Ini Dia, Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Beberapa bulan lagi menjelang bulan puasa Ramadhan, lalu bulan Syawal, tak lama kemudian lebaran haji. Nah siap-siap deh menanti undangan pernikahan. Apalagi bulan Syawal, kelihatan sekali banyak yang menikah, janur dimana-mana.

Sepertinya beberapa masyarakat menganggap bahwa bulan Syawal itu masih banyak berkahnya. Ibaratnya, diri yang sudah kembali suci, sangat baik untuk membuka lembaran baru. Salah satunya menyelenggarakan acara pernikahan yang sakral dalam seumur hidup.

Seperti lagunya almarhum Benyamin S itu:

“Eh ujan gerimis aje,
Ikan bawal diasinin,
Eh eneng jangan menangis aje,
Bulan Syawal dikawinin”.

Jika sudah banyak kartu undangan yang datang ke rumah, biasanya kami berdua langsung kebingungan, pakai baju apa ya? Pakai batik yang mana lagi ya? Masa datang ke undangan, bajunya yang itu-itu lagi.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit
gagal pake baju batik sarimbit

Malah pernah, salah satu kerabat sampai hafal dengan baju batik yang dipakai suami, entah bercanda atau memang menyindir, beliau mengatakan: “kayanya ini baju keramat ya, harus selalu dipakai ke pesta“.

Ha..ha..ha..

Iya, begitulah.

Suamiku memang seringkali susah mencari baju batik pesta, karena ukurannya banyak yang tidak sesuai dengan bentuk tubuhnya yang tinggi besar. Selalu saja kekecilan atau kependekan. Berbeda dengan diriku yang memiliki bentuk tubuh standar, banyak pilihan baju batik yang dijual sesuai ukuranku.


Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit
ceritanya ini masih juga kekecilan buat ukuran suami, hiks

Pernah suatu kali, aku sengaja nekat membeli baju batik sarimbit, sengaja memesan khusus, untuk ukuran suami minta yang XXL sedangkan untuk diriku yang L. Aku beranggapan jika ukuran XXL pas untuk ukuran suami. Namun begitu pesanan sampai di rumah, ternyata bajunya tidak pas, bagian bawahnya masih kependekan.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit
contoh baju batik sarimbit idamanku

Akhirnya gagal pakai baju batik sarimbit couple. Beruntung tetanggaku ada yang membutuhkan dan berukuran pas, dibeli-lah baju batik sarimbit tersebut. Jadi aku gak merasa nyesel-nyesel banget, bisa balik modal, *hehe..

Padahal sekali-kali pengen jika kami berdua menggunakan batik sarimbit saat pergi ke pesta. Pada umumnya baju batik sarimbit memang akan dibuat dengan motif yang sama dengan pasangan, agar kesannya suami istri yang memakainya akan terlihat kompak dan harmonis. Sarimbit itu kan berasal dari bahasa jawa yang artinya berpasangan.


Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Akhirnya aku mempunyai solusi, mau tidak mau harus membeli kain batik meteran dengan motif yang sama, agar nanti dijahit sesuai ukuran tubuh suami. Untuk model baju batik kita bisa mencari-cari contohnya saja di internet, banyak banget lho yang cantik-cantik, apalagi melihat hasil rancangannya Anne Avantie.

Tapi ingat, kita harus pedulikan warna yang dipilih nanti, jangan sampai memilih warna batik yang tidak disukai suami, bisa-bisa malah tidak dipakainya nanti, kan rugi juga deh. Dan pastinya jangan mendadak jika ingin mempunyai baju batik sarimbit sesuai ukuran kita. Setidaknya sebulan sebelum acara, kita sudah harus pergi ke tukang jahit.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit

Alhamdulillah, jika selesai baju batik dijahit, kita harus memperhatikan hal lainnya. Berbeda dengan suami, kebutuhan mereka sepertinya tidak ribet-ribet banget ya. Cukup pakai celana panjang dengan warna yang senada dengan warna baju batik dan sepatu.


Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Sedangkan kita sebagai perempuan tetap harus menambah kelengkapan baju batik sarimbit agar terlihat matching, anggun dan elegan. Sebagai muslimah sebaiknya pakai jilbab yang disesuaikan warnanya dengan baju, kemudian ditambahi bross juntai agar lebih cantik, dan tak lupa gunakan tas kecil sebagai pelengkap keanggunan saat hadir di pesta.


Padu Padan Baju Batik Sarimbit


1. Jilbab

Biasanya pesta identik dengan suasana glamor, aku memilih jilbab yang terlihat mewah. Tak perlu yang mahal, banyak lho bahan jilbab yang bagus untuk pesta, salah satunya jilbab yang terbuat dari bahan satin silk. Satin silk lebih terlihat mengkilat dibandingkan dengan bahan katun.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Pilih jilbab satin yang polos jika baju batik sarimbit kita cenderung banyak motif, begitu sebaliknya jika baju batik sarimbit cenderung polos maka pilihlah jilbab satin yang bermotif bunga.


2. Bross

Biasanya aku menggunakan bross secukupnya pada bagian dada atas, atau digunakan di samping kepala, jika jilbab yang kugunakan bentuknya polos. Biar terlihat simple dan tidak berlebihan.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Pilihlah bross aksesoris Yang Bikin Kamu Tambah Cantik yang bermotif bunga, memiliki kilau, dan berjuntai. Agar menambah kesan lebih mewah dan elegan,


3. Clutch 

Tak mungkin tangan ini melenggang jika kita ke pesta, pasti membawa tas untuk sekedar membawa amplop, uang, dan smartphone. Tipsnya lebih baik membawa Clutch, sejenis pounch bag yang terbuat material bahan satin, kulit, dan ditanam hiasan berkilau seperti mutiara atau glitter.

Tips Hemat Membeli Baju Batik Sarimbit


Lebih cocok menjadi pelengkap tampilan kita ke pesta, lebih mirip dompet dibanding tas. Sering digunakan pada saat acara semi formal atau pesta karena lebih terelihat simpel dan mewah. Pilihlah clutch berwarna netral seperti krem, abu-abu, atau senada dengan warna baju batik sarimbit. Atau anda mau lihat tas dompet yang lain? banyak kok yang jual tas wanita model seperti ini.


4. Sepatu atau sendal pesta

Gunakan sandal atau sepatu yang memiliki hak sedang, karena jika terlalu tinggi akan menyebabkan kaki menjadi lelah, apalagi jika belum terbiasa menggunakannya. Untuk para muslimah jangan lupa gunakan kaos kaki, agar lebih terjaga auratnya.

***

Apakah membeli semua itu akan membuat dompetmu jebol?

Tidak juga, mewah tidak berarti mahal. Kita bisa menyiasatinya dengan mencari harga yang murah tapi tidak murahan. Kita bisa belanja hemat. Cari deh di toko online yang banyak promo diskonnya. Salah satunya di Tokopedia. 

Aku suka belanja disini karena banyak produk merk resminya, gak bohongan, banyak review yang menyatakan layanannya juga memuaskan, banyak promo, asiknya lagi bisa nyicil 0%, dan kita bisa ngumpulin poin. Lumayan deh buat nambah-nambah bayar listrik dan pulsa. 

Tipe emak hemat memang harus begini kan? Harus pintar cari cara supaya gak boros dan dapat cashback. 

Oiya, sebelum aku akhiri tips memilih baju sarimbit couple ini, jangan lupa jika kamu sudah sampai ke pesta, doakan para pengantin dengan doa yang sesuai hadits dan biasa Rasulullah bacakan:

“Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.”
Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud)


Semoga tips ini bermanfaat ya.
Ngomong-ngomong kamu suka baju apa jika ke pesta?



10 komentar:

  1. ini nih yang sering bikin ribet soal pakaian kalau pergi bersama biar terlihat kompak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sekarang jangan ribet lagi ya, kan udah ada tipsnya

      Hapus
  2. Bisa dibayangkan saat ada yang nyindir "baju keramat"..........hahahaha.....Saya kayaknya salah satu orang yang agak tdk perduli dengan fashion, jadi biar disindir gitu, tetep gak nyadar kalo lagi disindir kayaknya hahahahaha. Anyway.....tipsnya bagus Mba....bisa menyadarkan saya utk peduli dgn fashion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk iya suami saya sebenarnya cuek aja.. Saya yg agak malu 😁😁

      Hapus
  3. sarimbit ini susah-susah gampang mbak
    kadang yg laki match eh yang perempuan agak gimana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. Makanya lbh enak beli kainnya aja trs jahit sesuai ukuran

      Hapus
  4. wahhh.... sepertinya Mbak sangat memperhatikan sekali penampilan, saluttt dah. :)

    Klu saya mah,,,,, pakai baju apa saja saat kondangan, termasuk memakai baju keramat yg notabenenya enak dipakai namun riskan dikatai " pakai baju itu melulu " >:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi wah enak nih laki-laki mah bisa cuek ya. Kalau perempuan suka baper mas

      Hapus
  5. Untung ukuran saya standar, jd tak ada kesulitan untuk mslah baju. Klo susah mah emnk mending beli bahan dan jahitin ya bunda

    BalasHapus
  6. Saya apaki baju batik palingan ke acara yang formal aja, hehe. Jadi padu padannya cuma simpel menyesuaikan sama jilbab aja. :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com