7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
www.narasilia.com - Pada tanggal 7 Maret lalu, ada sekitar 196 orang bunda yang tersebar di pelosok daerah Indonesia berkumpul menjadi satu, di wilayah Prambanan, Yogyakarta. Mereka adalah para bunda yang terpilih dalam acara temu bunda Mombassador SGM Eksplor batch 7, termasuk aku di dalamnya.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7


Yap, kami adalah angkatan ke tujuh sejak komunitas Mombassador SGM Eksplor ini berdiri, tepatnya tanggal 4 Desember 2014. 

Apa sih Mombassador SGM Eksplor itu? Yaitu sebuah komunitas yang dibentuk karena banyaknya kontribusi para bunda yang saling membantu, sharing dan berbagi pengalaman di Fanspage Aku Anak SGM, sehingga loyalitasnya patut diapresiasikan.

Awalnya, komunitas Mombassador SGM Eksplor ini hanya beranggotakan 12 orang, kemudian bertambah menjadi 19 orang (Maret 2015), 15 dan 64 orang (November & Desember 2016), 92 orang (Agustus 2017), hingga 106 orang pada November 2017 lalu.

Dan angkatan aku ini paling banyak dari sebelum-sebelumnya, karena semakin meningkatnya pendaftar. Pada awal tahun 2018 kemarin, ada sekitar 3560 data pendaftar yang masuk, begitu laporan ibu Diah Arini selaku bundanya para bunda Mombassador SGM Eksplor.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
ibu Diah Arini dan aku

Pada kesempatan yang sama, Ibu Naomi Jamarro selaku Consumer Experience & Digital Community Manager juga membuka rahasia bahwa sebenarnya mereka akan terus mencari hingga 1000 bunda yang akan bergabung menjadi bagian komunitas Mombassador SGM Eksplor ini selanjutnya.

Hayo, siap-siap ikut ya..!

Kemarin, aku pun tak mau ketinggalan untuk mengambil kesempatan ini. Begitu ada email formulir pendaftaran masuk, aku langsung memberanikan diri mendaftar. Meskipun tetap ada pikiran galau, karena nanti selama ikut kegiatan anak-anak harus ditinggal.

Tetapi aku nekat, bismillah. Dengan mantap kuisi data dan jawaban dalam pertanyaan di formulir tersebut, kemudian submit dan mengirimkan kembali ke email. Alhamdulillah akhirnya lolos seleksi dan dihubungi melalui telepon.


Alasan ikut temu bunda Mombassador SGM Eksplor


Kenapa sih aku nekat ikut? Karena ada alasannya. Jika tidak ada manfaatnya, ngapain juga ikut. Beberapa alasan yang kuat untuk ikut temu bunda Mombassador SGM Eksplor batch 7 ini, antara lain:


1. Anakku Minum susu SGM 

Setiap masa penyapihan, aku selalu berikan susu SGM kepada ketiga anakku, termasuk pada si bungsu ini. Alasannya karena harga susunya terjangkau, rasanya pun enak, dan yang paling penting tidak menyebabkan alergi apalagi mencret. Alhamdulillah..

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7

Dan sebagai konsumen setia, aku juga cukup aktif di fanspage Aku Anak SGM, ikut live chat, sharing, dan berkomentar. Banyak ilmu bermanfaat lho di sana, biar kita gak kuper dan selalu waras saat menerima berita hoax.

Dengan begitu, aku merasa mempunyai alasan untuk bisa ikut acara kegiatan yang bermanfaat ini. Kapan lagi bisa ikutan meramaikan acara yang terlihat selalu seru setiap masanya, ya gak?


2. Usiaku sudah pas! 

Syarat untuk mengikuti temu bunda Mombassador SGM Eksplor adalah seorang bunda yang aktif berkomunitas, sosial medianya baik, memiliki perhatian pada kesehatan dan tumbuh kembang anak, serta berusia 23-40 tahun. Nah, usiaku sudah sangat pas. Jika ditunda-tunda, kesempatan ikut sudah tidak bisa lagi.

Psstt, aku sempat ngambek hampir 24 jam lho ketika suami keberatan mengizinkanku. Saking sebalnya aku menjadi pendiam, malas bicara, hanya menjawab dengan alis dan gelengan kepala, menemani makan tetapi tidak menanggapi becandaannya.

Sampai akhirnya suami mengusap punggungku: “kenapa sih Lia diam aja? Masih marah sama saya ya? Masih kepengen ikut acara susu itu?”.

“Iya”, jawabku ketus.

“Saya sih gak melarang, tetapi anak-anak nanti sama siapa? Lia kan pergi 3 hari”, begitu alasannya.

“Kenapa sih selalu anak-anak yang menjadi alasan? Memang sampai kapan aku gak boleh pergi belajar, meraih mimpi? Dulu katanya sampai Syadid disapih, sekarang masih gak boleh juga? Ayah kan bisa ambil cuti, gantian. Usiaku sudah gak muda lagi, tahun depan sudah tertutup kesempatannya”.


Aku terus merepet, mengeluarkan semua unek-unek, ambrol juga deh pertahanan jiwa. Terus beragumentasi sambil mengusap air mata, sekaligus mengoles anti aging. 

Ha..ha..ha, memang usiaku sudah tak muda lagi, lho. Gak percaya?? Makanya alasan ini yang membuatku ingin ikut temu bunda Mombassador SGM Eksplor.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
obat awet muda ya begini kan?

Bersyukur, akhirnya suamiku yang ganteng itu mengizinkan aku mengisi formulir pendaftaran, beliau akan mengambil cuti tidak masuk kantor dengan alasan menggantikan posisiku di rumah. *Uhuk, yes..!


3. Ingin Jalan-jalan ke Yogyakarta lagi 

Jalan-jalan sendirian setelah menikah itu sangat sulit, bisa dihitung dengan jari. Bahkan sekalinya pergi, aku harus membawa ketiga anakku ke Malang, Yogyakarta, dan balik lagi ke Bogor, tanpa ditemani suami. Berendeng-rendeng naik kereta berempat dengan bocah lincah.

Nah, pada ajang temu bunda Mombassador SGM Eksplor ini, aku bisa punya alasan jalan-jalan, tanpa anak. Naik pesawat Citilink dari Jakarta ke Yogyakarta, dijemput bus Bregodo yang ciamik menuju ke Ramayanan Ballet Prambanan, ke hotel The Alana, ke Pabrik SGM Eksplor Sari Husada, dan ke tempat-tempat pusat oleh-oleh khas Yogyakarta.

Baca juga:

Siapa yang gak mau? Ini impianku sejak kuliah gizi lho. Dreams come true...

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
jaman kuliah gizi aku bermimpi ingin ke Sari Husada

Apalagi semua akomodasi dan transportasi dijamin oleh pihak SGM Eksplor. Aku cuma bermodalkan beberapa baju merah, tertib aturan dan menjaga tubuh agar selalu kuat saja.


4. Bisa Me Time 

Aku ikut acara ini bukan tak sayang anak dan suami, bukan karena egois ingin senang-senang sendiri. Bukan. Tetapi ada kalanya aku rindu belajar lagi, rindu berkonsentrasi, rindu suasana baru, rindu me time, sebentaaar saja..

Alasannya, di sini aku bisa mandi air hangat sepuasnya tanpa digedor-gedor si kecil, bisa menyuap makanan dengan tenang sambil menikmati rasanya (meskipun kadang kembali muntah karena masuk angin). Dan yang pasti, aku bisa tidur nyenyak di kasur yang empuk tanpa tendangan kaki si bungsu.

Cuma 3 hari lho, gak sampai berbulan-bulan. Alhamdulillah, anak-anak gak ada yang rewel, mereka tetap terlihat senang, gak nanyain kapan bunda pulang. Sepertinya mereka bahagia juga, gak ada bunda yang suka ngomel-ngomel, *wkwkwk..


5. Bertemu para bunda se-Indonesia 

Punya teman baru itu seru, apalagi sampai ratusan begitu. Saking banyaknya, sampai lupa lagi namanya jika tak melihat nametag. Tetapi setidaknya kami bisa selalu tersenyum, narsis foto-foto, dan tertawa bareng. Bahkan aku malah bertemu dengan tetangga satu komplek dan beberapa teman di wilayah Bojong Gede, heu..heu.. ketemunya malah di Yogyakarta.


7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
tetanggaku malah ketemunya di Yogyakarta

Tapi yang paling menarik adalah teman sekamarku, namanya Sangayu Ritha, wajahnya manis, katanya dia tinggal persis di kaki gunung Agung. Aku senang sekali, sampai bergumam semoga suatu hari bisa berkunjung ke rumahnya di sana, Bali.

Kebetulan tipe kami mirip, gak suka dandan yang ribet, sama-sama santai, cepat tidur dan bangunnya, sama-sama mabok perjalanan (mabok kok bangga), serta tetap rajin menjalankan ibadah 😇.

Sofa merah adalah tempat favorit kami untuk beribadah, karena lokasinya dekat jendela. Dia suka berdoa di antara sofa dan jendela, aku pun juga tak sungkan menggelar sajadah di samping sofa.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
romantic room

Uniknya kami mendapat kasur double bed, jadi kami tidur berdua dalam satu selimut. Mesra kan? Kami sudah langsung merasa akrab saja, gak ada rasa risih sama sekali. Bahkan saat dia masuk angin, aku kerokin pun dia mau, hihi..

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
alay bareng


6. Berkunjung ke Pabrik SGM Eksplor 

Alasan selanjutnya aku bisa berkunjung ke pabrik SGM Eksplor yang berada di kawasan Prambanan. Di hari kedua, aku kebagian di grup D untuk pergi mengunjunginya. Di sana bukan saja melihat proses pengepakan susu SGM Eksplor, tetapi diberikan materi 1000 hari pertama tumbuh kembang anak dan materi sejarah berdirinya pabrik yang sudah ada sejak tahun 1954 ini.

Mengusung motto Farm to Table, PT Sarihusada Generasi Mahardhika selaku produsen susu SGM Eksplor ini memiliki peternakan sapi sendiri. Sumber susu dari sapi yang sehat disalurkan ke pabrik dengan pengawasan dan dukungan dari 400 lebih peneliti Belanda, Singapura, dan Indonesia.

Kami diperkenalkan betapa higienisnya pembuatan susu tersebut. Sama sekali tidak ada campur tangan langsung. Mesin-mesin canggih dipersiapkan sedemikian rupa. Para pekerja harus lulus sensor kebersihannya menggunakan alat sanitasi yang modern, tidak boleh merokok, dan harus memakai pakaian khusus demi mencegah pencemaran pada produk susu SGM Eksplor ini.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
penjelasan dukungan PT. Sari Husada

Jangan heran kalau susu SGM Eksplor harganya lebih terjangkau, karena sapi-sapinya ada di Indonesia. Pastinya biaya bisa ditekan bila dibandingkan harus import dari luar negeri. Dan pabrik mampu memproduksi masal sekitar 93 ribu ton pertahun. Aku sampai tercengang saat melihat sendiri gudang penyimpanan susu SGM Eksplor yang luas dan tinggi sekali.

So, susu murah bukan berarti murahan ya. Susu SGM Eksplor telah mendapat berbagai sertifikat penghargaan, sertifikat halal, dan sertifikat ISO 9001. Keren kan? Itu buktinya.


7. Mengasah Otak Lagi 

Sebenarnya komunitas Mombassador SGM Eksplor ini bertujuan mewadahi para bunda pencinta SGM Eksplor yang dipilih untuk mendapatkan pelatihan dan edukasi seputar nutrisi, socialpreneurparenting, kesehatan, kewanitaan, serta tumbuh kembang anak demi mewujudkan dan mendukung generasi maju.

Siapa sih yang tak ingin anak-anak kita menjadi generasi maju? Hal ini yang menjadi alasanku untuk ikut.

Hingga tanggal 9 Maret 2018, kami diberikan edukasi berlanjut, dibimbing dan dikenalkan agar semua peserta dapat mengembangkan diri dan siap menjadi bunda generasi maju yang menginspirasi.

👉 Di hari pertama:

Kami melakukan kegiatan outbound yang mengajarkan kekompakan bersama, mengasah pengetahuan tentang keutamaan susu SGM Soya dan efek alergi susu sapi, menguji daya pikir bunda terhadap manfaat zat gizi makanan terhadap perkembangan otak, daya tahan fisik, pencernaan, dan imunitas anak. 

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
outbound

Sore harinya kami malah dibawa mengunjungi pusat oleh-oleh kaos di Yogyakarta, suasana sedang hujan deras. Makanya senang banget ketika aku tiba di kamar, badan sudah ingin merasakan air hangat untuk mandi dan bertemu bantal. Bayangkan, kami belum sama sekali istirahat sejak berangkat naik pesawat di pagi hari. 

Dan pada malam harinya, selesai makan malam kami harus melanjutkan belajar tentang personal branding dan manfaat menjadi bunda Mombassador SGM Eksplor yang diuraikan oleh para narasumber dari alumni sebelumnya.


👉 Di hari kedua:

Kami mendapat bimbingan melek digital bersama ibu Milda, seorang penulis buku dan blog. Kemudian disambung dengan materi Tips Menjalankan Kegiatan Sosial oleh ibu Efiy Sukaesih. Mereka ini adalah alumni Mombassador SGM Eksplor sebelumnya.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7

Tak hanya sampai di situ, kami diberikan tugas merancang sebuah program kegiatan yang bisa berdampak positif bagi keluarga Indonesia, sesuai dengan visi misi SGM Eksplor. Ada yang merancang mengenai mencegah ketagihan gadget, ada yang merancang program makanan bergizi untuk anak-anak, dan yang paling disukai adalah rancangan program ibu menyusui yang bahagia.

Menjelang siang, sebelum kami harus pergi mengunjungi pabrik susu, kami kembali mendapat materi tentang sejarah SGM Eksplor dan manfaat susu SGM Soya untuk kebutuhan khusus anak yang alergi susu sapi.

Begitu pada malam harinya kami kembali mengikuti Gala Dinner yang dipandu oleh dua pembawa acara yang kocak. Aku yang mulai sakit kepala tetap masih bisa terpingkal-pingkal melihat keduanya bercanda dengan para peserta yang maju ke panggung. Senangnya di sini, aku takjub melihat para bunda berdandan sangat cantik, anggun, mempesona.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
para bunda yang bikin pangling saking cantiknya

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
panggung yang meriah

👉 Di hari ketiga:

Sehabis sarapan pagi, kami kembali ikut workshop perihal penjabaran tiga kelompok yang menjadi kandidat terbaik. Diakhiri dengan berbagai pengumuman pemenang lomba foto, vlog, dan predikat sebagai bunda netizen, bunda inspirasi, serta bunda persahabatan. Hadiah berlimpah berupa voucher belanja.

7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7


7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
workshop hari terakhir

Jadi, di sana kami bukan saja senang-senang bergembira, tetapi kembali duduk di ‘perguruan tinggi’, kembali mengasah otak yang mulai tumpul ini agar senantiasa melek pada kesehatan dan kemajuan keluarga. Kami jadi seperti anak kuliahan lagi, hehe..

Sayang, menjelang siang hari kami semua sudah harus saling berpisah. Aku beserta rombongan bus Halim Perdana Kusuma sudah harus siap angkat koper dan pergi menuju pusat oleh-oleh Bandara Jaya dan kemudian langsung ke bandara Adi Sutjipto untuk kembali pulang ke Jakarta, kembali pulang ke rumah masing-masing.



Tips ikut temu bunda Mombassador SGM Eksplor


Alhamdulillah, meskipun tubuh agak lelah tetapi aku bahagia, setidaknya cerita ini bisa mengukir sejarah panjang dalam kehidupanku. Aku ingin anak-anakku tumbuh sebagai generasi maju dan selalu berani mengukir impian terbaiknya sampai kapanpun. Setuju?

Ini tips selama ikut temu bunda Mombassador SGM Eksplor yang bisa kubagi untuk kalian:
  1. Izin suami itu penting, jangan sampai bunda pergi tapi tanpa izin suami, nanti malah jadi tidak nyaman. Apalagi jika mendadak batal, kasihan tempatnya jadi tidak terisi.
  2. Bawalah barang yang penting, seperti obat pribadi (pilek, tolak angin, sakit kepala, maag, dll), pembalut, kamera atau HP yang mumpuni, sepatu yang nyaman. 
  3. Jangan terlalu banyak membawa baju, karena nanti akan diberikan kaos SGM Eksplor. Bawa saja cardigan/rompi berwarna merah yang bisa dipadu-padankan. 
  4. Lebih baik siapkan koper yang besar supaya muat lebih banyak oleh-oleh untuk keluarga di rumah 😁 
  5. Jika sudah sampai di lokasi, persiapkan fisik dan mental. Jangan lagi pikirkan keluarga di rumah, insyaallah Allah bersama mereka, kita tinggal fokuskan belajar, jangan telat makan dan mengaktualisasi diri.
  6. Lakukan sholat jamak Taqdim, yaitu menggabungkan sholat zuhur dan sholat ashar dalam satu waktu. Ini boleh kok, karena kita sedang dalam perjalanan. Apalagi waktu untuk sholat sangat sempit.
  7. Bawa tas ransel yang berisi mukena, obat pribadi, dan air minum saat pergi keliling di dalam bis supaya lebih simpel.
  8. Selalu baca informasi yang diberikan panitia melalui grup whatsapp maupun brosur petunjuk jadwal.
7 Alasan Ikut Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Batch 7
mari pulang, bersama teman yang juga lengket sejak hari kedua

So, bagi kamu yang berminat menjadi bagian komunitas Mombassador SGM Eksplor selanjutnya, tunggu terus informasinya di Fanspage Aku Anak SGM ya. Sambil menunggu, jangan lupa untuk selalu aktif belajar dan berkarya demi mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia, penerus Generasi Maju 👍👍




18 komentar:

  1. Seru sekali kegiatan nya apalagi bisa jalan-jalan ke yogjakarta..

    BalasHapus
  2. Ya Allah mba, kok dramanya sama sih? ditengah2 aku ga diizinkan terus aku ngambek dan nangis2 pula, ya lebih kurang samalah kalimatnya haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi toss mbak, alhamdulillah akhirnya suami mengalah yaa

      Hapus
  3. Alhamdulillah dapat ijin ya mba... Semoga next time ketemu lagi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kita belum sempat ketemu yaa, saking banyaknya hiks

      Hapus
  4. Acaranya pasti spesial ya sampai sampai harus merayu si Ayah... seru acaranya ketemu ibu ibu se indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, spesial banget, karena usia sudah tak bisa ikut kalau nanti-nanti lagi

      Hapus
  5. hebatnya bu.. masih bisa bagi waktu untuk ikut2 kegiatan.. semoga berkah yah bu acaranya. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mas, biar ibu-ibu tetap waras, hehe
      Amiin terimakasih doanya

      Hapus
  6. Yang jelas, jadi punya pengalaman baru, teman baru, banyak koneksi, hahah, bisa sharing dan dapat ilmu baru,,, kalau ibu dah cerdas yah insyallah anaknya juga cerdas dan pinter.. aamiin

    baru tahu juga ternyata SGM punya sapi sendiri untuk bahan produksi prodaknya

    BalasHapus
  7. aku juga anak SGM mbak
    hehe
    btw pabriknya ini sering aku lewati kalo transit TJ
    acaranya seru deh alhamadulillah bisa me time ya mbak tapi bermanfaat

    BalasHapus
  8. "Jangan terlalu banyak membawa baju, karena nanti akan diberikan kaos SGM Eksplor. Bawa saja cardigan/rompi berwarna merah yang bisa dipadu-padankan."
    Pas baca poin ini saya ketawa banget Bun. Soalnya kemarin malah kebanyakan bawa bawahan sama jilbab. Menuh-menuhin koper jadinya. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Wah senangnya, benar-benar me time yang nambah ilmu dan teman ini mah. Pulang-pulang refresh lagi ya.

    BalasHapus
  10. Waduh mbak sangking cantiknyanya akhirnya sih ayah kerayu juga tuh. heheh

    BalasHapus
  11. sayangnya cuma 3 hari ya mba, coba seminggu, plus boleh bawa anak. bakal ga mau pulang deh kita.. hheee

    BalasHapus
  12. Peminatnya banyak banget ya, Mbak. Setiap tahun sepertinya semakin banyak peminatnya :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com