Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Kulit BerJerawat

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence: Jerawat Itu Bukan Cuma Milik Remaja
Hih, lagi-lagi jerawat di wajahku muncul. Kali ini ada di pipi dan di dagu, sebeeel. Perasaan baru kemarin udah mulai hilang, eh kok ada lagi. Kempes satu, tumbuh lagi di tempat lain, semacam jajan citato chips saja, beli 1 gratis 2..

Keinginan mempunyai wajah mulus bersih dari jerawat pupus sudah, karena kalau sudah muncul jerawat pasti deh bekasnya akan menghitam. Berbagai kosmetik yang kupakai biasanya tidak ada yang memuaskan, jerawatnya bandel.

Sekali ada produk yang ampuh dan cocok, senang dong. Tapi begitu habis, eh tidak bisa belinya lagi, pas banget lagi bokek. *Wikikik.. begini amat nasibku.

Beberapa kali berkonsultasi dengan dokter kulit, mengapa di usiaku yang sudah kepala empat ini masih saja berjerawat? Pasti jawabannya: "Ini mah karena hormon, tidak perlu diresepin obat."

Hadeuuuh..

Kondisi seperti itu lama-lama membuatku jadi cuek dengan penampilan. Bodo amat ah, biarin gak perlu repot oles krim sana sini. Apalagi suka terburu-buru pergi naik motor antar jemput anak-anak bersekolah, jadi mana sempat dandan, cuma pakai bedak bayi saja. 

Sedih? Gak juga sih, ternyata gara-gara jerawatan begini, banyak yang menyangka kalau usiaku masih 10 tahun lebih muda, lho. *eaaaa.. halusinasi 😆

Tapi mau alasan apa pun, tetap aku punya perasaan yang tidak nyaman. Sebagai muslimah sebaiknya kita tampil sehat, termasuk kulit wajah, biar tambah percaya diri. Apalagi sekarang sering ketemu teman blogger dan klien, malu ahh kalo keliatan kusam.


Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat 

Tahu gak sih? Faktanya, jerawat itu memang bukan cuma milik remaja saja. Menurut survey di website alodokter.com ada 50% perempuan berusia 20-29 tahun dan 25% perempuan berusia 40-49 tahun masih mengalami jerawatan, seperti aku begini.. *horeee

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Jerawat


Ada faktor-faktor penyebab yang bisa mempengaruhi kondisi seperti aku ini. Antara lain:

1. Faktor Genetik: Aku memiliki riwayat keturunan yang juga berjerawat, yaitu Ayahku. Beliau pernah bercerita kalau beliau memang jerawatan sejak muda. Kami sama-sama memiliki jenis kulit yang mudah mengalami masalah Acne Prone, stress sedikit saja langsung muncul iritasi kulit.

2. Gangguan Hormon: Jika pada usia 30-50 tahun kita masih mengalami masalah jerawat, bisa jadi karena ada indikasi gangguan hormon. Hormon berubah drastis saat hamil, menyusui, kelelahan, stress, pra menstruasi, bahkan menjelang menopause. Gangguan hormon ini menyebabkan hormon 'kelaki-lakian' (androgen) pada perempuan lebih banyak muncul, akhirnya membentuk sebum dan jerawat, biasanya disebut Hyperandrogen. 

3. Jenis kulit sensitif: Menurut Fimela.com, jerawat itu bukan hanya muncul pada jenis kulit yang berminyak saja, tetapi bisa juga terjadi pada pemilik kulit kering. Tapi karena sensitif, mudah iritasi, akhirnya kuman penyebab jerawat mudah menyerang.

4. Gangguan pencernaan: Seberapa sering buang air besar setiap harinya? Jika kita mengalami konstipasi, buang air besar tidak teratur, pencernaan kurang serat, ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Biasanya akan mempengaruhi timbulnya jerawat.

5. Terlalu sering membersihkan wajah: Siapa sih yang tidak mau wajahnya bersih tanpa noda? Tapi jangan juga terlalu sering, bahkan menggosoknya dengan keras. Akibatnya kulit jadi 'terluka' dan malah akan menimbulkan iritasi baru. Lebih baik diurut-urut perlahan menggunakan sabun wajah yang lembut, salah satunya seperti Gizi Secret Of Seaweed Beauty Active

6. Faktor Lingkungan alam: Paparan sinar matahari yang sudah tidak bersahabat, polusi udara, asap rokok, bisa meracuni tubuh terkena karbon monoksida. Untuk mengeluarkan racun tersebut, biasanya kulit akan mengeluarkan protein dan sebum di kulit meningkat. Namun sayangnya jika cepat kotor, maka cepat pula kuman berkembang biak di sana. 


Review Gizi Beauty Active Lotus Essence

Aku pernah membaca pada sebuah artikel. Menurut para pakar kecantikan, kita harus tetap menggunakan pelembab meskipun kulitnya berjerawat, karena kulit tetap harus dilindungi, apalagi jika cuaca sering tidak bersahabat.

Aku setuju sih dengan pendapat tersebut, ada benarnya juga. Paparan sinar matahari dan debu bisa saja menambah kerusakan kulit.

Dan kini aku sedang mencoba menggunakan rangkaian perawatan wajah yang cocok dengan kulit berjerawat, yaitu rangkaian Gizi Secret Of Seaweed varian Beauty Active Lotus Essence yang terdiri dari krim pelembab dan pembersih wajah.

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Jerawat


Produk ini diklaim sebagai perawatan Complete Active. Bisa dipakai untuk siang maupun malam hari. Pas banget untuk pribadi yang sibuk macam aku.. 😅

Biar gak penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Beauty Active Lotus Essence Facial Wash

Beauty Active Lotus Essence Facial Wash ini termasuk merk baru dari Gizi Super Cream, krim wajah legendaris sudah ada sejak dulu aku kecil. Diformulasikan menggunakan bahan-bahan ekstrak alami sebagai solusi komplit mencegah, mengendalikan jerawat, serta mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Seperti: 

Nelumbo Nucifera Leaf Extract (ekstrak daun bunga Lotus)
Camellia Sinensis Leaf Extract (ektsrak daun teh camellia)
Psidium Guajava Leaf Extract (ekstrak daun jambu biji)
Angelica Gigas Extract (ekstrak antioksidan alami)
Bucheuma Spinosum Extract (ekstra rumput laut)
OryzaSativa Bran Water

Aqua, Coco-Betaine, Stearic Acid, Lauric Acid, Myristic Acid, Glycerin, Sodium Laureth Sulfate, Potassium Hydroxide, Acrylates Copolymer, Glyceryl Distearate, Sorbitol, Butylene Glycol, Kaolin, Niacinamide, Fragrance, Phenoxyethanol, BHT, Disodium EDTA.


Wah asik nih, ada kandungan teh hijau, lotus, rumput laut, dan daun jambu biji. Dulu ibuku malah pernah pakai masker daun jambu biji, katanya buat membersihkan dan menghaluskan kulit.

Begitu facial wash dikeluarkan, nampak seperti ada butiran halus yang bisa digunakan sebagai scrub dan mengangkat sel kulit mati. Aromanya lembut dan menenangkan. Begitu diusapkan di permukaan kulit wajah, busanya tidak terlalu banyak, mudah dibilas, dan hasilnya kulit lebih bersih tanpa kilau minyak.

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Jerawat


Aku suka dengan bentuk kemasannya yang berukuran 50ml ini, karena tutupnya mudah dibuka dan ditutup kembali, sehingga mencegah tumpah jika disimpan dalam tas. Ukurannya juga mudah digenggam. Asyiknya lagi, Facial Wash ini sudah mengantongi izin Halal serta POM NA 18161206766, lho. 

Insyaallah, aman..


2. Beauty Active Lotus Essence Cream

Berbeda dengan kemasan Facial Wash, kemasan krim ini dilengkapi dengan kotak kardus. Begitu dibuka, nampak kemasan berisi 18 ml ternyata lebih mungil. Lumayan muat di tas untuk dibawa-bawa menemani hari-hariku.

Oiya, krim wajah ini pun sudah mengantongi izin Halal serta POM NA 18170100405 ya. Untuk krim yang asli, pada bagian bungkusnya terdapat seal hologram.

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Kulit BerJerawat


Beauty Active Lotus Essence Cream ini mengandung bahan-bahan ekstrak alami sebagai solusi komplit mencegah, mengendalikan jerawat, serta mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Seperti: 

Nelumbo Nucifera Leaf Extract (ekstrak daun bunga Lotus)
Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (ekstrak minyak biji bunga matahari)
Camellia Sinensis Leaf Extract (ektsrak daun teh camellia)
Psidium Guajava Leaf Extract (ekstrak daun jambu biji)
Angelica Gigas Extract (ekstrak antioksidan alami)
Bucheuma Spinosum Extract (ekstra rumput laut)
Allium Cepa Bulb Extract (ekstrak garam anti mikroba)
OryzaSativa Bran Water, 

Aqua, Niacinamide, Cetearyl, Cyclopentasiloxane, Glyserin, Titanium Dioxide, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Hydroxyenthil, Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl, Taurate Copolymer, Silica,  Ceteareth-33, Sodium Benzoate, Fragrance, Allantoin, Butylene Glycol. BHT, dan Disodium EDTA 

Bagaimana cara pakainya?

Setelah wajah dicuci bersih menggunakan Beauty Active Lotus Essence Facial Wash, keringkan, lalu langsung saja oleskan Beauty Active Lotus Essence Cream sedikit demi sedikit ke seluruh wajah juga punggung tangan yang sering kena panas dan debu.

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Jerawat


Pertama kali diaplikasikan pada bagian kulit wajahku, agak terasa senut-senut dan hangat, sedangkan pada bagian hidung terasa agak gatal.  Hmm, apa ini reaksi pertamanya saja ya? Apalagi kulitku memang sangat sensitif.  

Namun seminggu kemudian wajahku sudah merasa nyaman menggunakan krim ini, sudah tidak terlalu terasa senut-senut dan gatal. Dan menjelang sebulan ini aku sudah konsisten menggunakan rangkaian Lotus Essence ini tanpa dicampur dengan kosmetik lain, agar tahu reaksi yang sebenarnya.

Hasilnya gimana?

Kulit wajahku terasa lebih lembut, gak terlalu kusam, noda hitamnya mulai tersamarkan, meski selalu pergi panas-panasan. Produksi minyak juga tidak terlalu banyak, hanya ada pada bagian hidung saja, itu pun tidak muncul jerawat.

Review Gizi Beauty Active Lotus Essence Untuk Jerawat


Namun sayang, jerawat baru malah muncul lagi di pipi. Bentuknya besar-besar, begitu mulai matang, isinya keluar seperti nanah. Oh my God, apakah ini purging, entahlah..

Purging adalah gejala yang ditimbulkan akibat produk yang memiliki kandungan pengangkat sel mati, kulit dibersihkan dari dalam, seperti detoksifikasi, racunnya dibuang-buangin. Agar tidak terlalu parah, sementara ini aku pakai menjelang tidur saja, karena jika untuk siang hari, Beauty Active Lotus Essence tidak mengandung SPF, jadi aku hentikan. Pemakaiannya sekali saja setiap hari.

Guys, uraianku seperti diatas tidak bisa dipukul rata ya. Meskipun aku mengalami reaksi seperti itu, tetapi bisa saja ada sebagian konsumen yang cocok dan hasilnya memuaskan. Mungkin saja dia tidak mengalami Acne-Prone sepertiku ini, jadi jerawat dan bruntusannya hilang dengan cepat.

Habis pakai Beauty Active Lotus Essence ini, aku pengen mencoba Gizi Super Cream yang mengandung jeruk nipis dan buah bligo. Ini juga katanya bisa mencegah jerawat muncul kembali, sekaligus mencerahkan.


So, bagi anda yang penasaran tidak ada salahnya mencoba. Harganya juga sangat terjangkau kok, tidak menguras kantong. Dan jika ingin lebih banyak informasi lainnya, anda bisa cek di sosial medianya di @gizi.id. Atau bisa beli di Watson, Yogya, toko kosmetik, supermarket terdekat.


25 komentar:

  1. Yups, reaksi dikulit terhadap suatu kosmetik tiap orang berbeda,kak.
    Eh" tapi aku bukan seorang dokter ahli mengenai kulit ya 😁 ...
    Sebagai contoh, aku pernah nyobain krim pelembab [ cowok boleh juga dong merawat kulit biar fresh 😁 ] dan cocok buat kulitku ..., giliran temanku nyobain langsung esok harinya muncul jerawat dalam jumlah banyak dan jadi lama hilangnya.

    Coba ntar kusarankan temanku untuk nyoba pakai krim rekomendasi dari kak Nara ini.

    Dibantu minum jamu Brotowali juga bagus untuk kesehatan kulit, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadaw, brotowali itu rasanya pahit banget kan ya mas.
      Wah masnya pakai krim wajah apa nih, bisikin dong namanya, hahayy

      Hapus
  2. Setaun ke belakang ini ada deh aku ngalamin masa-masa diganggu jerawat yang gede dan buanyaaaak banget. Udah kemepes sih tapi masih ada bekasnya dan gangu banget emang. Kesel. Hiks, udah seumuran kita juga tetep aja diganggu jerawat, ya?
    Btw dulu aku pernah pake gizi super cream Packagingnya menarik, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kita mbak, kadang jadi mengganggu juga sih ya pas muncul jerawat. Oiya mbak pakai Gizi Super Cream yg hijau putih itu ya?

      Hapus
  3. Wah ini produk baru dari Gizi ya mba, atau reformulasi? Dulu aku pakai gizi juga alhamdulillah cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini varian baru, bukan reformulasi. Wah senangnya cocok ya.. 😄👌

      Hapus
  4. Aku awal smu jerawat parah. Tp pas kuliah stop, dan ga pernah jerawatan lg. Tp kmrn itu sempet breakout setahun,gara2nya salah pake skin care mba. Krn ada ingredients tertentu yg aku ga cocok. Jd kalo kena itu lgs purging parah. Skr sih udh calm lagi kulitnya. Udh nemu skin care yg cocok dan ga bikin jerawat. Tp memang utk wanita, penting sih spare budget utk skin care supaya kulitnya ttp sehat. Krn skin care itu hrs rutin.ga bisa gonta ganti dan coba2. Jd kalo nemu yg murah tp cocok, beruntunglah, jd budget ga usah terlalu mahal :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya nemu yg cocok ya mbak. Memang nih ya jerawat bikin kita hrs lebih memahami kondis diri sendiri, gak asal pilih skincare

      Hapus
  5. Namanya unik ya Gizi, jadi lebih mudah diingat dan memang seperti namanya akan menjadi kebutuhan tersendiri untuk kulit. Mau coba yang cream ya untuk tangan aku nih.. sering terpapar matahari jadi kurang indah

    BalasHapus
  6. Zaman duluuu aku pernah pakai merk Gizi super krim. Beda ya dg yg ini? Aku sih kulit berminyak tapi kombinasi gitu. Sedikit Lena debu aja suka jerawatan. Cepet mengkilap. Boleh juga nyobain yg satu ini siapa tau cocok ya ada bunga lotusnya hehehe 😊

    BalasHapus
  7. GIZI merk sudah dikenal lama, karena bahan bakunya alami harga juga pas ga terlalu mahal

    BalasHapus
  8. makasih reviewnya, coba aku tawarkan ke anaaku kali dia mau coba

    BalasHapus
  9. Aku udah lama banget dengar nama GIZI ini mba. Merk yang awet dan kualitasnya sudah terbukti. Wah kalau ada jerawat tuh memang nyebelin banget ya mba.

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalau Gizi ini bisa buat jerawat, Aku dulu sering banget pakai Gizi Super cream, enak buat hand body lotion.

    BalasHapus
  11. Aku jug masih suka jerawatan nih mba kalau menjelang menstruasi.. Eh, baru tau juga gangguan pencernaan bisa juga ya jadi salah satu oenyebab jerawat.. Kalau produk krim memang cocok2an ya mba.. Gizi ini aku tau dari masih keciiiil banget hehe.. Jadi penasaran pingin coba yg facial wash-nya itu.. :)

    BalasHapus
  12. Dari zaman dulu sampe sekarang GIZI memang dipercaya untuk kebutuhan kulit. Siipp banget :))

    BalasHapus
  13. Akuhh klo mau mens pasti deh timbul jerwat gk banyak sih...biasanya gk pernah diobatin paling rutin pakai minyak zaitun aja klo malam.. gizi tokcer y mba ... mau coba tp tkut gk cocok

    BalasHapus
  14. Kulitku cenderung kering, jerawatan pas perubahan hormon aja kayak lagi haid gitu. Setauku memang Gizi bagus sih buat perawatan wajah

    BalasHapus
  15. Jerawat oh jerawat. Penasaran dgn facial washnya karena dulu baru nyobain krimnya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah blm pernah ngalamin jerawat bandel. Mungkin tuh jerawat tau kali yah klo aku tuh paling gemez sama jerawat. Pngnnnya dipencetin aja, pdhalkan bs infeksi.Gizi bs jd salah satu solusi.usir jerawat nih

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah cobain sih kalau varian Gizi yang ini mbak. Yang pernah aku coba itu yang Gizi super cream dan itu hasilnya di aku bagus (tapi sekarang aku udah nggak pake lagi). Namanya wajah orang kan kondisinya beda-beda mbak, mungkin memang kurang cocok makanya jadi purging. Mencari skincare yang cocok itu gak beda jauh sama cari jodoh. Wkwkwkw.Anyway, aku kalau ada jerawat nongol langsung aku olesin tea tree oil dan biasanya langsung kalem dia.

    BalasHapus
  18. Kulit gua termasuk yang rada sensitif dan mudah baperan, kemaren aja waktu salah pilih produk, udah kayak jalanan rusak hehe

    BalasHapus
  19. Aku tau krim gizi dari Mamahku, ini produk udah ada dari taun kapan. Sekarang kemasannya lebih ketje ya Mbak

    BalasHapus
  20. Belum pernah nyobain produk ini, saya biasanya kl mau usir jerawat biasa pakai obat tradisional sih mbak, dan yang biasa saya gunakan kencur

    BalasHapus
  21. Baru tahu produk ini, cucok untuk bumilkah? Selama hamil belum pake apa-apa untuk wajah

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com