NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

31.12.23

Cek 7 Komponen Motormu! Agar Terawat di Masa Liburan

Cek 7 Komponen Motormu! Agar Terawat di Masa Liburan.


Liburan anak sekolah bertepatan dengan suasana liburan tahun baru? Wah, ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Waktunya cek-cek kondisi motor yang sudah hampir sepuluh tahun menemani kegiatan wara wiriku antar jemput anak sekolah dan kinerjaku sebagai ibu rumah tangga, agar pas nanti selesai liburan langsung tancap gas dengan mulus tanpa hambatan.

Iya, walau pun ibu rumah tangga tapi jangan mau kalah sama bapak-bapak dalam perawatan motor. Jangan sampai nanti dikatain: "bisa pakai doang, merawatnya ogah, bilangnya gaptek". Hehe, ya enggak dong, kan kita sudah melakukan pengecekan dan perawatan motor, salah satunya di Planet Ban yaitu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia.

https://www.narasilia.com/2023/12/cek-7-komponen-motormu-agar-terawat

Iya, kini Planet Ban bukan cuma tempat ganti ban saja, namun sudah menjadi tempat pelayanan berbagai kebutuhan kesehatan kendaraan kita. Layaknya tubuh, mesin dan komponen pada motor juga butuh perawatan ekstra agar gak ada lagi mogok-mogok maupun kendala di jalan.


Tips Perawatan Motor Agar Masa Pasca Liburan Makin Gahar


Nah, ini hal-hal yang harus kita ketahui tips merawat motor agar setiap komponen-komponen penting pada motor tetap terjaga. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Cek Tekanan Udara dan Kondisi Ban Motor

Cek 7 Komponen Motormu! Agar Terawat di Masa Liburan.

Yap, tekanan udara pada ban perlu diperhatikan, kalau terasa kempes di perjalanan, laju motor akan goyang tidak seimbang akibatnya akan celaka. Makanya sebelum pergi jauh, tekan-tekan dulu bagian ban. Jika keras normal kita bisa melanjutkan perjalanan. Sebaliknya jika ban terasa lembek, segera cari tukang pompa ban atau bisa pakai pompa manual.


Selain itu perhatikan keseluruhan ban agar berkendara aman dan nyaman saat perjalanan jauh. Coba cek bagian luar ban motor, apakah ban mulus atau ada keretakan? Pastikan jangan ada alur yang tipis, tekstur ban bergelombang, tekanan udara sedikit, bahkan sobekan ban. Duh jangan sampai, ngeri deh!

Ban seperti itu harus segera ditambal bahkan harus diganti jika sudah tidak layak pakai agar tidak membahayakan diri. Pastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban. Cek di mesin ukur tekanan udara. Jika terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya segera mengganti dengan ban baru.

Tidak perlu bingung mau ban biasa atau tubeless, kalian bisa ganti ban di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan berbagai jenis, merek, ukuran ban yang bisa disesuaikan dengan motor. Kalau aku biasa pakai ban tubeless FDR ukuran 80/90. Kelebihan ban ini minim kebocoran yang fatal dan tak perlu ganti ban dalam.

2. Cek Kondisi Rem

Setelah ban motor, cek kondisi rem depan dan belakang ya! Ini penting banget agar berkendara tetap aman jika akan berhenti mendadak. Jangan sampai gak pakem, apalagi kalau bertemu angkot yang suka sembarangan berhenti atau bahkan ketemu pengendara motor ugal-ugalan. Bisa-bisa ikutan nabrak karena cangkram rem sudah tak menggigit ban.

Jika tuas rem terasa tidak mengigit atau sudah terlalu dalam saat ditekan, artinya ini sudah waktunya mengganti kampas rem. Tanda keausan pada rem ini bisa diperiksa secara manual, lihat indikator penunjuk yang ada di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti.

Pada bagian rem cakram, kita bisa lihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem cakram, jika sudah tipis segera ganti agar perjalanan lancar, risiko bahaya selama perjalanan terhindarkan.

3. Mengganti Oli Mesin

Cek 7 Komponen Motormu! Agar Terawat di Masa Liburan.
Credit by: Planet Ban

Tips merawat motor musim liburan adalah mengganti oli mesin motor. Normalnya, motor perlu ganti oli baru setiap telah melakukan perjalanan total 2000 KM atau sebulan sekali jika sering melakukan perjalanan jauh namun kita bisa lakukan minimal 2-3 bulan sekali jika motor digunakan di sekitaran dekat-dekat rumah, pasar dan sekolah.


Saat mengganti oli, pastikan pilih oli yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Cek kandungan yang terdapat di dalam oli, seperti kandungan ester yang mampu menjaga level kepanasan mesin motor dengan baik. Manfaat kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Jika kalian sering bepergian jauh, oli motor dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Tapi banyak yang bilang harga oli ester itu agak mahal, padahal ada lho oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau yaitu Oli eksklusif X-Ten dari Planet Ban. Oli X-Ten mengandung ester yang menjaga kestabilan kondisi mesin motor meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 KM.

4. Cek CVT dan Rantai

Cek 7 Komponen Motormu! Agar Terawat di Masa Liburan.

Pengecekan dan perawatan motor masa liburan penting lainnya adalah pada komponen CVT untuk motor matic. Atau bagian rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Sistem penggerak ini berfungsi mentransfer tenaga pada sepeda motor ke roda.


Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan baik bisa menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan liburan atau buat antar  jemput sekolah pasca liburan, sebaiknya lakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor untuk menjaga performa optimal selama perjalanan.

5. Cek Kondisi Aki Motor

Sering ngadat saat menstater motor? Coba cek aki motor. Aki motor adalah komponen penting untuk menjaga daya listrik motor. Pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, rusak, maupun berkarat. Jika Anda menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Lakukan pengecekan aki secara berkala, agar bisa mengetahui kondisi aki apakah kondisi baik atau perlu diganti.

6. Cek Kondisi Busi

Selain aki motor, komponen yang perlu dilakukan pengecekan dan tidak boleh dilupakan masa liburan adalah cek kondisi busi. Jika busi motor terlihat kotor, perlu dibersihkan. Dan kalai busi sudah terlihat aus, harus diganti baru agar stater motor lancar.

Kondisi busi yang tidak bekerja optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja sempurna akibatnya dapat mengganggu proses pengapian pada sepeda motor akhirnya susah distater.

7. Cek Sistem Pendingin

Biasanya bagian sistem pendingin sering terlewat tidak dilakukan pengecekan karena letak komponen ini tidak terlihat mata secara langsung sehingga jarang terpantau. Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas mesin tidak mampu diredam dengan baik sehingga bisa terjadi overheat pada mesin tersebut.

Ingatkan pada petugas bengkel agar memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup agar mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

***

Itulah beberapa tips merawat motor semasa liburan dari Planet Ban dengan mengecek beberapa komponen motor agar menjadi pengingat bagi kita yang sering melakukan perjalanan. Kondisi motor dengan performa optimal, membuat perjalanan tanpa hambatan.

Jika Anda ingin melakukan pengecekan dan penggantian komponen spare part motor, bisa datang ke Toko Planet Ban. Di sana tersedia ban motor, spare part berkualitas lainnya seperti busi, aki, kampas rem, cairan pendingin, hingga pelayanan servis mesin yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor layaknya sepeda motor baru.

https://www.narasilia.com/2023/12/cek-7-komponen-motormu-agar-terawat

Sesuai slogannya "Service Rasa Mesin Baru", pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor, bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama

mekanik Planet Ban secara gratis. Penasaran? Coba kunjungi toko-toko tempat service motor Planet Ban terdekat pada jam operational 09.00-21.00 WIB!

Kalau belum sempat datang ke toko Planet Ban, kita bisa lakukan konsultasi online melalui Whatsapp Customer
Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban. Ini juga gratis!


12 komentar:

  1. Pas banget, anakku baru aja pulang dan langsung ke garasi
    Trus dia bawa sepeda motor ke Planet Ban
    Karena dia tau banget, ibunya gaptek soal sepeda motor D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe anak baik selalu mengerti dan inisiatif ini

      Hapus
  2. Emang penting banget untuk melakukan perawatan motor agar lebih aman dan lancar saat digunakan. Tempat service terbaiknya tentu di Planet Ban, biar bisa sudah service serasa dapat mesin baru terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jadi bisa nahan gak beli motor baru dulu ya, bisa hemat hehe

      Hapus
  3. Asyik nih sekarang ngecek kondisi motor bisa ke Planet ban, sekalian servis juga. Karena ternyata sekarang bukan cuma pusat ban saja ya, tapi retail servis motor juga. Usai servis motor di planet ban, siap meluncur deh buat liburan

    BalasHapus
  4. Ada jenis² oli yang harus diperhatikan saat servis dan ini gak boleh terlewatkan berarti ya kak Lia. Untungnya Planet Ban ini ada di mana² jadi bisa terjadwal secara berkala perawatan motornya

    BalasHapus
  5. Bagian-bagian itu adalah bagian yang selalu saya cek saat mau ke luar kota. Biasanya kalau ke bengkel langsung bilang cek semua. Btw, saya pernah service di Planet Ban, orangnya ramah banget, terus sebelum dieksekusi kita bisa dapat info harganya. Jadi ga perlu panik dan ga perlu takut mahal.

    BalasHapus
  6. Penting banget nih dalam perawatan motor untuk memperhatikan 7 komponen diatas ya. Aku kadang ada yang terlupa seperti mengganti oli mesin

    BalasHapus
  7. Pengecekan motor begini memang penting banget. Repot? Nggaklah. Kan demi kenyamanan dan keselamatan kita (dan pengguna jalan lainnya) juga.

    BalasHapus
  8. Yes setuju dengan cek dan ricek kendaraan kita jadi bikin tenang saat berkendara

    BalasHapus
  9. Semasa liburan begini suka khawatir sama kendaraan kalau minim servis yaa..
    Tapi sejak kenal sama Planet Ban, jadi tenang. Soalnya bisa konsultasi gratis juga nih via whatsapp. Kece beuutt~

    BalasHapus
  10. wah urusan cek ricek aku serahkan pada suamiku,,...wkkk aku tinggal pake aja...tapi sejak kejadian motor bocor...minimal cek ban motor kempes atau nggak seh aku bisa. kalau servis motor bagusnya memang ke profesional langsung seperti servis di planet ban. pernah ini aku servis di tempat biasa rupanya tangki bensin aku penuh barang2 (nggak ketahuan sama tukang servisnya ,dimasukin anakku) yang bikin motor suka mendadak mogok

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge