NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

20.3.23

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Akhir bulan bete banget di rumah, mau jalan-jalan duit di dompet menipis. Iseng-iseng nyari informasi di internet tempat wisata murah yang dekat stasiun Bogor, eh malah ada Perpustakaan Umum dan Galeri Bogor yang letaknya gak jauh dari stasiun. Wah asyik nih, apalagi hari Sabtu dan Minggu buka, gratis pula.

Tanpa pikir panjang, aku ajak si kakak yang memang seneng banget naik kereta Commuterline. Ibu dan anak lagi gabut bareng, dari pada bete, kita harus healing seperti penjelasan pada artikel Blog Homeschooling. Kita harus kelola emosi dengan baik. 

Gak perlu ke tempat mahal, bisa baca buku di tempat sepi dan nyaman juga asyik dan bikin hati tenang. Kebetulan kedua adiknya dan ayah sedang menginap di rumah mertua, yo wes Minggu pagi siap berangkat dari rumah menuju stasiun Bojonggede. Let's gooo..!


Perpustakaan dan Galeri Bogor Dekat Stasiun Bogor, Benar-Benar Asyik.


Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Untuk menuju ke sini, kami berangkat dari stasiun Bojonggede ke stasiun Bogor, memakan waktu sekitar 15 menit saja, harga tiketnya kena 3000 rupiah. Dilanjutkan berjalan kaki menuju ke Perpustakaan Umum menggunakan fasilitas jalur pendestrian yang terhubung dari stasiun Bogor. Mulai ke arah kiri melewati alun-alun Bogor (eks Taman Topi) dan beberapa bank serta perkantoran.


Nah, sekitar lima menit kemudian kita sampai deh. Kalau dihitung jauhnya dari stasiun Bogor perkiraan 200 meter. Deket kan? Artinya gak perlu menyambung lagi naik kendaraan umum lagi. Bener-bener berwisata dekat dari stasiun Bogor. Anggap aja lagi olahrag seperti motto pembangunan kota "Bogor Berlari". Di sisi kanan-kiri trotoar pun banyak tukang jajanan murah meriah, kalo capek bisa mengisi perut sejenak.

Gedung perpustakaan dan galeri Bogor ini berada tepat di samping dan menempel dengan gedung Bappeda Bogor. Gedung berlantai tiga ini merupakan revitalisasi eks gedung DPRD dua tahap yang menghabiskan anggaran sebesar Rp23,6 miliar. Dan diresmikan pada tanggal 17 Desember 2022. Yuk kita lihat ke dalamnya seperti apa?


Banyak Berbagai Ruang Baca dan Diskusi



Begitu memasuki perpustakaan kita akan diarahkan mengisi daftar tamu di komputer untuk mengisi data nama, tanggal lahir, profesi, alamat rumah, dan keperluannya apa. Jika kalian memerlukan info lebih lanjut bisa ditanyakan kepada petugas, ada di bagian meja informasi. Di sisi kiri pojok juga terdapat meja pendaftaran member.


Untuk menjaga kebersihan dan keamanan sebaiknya barang bawaan disimpan di loker berkunci. Posisinya di depan ruang baca anak. Kalau handphone atau kamera sih tetap boleh dibawa menggunakan tas mika khusus dari perpus. Jika kalian terlaniur sudah membawa tas, di beberapa ruang tetap disediakan loker kok tapi tidak berkunci dan sebaiknya tetap di simpan di sana.

Di lantai 1 (satu) terdapat beberapa ruang umum, antara lain:

• Ruang menyusui yang berdekatan dengan ruang baca anak.

• Ruang baca anak yang suasananya menarik, eye catching aneka warna, bahkan ada lantai yang membentuk segitiga untuk meluncur. Buku-bukunya sudah cukup banyak.

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor


• Ruang playground khusus anak balita. Di sini terdapat beberapa mainan motorik halus. Dan suka dijadikan tempat mendongeng. Benar-benar seperti perpustakaan umum ramah anak di Jakarta.

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

• Ruang Disabilitas yang berisi aneka buku berhuruf braille dan beberapa komputer yang dapat digunakan oleh para difabel.


Selanjutnya jika naik menggunakan tangga atau lift ke lantai 2 (dua) terdapat beberapa ruangan fasilitas lainnya, antara lain:

• Ruangan luas semacam Lounge yang digunakan untuk pameran buku, tempat membaca buku umum, koran, majalah dan tabloid

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

• Ruang baca karya umum yang berisi koleksi buku-buku cerita remaja atau novel. Di sisi lain ada ruang baca umum yang berisi buku-buku agama, buku motivasi, dan lainnya. Di setiap ruang ini disediakan beberapa audio komputer.


• Ruang Referensi yang memiliki koleksi jurnal, buku-buku sebagai data umum, koleksi karya ilmiah, koleksi terbitan berkala.

• Ruang Multimedia berisi fasilitas komputer gratis, cocok buat kalian yang pengen ngerjain tugas sekolah tapi belum punya laptop gitu, terkoneksi dengan internet lho. Dan untuk anak-anak bisa main audio visual edukasi yang seru, bermacam judul yang bisa dipilih


• Ruang Auditorium yang dapat menampung ratusan pengunjung. Di sini bisa digunakan untuk ruang seminar, diskusi, dengan dukungan fasilitas layar lebar.

Lagi gak mau baca buku? Silahkan naik lagi ke lantai tiga untuk melihat galeri foto, ada para pejabat Bogor dari masa ke masa.

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor


Ada pojok Tirto sebagai apreasi pemerintah Bogor kepada RM Tirto Adhi Soerjo sebagai Bapak Pers Nasional, perintis profesi kewartawanan dan terbitnya surat kabar di Indonesia pada tahun 1903. Koleksinya memang belum banyak sih, masih ada beberapa ruang kosong yang sepertinya akan diisi lagi.

Asyiknya Ke Perpustakaan dan Galeri Dekat Stasiun Bogor

Dan di sini kita juga bisa singgah ke rooftop yang nyaman, dialasi rumput sintetik dan kanopi penutup panas sinar matahari. Kala itu aku malah ketemu sama anak-anak muda yang tiktokan sih, berhubung agak panas hawanya kami kembali turun dan lebih memilih membaca di ruangan ber-AC saja.



Cara Menjadi Member Perpustakaan Bogor


Mumpung masih di situ, aku dan si kakak langsung mendaftar menjadi member perpustakaan. Cukup menyebutkan nama, alamat, nomor HP dan NIK. Prosesnya cepat, kartunya akan dibuat dalam bentuk pdf dan dikirimkan melalui whatsapp.

Anak mulai usia 5 tahun boleh menjadi member. Jika tidak bisa ke sini kita bisa mendaftar via online di https://bogor.perpusnas.go.id/. Tapi ini masih khusus untuk warga Bogor dan kabupaten Bogor saja ya. Cocok banget deh sebagai sarana Home Education Centre kedua.

Sebagai anggota kita boleh meminjam maksimal 2 buku dengan jangka waktu seminggu. Jika ingin memperpanjang masa pinjam bisa menghubungi petugas melalui whatsapp. Bahkan menurut informasi, bukunya bisa dikirim melalui gosend, asalkan konfimasi dulu ya!

Perpustakaan dan Galeri Bogor buka setiap hari kecuali Hari Libur Besar. Hari Senin - Jum'at mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Sedangkan selama bulan Ramadhan, waktu tutupnya lebih cepat. Banyak kegiatan di sini, ada acara mendongeng, story telling, duta baca, dan lainnya. Informasi lengkapnya bisa cek di instagram @diarpuskotabogor.


13 komentar:

  1. Memang tempat ternyaman untuk membaca adalah perpustakaan karena suasananya yang mendukung ditambah ada berbagai buku bacaan. Jadi pengin baca di perpustakaan sesekali karena kalau baca di rumah sering terganggu. Mantep nih perpustakaan galeri dekat stasiun Bogor. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. wah ruangannya terlihat nyaman untuk membaca buku seharian ya :D

    BalasHapus
  3. Wah, ini dia yang namanya jalan2 pintar hehehe :D Ternyata cuma 200 meter aja jalan kaki dari Stasiun Bogor ya mbak Lia? Jadi kepengen ajak Rafa dan Fakhri ke perpus ini dari buka sampai tutup, trus nyari tempat bukber deh :D Kelihatan bersiiiih dan rapi ya display rak dan buku2nya. Bocil pasti happy membaca buku di sini. Jangan beliciiikkk yach hihihi :D

    BalasHapus
  4. Aku tuh suka banget wisata perpustakaan, karena banyak kelebihannya meski gratis dan sederhana. Anak-anak dulu sering aku bawa ke perpustakaan yang unik kayak rumah-rumah seniman yang dijadiin perpus

    BalasHapus
  5. Meskipun bukan warga Kota Bogor tetap bisa mendaftar jadi member ya mbak? Tertarik banget deh mau ajak anak-anak ke sana. Eh kalau anak kecil batita belum boleh masuk ya?

    BalasHapus
  6. Beneran yah udah lama gak kesana bqnyqka yg baru dan lebih cantik dilihatnyà. Jd kalau nanti kesana lagi bakalan eksplor lihat2 spotnya

    BalasHapus
  7. Wah ternyata dekat stasiun yaa? Bagus juga nih gedung dan interiornya. Kapan2 mau juga ah bawa anak ke perpus sana. Lumayan kan apalagi pas liburan sekolah gtu, Bisa jadi piknik murah meriah buat mereka. Sekalian ntar pulangnya wiskulan juga :D

    BalasHapus
  8. Cakeeepp ya perpusnya, kekinian juga desain interiornya.. Asik banget bisa baca-baca sambil menghabiskan weekend bareng anak-anak di perpus. Apalagi lokasinya juga strategis ya, dari Stasiun cukup jalan kaki aja. Warga Depok belum bisa jadi member berarti ya mba? Tapi masih bisa baca di dalam perpus kan ya?

    BalasHapus
  9. Nggak nyangka ternyata Bogor juga ada perpustakaan sebagus ini. Semoga banyak anak yang memanfaatkannya ya. Ibu-ibunya mendampingi asal jangan ngerumpi hehe.

    BalasHapus
  10. Jadi penasaran sama penampakan rooftopnya deh mbak, hhehe. Kirain tadi bakal ada fotonya. Kayanya menarik juga ya ke perpustakaan galeri Bogor ini. Kapan2 boleh ah ajak anak-anak main ke sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya ya, nanti aku tambahin deh foto-fotonya. Banyak banget soalnya spot cakep

      Hapus
  11. Akhirnya ada tempat tujuan edukasi literasi di Bogor, deket pula sama stasiun, jadi irit ongkos. Ini lokasinya depan gereja kan ya?

    BalasHapus
  12. Saya yang kelahiran Bogor malah belum tau kalau dekat stasiun Bogor ada tempat bagus buat nambah ilmu sebagus ini, nanti deh kalau pas ke Bogor lagi usahakan mampir sekalian nyari buku bagus buat koleksi pribadi.

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge