Simple, Begini Cara Hidup Berkelanjutan Bikin Indonesia Lestari

https://www.narasilia.com/2022/09/simple-begini-cara-hidup-berkelanjutan.html


Meski cuma punya lahan sempit, aku dan suami lagi senang mencoba menanam berbagai pohon buah jambu, tomat, alpukat, mangga, anggur dan sayur daun pepaya jepang di samping rumah. Apalagi suami, dia belajar langsung sama ahlinya. Niat kami untuk menciptakan lingkungan sehat dan ketahanan pangan di rumah.

Hal ini ternyata sesuai dengan visi misi Danone Indonesia yang disampaikan dalam keseruan acara #DanoneCommunityEngagementDay2022 #KIAT2022. Di sini bapak Budi Raharjo (Agriculture Manager Danone Indonesia) memberikan penjelasan penerapan keberlangsungan hidup yang simple untuk Indonesia Lestari.

Ada 4 hal yang mudah dilakukan yaitu:
• Grow your own food
• Kelola sampah di tempat tinggalmu
• Ajak dan edukasi generasi muda untuk turun langsung mencintai lingkungan seperti tulisan penulis Balikpapan yang menceritakan ajakan generasi muda untuk mencintai hutan.
• Dan memanfaatkan curahan air hujan yang ditampung

Ibu Anni Wahyuni (Downstream Packaging Manager Danone Indonesia) juga menyampaikan ambisi Aqua menerapkan ekonomi sirkular yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat. Apalagi Aqua sudah diakui adalah satu-satunya perusahaan minuman yang menggunakan bahan daur ulang hingga 25%

Tak lupa kami juga diberikan pengayaan #KIATMembuatKonten bagaimana cara membuat konten yang menarik bersama Gerald Vincent sang konten kreator. Beliau menyampaikan buatlah sesuatu yang mempunyai value, nilai baik, sehingga mereka menjadi lebih baik. Jangan mengejar view dan like hanya karena ingin viral tapi tidak ada manfaatnya.

Senang banget deh 2 jam sore itu, kami pun diajak bermain kuiz dan banyak hadiah menanti. Yap, awal September kemarin, Danone Indonesia mengadakan program Danone Community Engagement Day 2022 yang bertajuk KIAT (Kelas Intensif Membuat Konten).

Acara kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dalam pembuatan konten terkait isu keberlanjutan lingkungan & masyarakat. Kegiatan yang Mengusung tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari”. Program yang dilaksanakan secara virtual ini ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan edukasi tentang isu keberlanjutan yang masih menjadi masalah penting bagi masyarakat. 

Danone Indonesia yang memiliki komitmen ganda dalam menjalankan bisnis yang sejalan dengan kemajuan lingkungan dan sosial, memiliki fokus yang sejalan dengan implementasi target Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah dalam aspek keberlanjutan. 

Dengan upaya untuk mengedukasi masyarakat melalui pesan dan konten yang membahas mengenai keberlanjutan lingkungan dan sosial melalui para konten kreator, menggandeng para blogger dan vlogger yang tergabung dalam Danone Blogger Academy sejak tahun 2017, Danone Vlogger Academy di tahun 2019 serta Danone Digital Academy di 2021. 

https://www.narasilia.com/2022/09/simple-begini-cara-hidup-berkelanjutan.html

Harapannya akan terus bisa melanjutkan program edukasi ini sehingga pemahaman masyarakat akan isu kesehatan dan lingkungan akan terus terbangun dalam kehidupan sehari-hari. Konten kreator sangatlah penting untuk menjangkau publik secara luas melalui distribusi konten yang menarik, kreatif dan relevan dengan audiens.

Program kegiatan KIAT 2022 ini dibagi menjadi dua sesi yang diawali dengan sesi pertama diisi oleh Danone representatif diantaranya:
• Budi Rahardjo sebagai Agriculture Manager Danone Indonesia yang membahas program sustainability Danone Indonesia khususnya tentang Regenerative Agriculture, 

• Annie Wahyuni sebagai Downstream Packaging Manager Danone Indonesia yang memperkenalkan tentang program Circular Packaging beserta tips penerapan hidup yang berkelanjutan. 

• Gerald Vincent sebagai content creator yang membahas tentang cara membuat konten edukasi yang bertutur dan strategi untuk mendapatkan engagement yang baik dalam media sosial.

Seperti yang sudah kusinggung dinatas, bapak Budi Rahardjo - Agriculture Manager Danone Indonesia menjelaskan “Karena populasi dunia terus bertambah, lebih banyak upaya dan inovasi akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan, memperbaiki rantai pasokan global, mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan, dan memastikan bahwa semua yang menderita kelaparan dan kekurangan gizi memiliki akses terhadap makanan bergizi. Melalui penerapan pertanian berkelanjutan tersebut kita dapat melakukan transformasi dan menjaga food system atau rantai makanan dengan baik sehingga angka kelaparan tersebut dan akses nutrisi bagi masyarakat luas dapat terpenuhi. Tentunya implementasi ini dapat tercipta dengan dukungan segala pihak khususnya melalui pemahaman masyarakat luas.”

Sedangkan ibu Annie Wahyuni - Downstream Packaging Manager Danone Indonesia menambahkan “Dalam menjaga kesehatan masyarakat, dibutuhkan fokus dari segala aspek yakni tidak hanya akan bahan pangan masyarakat namun juga aspek kemasan yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen.
 
https://www.narasilia.com/2022/09/simple-begini-cara-hidup-berkelanjutan.html

Kemasan memiliki peran yang diperlukan untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk kami dan memungkinkan mereka untuk disimpan, diangkut, dan digunakan dengan aman. Sejalan dengan hal ini Danone bekerja untuk mendukung pergeseran sistemik dari linear ke ekonomi sirkular untuk kemasannya. Danone juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan ekonomi sirkular melalui gerakan #BijakBerplastik yang dijalankan sejak 2018.”

Selain memberikan pengetahuan akan isu-isu keberlanjutan, program KIAT ini juga berfokus untuk meningkatkan kemampuan peserta untuk membuat konten edukatif yang menarik dan disukai oleh banyak orang di digital. Gerald Vincent - Content Creator menjelaskan “Konten yang baik dan digemari oleh masyarakat adalah konten yang memiliki nilai di kalangan audiens. Adapun nilai tersebut bisa dibentuk dari seorang konten dengan beberapa aspek seperti bagaimana kita bisa menilai konten tersebut layak untuk dibagikan, bagaimana kita terlihat bersemangat dalam menyampaikannya hingga bagaimana kita menyukai materi atau topik yang kita bagikan. Tentunya isu seputar keberlanjutan lingkungan dan masyarakat ini topik yang penting bagi kita semua dan memiliki nilai yang tinggi untuk dibagikan. Seperti blog milik Travel blogger Balikpapan.

https://www.narasilia.com/2022/09/simple-begini-cara-hidup-berkelanjutan.html

Selain sesi edukasi secara virtual, program ini juga mengadakan lomba membuat konten di Instagram yang bertajuk #ADayInMyLife versi penerapan hidup berkelanjutan di kanal Instagram masing-masing Blogger dan Vloggers serta adanya kuis dengan hadiah-hadiah yang menarik yang bisa dimenangkan oleh para peserta.


35 komentar:

  1. Bener banget, sekarang dunia digital itu sangat penting untuk masyarakat karena hampir semua pekerjaan beralih ke ranah ini. Namun, dalam penggunaannya harus bijak agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Sehingga membutuhkan literasi digital tentang kesehatan dan lingkungan secara digital. Mantep ini Danone programnya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah setuju banget kak, penting dan bijak bersosmed biar manfaatnya lebih banyak

      Hapus
  2. Lewat konten entah itu di medsos maupun blog jadi sarana sosialisasi yang cukup cepat ya buat ke masyarakat.
    Yuk, kita dukung juga dengan konten positif jaga lingkungan. Sebarkan yang baik dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke siap kakak, setuju deh sama kamu

      Hapus
  3. Beberapa film sudah kasih liat betapa seremnya pertambahan populasi dan menipisnya SDA, terakhir ada satu drakor yang kasih liat krisis air sampe-sampe air aja dijatah pake mesin khusus bak mesin atm. Nah peran konten kreator dalam menyuarakan isu-isu lingkungan sangat berperan penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh jangan sampe deh di Indonesia begitu

      Hapus
  4. Benar banget nih sbg conten creator harus membuat konten yg mempunyai manfaat untuk orang lain dgn menyampaikan yg mudah di mengerti agar nanti mereka menyadar akan penting menjaga lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kita termasuk konten kreator blogger yang bermanfaat ya kak

      Hapus
  5. Edukasi melalui dunia digital memang dipastikan jangkauannya akan lebih luas. Palagi konten yang isinya kreatif dan edukatif sudah pasti banyak disukai.
    Semoga dengan banyaknya konten edukatif terlebih mengenai lingkungan akan berdampak posifit dari waktu ke waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semakin banyak yang bervisi memberikan manfaat baik dengan cara yang baik

      Hapus
  6. Materi yang dibawakan dalam acara KIAT ini bagus sekali, jadi tahu bagaimana membuat konten dan cara peduli dengan lingkungan. Yuk, buang sampah dan habisin makanan yang mita makan biar enggak tersisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju kak, bagus alhamdulillah

      Hapus
  7. Sedih sekali aku ketinggalan acara sebagus ini. Soalnya aku lagi belajar untuk hidup minim sampah. Pasti seru kalau ketemu orang2 yg sevisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa kak, keren nih kakak udah mulai hidup minim sampah

      Hapus
  8. Lingkungan dan kesehatan memang bisa saling berkait. Katanya banyak penyakit bermunculan karena lingkungan sudah rusak. Semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dengan hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga mulai dari kita bisa memperbaiki dan melestarikan kembali ya kak

      Hapus
  9. Iya ya Mba, salah satu aksi nyata yang bisa dan harus kita biasakan untuk menjaga lingkungan kita yaitu mengelola dan memilah sampah kita, ditambah kalau kita punya lahan untuk bisa menanam bahan-bahan makanan gitu, entah cabai, sayur-sayuran atau buah-buahan gitu ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, sedapat mungkin mulai dari rumah dan dari diri sendiri

      Hapus
  10. Semuanya bisa berawal dari diri sendiri dan rumah ya mba, hal sederhana seperti menanam, membuat kompos, memilih sampah, membaca buku dan memberitahu anak, lambat laun semuanya lancar bisa berkelanjutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren, setuju banget, thanks sahringnya ya kak

      Hapus
  11. senang banget semakin banyak webinar dan tulisan tentang hidup berkelanjutan
    terlebih Danone yang punya slogan 'One Planet One Health'
    sehingga kita boleh instagram akan keberlanjutan planet bumi

    BalasHapus
  12. Indonesia lestari?semoga generasi terus menjaga dan melestarikan ekosistem alam

    BalasHapus
  13. Asik banget nih kak acaranya. Dapat banyak informasi edukatif ya. Terutama dalam membuat Content Edukatif dari pakarnya Gerald Vincent

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, senang banget ikut acara ini

      Hapus
  14. Bener nih y mba lewat tulisan , video kita sudah bisa mengedukasi rentamg sadarnya memelihara lingkungan ... Mulai saat ini dari rumahpun bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak cara untuk mengajak orang memelihara lingkungan ya

      Hapus
  15. Sama mbak saya pun di rumah bertanam daun pepaya Jepang dan beberapa jenis herbal dan Alhamdulillah manfaat bukan hanya buat keluarga tapi juga orang sekitar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bener kak, alhamdulillah tetangga juga suka minta

      Hapus
  16. Keenam tipsnya memang benar ta Mba, untuk membuat konten edukatif tentang lingkungan memang harus menarik dan inspiratif. Menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari lingkup terkecil yaitu diri sendiri dan keluarga tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih supportnya ya

      Hapus
  17. wah keren ya, Aqua ini sudah produk air mineral terdepan dan masih punya beragam inovasi untuk menyelamatkan alam dan lingkungan.

    BalasHapus
  18. masalah sampah memang menjadi masalah kita semua yaa. Sayangnya masih banyak yang belum sadar akan pentingnya memilah sampah, hiks

    BalasHapus
  19. semangat terus nulisnya ya kak :D

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤