7 Cara Jitu Jalani Bisnis Online Syariah Tanpa Modal

ps Jitu Memulai Bisnis Online Syariah Tanpa Mod
Budi merenungi nasibnya, setahun belakangan ini dia merasa jenuh saat menjalani tugasnya sebagai seorang cleaning service, ada rasa ingin merubah nasibnya menjadi lebih baik, dia merasa gajinya masih belum cukup memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Budi bingung, apalagi saat melihat teman seperantauannya telah sukses menjalankan bisnis online dan meraup keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya, rasanya Budi ingin seperti itu.

Temannya itu menjalani bisnis online syariah, beberapa kali mengajak Budi untuk bergabung, tetapi masih ditampiknya, karena dia menyadari bahwa dirinya belum punya modal banyak, masih ada rasa khawatir nantinya malah gagal.

Tips Jitu Memulai Bisnis Online Syariah Tanpa Modal Besar


Budi tahu bahwa bisnis online syariah itu adalah bisnis yang semakin dicari dan diminati, seiring meningkatnya kesadaran pola pikir masyarakat muslim Indonesia untuk menjalankan ajaran Islam secara kaffah (sempurna) dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam jual beli pada bisnis online.

Pikirannya semakin kebingungan, apalagi ada yang mengatakan bahwa bisnis online itu bisa dimulai tanpa modal. Ah, apa iya? Hatinya berkecamuk, mana mungkin bisnis online syariah itu bisa dimulai dan dijalani tanpa modal?

                    

Apa yang dimaksud dengan bisnis online syariah?


Sebelumnya kita harus memahami apa itu bisnis online syariah? Sebenarnya itu sama saja seperti bisnis di internet lainnya, tetapi dalam pelaksanaannya bisnis online syariah itu harus menggunakan prinsip dan dasar hukum Islam sesuai cara Rasulullah tadi.

Transaksi lebih baik dijalankan atas dasar rukun jual beli, suka sama suka, halal, tanpa unsur riba, tanpa ada penipuan, tanpa ada yang dirugikan dan tanpa adanya unsur paksaan.

Simplenya, bisnis online syariah adalah usaha jual beli melalui media online yang dijalankan sesuai tuntunan Islami sehingga semua merasakan kebaikan dan keihklasan tanpa ada yang dirugikan.


Bagaimana Hukum Bisnis Online Syariah?


Sejak lahirnya bisnis online syariah dan kian berkembang, ternyata masih ada perdebatan terhadap hukum haram halalnya dalam menjalani bisnis ini. Sebagian ulama menyatakan bahwa bisnis online itu tetap boleh dan halal, asalkan dijalankan sesuai prinsip-prinsip syariat Islam. Sedangkan sebagian lainnya berpendapat bahwa bisnis online itu haram karena banyaknya unsur penipuan dan keragu-raguan.

Kalau aku sih mengambil jalan tengahnya. Selama diri kita benar, amanah, dan tidak sama sekali niat menipu, insyaallah semuanya lancar-lancar saja tanpa hambatan, tanpa pernah ditipu. Bener deh..

Apalagi sekarang sudah banyak e-commerce yang bermunculan menjadi wadah jual beli yang amanah tanpa penipuan. Jika ada hambatan pun, semua masih bisa ditelusuri kesalahannya dan ada pertanggung jawabannya.

Islam itu tidak memberatkan umatnya, sangat fleksibel mengikuti kondisi apapun, sejak dulu hingga sekarang. Terbukti bagi siapa pun yang menjalankan bisnis sesuai tata cara Rasulullah, ternyata semakin dimudahkan, dilancarkan dan tidak pernah merasa rugi.

Kecuali, kalau bisnis onlinenya menjual barang-barang terlarang menurut Islam seperti minuman keras, daging babi, judi, investasi bodong, narkoba, dan lainnya sudah jelas itu hukumnya haram bagi kita sebagai muslim.


Benarkah bisnis online syariah bisa dimulai tanpa modal?


Kawan, pernahkah anda memiliki pemikiran yang sama dengan Budi? Pasti pernah deh, aku saja pernah kepikiran, andaikan bisa jualan tanpa mengeluarkan modal, pasti enak banget.

Tetapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu, aku banyak berteman dengan pelaku bisnis yang berkecimpung di dalam suatu komunitas bisnis. Dari sanalah aku tahu bahwa sebenarnya untuk memulai bisnis online syariah tetap saja memerlukan modal, meskipun bisa diperkecil, tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Iya sih, maksudnya bisnis itu bisa dijalankan tanpa modal, tetapi tanpa modal besar maksudnya, hehe..

Ada beberapa modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online syariah, antara lain:
1. Pulsa untuk menyiapkan komunikasi dan jaringan internet adalah modal yang penting harus ada.
2. Niat yang kuat, konsisten, sabar, dan kerja keras dalam menjalankan bisnis online syariah itu adalah modal utama.
3. Memiliki sifat-sifat seperti Rasulullah dalam berdagang seperti selalu berkata jujur apa adanya (shidiq), bisa menjalankan kesepakatan tanpa khianat (amanah), cerdas menganalisa (fathonah), dan pandai menyampaikan (tabligh) adalah modal kesuksesan.

Meskipun tanpa modal besar, tetapi jika dilakukan dengan penuh semangat, konsisten, dan sabar, insyaallah lama-lama menjadi bukit.


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Syariah Tanpa Modal?


Pastikan anda sudah mempunyai niat untuk bekerja keras tanpa ragu untuk terus belajar dan berinovasi. Termasuk dalam memulai bisnis online syariah dengan cara yang mudah dan tanpa modal besar. Caranya, antara lain:

1. Bergabunglah dengan beberapa komunitas bisnis, jalinlah pertemanan yang baik. Jika sudah ada keeratan dan kepercayaan satu sama lainnya, mulailah anda mengajukan diri untuk membantu menjualkan barang-barangnya dahulu, bayar belakangan.

Banyak lho produsen atau distributor yang mau membantu seperti ini, asalkan kita benar-benar jujur dan amanah. Jangan sampai membuat cacat sedikit pun, sekali orang merasa dikhianati, niscaya seumur hidupmu tidak akan bisa sukses.

2. Mulailah bergabung dan mendaftar di beberapa e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dan toko online lainnya. Jangan lupa segeralah buka rekening bank untuk mempermudah sirkulasi transaksi / transfer.

Pasanglah foto-foto barang anda tadi dengan menarik, jangan lupa cantumkan semua akses komunikasi yang bisa dihubungi seperti nomor telepon, sosial media, dan email agar para calon konsumen mempercayai keseriusan bisnis anda.

3. Jika keuntungan sudah terlihat cukup baik, anda bisa menambah kerjasama dengan produsen atau distributor lainnya yang sekiranya memiliki penawaran harga lebih murah, sehingga mendapatkan laba lebih besar lagi.

4. Sesekali anda bisa lakukan penjualan dengan cara dropship, yaitu membelikan barang titipan pihak pertama pada toko online lain dan mengirimkannya dengan mencantumkan nama kita sendiri.

Untuk lebih amannya, bekerjasama-lah dengan toko online yang juga mengamalkan bisnis online syariah, jujur, amanah, dan bertanggung jawab insyaallah semua akan baik-baik saja tanpa ada yang merasa dirugikan.

5. Ketika saldo keuntungan anda semakin meningkat, cobalah tingkatkan lagi kedudukan anda yang tadinya sebagai reseller, meningkat menjadi agen, lalu distributor, dan bila perlu mulailah menjadi produsen sehingga bisa menciptakan lapangan kerja untuk ratusan hingga ribuan orang. Semakin banyak membuka lapangan kerja, semakin banyak keuntungan yang masuk ke dalam rekening anda.

6. Sesekali ceritakan pengalaman kesuksesan anda dari nol kepada para pemula, buatlah buku atau seminar sehingga ilmu anda bisa menjadi ladang amal dan rejeki anda semakin melimpah. Modalnya cuma cuap-cuap lho, hehe..

7. Buatlah sebuah blog atau website pribadi yang penuh interaktif dan inovasi sehingga akan banyak pembaca yang mengetahui kinerja anda sebagai pebisnis onlines yang handal. Suatu hari mereka akan berdatangan untuk belanja maupun berkonsultasi, wah bisa nambah deh nih peluang bisnisnya.

Bagaimana, sudah mulai terbayang?

Oiya, namun perlu diingat, tidak semua bisnis online syariah itu benar-benar sesuai tata cara Islami, ya. Kita harus tetap bersikap hati-hati. Untuk itu, anda harus selektif memilih yang terpercaya sekaligus menguntungkan.

Untuk mudahnya anda bisa memilih K-Link sebagai solusinya. Dengan bergabung dengan perusahan MLM Syariah terpercaya anda bisa memulai bisnis online syariah tanpa modal besar. Carilah upline pembimbing yang mampu mendukung anda mulai dari nol, insyaallah dengan modal kecil anda bisa menjadi jutawan di masa yang akan datang.

Kenapa K-Link bisa dikatakan bisnis online syariah? Karena berkomitmen memajukan dan memakmurkan membernya menjadi yang terbaik asalkan dia mau bekerja keras. Siapa yang rajin menjual dan merekrut dia yang dapat keuntungannya, tidak ada paksaan untuk tutup poin, tidak ada system hangus, dan tidak ada unsur money game.

Sudah lebih dari 15 tahun K-Link, sudah terbukti memberikan solusi, mensejahterakan membernya dan memberikan kebaikan kesehatan bagi penggunanya. Bahkan untuk ibu-ibu rumah tangga saja bisa, lho.

Bersama K-Link kita bisa menentukan omset sendiri, seberapa banyak yang bisa kita capai dengan kemampuan yang ada. Setiap produk yang terjual kita bisa mendapatkan keuntungan 20%. 

Dan lebih enaknya lagi, sekarang produk K-Link bisa dibeli melalui online dan kita dapat mengirimkannya langsung tanpa harus repot membungkus dan mengantarkannya ke pihak kurir.

Tips Jitu Memulai Bisnis Online Syariah Tanpa Modal Besar


Semua K-link yang membantu mengirimkan hingga sampai ke tangan pembeli, membuat kita tenang dan lebih fokus mengurus bisnis serta keluarga. K-Link bisnis online syariah terpercaya memang ingin memudahkan para membernya bukan?

So, tunggu apa lagi? Ayo bertekad untuk memulai bisnis online syariah tanpa modal besar dan raih keuntungan yang berlipat ganda. Pilihan ada di tangan Budi, eh anda juga kan? 😄

34 komentar:

  1. Wah ini bisnis yang cukup menarik , sistem mlm gitu ya, tapi kalau sekarang kayaknya susah untuk ditekuni , mungkin lain waktu bisa dijadikan sampingan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, tapi tanpa merekrut sebenernya kita sudah bisa menjual produk dgn keuntungan 20%, itulah enaknya

      Hapus
  2. Sangat bermanfat sekali informasi mengenai cara-cara memulai bisnis syariah tanpa modal :)

    BalasHapus
  3. Sekarang ii banyak banget loh bisnis-bisnis online syariah di kalangan masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena sudah banyak yg ingin berniaga sesuai tuntunan islami

      Hapus
  4. Wah, kalau kita memulai berbisnis bersama K-link, kita gak perlu lagi terlalu pusing sama proses pengiriman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener banget mbak, gak capek modal ke JNE

      Hapus
  5. Bisnis kadang emang suka bikin galau, mengandung riba atau hal hal yang diharamkan atau ngga. Ada yang bilang sistem dropship itu haram, ada yang bilang ngga. Harus banyak belajar juga nih aku, biar bisnis bisa makin berkah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama tidak ada yg merasa rugi insyaallah halal

      Hapus
  6. Wah.. k-link bikin terobosan tanpa modal. Kerennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terobosan online juga mbak

      Hapus
  7. Thanks for sharing ya Mba... bagus nih artikelnya buat yang mau memulai usaha dengan modal minim, plus dijamin bagus produknya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terimakasih sudah berkunjung ke artikel bisnis online syariah ini

      Hapus
  8. Banyak yang tak berani memulai usaha karena kuatir kurang modal. Padahal semuanya bisa dilakukan walaupun tanpa modal gede ya mba. Btw aku juga setuju kalau bergabung dengan komunitas komunitas nih bikin kita semakin kuat untuk menjalani usaha, mba. Soalnya di komunitas biasanya saling berbagi ya mba. Jadi kita bisa belajar dari pengalaman mereka juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, komunitas itu penting banget untuk menjalin jaringan apalagi buat bisnis online

      Hapus
  9. K-Link sudah memenuhi syarat syariah ya, jadi tenang nih yang mau mulai bisnis berjejaring. Soalnya kan ini yang sering bikin bingung ragu untuk gabung bisnis MLM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya K-Link sudab memenuhi syarat syariah mbak, apalagi sekarang udah bisa via online

      Hapus
  10. Modalnya cukup mudah untuk mudah di lakukan.

    BalasHapus
  11. Mau bisnis online dengan sistem syariah tentunya lebih aman dan nyaman dilakukan ya mba.

    BalasHapus
  12. Bisnis online cocok nih buat ibu rumahan kyk kita bisa nambah pengahasilan.. aku dh coba mba jd dropship lumayan memang hasilny gk naikin harga hanya bg keuntungan sm butik temanku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak sudah menjalankan metode diatas, sukses ya

      Hapus
  13. Ternyata bisa juga bisnis tanpa modal dg cara islami. Pakai K Link membantu masyarakat yg punya niat kuat untuk berbisnis ya. Dpt 20% laba kan udah lumayan.

    BalasHapus
  14. Kalau bener sudah syariah gini jadi nyaman ya, mak, ngejalaninnya. Karena rejeki itu utama banget halal

    BalasHapus
  15. ketika kebutuhan makin banyak, harga-harga makin mahal juga. pas banget mencari alternatif sumber pendapatan apalagi bisa pasif income

    BalasHapus
  16. Aku memulai bisnis online juga dg modal minim tp karena tahu apa yg hrs dilakukan dan tetap konsisten, Alhamdulillah ttp bertahan sampai skrg.KLink ini keren loh...bisnis online syariah yg terpercaya.

    BalasHapus
  17. KLink skrg merambah ke bisnis online ya mbak. jadi semacam solusi lapangan.pekerjaan baru ya mba

    BalasHapus
  18. Wahh ternyata KLink sudah lama ya mbak.. jaman sekarang emang paling enak bisnis online deh. Apalagi buat buibuk, biar tetap bisa ngurus rumah

    BalasHapus
  19. Awalnya asing denger kata KLink, tapi ternyata pas dijelasin baru ngeh, udah lama ya, dan sekarang merambah ke bisnis syariah. Ini yg penting, jadi siapapun yg mau bisnis tp aman sesuai syariat bisa ke KLink ya mba,

    BalasHapus
  20. Memulai bisnis memang tdk mudah ya mbak tapi ya harus dari niat pasti semuanya jadi mudah. BTW, saya baru tau mbak jika K-Link bisa jg buat gabung bisnis online, apalagi tanpa modal besar

    BalasHapus
  21. Emak2 kudu kreatif ya cari tambahan penghasilan. Salah satu alternatifnya ya bisnis online syariah ini, mudah kyknya asal mau kerja keras TFS

    BalasHapus
  22. wah, bias dicoba nih.
    Bermanfaat.
    Terima kasih telah mau berbagi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com