7 Ide Bisnis Jasa Online Tanpa Modal Dari Rumah

Aku suka mikir, enak banget ya anak jaman sekarang hidup di era maraknya internet. Segala macam informasi dan belanja lengkap ada dilihat melalui online internet, bahkan kalau mau mencari uang juga bisa melalui bisnis jasa online.

Ide Bisnis Jasa Online Tanpa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

Eits, kita sebagai ibu rumah tangga jangan mau ketinggalan. Bisa juga lho sambil mengembangkan diri meraup rupiah menggunakan media online. Bukan cuma jualan produk di onlineshop saja.

Yap, bisnis online itu bukan sekedar jualan barang, terima order, ngecek saldo, bungkus, melakban, kirim ke JNE saja. Tetapi kita juga bisa jual jasa di internet buaaanyak sekali cara bisa kerja menggunakan internet. Jual jasa aja. Kalo kata orang jamannya kerja cerdas bukan lagi kerja keras.

Enaknya, kita tinggal duduk manis di belakang laptop, sedia kopi dan cemilan. Kalau ibu-ibu seperti aku, bisa sambil masak, nyuci, nyuapin Selma, menemani Shidqi belajar, atau sambil ngobrol sama suami tersayang. Kalau pun di luar rumah, setidaknya kantor bisa pindah di mana saja, kantornya ada di gadget.

Jadi jasa online apa saja yang cocok buat ibu rumah tangga macam kita? Berikut ulasannya:

1. Menulis Blog


Awalnya menyangka nulis di blog itu hanya sekedar curhat dan cerita-cerita biasa. Ternyata diluar dugaanku. Seringnya aku menghadiri undangan yang sering ditawarkan Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) membuatku menjadi melek internet.

Aku banyak belajar dari teman-teman di sini, sering blogwalking, sekedar ikut membaca dan berkomentar, terutama ke blog Dianrestuagustina.com. Tetapi malah membawa oleh-oleh yaitu ilmu dan praktek. Aku mempelajari gaya tulisan, bentuk template blog-nya, memperhatikan banner-bannernya, dan semuanya kutelusuri satu persatu.

Blog yang berisi tulisan original, bukan copy paste, unik dan banyak pembacanya, maka banyak perusahaan besar yang menghire kita untuk mempromosikan produknya melalui review, seperti temanku yang rajin banget menulis blog, sering dapat job review produk maupun asuransi.

Kalau boleh jujur, sekali menulis kita bisa dibayar mulai seratus ribu hingga jutaan rupiah. Bayangkan, jika kalian punya lima blog dikali ratusan ribu, hasilnya saldo rekeningmu akan banyak terisi. Belum lagi kalau menang lomba blog, wah kebayang dong!

Untuk memulainya kalian bisa bikin minimal 5 tulisan original alias karangan sendiri di blogger maupun wordpress, bisa juga menulis lepas di Kumparan, Kompasiana, dan sebagainya. Dan mulailah bergabung dengan beberapa komunitas blogger yang sering mengajak kita untuk mengerjakan tugas berbayar.

2. Endorse review produk


Ide Bisnis Jasa Online Tanpa Modal endorse

Hampir semua kalangan mulai memanfaatkan instagram, tiktok, twitter, dan facebook untuk meraup rupiah. Bukan tanpa alasan, memang kenyataannya semakin banyak perusahaan memerlukan nano influencer yang dapat mempengaruhi followernya untuk memakai produk yang direview.


Tak perlu menjadi artis dulu kok, bahkan ibu-ibu muda pun bisa ikutan mendaftar untuk ikut mereview produk sesuai dengan minatnya. Kamu bisa daftar di beberapa aplikasi campaigne influencer seperti Lemon, Sosiobuzz, Clozette, dan sebagainya.


3.  Afiliasi E-commerce


Tugas afiliator e-commerce ini adalah menyebarkan beberapa link belanja di Shopee atau Tokopedia. Biasanya produk yang sering diminati yang sedang diskon maupun promo. Jika ada yang meng-klik dan belanja dari link tersebut, maka kamu pun bisa mendapatkan komisi.

Jadi gunakanlah akun e-commerce kamu untuk berbagai kemudahan mendapat keuntungan, bukan untuk jualan saja, menyebar link saja kamu sudah bisa untung. Bisa bisnis online sambil rebahan? Why not..

4. Dropship


Sistem kerja dropship ini, kamu menjualan produk di marketplace atau situs e-commerce tetapi tidak perlu menyimpan produk di rumah dan mengirim sendiri ke konsumen. Cukup hubungi pemasok barang yang bekerja sama denganmu dan mereka-lah yang akan mengirimnya langsung ke alamat pembeli tersebut.

Dropshipper bisa dikatakan sebagai salesman. Cuma mempromosikan, menggaet pembeli, tak perlu modal banyak. Gajinya alias keuntungan penjualan bisa kita atur sendiri. Semakin rajin promosi, semakin banyak pelanggan, semakin banyak pula uang yang didapat.

Kalian bisa temukan platform dropship ini di Dusdusan, Mokkaya, Mastercash, Dropshipaja, Shopee, TanahAbang.com, dan lainnya.

5. Membuat Kursus Online


Jika kalian berjiwa akademis yang ingin membagikan ilmunya, alangkah baiknya bergabung bersama platform pendidikan seperti RuangGuru, KelasKita, Gotraning, dan sebagainya. Kalau perlu buatlah konten menarik sesuai bidang akademi yang kamu miliki, kemudian buatlah kursus berbayar.

6. Menulis Novel Online


Bagi kamu yang suka menulis cerita dan ingin membuat novel dibayar setiap bulannya, tidak ada salahnya tulislah di platform dan aplikasi novel seperti Karyakarsa, Joylada, Noveltoon, Wattpad, Storial, Novelme, dan lainnya. Menulis jadi makin bermakna, banyak pembaca, dan semakin banyak penghasilan yang didapat

7. Menjual Karya Foto


Ide Bisnis Jasa Online Tanpa Modal bidang Photography

Suka memotret tapi sering memenuhi memory, tidak tahu harus diapakan? Jangan khawatir, daripada dihapus tidak ada gunanya, sebaiknya kamu bergabung di Shutterstock. Upload berbagai foto yang bagus, cantumkan deskripsi tema foto tersebut dan berikan nilai harga jual.


Foto kita tidak dijual eksklusif, jadi bisa dipakai dan dijual berkali-kali. Tetapi alangkah baiknya upload dengan gaya berbeda sebanyak-banyaknya, sehingga calon konsumen bisa memilih sesuai sudut pandang yang mereka suka.

Selain Shutterstock, ada beberapa situs online tempat menjual foto original karya kita antara lain Istockphoto, Dreamstime, Bigstockphoto, Demandmedia, dan lain sebagainya.

Banyak juga kan? Tanpa harus memikirkan modal untuk membeli produk jualan, kita bisa meraup rupiah bahkan dollar hanya menggunakan tenaga dan pikiran kita semata. Tetap semangat mencoba dan jangan putus asa.

So, kira-kira ide bisnis jasa online apa lagi yang mudah, tanpa modal banyak, dan cocok untuk ibu rumah tangga? Boleh komentar dibawah ya!


Tidak ada komentar

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤