NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

21.2.23

Manfaat Berikan Probiotik Sejak Bayi Lahir, Ini Alasannya!

Probiotik drops aman untuk Bayi Lahir

Andaikan dulu sudah tahu manfaat berikan probiotik sejak bayi pertamaku lahir, kayanya si kakak enggak bakalan sakit-sakitan. Dia tuh sering banget bolak balik rumah sakit. Pernah kena disentri, diare, bronchitis. Penyakit langganan bayi dan anak kecil gitu kan. Kata dokter pencernaannya terganggu, apalagi jika ada keturunan alergi, jadi mudah kena demam, batuk pilek, infeksi saluran pernapasan, dan masalah perut.

Kalau sudah batuk, dia harus dibantu uap nebulizer. Padahal aku tuh sudah merasa oke dalam memberikan ASI dan MPASI hingga dua tahun penuh, ditambah madu. Tapi ya tetap saja kecolongan. Kebayang kan, sejak bayi merangkak, belajar berjalan, ada aja barang yang dipegang dimasukin ke mulut. Ditambah rumah masih kurang layak, lingkungan ramai, ventilasi kurang, dan kami mewarisi genetik alergi.

Ya, aku memang khilaf, rupanya probiotik itu juga penting. Dia adalah bakteri baik yang aman dan diperlukan dalam tubuh agar pencernaan lebih sehat, menstimulasi produksi antibodi, mencegah alergi, anti patogen dan racun, meningkatkan daya tahan tubuh, melawan bakteri jahat, mencegah anak kembung, mual, gumoh, kolik, sembelit, alergi, eksim, dermatitis, dan sakit-sakitan. Yah, beginilah tantangan yang harus siap dihadapi para orangtua


Mengenal Sumber Probiotik dan Prebiotik Sebagai Makanannya


Daripada menyesal, lebih baik sekarang mencegah daripada mengobati. Sudah ada pengalaman masa lalu, sekarang tinggal jalani tips dan trik agar kesehatan pencernaan anak sehat.

Jadi, probiotik itu sangat baik diberikan pada bayi dan anak sejak dini karena lebih aman dibanding madu. Probiotik ini tidak ada efek samping. Tapi sayangnya, sumber probiotik alami itu lebih banyak ditemukan pada makanan yang terfermentasi, terasa asam dan tidak cocok untuk MPASI. Seperti:

• yogurt,
• kimchi,
• kombucha,
• kefir,
• acar,
• asinan.

Ya kan, apa iya kita mau kasih begituan pada bayi dan anak-anak? Eh tapi tunggu, ada nih makanan sumber probiotik yang cocok buat bayi dan anak seperti tempe, keju, roti, pisang, susu pertumbuhan. Dan tentunya dalam takaran yang tidak berlebihan.

Berikan makanan pendamping mulai usia 6 bulan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Jangan coba-coba memaksa ngasih makan pisang pada bayi baru lahir dengan alasan kasihan. Memangnya mau kena masalah seperti berita viral itu? Bayi meninggal tersedak pisang atau setelah diberikan jamu, aduh please, gak mau lah..

Daripada bingung, kita bisa kok berikan probiotik yang praktis, yaitu Interlac Probiotik drops yang aman untuk bayi. Tersedia dalam bentuk drop cair untuk bayi usia 0-2 tahun dan Interlac Probiotik tablet kunyah untuk anak usia 2 tahun hingga orang dewasa dan lansia. Cukup berikan 1x sehari sebanyak 5 tetes atau 1 tablet kunyah.

Probiotik drops aman untuk Bayi

Oya, perlu kamu tahu, supaya kinerja probiotik ini lebih optimal, jangan lupa berikan dia makan, yaitu prebiotik sebagai makanan utamanya supaya hidup sempurna dalam usus dan membantu kerja pencernaan. Iya, si Probiotik ini butuh makan, berasal dari si prebiotik. Jangan kebalik ya!

Apa aja sumber prebiotik itu? Prebiotik ini bisa kita dapatkan pada: 

  • karbohidrat: oligosakarida fructooligosaccharide (FOS), serealia, seperti dedak gandum (wheat bran), oat, barley, 
  • biji coklat, 
  • flaxseed
  • kacang-kacangan, kacang pistachio, kacang almond, kacang merah, 
  • buah semangka, apel, pisang, 
  • rumput laut, 
  • sayur-sayuran
  • asparagus, 
  • bawang bombay, dan bawang putih.
Semua sumber bahan makanannya ini cocok banget yaa kalau kita bikin MPASI, misalkan  bubur oat tempe kacang merah, ditambah asparagus dan bawang putih, wah jadi makanan sumber Sinbiotik (Eubiotik) nih, jadi kombinasi probiotik dan prebiotik yang rasanya lezat dan bikin sehat. Ditambah beberapa tetes Interlac probiotic drops aman untuk bayi, makin cihuy nambah deh imunitas tubuh.

Manfaat pemberian probiotik sejak bayi lahir maka anak tumbuh semakin sehat, otomatis kecerdasannya juga meningkat. Sel-sel tubuh dan otaknya berkembang pesat tanpa hambatan. Tidak terhambat diare, sembelit, penyakit. Bikin hati mama papa senang karena kehidupan 1000 hari pertama anak-anak sukses. Siapa yang gak mau?


Ciri-Ciri Interlac Probiotik Asli Yang Aman dan Sudah Memenuhi Syarat WHO


Bicara mengenai probiotik, ingat ya tidak semua probiotik anak dan probiotik untuk bayi itu jenis dan jumlahnya sesuai standar WHO. Bahkan kita harus hati-hati dengan produk palsu. Iya, bahkan produk BioGaia asal Swedia ini sudah ada yang dipalsukan. Waspadalah..!

Kita harus jeli bisa memilih Interlac drop asli, jangan pilih Interlac drop palsu. Pilih produk yang asli, jelas teruji klinis, resmi terdaftar pada BPOM bernomor POM SI114602931, tidak mengandung polietilen glikol, propilen glikol, sorbitol, gliserin/gliserol, dan tentunya aman dari cairan pelarut EG DEG.

Ingat yaa, pastikan belinya di Interbat Official Store e-commerce langganan kamu, atau secara offline di baby shop, viva health, Watsons, Guardian dan apotek terpercaya. Kalau aku beli di sini: https://linktr.ee/interlacprobiotics

Probiotik drops aman untuk Bayi

Interlac probiotik mengandung
Lactobacillus reuteri DSM 17398 dengan ciri-ciri asli sebagai berikut:

  • Jika diteteskan cairannya tidak meleber, terlihat berwarna putih probiotik, sedangkan yang palsu agak bening cair seperti minyak
  • Ukuran botol Interlac Probiotik drops asli lebih tinggi dibanding yang palsu
  • Ujung pipet drops lebih menonjol keluar
  • Tutup ulir bagian dalam lebih melebar, sedangkan yang palsu melebar
Simpan Interlac drops dengan baik. Hindari dari sinar matahari langsung. Dan jika kemasannya sudah dibuka, alangkah baiknya simpan di kulkas dan segera dikonsumsi dalam waktu maksimal 3 bulan setelah kemasan dibuka. 

Yuk, berikan Interlac probiotik drops aman untuk bayi dan anggota keluarga agar agar saluran cerna sehat, daya tahan meningkat, tidak gampang sakit dan tidak mudah alergi lagi. Jangan lupa tetap konsultasi pada dokter anak demi kesehatan bersama. Salam sehat!


24 komentar:

  1. Super duper penting bangettt probiotik ini.
    Sangat berfaedah utk tumbuh kembang anak yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Probiotik itu penting buat bayi ya, karena kesehatan pencernaan itu penting banget untuk menunjang tumbuh kembang anak.
    Pakai interlac drops itu udah paling pas deh, dulu anak kedua saya juga pakai interlac drop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih banyak sharingnya kak

      Hapus
  3. Penting ya kak memberikan prebiotik sejak baby pastinya spya pencernaan terjaga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak penting banget deh sesuai saran dokter

      Hapus
  4. ternyata probiotik aman untuk bayi ya?
    Terlebih kemasannya drops, memudahkan ortu memberikan ke bayi/anaknya
    juga lebih aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemasan drop ini paling praktis buat bayi

      Hapus
  5. Iya Mbak bener sekali terkadang dari makanan dan ASI yang sudah diberikan belum mencukupi ya, Mbak. Jadi perlu tambahan dari itu semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, kadang ASI juga ditentukan kualitasnya dari ibu. Perlu tambahan juga dari sumber makanan dan probiotik

      Hapus
  6. Bisa ya ternyata memberikan probiotik pada bayi. Biar gak gampang sakit. Secara bayi kan masih rentan dan mudah kena sakit. Orang tua perlu sedia di rumah nih

    BalasHapus
  7. kalau urusan kesehatan memang nomor satu ya kak untuk si kecil jangan sembarangan, sebisa mungkin berikan vitamin yang terbaik, contohnya dengan probiotik interlac drops ini

    BalasHapus
  8. Manfaat probiotik ini harus diperhatikan agar tepat asupannya untuk si kecil ya. Serta menjaga kemasannya tetap baik.

    BalasHapus
  9. menjaga kesehatan percernaan memang penting banget yaa, apalagi buat bayi dan anak-anak. syukurlah sekarang sudah ada interlac yang aman untuk bayi dan anak

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, kini ada Interlac Drops yang bantu atasi masalah saluran cerna pada bayi sehingga orangtua bisa bernapas lega karena kandungan produknya aman dan memang dibutuhkan yakni kandungan probiotik.

    BalasHapus
  11. aku dulu masih menggunakan cara tradisional jika bayiku susah buang air besar. yaitu diurut pake centong nasi. Tapi ditegur sama dokter karena khawatir terlalu ditekan padahal perut bayi masih lembek. Akhirnya pake obat ini deh

    BalasHapus
  12. Sepenting itu ya kak Probiotik untuk anak. Aku selama ini cuma ngandalkan imunisasi aja dari anakku masih bayi. Apakah itu juga cukup? Anakku sekarang udah 2 tahun lebih. Perlu dikasih probiotik juga nggak ya kekira? Kayak interlac misalkan.

    BalasHapus
  13. Ya ampun baru tahu interlac jg ada yg memalsukan. Sungguh tega banget.. Secara ya harganya emang lumayan tapi sebanding banget sama khasiatnya.

    BalasHapus
  14. Aku juga Mba, baru tau ada Interlac pas anak kedua, padahal anak pertama seriiiing banget sembelit, pas anak kedua langsung aku kasih Interlac saat dl pernah sembelit, dan aku br tahu juga ya, ternyata probiotik ini penting banget di 1000 HPK, kirain ya asal terpenuhi aja gitu, hihi, alhamdulillah jadi tahu nih

    BalasHapus
  15. Makasih infonya, Mbak. Jadi makin yakin kalau Interlac aman buat bayi. Soalnya kan rada takut ngasih apa-apa ke bayi yang masih rentan. Tapi kok ya butuh, biar masalah cerna bisa diatasi.

    BalasHapus
  16. Perlu edukasi untuk membedakan Interlac palsu dan asli ya, Mbak. Pastikan belinya di official store biar terjamin keasliannya.

    BalasHapus
  17. Wah, makasih banget ya infonnya, beneran buat wawasan seorang ibu jadi tahu akan pentingnya probiotic untuk anak sejak bayi ya

    BalasHapus
  18. banyak manfaat probiotik ini ya mba, apalagi kalau rutin diberikan sejak bayi. merawat usus dan saluran pencernaan lainnya juga

    BalasHapus
  19. Aku juga baru tau mba kalau probiotik itu sepenting itu untuk anak di masa-masa emasnya. Btw, itu rumput laut termasuk juga ya sumber makanan mengandung probiotik, jadi auto ngiler 😂

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge