Tips Langkah Sukses Mendapat Uang Dari internet / Blog

Tips Langkah Sukses Mendapat Uang Dari Online/Blog
Assalamu’alaikum, kawan..

Beberapa waktu lalu seorang teman mengajakku ngobrol, lebih tepatnya curhat. “Gue pengen banget deh bisa dapetin penghasilan tambahan dari internet, kaya elo. Dulu jualan online, sekarang ngeblog. Gimana sih caranya? Kali aja nanti gue bisa kerja dari rumah tanpa sering meninggalkan anak-anak di rumah".

7 Cara Jitu Agar Sukses Ngeblog / Jualan Online

Aku tersenyum mendengarnya, malu juga sih dibilang begitu. Yaa meskipun pernah merasakan enaknya, kenyataannya tetap saja aku juga belum sukses-sukses amat, masih begini-begini aja, *xixixi.. ketawa ngenes 😁

Tapi karena sudah ditanya, mau tidak mau aku jawab sesuai pengalaman yang ada. Semoga saja jika dipraktekkan, bisa bermanfaat dan menjadi amal jariyah kelak, aamiin..

Intinya, dari kedua profesi tadi kita sama-sama bisa mendapatkan keuntungan dengan cara ‘menjual produk dan jasa'. Onlineshop (olshop) maupun blogger sama-sama bisa sukses 'jualan' di internet, sama-sama bisa mendapat uang dari online. 

Bagi pelaku onlineshop biasanya akan menjual buku, makanan, minuman, fashion, bunga, dan segalanya. Sedangkan blogger bisa menjual jasa penulisan, review, promosi, iklan, dan sejenisnya. Dan dari semuanya kita bisa meraup keuntungan yang fantastis.

Bagaimana caranya? Dibawah ini beberapa langkah yang bisa dilakukan sesuai pengamatanku pada beberapa situs atau onlineshop.


Langkah Sukses Mendapat Uang Dari Internet / Ngeblog


Jadi, cara apa saja yang harus kita lakukan supaya bisa sukses jualan online atau ngeblog, dan meraih pundi-pundi uang melalui internet?

1. Modal mental jiwa yang kuat
Iya, kita harus punya modal mental jiwa yang kuat. Maksudnya jangan mudah baper, senewen, apalagi iri dengki. Sebaliknya, kita harus tetap rajin, sabar, dan konsisten belajar. Jangan langsung terbayang keuntungannya, semua dimulai dari bawah, dari nol.
Jangan awalnya semangat, eh begitu di tengah jalan malah melempem. Pastikan selalu baca bismillah, yakinkan rejeki itu ada di tangan Allah, tinggal gimana caranya kita meraihnya.

Mau cerita sedikit ya..

Memang pada tahun 2010 aku pernah memiliki toko online yang digunakan untuk menjual aneka kebutuhan bayi. Ada website resminya, aku beli dengan harga setengah juta setahun pertama, jika ingin memperpanjang cukup membayar 300.000/tahun. Dan alhamdulillah dari toko online itulah aku pernah mendapat keuntungan bersih sebesar 3 juta perbulan.

Namun saat lahir anak ketiga, aku mulai keteteran, toko online mulai terbengkalai dan akhirnya berhenti sejenak. Sayangnya, begitu ingin memulainya kembali, aku merasa malas, apalagi modal habis tak bersisa karena terpakai untuk kebutuhan lain.

Jika tidak ada mental kuat untuk bangkit, mungkin aku sekarang masih menjadi pengangguran, gak ada semangat, bawaannya iri saja dengan teman yang bisa sukses.

So, untuk mengisi kekosongan itu, aku mulai mencoba ikutan menulis di blog. Secara otodidak aku belajar melalui tutorial yang ada di internet, mengutak-atik html sendiri, mengikuti beberapa kegiatan komunitas yang berhubungan dengan blog maupun bisnis online.

Jangan kira aku enak santai di rumah, tinggal duduk manis dapat uang. Oh, tentu tidak. Mata sepet karena begadang, pikiran mumet mencari ide, cucian belum kelar dijemur, anak rewel, hampir kurasakan setiap hari. Belum lagi kalau kita dapat pembeli yang 'bawel', sangat dibutuhkan jiwa yang sabar dan kuat.

2. Mulai membuat Website/Blog sebagai tempat ‘jualan’
7 Cara Jitu Agar Sukses Ngeblog / Jualan Online

Jika ingin berjualan tanpa modal besar, awalnya kita bisa gunakan beberapa e-commerce secara gratis, lengkap seperti tokopedia, lazada, shopee, bukalapak, dan sebagainya. 

Selanjutnya, kusarankan buatlah toko induk berupa website.

Untuk apa? Supaya para pembeli semakin percaya, jika barang yang kita jual bukan barang sembarangan. Ada situs resminya. Jadi kesannya lebih profesional, gak numpang terus sama lapak e-commerce tadi.

Memiliki website sendiri itu seperti prestise, ada perasaan bangga punya ‘perusahaan pribadi’ , seakan-akan kita merasa seperti seorang juragan, yes because I’m the boss.

Sama dengan para blogger, mempunyai situs blog resmi itu membuat kita seperti punya perusahaan pribadi. Jika diaktifkan secara profesional, niscaya akan mendapat tawaran-tawaran kerjasama yang bayarannya menggiurkan. 

Apalagi jika rajin ikut lomba blog, jika bisa menang hadiahnya luar biasa besar nilainya. Motor, kamera, laptop, uang tunai, liburan ke luar negeri, gadget, dan semuanya itu dibayar tunai..

Coba saja tengok beberapa rekan blogger yang hampir setiap lomba menang melulu (kuakui mereka memang keren dari segi penulisan dan visual) seperti jengyuni.com, langitamaravati.com, dedihuang.com, dan lainnya.

Bagaimana denganku? Yaaa, alhamdulillah pernah menang lomba juga. Laptop yang kugunakan sampai hari ini merupakan hadiah lomba. Hadiah voucher belanja, uang tunai, produk rumah tangga, dan lainnya juga sudah kudapat (bisa baca di 'Prestasi Penulis'), bisa buat nambahin uang dapur dan sekolah anak-anak.

Oke, kembali ke topik membuat website. Untuk memulainya, kita bisa menggunakan platform WordPress.com atau WordPress.org. 

Alasannya, seperti yang kukutip dari Hostinger.co.id bahwa dengan menggunakan platform WordPress, kita bisa memodifikasi blog maupun toko online secara menarik sesuai personal branding kita, selain itu bisa memanfaatkan control open-source dengan mengajak orang lain yang berbakat untuk sama-sama mengembangkan situs menjadi lebih beken.

Meskipun platform blogger.com bisa juga dipilih sebagai tempat untuk ngeblog, tapi jika ingin benar-benar mengembangkan perusahaan anda secara luas dan profesional, sebaiknya pilih saja WordPress.

Beberapa situs terkenal seperti Mercedes-Benz, Playstation, Justin Bieber, Obama Foundation, Official Lazada, Soni Music, Xerox pun menggunakan WordPress, alasannya mudah digunakan, fleksibel, terkait dengan developer seluruh dunia, banyak plugin yang digunakan, desain tampilannya keren, dan mudah dicari pelanggan.

Menarik ya, lalu bagaimana cara membuatnya?
1. Install Wordpress di paket hosting.
2. Pilih pengatuan standar untuk tampilan situs blog, seperti nama situs, bahasa, zona waktu, notifikasi email, struktur tautan URL, dan sebagainya.
3. Pilih tema wordpress yang menarik sesuai karakter pribadi. Ada baiknya yang tampilannya bersih, tidak berat loading, mobile friendly, dan terdukung penuh dengan SEO
4. Install Plugin Wordpress yang diperlukan, seperti: Jetpack, Yoast SEO, Google Analytics Wordpress, Akismet, dan lainnya
5. Setelah semua siap, kita bisa mulai menulis dan menerbitkannya.
6. Rencanakan langkah selanjutnya untuk menambah pengunjung dan pembaca.

Masih bingung? Untuk lebih lengkapnya, anda bisa klik dan lihat tutorial lengkapnya di sini ya.

3. Membeli Domain Hosting Terpercaya di Hostinger.co.id
7 Cara Jitu Agar Sukses Ngeblog / Jualan Online

Kata para ahli, jika benar-benar serius ingin mencari uang melalui internet, jangan kepalang tanggung, sekalian beli domain dan hosting untuk menambah kredibilitas diri kita sebagai penulis blog, jangan numpang lagi istilahnya.

Seperti saat aku membeli nama domain www.narasilia.com, ternyata benar deh, blog terasa lebih banyak pengungjung, wus-wus-wus, cepat diterima google adsense, dan banyak klien yang melirik menyampaikan penawaran kerjasama melalui email.

Jadi pastikan jangan takut jika awalnya terkesan mahal untuk membeli domain dan hosting ini, gak usah takut mesti keluar uang besar. Banyak kok jasa hosting yang menawarkan paket hosting free domain yang murah dan terjangkau seperti di Hostinger.co.id

Dengan menggunakan jasa Hostinger.co.id, kita bisa mendapatkan paket domain dan hosting murah tapi gak murahan, bayangkan cuma 9.900 – 35.589 rupiah perbulan. Terjangkau, kan? Malah masih mahalan paket nasi ayam goreng deh..

paket web hosting Hostinger

Di sini kita ditawarkan berbagai kemudahan dalam mendukung keberhasilan mengelola situs website, sehingga mendatangkan pengunjung dan tentu saja uang. Registrasinya murah, mudah, dan terpercaya dengan pelayanan 24 jam non stop.

Masih ragu karena takut gagal atau tidak berkembang? Ah, jangan gitu dong, Hostinger menjamin kepuasan pelanggan 100%, artinya jika selama 30 hari (sejak masa pembelian jasa website) dirasakan tidak memuaskan, kita bisa meminta uang kembali.

4. Rajin menyajikan produk / tulisan
7 Langkah Jitu Agar Sukses Ngeblog Jualan Online

Untuk menjadi sukses tidaklah instan, usahakan kita tetap konsisten mengelola website, rajin update dengan barang baru, tulisan baru, informasi baru. Sampaikan dengan baik dan tidak membosankan. Dengan begitu, blog atau website kita bisa menjadi ‘pasar yang nyaman’, orang akan balik lagi dan lagi.

Selain menyajikan produk atau tulisan di website, jangan lupa sering-sering share ke berbagai media sosial, email, dan komunitas.

Semakin banyak yang balik untuk membaca, otomatis membuat blog kita lebih dipercaya oleh searching engine seperti google, yahoo, yandex. Efek baiknya secara relevan akan menaikkan peringkat blog muncul di halaman utama (page one).

Jika blog sudah menjadi beken, pembaca pun meningkat karena merasa percaya, dan dengan sendirinya penawaran kerjasama pun datang, para klien yang produknya ingin direview tertarik untuk bekerjasama dengan kita.

5. Rajin mengaktifkan media sosial
7 Cara Jitu Agar Sukses Ngeblog / Jualan Online

Nah seperti yang kukatakan tadi. Jadikan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, google plus sebagai ajang silaturahmi. Di media sosial ini, kita bisa membentuk personal branding sekaligus memperkenalkan produk yang kita ‘jual’.

Namun jangan keseringan 'jualan', sesekali selingi isi dengan status-status inspiratif, pastikan isinya yang menyentuh kebaikan, jangan bikin onar ya, bisa-bisa mereka malah malas deh berteman dengan kita.

Dan jangan sungkan untuk berinteraksi dengan rajin memberikan respon komentar, berbagi like/love. Jalin ikatan batin dengan ‘calon’ pengunjungmu. Kalau mereka sudah merasa nyaman, dengan sendirinya mereka akan setia datang dan menjadi pelanggan.

Jika perlu ajak mereka sebagai partner, beri hadiah dalam bentuk kuiz dan give away, ajak kerjasama untuk saling mempromosikan dan mereview secara jujur.

Semakin banyak review dan testimoni, maka akan semakin banyak pula yang percaya terhadap apa yang kita ‘jual’. Apalagi jika sampai viral, beuuuh yakin deh bisa membludak.

6. Ikut komunitas sesuai passion
7 Cara Jitu Agar Sukses Ngeblog / Jualan Online

Manfaat terjun ke dalam komunitas adalah menjalin pertemanan, menambah ilmu dan sharing yang dapat langsung diaplikasikan pada blog agar terus terjaga dengan baik. Ditambah lagi diajari untuk mengaktifkan social media, cara memotret produk yang akan diulas (review), sehingga akan menampilkan foto yang sedap dipandang, dan lainnya.
Perlu diingat, semakin banyak diskusi, kita semakin kaya strategi. Bukan cuma kita saja yang mau menjadi pedagang atau penulis handal, tapi ada ratusan ribu orang juga sama-sama berusaha ingin sukses. 

7. Membentuk Team Work
7 Langkah Jitu Agar Sukses Ngeblog Jualan Online

Jika saja dengan satu website saja kita sudah mampu mengelola dengan baik, bagaimana jika membuka website yang lain? Lumayan kan jadi punya cabang perusahaan kecil gitu. Logikanya, andaikan satu website / toko online bisa menghasilkan 3 juta perbulan, dikali 2-3 cabang lainnya, kebayang kan gimana jumlah uang yang masuk.

Supaya semua itu bisa berkembang, tidak ada salahnya kita membentuk team workKegagalanku jualan online dulu karena keteteran, tidak punya teamwork yang solid, akhirnya mentok tidak bisa berkembang. 

Bukalah lowongan kerja untuk para admin social media, penulis baru, customer service, dan lainnya untuk dijadikan tim kerja. Dengan bantuan mereka, kita bisa lebih berkonsentrasi menjalin hubungan dengan ratusan klien lainnya.

Sudah banyak contoh website yang meng-hire karyawanpenulis lain dari luar seperti :
- juragancipir.com, 
- maxmanroe.com
- hipwee.com
- UCnews.id
- Clodistore.com
Semakin banyak teamwork maka semakin banyak keuntungan yang masuk, transferan meningkat, dan pastinya kita bisa menggaji para karyawan sesuai kinerjanya. Mantap kan?


Bagaimana?

Sudah terbayang apa yang harus kita lakukan untuk sukses mendapat uang dari online dan ngeblog? Yuk, kita sama-sama mulai membangun ‘perusahaan pribadi’ menggunakan wordpress bersama Hostinger.co.id dan raih pendapatan sampingan sebanyak-banyaknya.


28 komentar:

  1. Lagi down di poin satu nih aku...pengen refreshing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ada kalanya jawara pun butuh istirahat sejenak yo mba, gak apa2 asal nanti bangun lagi

      Hapus
  2. Salut buat Mbak Lia yang produktif ngeblog. By the way aku jg dulu pertama belajar ngeblog pakai wordpress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikau apalagi deh neng, juara deh

      Hapus
  3. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  4. Sudah terlanjur pake blogspot, pingin pindah ke wordpress tapi masih belum bisa. Makasih mba tips nya bener banget jangan baperan ya, apalagi iri dengki 😀.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jangan baper, santai aja terus jalan ke depan.

      Wah kamu pake blogspot aja udah gendut saldonya, gimana nanti pakai wordpress, hehe

      Hapus
  5. Sudah terbayang sih, tapi masih jauh dari harapan. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh juragan ini merendah deh, justru aku ingin belajar padamu 😊

      Hapus
  6. Hostinger rekomendasi ya?

    BalasHapus
  7. Ide bagus perlu admin. Aih kira kira apa kreterianya ya. Buat buka lowongan pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti bisa menghandle sosmed dan sharing

      Hapus
  8. Setujuu.. website itu bisa jadi gerbang informasi kl kita jualan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini lebih tepat, sebagai gerbang masuk ya. Bikin website toh gak susah,

      Hapus
  9. Sekarang emang zamannya digitalisasi pasar ya mom, semua pindah jd serba online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, udah banyak yg punya hp dan ngonline deh

      Hapus
  10. Ternyata pakai wordpress banyak keunggulan nya juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak mbak, tampilannya juga banyak yg keren

      Hapus
  11. klo sy harus terus belajar biar ada kemajuan, masalahnya kadang suka malas wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama-sama kita belajar ya mbak

      Hapus
  12. Bikin website yang bagus juga bisa membantu kesuksesan, ya. Biar terkesna profesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tampilan website yg bagus sangat menunjang

      Hapus
  13. Satu lagi, Mba, mau banyak membaca.

    BalasHapus
  14. Tips tipsnya dah saya terapkan ibu.....mudah mudahan kedepanya makin membaik sesuai harapan.... baper, senewen, apalagi iri dengki jangan hinggap di dalam hati

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com