NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

23.12.17

Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

Judul di atas sebenarnya adalah pertanyaan yang dulu sering aku tanyakan untuk diri sendiri. Lebih sebulan lamanya, aku terus dibuat galau, apakah blog yang aku kelola perlu memiliki nama domain agar lebih terlihat profesional.



“Perlu gak sih seorang blogger membeli domain berbayar?”.

Tahu gak sih, makin ke sini, tulisan seorang blogger itu sudah menjadi perhitungan menggiurkan, lho. Banyak banget penawaran dari agensi untuk bekerjasama, tetapi syaratnya ya harus TLD (Top Level Domain).

Sempat menyesal juga sih, yah gak masuk persyaratan deh. Padahal sepertinya tulisan-tulisanku ini banyak juga yang membaca dan merespon.

Bahkan sampai ada yang mengirimiku pesan pribadi, sekedar ingin berkonsultasi. Banyak pertanyaan yang ditujukan padaku melalui email.

Hal inilah yang membuatku sadar, untuk menjadi lebih baik, jangan takut untuk memulai, itu pun sudah untuk masa setahun.


Apa sih Domain itu?


Sebelum lebih lanjut, aku jelaskan dulu apa itu domain. Domain itu sebenarnya adalah papan nama sebuah blog. Ibarat sebuah toko, pasti harus punya papan nama, supaya lebih dikenal orang. Papan nama biasanya dipasang menggunakan di atas bangunan toko, misalnya: TOKO EMAS BERKAH.

Begitu pun dengan sebuah blog. Domain tetap ada saat pertama kali kita membuat blog, tapi namanya dengan embel-embel www.lialathifa.blogspot.com.

Nama blognya gratis seumur hidup, gak perlu bayar. Sedangkan jika sudah membeli domain berbayar, namanya tidak lagi disisipin embel-embel blogspot, tetapi akan berubah menjadi www.narasilia.com


Bedanya dengan domain gratisan adalah nilai domain berbayar ini tidak bisa seumur hidup. Kita harus membayar renewal setahun sekali, di tempat awal membeli domain.

Domain itu banyak pilihan, seperti .id, .net, .co.id, .org, .xyz. Tapi aku lebih memilih dengan tambahan .com (berasal dari kata commersial), supaya lebih familiar dan mudah diingat.

 Jika menggunakan blogspot, cukup membeli domain saja. Kecuali kalau anda menggunakan media blog seperti wordpress, tumbler, weebly, baru deh sekalian beli hosting.

Apa Manfaat Domain Berbayar ?

Setelah aku coba menggunakan domain berbayar, sepertinya rejekiku mengalir makin deras, uhuk. Selama setahun ini aku merasakan manfaat, seperti:

1. Terlihat lebih profesional, serius dan komersil.
Iya dong, jadi terlihat lebih resmi kan. Kita juga jadi lebih rajin mempercantik blog. Kan sayang atuh, sudah bayar eh dicuekin, akhirnya mubazir tidak ada manfaatnya.

Blog berada di top domain, bisa dijual dengan harga fantastis, bernilai jutaan rupiah. Padahal beli domainnya gak sampai ratusan ribu kok, apalagi kalau dapat diskon. Aku saja beli domain ini seharga 60 ribuan, murah kan?

2. Mudah Diingat
Biasanya nama blog dengan domain berbayar itu mudah diingat. Gampang menulisnya kalau mendaftar pada suatu acara undangan, karena tidak terlalu panjang.

3. Jadi Rajin Menulis Blog
Ibarat toko tadi, kita jadi semakin rajin mengisi stok jualan agar semakin komplit, pengunjung pun betah belanja. Begitu pun dengan blog, semakin banyak tulisan, akan semakin banyak pembaca datang mencari informasi.

4. Lebih Banyak Pengunjung
Dengan rajin menulis blog, pembaca pun semakin banyak yang berkunjung ke blog kita. Kok bisa ya? Bisa dong. Apalagi jika memiliki kata kunci (keyword) yang banyak dicari orang, hal ini akan dinilai baik oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain. Untuk bisa mengukur banyak pengunjung kita bisa menggunakan Google Analityc, Hitstat, atau widget pageview bawaan blog. 

5. Mendapat Peringkat Blog
Ini menjadi nilai plus bagi kita, jika blog kita sudah dikenali maka akan mudah mendapat peringkat. Peringkat tersebut bisa dilihat melalui Alexa, Domain Authority, Page Authority.

Pstt, sekarang banyak lho agensi perusahaan yang melihat status blog kita dengan peringkat-peringkat tersebut. Tujuannya agar produk yang direview berada di halaman utama.

6. Disukai Google Adsense
Ini sebenarnya hanya opiniku saja. Soalnya terbukti, blog ini gampang banget diterima Google Adsense sejak menggunakan domain berbayar. Apalagi blog ini sudah memiliki ratusan tulisan dan ratusan ribu pembaca.

Cuma dalam sebulan, tau-tau sudah mendapat email balasan sudah bisa menggunakan fasilitas ini. Oiya, sepertinya bukan hanya Google Adsense yang suka, tetapi para perusahaan yang ingin memasang iklan di blog kita juga ikut suka. Ya kan, ya kan? *aamiiin..

Dimana Beli Domain dan Hosting?

Setelah mengetahui manfaat domain, apa masih bingung “perlukah seorang blogger harus membeli domain berbayar?”. Yeahh, semua sih kembali kepada pilihan masing-masing. Kalau aku lebih menyarankan supaya anda jangan ragu untuk membeli domain.



Sudah setahun ini aku merasakan manfaatnya, puas. Setidaknya aku jadi semakin belajar, jadi mengerti kalau ngomongin seputar bloging, dan tentu saja alhamdulillah sudah dipercaya oleh beberapa agensi.

Selama pakai jasa Jagoan Hosting, aku tidak mengalami masalah apapun, pembayaran awal maupun renewal domain sangat mudah, gak ribet, dan pelayanannya juga baik.

Bagi pemula yang masih bingung, aku menyarankan pakai jasa dari Jagoan Hosting aja, alasannya karena :

1. Banyak Promo Diskon
Nah ini nih yang paling dicari, harga yang ditawarkan Jagoan Hosting banyak yang diskon. Seperti tahun lalu, aku mendapat promo dari harga ratusan ribu, aku cuma membayar sekitar 70 ribuan dan sudah mendapat nama domain berbasis dot-com. Murah tapi tidak murahan.



2. Mudah Tanpa Ribet
Beli domain di Jagoan Hosting itu gampang banget. Kirain bakalan ribet dan lama. Aku tinggal membayar, konfirmasi, langsung mendapat email balasan cara memasang domain di blogspot. Begitu dipasang, gak sampai berminggu-minggu sudah berubah nama domainnya.



3. Server Cepat dan Canggih
Jagoan Hosting menggunakan server-server Supermicro (perangkat canggih di dunia), Intel Xeon terbaru yang mempunyai processing power serta operating frequensy 2 kali lebih cepat dibandingkan infrasturktur standar.

4. Layanan Konsultasi Yang Ramah
Jika bingung, kita bisa minta bantuan dari para customer service yang siap ditanya dan membantu dengan baik.



Apalagi macam emak-emak sepertiku, gaptek. Makanya daripada salah, lebih enak nanya-nanya dulu. Begitu aku susah memasang domain, dengan sigap ditolongin. *Aseek, berasa ditolongin pangeran berkuda, gitu.

5. Cara Pembayaran Yang #MakinMudah
Jagoan Hosting menyediakan beberapa pilihan cara pembayaran yang mudah. Bisa menggunakan atm, internet banking, kartu kredit, bahkan bisa membayar di Indomaret.

Untuk perpanjang perpanjang domain pun makin mudah saja, dalam waktu 15 menit transaksi, aku masih bisa memiliki domain narasilia.com.

[Baca: Makin Mudah Bayar Renewals Domain]

6. Aman Terpercaya
Jagoan Hosting yang berkantor di Malang ini berdiri sejak 2007. Merupakan bagian dari PT. Beon Intermedia di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan memuaskan meskipun harga yang ditawarkan tidak mahal, yang pasti aman, terpercaya.

7. Jaminan Uang Kembali
Jagoan Hosting berani menjamin uang kembali jika dalam 60 hari pertama pemakaian hosting tidak memuaskan. Kita berhak meminta kembali uang yang sudah dibayarkan sebesar 100%.

Begitulah cerita menggunakan domain berbayar dari jasa Jagoan Hosting. So, jika anda serius ingin menjadi blogger sukses sejati, gak ada salahnya menggunakan domain berbayar.

Jika masih butuh informasi lebih lanjut, cek langsung ke:
Website : www.jagoanhosting.com
Twitter : @jagoanhosting
Facebook : Jagoan Hosting Indonesia

16 komentar:

  1. Saya pun yg pada awalnya bgung penting gak pake TLD
    Tp stelah putuskan untuk beli
    Smgat ngblog mkin membara
    Dan kelebihannya lg selain kita bs dpet twaran yg mghruskan pakai TLD
    Blog kita jg tdak d anggap blog spam lg, krn biasany klo msih pake embel2 blogspot ny di kira blog spam.

    BalasHapus
  2. Setuju, untuk harga aku rasa cukup terjangkau, untuk yang dot com sendiri. Dengan membeli domain TDL. Selain lebih mudah diingat, terlihat lebih profesional..

    BalasHapus
  3. Blogku masih ada nih yg gratisan tapi mau beli domain kok khawatir gak sempat nulisnya

    BalasHapus
  4. Sudah ada niatan, tapi entah kenapa masih milih untuk menunggu dulu. Ngumpulin pembaca, nyari-nyari informasi dulu, dan hal-hal sepele lainnya, biar ndak kaget nantinya. Salam kenal:D

    BalasHapus
  5. Wah kita sama mba. Saya juga awalnya mikir panjang banget mau pake TLD. Soalnya niat ngeblog cuma curhat-curhat doang. Eh, tau-taunya karena ada banyak tawaran yang menggirukan jadinya pengen pake TLD. Maka sampailah sekarang blog saya udah setahun pake TLD. :)

    BalasHapus
  6. Mulai mempertimbangkan..

    BalasHapus
  7. Samaaa, aku juga dulu sempet galau.. Beli nggak ya beli nggak.. Tp akhirnya tercerahkan untuk membelinya. Dan sekarang ada semangat lebih untuk serius ngblog meskipun hanya sebagai rumah ke dua.. Hehe

    BalasHapus
  8. Saya pun pasang dot com baru tahun lalu, ketika mengganti dari serius di buku ke blog. Jadi bukan untuk gaya2an, hahah... Serius artinya mau menjadikan blog tempat nyari duit juga tanpa harus menghilangkan tujuan utama bikin blog yaitu untuk melepas penat dan rekam jejak.

    Jasa domain berbayar memang yang biasa dibutuhkan itu yang sistem pembayarannya gampil, udah gitu kalau ada masalah prosesnya bisa dibantuin.

    BalasHapus
  9. Kunjungi juga blog dengan domain berbayar saya y mbak. hehehe. Salam kenal... Semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
  10. Kerasa bgt ya bedanya sebelum pakai tld dan sesudah pakai tld :D

    BalasHapus
  11. Saya kadang suka lupa perpanjang domain. Untung pasang reminder :D

    BalasHapus
  12. pernah pake tld, cuma bingung memperpanjang nya mbak. heheheh

    BalasHapus
  13. Wah ternyata banyak ada kelebihan dan manfaat bila menggunakan domain berbayar. Saya jadi makin tertarik untuk membeli domain berbayar, semoga dalam waktu dekat bisa terpenuhi, terima kasih atas sharing yang bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Mulai mempertimbangkan..

    BalasHapus
  15. Terimakasih gan infonya, saya tambah yakin dengab domain nya

    BalasHapus
  16. Aku pernah pakai domain TDL selama tiga tahun, tapi sayangnya selanjutnya tidak bisa perpanjang karena duit habis, padahal sudah lumayan pengunjung nya

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge