kan kalau wajah beruntusan atau berjerawat, jadi kurang oke make upnya yaaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com