NarasiLia.com

Berbagi Pengalaman Gaya Hidup, Keluarga, Kesehatan, Wisata, Kereta, dan Kucing

10.3.24

Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406), Si Laptop Dua Layar OLED Bikin Kinerja Makin Cepat dan Praktis

Sebuah pesan whatsapp masuk pada pagi itu, “Mba Lia bisa datang?”. Kak Katerina, seorang blogger sekaligus konten kreator di @travelerien, mengundang saya untuk menghadiri acara peluncuran laptop bertema 'ASUS Zenbook Duo National Launch' yang akan digelar pada siang hari itu juga, tanggal 7 Maret 2024, di Ballroom Raffles Hotel Kuningan Jakarta.


ASUS Zenbook DUO

Meskipun agak kaget karena harus mengatur schedule ulang, saya pun tidak bisa menolak ajakan ini. Bagaimana tidak, saya amat antusias menyambut peluncuran produk ASUS yang selalu inovatif menyesuaikan kebutuhan masa depan. Produk apalagi nih yang akan dipersembahkan? Pasti semakin canggih.

Untung saja semua bisa diatur dan saya pun langsung bergegas menuju lokasi menggunakan moda tranportasi KRL dari stasiun Bojonggede menuju stasiun Tebet, dilanjutkan bus listrik Transjakarta koridor 6D, turun tepat di depan tujuan. 

Alhamdulillah perjalanan lancar dan masih banyak waktu sebelum acara dimulai, masih bisa sholat zuhur dan makan siang dengan hidangan yang luar biasa nikmatnya, bertemu dengan teman-teman blogger, KOL, Youtuber, dan media online lainnya. 

Tak ketinggalan saya pun menyempatkan diri berfoto menggunakan teknologi AI dengan hasil yang bikin wajahku 20 tahun lebih muda lho, bisa aja nih ASUS bikin hati berbunga-bunga, uhuy! 😆

ASUS Zenbook DUO AI

Tak berselang lama, rasa penasaran saya akhirnya terbayarkan. Pukul 13.30 WIB acara mulai yang dipandu oleh artis cantik Donna Agnesia. Hadir pula para marasumber dari ASUS dan Intel yang secara lugas dan transparan memaparkan kelebihan ASUS Zenbook DUO (UX8406), laptop dua layar yang tipis, ringan, dan bertenaga AI, resmi hadir di Indonesia.

Kami pun disuguhkan drama musikal yang menggambarkan gimana kondisi anak anak jaman now yang membutuhkan performa laptop yang memudahkan urusan kerja, ngonten, maupun bisnis. Sesuai dengan kondisi kehidupan yang makin serba cepat dan praktis. 

Zenbook DUO Stars

Acara juga diramaikan oleh 
Zenbook Duo Stars yaitu Winky Wiryawan dan Wulan Guritno. Mereka mengajak beberapa para undangan untuk ikut serta bermain games seputar pengetahuan mengenai Zenbook DUO dan hadiahnya voucher belanja sebesar 10 juta. Menggiurkan banget kan, tapi sayang saya gak kepilih untuk main games, hiks..

Oya, selain bermain games, ASUS Zenbook DUO pun membagi-bagikan hadiah doorprize berupa voucher belanja jutaan rupiah, Fine Gold 5 gram, dan laptop kepada para undangan yang beruntung. Ahhh, mantep banget dong!

Laptop Revolusioner Yang Diakui Dunia


Menurut Jimmy Lin selaku ASUS Southeast Asia Regional Director, ASUS Zenbook DUO hadir dengan dua layar OLED disertai perangkat revolusioner, ditenagai prosesor AI sehingga membuat pengguna bisa berinteraksi cepat, mudah, dan praktis dengan mudah menggunakan laptop ini. 

“Ini adalah Laptop terbaik tahun 2024. Revolusi laptop telah dimulai hari ini, telah melewati proses pengembangan secara konsisten selama bertahun-tahun!”, begitu sambutnya.


ASUS Zenbook DUO Awards

Zenbook DUO (UX8406) lahir karena Tim Design ASUS melihat kebutuhan dan kondisi saat pengguna bekerja dengan laptop di masa kini, seperti masih ribet, butuh monitor tambahan monitor untuk presentasi maupun diskusi, belum lagi harus wara-wiri keluar ruangan, agak repot membawa laptop yang berat. 

Maka dirancanglah solusi terbaik dan memunculkan proyek bernama Project Precog yaitu laptop prototipe dengan dua layar dan dipamerkan di Computex pada tahun 2018.

Dan selama 6 tahun berjalan, ASUS terus mengembangkan sistem layar ganda pada laptop dengan penyempurnaan software dan eksositem lainnya di ZenBook Pro 15 (UX580) lewat ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) lewat layar tambahan ScreenPad™ Plus, sehingga dapat memudahkan interaksi pengguna laptop layar ganda sekaligus.


ASUS terus berkomitmen mengembangkan inovasi dan designnya sehingga sejak tahun 2001 selalu memenangkan penghargaan dari seluruh dunia, tak tanggung-tanggung ada lebih dari 69.602 Awards. Dan kini ASUS kembali meraih penghargaan Top Brand 2023 dengan nilai Top Brand Index sebesar 24,4% dan mendapat posisi pertama sebagai merek laptop terbaik.


Desain Duo Layar Yang Inovatif, Body Ringan, dan Tahan Lama


Mengenai fungsional dan design, Coco Chien selaku Country Product Manager Of ASUS Indonesia memaparkan spesifikasi utama ASUs Zenbook DUO seperti luas layar 14 inch, jika layar dibentangkan ukurannya bertambah menjadi 19,8 inch, lebih luas dibandingkan dengan laptop biasa. Mata bakalan puas memandang layar video, drakor, atau materi presentasi. 

Berteknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, suara makin jelas dan jernih. Resolusinya 3K 120Hz, mempunyai color gamut 100% DCI-P3, reproduksi warna semakin baik, low blue light sehingga  aman untuk mata.

Layarnya memiliki teknologi touchscreen    sehingga bisa digunakan bareng-bareng Stylus Pen 2.0, kerjaan maupun gambar bakalan pas sesuai presisi. Sudah mengantongi sertifikasi VESA Display HDR™ True Black 500.

ASUS Zenbook DUO

Bobot ringan 1.39 kg, ditambah bobot keyboard cuma 300 gram. Tahan banting terhadap suhu udara, getaran, tekanan, karena telah teruji dan mendapatkan sertifikasi US Military Grade Standar. Seperti pada laptop ASUS Vivobook 14X maupun ASUS Vivobook Go.

Engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang membuat laptop fleksibel bisa dirubah menjadi lima mode saat digunakan. Memiliki fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan agar bisa digunakan dengan sentuhan 10 jari maupun Stylus Pen.

ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Dilengkapi beberapa port Input/Output USB Type A, Thunderbolt™, HDMI, dan 3.5mm Combo Audio Jack. ASUS Zenbook DUO juga memiliki memory dan storage yang besar yaitu 16GB LPDDR5X dan 1TB serta daya baterai sebesar 75 WHhr setara 13 jam. Dan sudah dilengkapi Window 11 Home, membuat kinerja kita semakin lancar tanpa hambatan. Dijamin bonus kamu makin cepet cair, hehe.. 

Desain Keyboard Bluetooth, Dapat Dilepas, dan ErgoSense


Ergosense ASUS Zenbook DUO

Meskipun layar ada dua, pasti kamu bertanya-tanya, keyboardnya ada dimana? Nah, ini uniknya. Meskipun desain layarnya ada dua dan bisa dibentangkan, keyboard menempel saat digunakan pada Laptop Mode dan dayanya terisi otomatis, dan dapat dilepas alias 
detachable saat kamu menggunakan secara Sharing Mode. Kalau sudah dilepas, keyboard ini terkoneksi melalui Bluetooth.

Keyboard Bluetooth ASUS ini juga didesign secara ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, sehingga membuat jari-jari gak capek, dan dilengkapi penerangan dibawahnya, lumayan membantu jika ruangan agak temaram, mengetik tetap lancar tanpa meraba-raba.

Performa Ditenagai AI

ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop dua layar yang didukung prosesor bertenaga AI, bersertifikasi Intel® Evo™ Edition, dan dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru 
dilengkapi Neural Processing Unit atau NPU. Secara spesifik memproses aplikasi dan fitur yang menggunakan AI, dapat dijalankan secara lebih baik tanpa boros battery, begitu ungkap Harry K. Nugraha selaku Indonesia Country Manager Intel Corporation.

ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Dan perlu kamu ketahui, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H ini juga dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang membuat performa sampai dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. 

Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Di Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ dapat mengakselerasi prosesan grafis dan video encoding, penting banget buat kinerja konten kreator.

5 Mode Penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406) Yang Bikin Kerja Makin Multitasking



Dan inilah kelima mode penggunaan yang bisa kamu lakukan agar kinerjamu makin multitasking:

ASUS Zenbook DUO Mode


1. Dual-Screen Mode With Bluetooth Keyboard 

Mode ini paling menjadi ciri khas utama Zenbook DUO (UX8406) dibanding laptop lain. Menggunakan standing metal yang kokoh membuat tampilan layar atas nampak lebih tinggi. Kedua layarnya bisa dilihat bersamaan atas bawah, nampak lebih luas, dan bisa mengetik menggunakan keyboard Bluetooth.

2. Laptop Mode With Keyboard Bluetooth 

Suka bekerja pakai laptop di perjalanan kereta atau pesawat? Nah, kamu bisa gunakan Zenbook DUO (UX8406) dengan mode laptop gaya clamshell dengan satu layar aktif dan mengetik menggunakan keyboard yang ditempelkan pada layar bawah, seperti laptop pada umumnya gitu. Mode penggunaan ini sangat cocok digunakan saat kamu berada di ruang sempit.

3. Laptop Mode with Virtual Keyboard

Zenbook DUO (UX8406) bisa digunakan saat kamu tidak ingin menggunakan keyboard Bluetooth-nya. Bisa kamu singkirkan dan gunakan ScreenXpert, sebagai keyboard virtual, bisa scroll dengan layout penggunaan yang berbeda-beda, lengkap dengan touchpad virtual

Mode ini dirancang untuk kamu yang suka dengan dua layar horizontal secara berdampingan atas dan bawah. Cocok untuk menulis artikel, mendesign, menggambar, coding, menggunakan Stylus Pen pada bagian bawah layar sambil menatap hasilnya di layar atas.

4. Sharing Mode

Dengan design engsel 180° kamu bisa membentangkan layar, berbagi layar datar bersama teman, pasangan, orangtua atau bestie untuk melihat tayangan video atau film bersama-sama, bahkan bisa digunakan layaknya layar proyektor untuk mengajar atau presentasi tugas.

5. Desktop Mode

Mode ini dirancang untuk kamu yang suka dengan dua layar vertikal secara berdampingan kanan kiri seperti sedang membaca buku atau koran. Lepas keyboardnya dan gunakan dengan koneksi Bluetooth.


Harga Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) 


Setelah membaca penjelasan gamblang diatas, pasti kalian penasaran dengan harga laptop secanggih ini, dibandrol berapa? Berikut di bawah ini adalah spesifikasinya dan harganya:

Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Harga ASUS Zenbook DUO

Di sini, Frank Wang selaku Consumer BDM of ASUS Indonesia pada kesempatan yang sama memberikan bocoran harga yaitu Rp 33.999.000 dan kalian bisa cek pembelian langsung di ASUS Online Store.

Bagaimana, kalian tertarik memiliki ASUS Zenbook DUO ini? Kalau saya sudah pasti ingin dia bisa hadir di meja kerja saya, biar gak berebutan terus sama anak-anak. Walau entah kapan, tapi aminin dulu aja dalam hati semoga kelak bisa memeluknya, eaaa..


20 komentar:

  1. Kak aku salfok sama asus yang dou layar ini, bagus banget yaa. Udah ngebayangin nih kerja sebagai blogger dengan layar double gini pasti lebih mudah. Keren deh asus. Etapi pas liat harganyaaa waw amazing bangeeet.

    BalasHapus
  2. Luar biasa deh inovasinya Asus ini. Gak pernah berhenti deh kayaknya tim di balik layar untuk terus menghadirkan produk-produk baru dan selalu terdepan. Gak kebayang deh bisa dua layar kayak gini. Keren abis.

    BalasHapus
  3. Super duper keren ya laptopnya. Sepadan lah sama harganya. Pengen banget saya punya Zenbook DUO ini. Beli 1 unit jadi berasa kayak punya 2 karena dapat 2 layar.

    BalasHapus
  4. Penampilan sih modern dan luxury tapi harganya wow mungkin mahal ya kak

    BalasHapus
  5. Cakep banget deh ini laptopnya, asyik ya kalau bisa kerja pakai laptop ini. Futuristic dan mewah banget keliatannya, yang jelas fiturnya pun canggih dan sangat menunjang kerjaan yang butuh serba cepat.

    BalasHapus
  6. Asus Zenbook Duo ini yang paling bikin aku ngiler yah dual screen mode nya sih. Bener lho sempet bertanya-tanya, keyboardnya di mana? Ternyata emang detachable yah. Mana ErgoSense, jadi cocok banget buat blogger yang dikejar deadline. Bikin ngga capek ngetik heheh.

    BalasHapus
  7. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa ASUS ROG 7 adalah pilihan yang mantap bagi para penggemar game mobile yang menginginkan performa maksimal dan pengalaman gaming yang tak terlupakan. Dengan kombinasi antara kekuatan hardware yang tangguh dan fitur gaming yang canggih, ASUS ROG 7 menetapkan standar baru dalam dunia smartphone gaming.

    BalasHapus
  8. Inovasi terbaru dari ZenBook Duo, bener-bener mengagumkan. Dengan dua layarnya, tetap kokoh dan ringan. Pastinya pekerjaan jadi semakin mudah dan maksimal. Cocok juga nih buat blogger, yang sering kerja butuh tampilan lebih dari satu, terus ada stylus pen yang jadi terkesan mewah kerjanya. Produk terdepan, lah..(Supadilah/Padil)

    BalasHapus
  9. Laptop dua layar yang mumpuni banget dengan spesifikasi yang cakep abis. dengan teknologi modern yang dibenamkan didalamnya, pasti bisa melibas semua pekerjaan dengan nyata dan luar biasa

    BalasHapus
  10. zenbook duo ini bisa jadi pilihan untuk menjadi sahabat pekerjaan sehari hari karena mumpuni dan gahar disegala suasana. Pengen punya deh satu, pasti keren banget sih ini

    BalasHapus
  11. Wih gimana nggak kerja jadi makin cepat dan praktis ya Kak. Kalau biasanya kerja yang tipenya suka compare data harus split layar, itu benar-benar sangat bikin kita tidak bisa kerja cepat. Tapi kalau pakai laptop ini, sudah deh, semua data tersaji dalam dua layar dan kita bisa kerja dengan lebih cepat.

    BalasHapus
  12. udah layarnya 2 eh beratnya pun masih tergolong ringan ya?
    wah ini sih bisa nih jadi laptop andalan buat berkerja, maupun buat ngampus.
    Cuma palingan kudu jaga-jaga dengan baik lappinya, secara harganya luar biasa sih hehe

    BalasHapus
  13. ASUS ZenBook DUO adalah salah satu laptop yang nggak cuma keren tetapi sangat membantu kita ketika 5 mode diaktifkan, jadi kakak suka mode yang mana?

    BalasHapus
  14. ASUS kalau dah bikin laptop nggak kaleng kaleng memang, pasti seru ya acara peluncurannya, performa mantap dan boleh jadi ini adalah senjata andalan para blogger deh.

    BalasHapus
  15. menjadi saksi peluncuran laptop keluaran terbaru dari ASUS menjadi keuntungan yang luar biasa ya mbak. Bisa menyentuh barangnya langsung, dan pasti sensasinya akan berbeda. Aku yang melihat dari depan layar laptop saja merinding. Mengetahui fitur-fitur terbaiknya, berasa pengen punya juga

    BalasHapus
  16. Produk ASUS memang segmennya buat para pekerja kreatif. Saya punya adik sebagai ilustrator yang bekerja secara mandiri. Dia pun pakai gadget keluaran ASUS.

    BalasHapus
  17. Bagian 'military grade'nya sungguh menjawab kebutuhan para konten kreator yang hobi bertualang di alam bebas.
    Nah, sisi gamingnya yang cool, cocok ketika akhirnya kembali ke peradaban alias kembali ke rutinitas harian.

    BalasHapus
  18. Harganya wow sekali, ya. Tapi dengan spek sultan milik Azuz Zenbook dua UX8406 ini memang sangat layak untuk dimiliki. Nabung dulu aja lah diketatin buat beli laptop keren gini mah

    BalasHapus
  19. Keren banget ya laptop ASUS Zenbook Duo. Laptop keluaran terbaru dengan dua layar. ASUS selalu berinovasi dengan produknya yang pastinya menarik konsumen untuk membelinya.

    BalasHapus
  20. Uwooo canggih banget ASUS Zenbook Duo ini
    Punya dua layar yang bisa mendukung si multitasking

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge