Anak Sulit Belajar? LESGO Pilih Guru Les Privat (Jakarta)



www.narasilia.com - Beberapa bulan yang lalu sahabat saya mengirim pesan melalui whatsapp, bertanya apakah saya mengenal seorang guru les privat yang baik, kompeten, dan memahami karakter anaknya? Ternyata sahabatku itu sedang bingung, anaknya sedang sulit belajar.

“Bunda, aku lagi bingung nih. Kenal gak guru les privat yang bisa mengajari anakku. Sudah mulai ujian akhir kelas 6 begini anakku mogok gak mau les di lembaga anu dan anu”.

Si anu yang disalahin, hehe..

Memang yang saya kenal, anaknya itu tidak mudah berkonsentrasi jika berada di dalam satu ruangan yang banyak peserta les lainnya. Anaknya itu tidak bisa duduk tenang di kursi. Kelamaan sedikit saja, mulai deh bergerak ke sana ke sini. Bagi sebagian orang bilangnya anaknya ‘nakal’, tidak bisa diam. 

Bagaimana mungkin mampu belajar dengan baik? Apalagi sebentar lagi menghadapi ujian akhir sekolah.

Anak Sulit Belajar? LESGO Pilih Guru Les Privat (Jakarta)
sumber: les-go.com

Eh, eh, sebentar. Itu sih bukan kesalahan anak. Itu bukan anak nakal. Anak itu berbeda. Saya pernah baca bahwa tipe belajar anak itu tidaklah sama, pastinya berbeda-beda. Ada yang visual, auditory, dan kinestetik.


Seperti apa itu? Begini...

Tipe Visual, biasanya seseorang akan belajar menggunakan indera mata. Anak mudah menangkap informasi dengan melihat, menonton, dan menyaksikan langsung persoalan kemudian langsung bisa menemukan jalan keluarnya.

Tipe Auditory, cirinya seseroang akan mudah menggunakan indera telinga dalam menangkap pesan dan informasi. Seperti mendengarkan musik, suara yang disampaikan guru, atau suara alam yang didengarkan.

Tipe Kinestetik, seseorang yang memiliki tipe ini cenderung lebih suka menyentuh secara langsung, tidak suka duduk manis, dan penasaran jika tidak mengutak-ngatik serta membedahnya langsung.

Tidak sampai disitu, bahkan tingkat kecerdasan anak juga tidak bisa dipukul rata. Menurut penelitian ahli riset Amerika, Prof. Howard Gardner, menguraikan bahwa kecerdasan manusia itu ada 8 model dan bermacam-macam (Multiple Intelligences), yaitu: Kecerdasan Kinestetik-Tubuh, Interpersonal, verbal-linguistik, matematika-logis, naturalistis, intrapersonal, visual spatial, dan musik.

Anak Sulit Belajar? LESGO Pilih Guru Les Privat (Jakarta)

Jadi kesimpulannya, kita tidak bisa menyalahkan anak jika dia ‘bebal’ dan sulit belajar jika berada di ruangan kelas saja, hanya mendengarkan suara guru saja, tanpa dibarengi alat peraga. Jangan minder jika anak kita lemah di pelajaran matematika, tetapi ingat dia tentu pintar bermain musik dan bernyanyi.

Seperti Selma anakku yang kedua, dia lebih senang belajar secara kinestetik dan menyukai tanaman. Berbeda dengan abangnya yang lebih mudah konsentrasi dalam bidang matematika logis.

Ingat ya, tipe belajar anak itu berbeda.

Kalau sama, berarti bukan anak namanya, tetapi robot.

Iya, R-O-B-O-T.

So, dalam masalah sahabatku tadi itu dia ingin anaknya diajari saja di rumah, agar lebih santai, dan anaknya bahagia. Penanganan pendidikan anak juga berbeda, perlu solusi yang tepat agar anak menjadi hebat. Tentu saja target belajar menghadapi ujian akhir pun tercapai.

Memilih guru les privat yang tepat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sebab guru les privat tersebut nantinya adalah orang yang harus bisa dipercaya untuk bisa membimbing anak-anak kita dalam belajar.

Setidaknya ada beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam memilih guru les privat yang berkompeten dan berkualitas. 

Tipsnya antara lain:
  • Anda bisa memilih lembaga yang memiliki guru les privat yang berkualitas dan bukan hanya sekedar mempertimbangkan harga murah.
  • Pilih guru les privat dari lembaga yang telah memiliki sistem recruitment yang ketat, sudah berpengalaman, sudah mempunyai banyak cerita sukses (success stories) dan juga yang memiliki quality control system yang baik.
  • Perhatikan juga kebutuhan anak kita. Apakah dia memang lemah dalam mata pelajaran tertentu. Jangan lupa libatkan anak secara aktif dalam proses, serta ajukan pertanyaan apa yang mereka butuhkan.
  • Jangan sampai kita memaksa anak. Hal ini juga merupakan ide yang baik dalam memutuskan terlebih dahulu apakah anak kita maunya memilih guru laki-laki atau perempuan.
  • Pilih lembaga les privat yang tidak ada persyaratan hukum yang menentukan untuk kualifikasi dari tutor. Tapi, harus pastikan bahwa kita mencari seseorang yang mempunyai pengetahuan yang sesuai dengan subjek yang diajarkan.
  • Cari guru les privat yang berpengalaman mengajar. Ini penting lho, meskipun itu tidak berarti tutor yang sudah berpengalaman pasti bisa mengajar lebih baik daripada yang memiliki sedikit pengalaman. Tapi apabila ada dua guru les privat yang sama-sama berkualitas, maka pilih guru les privat berkualitas yang telah berpengalaman, karena tentu mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang belum memiliki pengalaman.


Nah, siapa yang gak mau dengan guru les privat bagus, berpengalaman, dan banyak prestasinya? Semua pasti mau dong, kan demi masa depan anak kita juga. Salah satunya dengan mencari dari beberapa testimoni yang terpercaya.

👉 Kelebihan lainnya memilih guru les privat adalah:
1. belajar menjadi lebih fokus,
2. waktunya juga fleksibel
3. pelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan anak
4. mudah dipantau
5. Tidak kena macet di jalan
6. dan guru les privat lebih jelas terlihat profesionalitasnya

Akhirnya saya sarankan coba saja cari di wilayah terdekatnya, apalagi dia tinggal di daerah Jakarta, maka akan ada banyak guru Les Privat Jakarta yang bisa dipilih.

Anak Sulit Belajar? LESGO Pilih Guru Les Privat (Jakarta)


“Dimana itu, Li?”, tanyanya.

“Coba aja cari di aplikasi Lesgo”, jawabku.

“Lho, apa itu? Guru lesnya bisa dipanggil ke rumah? Les Privat Jakarta Pusat ada?”, tanyanya lagi, penasaran ternyata.

“Iya, seperti ojek online gitu. Kita bisa pesan guru les privat menggunakan aplikasi Lesgo. Coba deh. Aplikasi ini katanya bisa membantu untuk menemukan guru les privat terbaik dan cocok untuk tipe anak seperti Tia”, ujarku meyakinkan.

“Emang ada dimana aja? Nanti kalau kejauhan malah semakin mahal ongkosnya”.

“Ini banyak tersebar di kawasan Jabodetabek, kok”.

“Yakin bagus, Li? Mahal gak?”, tanyanya lagi.

“Kalau gak percaya baca aja testimoninya. Sudah pernah diliput beberapa media lho, seperti detikcom, Dailysocial, Kompas, Liputan 6, majalah Swa, Tribunnews, dan Metrotv. Kalau soal mahal ya ada rupa ada harga dong, tapi masih lebih hemat dibandingkan kita sudah bayar mahal di lembaga tapi gak cocok sama guru lesnya”.

“Iya, ya. Eh, memang guru les Lesgo itu dari mana aja?”.

“Dari beberapa lulusan di universitas terkenal. Ada yang dari Universitas Indonesia, Universitas Pakuan Bogor, UIN Syarif Hidayatullah, banyak lagi deh. Pilih saja salah satu. Atau kalau masih bingung, kita juga bisa konsultasi gratis dulu”.

“Hmm, menarik nih. Bisa download aplikasinya dulu ya”.

“Bisa lah. Selamat mencoba ya, semoga Tia cocok sama guru les nanti. Dapat nilai bagus dan dapat membanggakan mama papanya”.

“Iya Li, terimakasih banyak ya atas sarannya. Maaf lho mengganggu, maklum emaknya galau nih.”

“Haha, sama-sama. I know you so well, baby..”


***

So, bagaimana dengan anda?
Sedang galau dan mau mencoba juga?

Coba juga dengan aplikasi LESGO! Ya. Insyaallah, masalah kegalauan kita bisa teratasi. Di sini kita dapat mencari guru les privat untuk semua mata pelajaran seperti belajar membaca, menulis, IPA, Kimia, Matematika, Bahasa Inggris, dan semua pelajaran yang dibutuhkan anak sekolah. Bisa dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Universitas hingga Umum.

Anak Sulit Belajar? LESGO Pilih Guru Les Privat (Jakarta)

 Dalam aplikasi kita bebas memilih guru les privat sesuai dengan keuangan rumah tangga. Ingat ya, guru les privat dari PT. Lesgo Indonesia Pintar ini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Memang sayangnya belum tersebar di seluruh Indonesia. Kantor pusatnya ada di Boston Square RK3/35, Kota Wisata, Bogor.

Jika masih penasaran, anda bisa hubungi di:
Telepon: 021-22962749
Whatsapp: +62-812-8555-2245
Facebook: Lesgo Indonesia
Instagram: @lesgoindonesia
Twitter: @lesgo_indonesia

21 komentar:

  1. Kereeeen ya Mba. Di jaman digital seperti sekarang, lembaga pendidikan mulai banyak banget terobosannya. Dari yang menyediakan aplikasi belajar online sampai yang menyediakan guru les seperti LESGO ini.

    Banyak orang tua yang memilih les privat, selain anak lebih nyaman di rumah, juga nggak repot-repot nganterin ya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, demi kemajuan anak bangsa, kita harus cari tau guru les privat yg kompeten dimana aja, alhamdulillah ada Lesgo ini jadi terbantu

      Hapus
  2. boleh juga nih lesgo bisa bikin galau menjadi hilang ya mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, praktis juga :)

      Hapus
  3. Wah keren, sudah makin gampang dan makin praktis cari guru privat. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. sepertinya anak memang perlu belajar tambahan dari luar, agar tambah pinter dan tentunya sebagai orang tua juga harus mendidik anaknya lebih dari Guru Privat. :)

    BalasHapus
  5. Ku kira macam les virtual pake guru virtual gitu mba macam yg itu, hehe... Ternyata beda yaa, ini lebih nyata bisa dipanggil pula, macam Gojek tapi guru yg dipanggil ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, buat belajar pake aplikasi, tapi gurunya bisa ke rumah pesannya pakai Lesgo

      Hapus
  6. Berbasis aplikasi ya sekarang cari guru less, lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus
  7. Wah ada aplikasinya tokh. Mantep kalo gitu. Makasih tulisane langsung kasih solusi.

    BalasHapus
  8. Kalau gitu tahap awal kita harus mengenal betul anak kita termasuk tipe anak yang seperti apa cara belajarnya ya........baru kita memilih les yg tepat. Terkait Lesgo, ini inovasi yang hebat, mempermudah orang tua memberikan yang terbaik buat anaknya, bisa disesuaikan dengan budget juga. Bagus sekali informasinya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul pak semakin mudah mencari guru les privat

      Hapus
  9. Menarik ya.. Memudahkan sekali. Thx for sharing.

    BalasHapus
  10. wah2, semaki canggih saja dunia ini, memudahkan sekali ya. omong2 tentang les, aku mah gak pernah ngelesin anak dlm soal pelajaran tp les yang mengembangkan bakat mereka, agar gak jenuh belajar terus

    BalasHapus
  11. Guru private biasanya dari lembaga kursus sangatlah bagus idenya. Apalagi kalau pengalaman yang banyak

    BalasHapus
  12. Anak saya nih kadang suka sulit kalau belajar, thanks sharingnya Mbak.

    BalasHapus
  13. KOk seru banget sih jaman now, apa aja ada tinggal nyari aplikasinya aja hehehe.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com