Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

Prlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?
Judul di atas sebenarnya adalah pertanyaan yang dulu sering aku tanyakan untuk diri sendiri. Lebih sebulan lamanya, aku terus dibuat galau, apakah blog yang aku kelola perlu memiliki nama domain agar lebih terlihat profesional.

“Perlu gak sih seorang blogger membeli domain berbayar?”.

Soalnya sayang juga ya, kalau mengeluarkan uang seratus ribuan tapi takutnya gak terlalu bermanfaat. Kan dulu mah, niat ngeblog itu cuma buat kerjaan sampingan saja. Sekedar buat menumpahkan ide dan opini. Menuliskan testimoni dan pengalaman pribadi, gitu deh.

Tapi tahu gak sih, makin ke sini, tulisan seorang blogger itu sudah menjadi perhitungan menggiurkan, lho. Banyak banget penawaran dari agensi untuk bekerjasama, tetapi syaratnya ya harus TLD (Top Level Domain).

Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

Sempat menyesal juga sih, yah gak masuk persyaratan deh. Padahal sepertinya tulisan-tulisanku ini banyak juga yang membaca dan merespon. Bahkan sampai ada yang mengirimiku pesan pribadi, sekedar ingin berkonsultasi. Banyak pertanyaan yang ditujukan padaku melalui email maupun ke whatsapp.

Tulisan-tulisanku yang masih bertengger di halaman pertama adalah Terapi Uap di Rumah SajaBayar Pajak Tahunan KendaraanBelanja di Koperasi Khong Ghuan, dan lain-lain.

Hal inilah yang membuatku sadar, untuk menjadi lebih baik, jangan takut untuk memulai, meski pun itu harus mengeluarkan uang. Toh, modalnya cuma seratus ribuan (bisa lebih murah jika dapat diskon), itu pun sudah untuk masa setahun.

Yups, akhirnya bismilah, akhirnya aku membeli domain seperti yang disarankan teman-teman blogger. Dan bulan ini, nama www.narasilia.com ini sudah menginjak usia 1 tahun, lho. Yeayyy... *Happy Birthday.


Apa sih Domain itu?


Sebelum lebih lanjut, aku jelaskan dulu apa itu domain.
Domain itu sebenarnya adalah papan nama sebuah blog. Ibarat sebuah toko, pasti harus punya papan nama, supaya lebih dikenal orang. Papan nama biasanya dipasang menggunakan di atas bangunan toko, misalnya: TOKO EMAS BERKAH.

Begitu pun dengan sebuah blog. Domain tetap ada saat pertama kali kita membuat blog, tapi namanya dengan embel-embel bawaan blog, seperti: www.lialathifa.blogspot.comNama blognya gratis seumur hidup, gak perlu bayar.

Sedangkan jika sudah membeli domain berbayar, namanya tidak lagi disisipin embel-embel blogspot, tetapi akan berubah menjadi www.narasilia.com atau sesuai pilihan kita.

Bedanya dengan domain gratisan adalah nilai domain berbayar ini tidak bisa seumur hidup. Kita harus membayar renewal setahun sekali, di tempat awal membeli domain.


Domain itu tidak selalu dengan .com saja, ada banyak pilihan lainnya, seperti .id, .net, .co.id, .org, .xyz dan lain-lain. Tapi aku lebih memilih dengan tambahan .com (berasal dari kata commersial), supaya lebih familiar dan mudah diingat.

Oiya, bagaimana dengan hosting? Apa itu hosting? Hosting itu ibarat bangunan tokonya, nyawanya websiteJangan bingung jika ada pilihan tawaran pembelian hosting bonus domain. Kan banyak tuh diskon-diskon jika membeli keduanya. Itu maksudnya adalah jika anda beli ruko (hosting), bisa sekalian mendapatkan bonus berupa plang nama (domain).

Jika menggunakan blogspot di blogger.com, kita gak perlu lagi membeli hosting. Cukup membeli domain saja. Paham, kan? *semoga, hehe. Kecuali kalau anda menggunakan media blog seperti wordpress, tumbler, weebly. Sometime, aku pun akan menggunakan Hosting Murah se Indonesia.


Apa Manfaat Domain Berbayar ?


Setelah aku coba menggunakan domain berbayar, sepertinya rejekiku mengalir makin deras, uhuk. Selama setahun ini aku merasakan manfaat, seperti:

1. Terlihat lebih profesional, serius dan komersil.
Iya dong, jadi terlihat lebih resmi kan. Kita juga jadi lebih rajin mempercantik blog. Kan sayang atuh, sudah bayar eh dicuekin, akhirnya mubazir tidak ada manfaatnya.

Blog berada di top domain, bisa dijual dengan harga fantastis, bernilai jutaan rupiah. Padahal beli domainnya gak sampai ratusan ribu kok, apalagi kalau dapat diskon. Aku saja beli domain ini seharga 60 ribuan, murah kan?

2. Mudah Diingat
Biasanya nama blog dengan domain berbayar itu mudah diingat. Gampang menulisnya kalau mendaftar pada suatu acara undangan, karena tidak terlalu panjang. Makanya pilih nama domain yang unik dan mudah diingat ya. Bisa cek di berbagai situs penyedia jasa domain, atau cek di www.whois.com (di sini lebih jelas, siapa saja pemilik nama domain).

3. Jadi Rajin Menulis Blog
Ibarat toko tadi, kita jadi semakin rajin mengisi stok jualan agar semakin komplit, pengunjung pun betah belanja. Begitu pun dengan blog, semakin banyak tulisan, akan semakin banyak pembaca datang mencari informasi.

4. Lebih Banyak Pengunjung
Dengan rajin menulis blog, pembaca pun semakin banyak yang berkunjung ke blog kita. Kok bisa ya? Bisa dong. Apalagi jika memiliki kata kunci (keyword) yang banyak dicari orang, hal ini akan dinilai baik oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain.

Untuk bisa mengukur banyak pengunjung kita bisa menggunakan Google Analityc, Hitstat, atau widget pageview bawaan blog.  

5. Mendapat Peringkat Blog
Ini menjadi nilai plus bagi kita, jika blog kita sudah dikenali maka akan mudah mendapat peringkat. Peringkat tersebut bisa dilihat melalui Alexa, Domain Authority, Page Authority.

Pstt, sekarang banyak lho agensi perusahaan yang melihat status blog kita dengan peringkat-peringkat tersebut. Tujuannya agar produk yang direview berada di halaman utama.

6. Disukai Google Adsense
Ini sebenarnya hanya opiniku saja. Soalnya terbukti, blog ini gampang banget diterima Google Adsense sejak menggunakan domain berbayar. Apalagi blog ini sudah memiliki ratusan tulisan dan ratusan ribu pembaca. 

Cuma dalam sebulan, tau-tau sudah mendapat email balasan sudah bisa menggunakan fasilitas ini. Oiya, sepertinya bukan hanya Google Adsense yang suka, tetapi para perusahaan yang ingin memasang iklan di blog kita juga ikut suka. Ya kan, ya kan? *aamiiin..

Dimana Bisa Membeli Domain dan Hosting?

Setelah mengetahui manfaat domain, apa masih bingung “perlukah seorang blogger harus membeli domain berbayar?”. Yeahh, semua sih kembali kepada pilihan masing-masing. Kalau aku lebih menyarankan supaya anda jangan ragu untuk membeli domain.

Sudah setahun ini aku merasakan manfaatnya, puas. Setidaknya aku jadi semakin belajar, jadi mengerti kalau ngomongin seputar bloging, dan tentu saja alhamdulillah sudah dipercaya oleh beberapa agensi.. *uhuk, uhuk, batuk lagi.

Iya, iya, terus dimana kita bisa membeli domain?
Tentunya bukan di warung, hehe.. *garing.

Untuk mendapatkan domain berbayar aku mempercayakan pada JAGOAN HOSTING. Banyak sih jasa-jasa penyedia hosting, domain, dan website menawarkan pilihan, tetapi entahlah, akhirnya aku jadi menjatuhkan pilihan pada penyedia jasa ini.

Selama pakai jasa Jagoan Hosting, aku tidak mengalami masalah apapun, pembayaran awal maupun renewal domain sangat mudah, gak ribet, dan pelayanannya juga baik.

Bagi pemula yang masih bingung, aku menyarankan pakai jasa dari Jagoan Hosting aja, alasannya karena :

1. Banyak Promo Diskon
Nah ini nih yang paling dicari, harga yang ditawarkan Jagoan Hosting banyak yang diskon. Seperti tahun lalu, aku mendapat promo dari harga ratusan ribu, aku cuma membayar sekitar 70 ribuan dan sudah mendapat nama domain berbasis dot-com. Murah tapi tidak murahan.
Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

2. Mudah Tanpa Ribet
Beli domain di Jagoan Hosting itu gampang banget. Kirain bakalan ribet dan lama. Menggoreng kacang saja masih kalah cepet. Aku tinggal membayar, konfirmasi, langsung mendapat email balasan cara memasang domain di blogspot. Begitu dipasang, gak sampai berminggu-minggu sudah berubah nama domainnya.


Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?
yeay sudah jadi nama domainnya

3. Server Cepat dan Canggih
Jagoan Hosting menggunakan server-server Supermicro (perangkat canggih di dunia), Intel Xeon terbaru yang mempunyai processing power serta operating frequensy 2 kali lebih cepat dibandingkan infrasturktur standar.
Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

4. Layanan Konsultasi Yang Ramah
Jika bingung, kita bisa minta bantuan dari para customer service yang siap ditanya dan membantu dengan baik.


Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

Apalagi macam emak-emak sepertiku, gaptek. Makanya daripada salah, lebih enak nanya-nanya dulu. Begitu aku susah memasang domain, dengan sigap ditolongin. *Aseek, berasa ditolongin pangeran berkuda, gitu.

5. Cara Pembayaran Yang Mudah
Jagoan Hosting menyediakan beberapa pilihan cara pembayaran yang mudah. Bisa menggunakan atm, internet banking, kartu kredit, bahkan bisa membayar di Indomaret. Mudah kan?


Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

6. Aman Terpercaya
Jagoan Hosting yang berkantor di Malang ini berdiri sejak 2007. Merupakan bagian dari PT. Beon Intermedia di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan memuaskan meskipun harga yang ditawarkan tidak mahal, yang pasti aman, terpercaya.

Lebih dari 25 ribu akun domain dan hosting sudah terbantu oleh jasa Jagoan Hosting dan sudah bekerjasama dengan partner bisnis Google dan Verisign. Mendapat penghargaan Wirausaha Muda Mandiri Jawa Timur, ISMBEA (Indonesia Small Media Medium Bussiness Enterpreneur Award) pada tahun 2009 dan Best E-Commerce Sparxup Awards pada tahun 2011.
Perlukah Blogger Membeli Domain Berbayar?

7. Jaminan Uang Kembali
Jagoan Hosting berani menjamin uang kembali jika dalam 60 hari pertama pemakaian hosting tidak memuaskan. Kita berhak meminta kembali uang yang sudah dibayarkan sebesar 100%.

***

Begitulah cerita review, testimoni dan pengalamanku membeli dan menggunakan domain berbayar dari jasa Jagoan Hosting. So, jika anda serius ingin menjadi blogger sukses sejati, gak ada salahnya menggunakan domain berbayar. 

Gak ada salahnya jika blogger perlu membeli domain. Toh, kalau sudah tidak bisa bayar, blog kita akan kembali menjadi nama awal kok, yang pakai embel-embel blogspot itu tuh.

Jika masih butuh informasi lebih lanjut, cek langsung ke:

Twitter : @jagoanhosting
Facebook : Jagoan Hosting Indonesia
Instagram: @beonintermedia

Semoga bisa memberikan pencerahan ya, gak bingung lagi harus bagaimana.
Oke, siap beranjak sukses?
Selamat bergabung dalam domain berbayar.

👇👇👇👇👇👇

16 komentar:

  1. Saya pun yg pada awalnya bgung penting gak pake TLD
    Tp stelah putuskan untuk beli
    Smgat ngblog mkin membara
    Dan kelebihannya lg selain kita bs dpet twaran yg mghruskan pakai TLD
    Blog kita jg tdak d anggap blog spam lg, krn biasany klo msih pake embel2 blogspot ny di kira blog spam.

    BalasHapus
  2. Setuju, untuk harga aku rasa cukup terjangkau, untuk yang dot com sendiri. Dengan membeli domain TDL. Selain lebih mudah diingat, terlihat lebih profesional..

    BalasHapus
  3. Setuju mbak.. tetap lebih baik pake domain apalagi yg TLD. Jagoan hosting memang keren, pegawainya ramah2 kalau di chat. Aku juga beli domain di jagoan hosting

    BalasHapus
  4. Blogku masih ada nih yg gratisan tapi mau beli domain kok khawatir gak sempat nulisnya

    BalasHapus
  5. Sudah ada niatan, tapi entah kenapa masih milih untuk menunggu dulu. Ngumpulin pembaca, nyari-nyari informasi dulu, dan hal-hal sepele lainnya, biar ndak kaget nantinya. Salam kenal:D

    BalasHapus
  6. Wah kita sama mba. Saya juga awalnya mikir panjang banget mau pake TLD. Soalnya niat ngeblog cuma curhat-curhat doang. Eh, tau-taunya karena ada banyak tawaran yang menggirukan jadinya pengen pake TLD. Maka sampailah sekarang blog saya udah setahun pake TLD. :)

    BalasHapus
  7. Masih belum ada pemasukan sendiri, makanya untuk sekarang ini lebih baik ambil yang gratisan dulu. Yah, semoga kapan-kapan bisa merubah ke self domain. :D

    BalasHapus
  8. Samaaa, aku juga dulu sempet galau.. Beli nggak ya beli nggak.. Tp akhirnya tercerahkan untuk membelinya. Dan sekarang ada semangat lebih untuk serius ngblog meskipun hanya sebagai rumah ke dua.. Hehe

    BalasHapus
  9. Saya pun pasang dot com baru tahun lalu, ketika mengganti dari serius di buku ke blog. Jadi bukan untuk gaya2an, hahah... Serius artinya mau menjadikan blog tempat nyari duit juga tanpa harus menghilangkan tujuan utama bikin blog yaitu untuk melepas penat dan rekam jejak.

    Jasa domain berbayar memang yang biasa dibutuhkan itu yang sistem pembayarannya gampil, udah gitu kalau ada masalah prosesnya bisa dibantuin.

    BalasHapus
  10. Kunjungi juga blog dengan domain berbayar saya y mbak. hehehe. Salam kenal... Semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
  11. Kerasa bgt ya bedanya sebelum pakai tld dan sesudah pakai tld :D

    BalasHapus
  12. semangat pakai domain membayar biar rajin menulis. Sayang banget kan udah dibayar tetapi enggak dituli-tulis.

    BalasHapus
  13. Saya kadang suka lupa perpanjang domain. Untung pasang reminder :D

    BalasHapus
  14. pernah pake tld, cuma bingung memperpanjang nya mbak. heheheh

    BalasHapus
  15. Wah ternyata banyak ada kelebihan dan manfaat bila menggunakan domain berbayar. Saya jadi makin tertarik untuk membeli domain berbayar, semoga dalam waktu dekat bisa terpenuhi, terima kasih atas sharing yang bermanfaat.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com