Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta


Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
www.narasilia.com - Adalah seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso yang sedang jatuh hati pada seorang putri Roro Jonggrang, rela menyanggupi persyaratan yang diajukan kepadanya untuk mendirikan 1.000 candi dalam waktu semalam, demi membuktikan cintanya.

Ketika 999 candi sudah mampu dibuat oleh pangeran, Roro Jonggrang tak menyangka jika permintaannya mampu dilaksanakan. Sang putri tetap tak mau terima pembuktian itu, buru-buru dia meminta bantuan warga untuk memukulkan alu penumbuk padi agar bisa mengagalkan kinerja pangeran. Suara alu membuat ayam jantan terpancing bangun dan segera berkokok, menandakan waktu sudah pagi.

Pangeran Bandung tidak terima, dia merasa dicurangi, hatinya sangat kecewa dan malah mengutuk sang putri menjadi candi yang ke 1.000. Wushhh.. sang putri menjadi candi, sebagai Candi Prambanan.

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
ini bukan putrinya ya, wkwk..

Itulah asal usul legenda Candi Prambanan yang juga dikenal sebagai Candi Roro Jongrang. Candi ini termasuk candi terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Candi Prambanan tidak berdiri sendiri, ada 3 candi di halaman utama yaitu candi Siwa, candi Brahma, dan candi Wisnu.

Aku menganggap kalau hal ini adalah izin Allah sebagai bukti bahwa ada bangunan megah setinggi 47 meter yang spektakuler terbangun di jaman sekitar 850 masehi lalu. Diluar nalar dan logika. Bahkan UNESCO menetapkan sebagai cagar budaya dunia yang harus dilindungi.

Berarti hidup di jaman now gak boleh sombong ya, candi itu dibuat dengan tangan tanpa bantuan alat berat, awet tanpa banyak kerusakan sejak sempat terkubur akibat gempa bumi. Lha kalau sekarang, jalanan tol yang baru dibangun saja sudah banyak yang retak dan geser. *Owh..

Dan kalau bukan karena mengikuti kegiatan temu bunda Mombassador SGM Eksplor batch 7 awal Maret kemarin, mungkin aku tak akan bisa melihat candi yang megah itu di depan mata. Kami sangat mengagumi sosok candi Prambanan meskipun hanya berada di Ramayana Ballet, Prambanan, Yogyakarta.


Berada di Ramayana Ballet ini bukan semata-mata ingin melihat candi Prambanan saja, bukan juga ingin menyaksikan pertunjukan seni drama dalam bentuk tarian khas Jawa yang diiringi musik gamelan. Tetapi aku beserta ratusan peserta temu bunda Mombassador SGM Eksplor lainnya akan melaksanakan awal kegiatan di sini.



Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
spot yang cuantik

Sejak turun dari pesawat Citilink di Bandara Adi Sutjipto, kami langsung dijemput menggunakan bis Bregodo, menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer lebih untuk sampai di tempat yang terkenal sebagai tempat wisata menarik di Yogyakarta ini.


Kegiatan kami dimulai dengan registrasi, mengganti kaos Temu Bunda, dan makan siang. Hidangan disajikan dalam bentuk prasmanan. Makanan yang disajikan itu enak rasanya. Ada sate, ikan asam manis, sop, es buah, aneka buah, kopi, teh, dan lainnya. Alhamdulillah, kenyang..

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
rombongan bunda-bunda

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
registrasi dan pengambilan goodiebag

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
siap makan

Kami duduk bersama sambil menikmati suasana Ramayana Ballet yang sangat tertata apik. Ada panggung bertata lampu sorot yang banyak dan besar di sana. Jika sedang ada jadwal pertunjukkan, katanya panggung ini akan semakin menarik dengan pagelaran tarian dan drama tentang percintaan Rama Shinta. Sesekali narsis di spot-spot yang kece abisss.



Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
panggung di siang hari

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
panggung di malam hari

Beberapa saat kemudian panitia mengatakan bahwa kami bisa melanjutkan melakukan foto profil. Namun karena antri, aku dan beberapa teman seperti Natara, Ria Andika, Britania, Elly Nurul, dan Evi Fadliah meminta izin untuk melaksanakan sholat Zuhur berikut Ashar sebagai sholat jamak Taqdim.

Siang itu cuaca Yogyakarta cukup panas, begitu sampai berada di musholla hawa sejuk terasa bagi kami. Apalagi sambil berwudhu, aliran air yang segar sengaja kubasuhkan sampai lengan atas, lutut atas, dan leher. Ahhh, ademmm...

Tepat pada jam satu siang, kami melanjutkan outbound. Di sisi atas lokasi ada tempat semacam hutan. Di sana kami akan diberi beberapa permainan menguji kekompakan. Sebelum permainan dimulai, semua disuruh mencari kawan kelompok. 

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
lokasi outbound di Ramayana Ballet

Ada pun permainan-permainan outbound tersebut, antara lain:
1. Permainan kecepatan berfikir terhadap sumber gizi dan manfaatnya.
2. Permainan memindahkan keseimbangan sepeda menggunakan tali
3. Permainan memecahkan petunjuk efek alergi susu sapi dan manfaat susu SGM Eksplor Soya.
4. Permainan memasukkan bola-bola
5. Dan terakhir menuliskan berbagai keinginan para bunda agar membentuk piramid impian.

Selesai outbound harusnya kami melanjutkan foto bersama dengan latar belakang Candi Prambanan, namun gak jadi karena hujan. Kami masih menunggu di sana sambil mendengarkan penjelasan tata tertib dan tugas kami dalam mengikuti acara temu bunda Mombassador SGM Eksplor batch 7 ini selama 2 hari mendatang. Dan baru esok harinya kami kembali untuk foto sebentar bersama.

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
mendengarkan pengarahan

Tepat pada pukul tiga sore, kami kembali naik bis untuk menuju hotel. Hmm, sudah tak tahan ingin segera mandi. Badan sudah terasa lelah dan lengket. Terbayang akan air hangat dari pancuran membasahi kulit kepala dan tubuh sehingga dapat mengembalikan vitalitas kami lagi.

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
bis yang setia mengantarkan kami di Yogyakarta

Tetapi menurut mbak Reni, selaku pemandu wisata, koper-koper kami belum siap masuk ke dalam kamar masing-masing, sehingga kami belum boleh ke hotel saat itu juga. Dan supaya kami tidak kecewa, akhirnya kami dibawa ke pusat oleh-oleh Kaos Tejhe. Ya, sudah deh ngikut aja, toh di tempat pembuatan kaos itu pun kami juga bisa belanja kaos sebagai kenang-kenangan yang dipakai anak-anakku nanti.

Pokoknya mah, terimakasih banyak buat panitia Mombassador SGM Eksplor yang kece.

***

Selamat tinggal Ramayana Ballet, tempat ini keren banget cocok buat mengadakan acara besar bersama teman, keluarga, atau kolega perusahaan. Apalagi buat kamu yang ingin mengadakan pesta pernikahan semacam Garden Party gitu. Pas banget dengan latar belakang pemandangan candi Prambanan yang indah.

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta


Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta


Kamu tertarik?

Atau jika kalian sedang berwisata dan ingin melihat pertunjukkan drama pada malam hari, tidak ada salahnya kesini. Jangan lupa cek dulu jadwal dan harga tiketnya. Kamu bisa melihat juga reviewnya di TripAdvisor.

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta


Berikut harga tiketnya per orang:

Tempat duduk
Harga Tiket / Orang
Fasilitas



VIP
Rp. 400,000
Minum
Special
Rp. 300,000
Softdrink
Kelas I
Rp. 200,000
-
Kelas II
Rp. 125,000
-
Kelas Pelajar
Rp. 50,000
-

Aku bukan promosi ya, cuma ingin supaya para pembaca mendapat informasi saja. Yuk berkunjung ke Ramayana Ballet di kawasan Prambanan. Datang ke tempat ini di jalan Raya Yogyakarta – Solo KM.16, Prambanan, Yogyakarta Indonesia. Jika ingin tahu lebih lanjut coba cek ke websitenya di visitramayana.com atau telepon ke +62274496408. 

Spot Cantik di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta
sumber: google

 
Selamat berwisata 
di ramayana prambanan yogyakarta.




36 komentar:

  1. Candi Prambanan memang memiliki daya pikat tersendiri Neng, saya sendiri yang berdekatan malah jarang berkunjung ke sana aneh ya..?

    BalasHapus
  2. hehe biasanya yg jauh malah dikejar ya mas, yang deket malah dijauhin. Apa karena sayanya aja yg terlalu terpukau

    BalasHapus
  3. wah thanks banget untuk infonya sist
    permainannya seru-seru tampaknya
    ada pertunjukan dramanya juga ya utk malam harinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih sudah mampir ke sini :)

      Hapus
  4. Suka pertunjukan sendratari ramayananya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka sama spotnya juga gak? hehe

      Hapus
  5. Dengan harga segitu udah termasuk outbound nya juga ya?

    BalasHapus
  6. Sering bnagt ke Candi Prambanan tapi baru tahu nama-nama candinya dari artikel ini :(

    BalasHapus
  7. Terimakasih rekomendasinya, hehehe. Nanti kalau kalau punya kesempatan berlibur mau ke sini, hehehe.

    BalasHapus
  8. Jadi pingin ke sini, sayang gak ada kesempatan, huhu. :")

    BalasHapus
  9. Makin ga bisa move on ya makbeb... Semoga ada rezeki dipertemukan lagi... Salam mombassadorbatch7

    BalasHapus
  10. Berkali2 ke Yogya blm ada kesempatan untuk nonton sendratarinya...penasaran banget. Makasih ya bun untuk sharingnya

    BalasHapus
  11. Duh, jadi kangen main di Ramayana Baller Prambanan lagi..

    BalasHapus
  12. Mampir ke Candi Prambanan jgn lewatkan jg candi ratu Boko..

    Dulu pernah penasaran sama ramayanan balet pas cek tiket. Langsung pingsan ckckckckc ga jadi deh :p

    BalasHapus
  13. Tahun lalu ke Prambanan. Cuma mampir sebentar, belum keliling semua lokasi.

    BalasHapus
  14. Ke Prambanan sudah beberapa kali, yang terakhir ikut paket Ratu Boko dan keliling ke Candi Sewu. Tapi belum pernah nonton sendratari Ramayana. Karena nginepnya selalu di Jogja.
    Baca ini jadi penasaran pengin sampai malam di Prambanan sekalian nonton di Ramayana Ballet 😊

    BalasHapus
  15. Belum pernah nonton tariannya, baru mengunjungi Prambanan saja. Infonya menarik mbak, mari lestarikan budaya daerah

    BalasHapus
  16. Saya belum pernah ke Prambanan saat ada kegiatan pementasan, pasti sangat megah oleh pencahayaan. Secara berkunjung siang hari saja sudah mebuat terkagum-kagum.

    BalasHapus
  17. Sebagai anaknya orang Jogja yang juga sering ke Jogja, saya sedih banget Bun. Masa seumur-umur belum pernah nginjek kaki ke Prambanan! Kemarin itu udah girang aja. Kirain bisa nyentuh Candi Prambanan. Eh... ternyata cuma bisa foto berlatar Prambanan dari kejauhan.

    BalasHapus
  18. awal tahun kemarin aku mau ke jogja, udah siap-siap. nyiapin bugdet, nyiapin rencana kunjungan. eh pas hari H malah diserang sakit parah. semoga akhir tahun ini bisa rencanain ke jogja lagi.

    BalasHapus
  19. pengen kesana mbak saya udah di jakarta sekarang, kalau ke togja kayaknya lebih dekat, hahaha bisa nih jalan2 kesana menikmati candi prambanan. Seumur2 saya belum pernah liat candi XD

    BalasHapus
  20. Mahal juga harga tiketnya, tapi sepadan lah, ya. Pertunjukannya juga pasti keren

    BalasHapus
  21. Jadi pengen outbound lagi, terakhir pergi ke tempat wisata outbound Ciseeng Bogor sethun yang lalu, keseruannya masih teringat sampai sekarang.

    Semoga mbak lia juga merasakan keseruan yang sama seperti yang saya rasakan dulu ya..

    BalasHapus
  22. Selamat ya mba.. aku dftr mombassador juga, tapi ga lolos...seru banget ya acaranya. Bisa ketemu banyak temen blogger+menimba banyak ilmu. Mudah2an besok klo ada lg, dfr lagi..dan lolos.
    Aamiin

    Prambanan?
    Orang jogja..tapi baru ke candinya doang..ke pentas tarinya malah belum pernah.

    BalasHapus
  23. Wah keren ya tempatnya mbak, apalagi saat pertunjukan di malam hari tambah spektakuler pasti. Pengen sekali-kali menikmati pertunjukan Ramayana gini, tapi boleh nggak ya saya masuk pakai tiket pelajar, hehe..

    BalasHapus
  24. Spotnya memang pas banget di situ. Pemilihan sebagai tempat dan panggung Ramayana memang ciamik. Apalagi bila malam pas bulan tampak bersinar. Cantik bangeeet...

    BalasHapus
  25. Suka dengan lokasi panggung,tata lampu dan pelestarian kebudayaannya ...

    Keren 👍

    BalasHapus
  26. Waduh, Ayah saya orang Yogya tapi jujur saja, saya belum pernah pergi ke Yogyakarta mbak. Hmm, jadi semakin ingin menjajali kota itu. Ngomong-ngomong kalo aku ke yogya bakalan di sambut gak ya sama blogger-blogger yang ada di sana? heheh :')

    BalasHapus
  27. Acaranya lengkap ya mbak. Emang Yogyakarta never ending story hehe, termasuk dengan kisahnya 1000 candi yang kini jadi tempat wisata. Beruntungnya bisa ikutan acara yang menyatukan mom hebat dari seluruh Indonesia ini, pengalaman bertambah pastinya ya.

    BalasHapus
  28. oh begitu certinya, mantap banget kisahnya jadi nambah lagi ilmu tentang budaya nusantara nich

    BalasHapus
  29. Cantiiiiik! (candinya)

    Hahahahhaha
    Mbak nya jugaa

    Seru banget ya mbaaak

    Aku belum pernah ke sana huhu

    BalasHapus
  30. Jujur, pengeen banget lihat pertunjukan di Ramayana Ballet ini. Sayangnya harga tiketnya lumayan, jadi nggak pernah diprioritaskan. Paling hanya berkunjung ketika siang hari ke Candi Prambanan :(

    BalasHapus
  31. Aku pikir candi terbesar itu borobudur, ternyata prambanan toh mba.

    Seandainya yaaa bisa balik ke masa lalu, aku pengiiiin banget melihat gimana sbnrnya cara pembuatan candi prambanan ini. Penasaran gmn orang dulu, tanpa teknologi bisa membuat candi semegah itu. Ga percaya sih ama mitos nya

    BalasHapus
  32. aku suka juga foto dengan latar belakang candinya tuh bun,, keren yaa :D

    BalasHapus
  33. Saya pernah ke Candi Prambanan, tapi ndak pernah nemu yang namanya patung roro jongrang, gak tanya juga sih ke orang disana. Waktu itu saya tertarik ingin ke Candi Boko tapi tak jadi karena agak tinggi sedikit harganya. Jadi mending ke Ramayana Ballet atau ke candi Boko ya?

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com