Contoh Permainan Usia PAUD Anak Generasi Maju Bersama Bunda Selama Di Rumah aja

Si Kecil belum bisa sekolah TK karena PSBB saat pandemi. Yuk, kita buat suasana sekolah sambil bermain dan belajar walau di rumah aja


Hai ayah bunda. Anak bungsuku harusnya masuk TK A, namun apa daya, pemerintah masih melarang sekolah dibuka selama program PSBB berlangsung. Ada yang bernasib sama?

Lalu apa yang harus kita lakukan? Duh, jujur ya, ini jadi tantangan banget. Takut kehabisan ide dan gak sabaran, karena mau tidak mau kita harus bisa menjadi guru sekaligus teman baginya selama di rumah aja, seiring pekerjaan dapur dan cucian pun harus dikerjakan.

Fiuhh.. oke tenang. Sebagai Mombassador SGM Eksplor aku tak boleh kehilangan semangat demi mendukung Anak Generasi Maju. Beruntung di website Generasi Maju ada banyak ide permainan yang bisa dilakukan bersama bunda dan si kecil. 

Kegiatan anak ini bermanfaat menstimulasi 5 Potensi Prestasi: berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, percaya diri, mandiri, dan supel.

Nah, supaya gak kehabisan ide, di dalam website https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda/ ini, kita bisa memilih aktivitas belajar dan bermain yang menyenangkan sesuai kelompok usia 1-3 tahun dan 3-5 tahun.

Ayah dan bunda bisa melihat langsung tutorialnya di dalam tayangan video berikut ada penjelasan manfaatnya yang dijabarkan oleh pakarnya. Berdurasi sekitar 5 menit yang cukup singkat dan padat.


Contoh Permainan Usia 1-3 Tahun.


Permainan ini manfaatnya dapat membantu perkembangan motorik kasar, mengasah koordinasi gerakan & keseimbangan, menstimulasi otak, mendorong sifat tanggung jawab dan kemandiriannya. Serta membuat bounding orangtua dan anak semakin erat.

Contohnya:

• Mengenalkan anggota tubuh menggunakan media buku, boneka, bahkan bisa menggambar tangan dan jari si kecil di atas kertas.

Contoh Permainan Anak Generasi Maju Bersama Bunda Selama Di Rumah aja



• Melatih konsentrasi dengan menyusun balok dan merubuhkannya.

• Bergerak mengikuti lagu dan musik

Contoh Permainan Anak Generasi Maju Bersama Bunda Selama Di Rumah aja



• Berlatih meminta bantuan dalam menyusun puzzle atau jalur mobil-mobilan

• Membuat kado ulang tahun

• Membuat gambar berpasangan sambil belajar matematis

• Melatih kemandirian membereskan mainan sendiri


Contoh Permainan Usia 3-5 tahun.


Anak dengan usia mulai 3-5 tahun sudah bisa diajak beraktivitas membuat kerajinan tangan, bermain permainan tradisional, melakukan ketangkasan motorik, mengasah kecerdasan visual dan melatih kemampuan kinestetik jasmani.

Contoh Permainan Anak TK Selama Di Rumah aja



Contohnya:

• Membuat kreasi alat musik kazoo, potret keluarga, lonceng angin

• Bermain halang rintang menggunakan meja, kursi, atau kardus besar.

• Membuat patung berwarna

• Bermain engklek yang bermanfaat melatih keseimbangan tubuh dan matematis

• Bermain membuat kreasi permainan menggunakan karpet puzzle evamat.

[Baca: Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan]


Dukung Nutrisinya Dengan Asupan Yang Tepat.


Setelah bermain dan belajar, ada baiknya si kecil juga diberi snack lezat sebagai hadiah penyemangat, hitung-hitung sebagai latihan jam istirahat. Seru kan, seperti sekolah betulan?

Contoh Permainan Anak TK Selama Di Rumah aja



Bunda bisa sediakan snack puding buah atau makanan dan minuman yang mengandung nutrisi lengkap, termasuk di dalamnya ada susu SGM Eksplor Complinutri yang mengandung zat gizi lengkap seperti kalsium, vitamin C & D, serat pangan, minyak ikan, omega 3 & 6, zinc, dan vitamin mineral lainnya untuk membantu perkembangan fisik & kognitif anak-anak lebih optimal.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tumbub kembang dan nutrisinya, ayah bunda bisa juga berkunjung ke sosial medianya seperti di Instagram @akuanaksgm atau Facebook Aku Anak SGM. Selamat mencoba dan tetap semangat!



3 komentar:

  1. Masya Allah terus berkarya ya bunda cantik..kami menunggu artikel selanjutnya ya lov..lov..lov uuu

    BalasHapus
  2. Menjadi ibu pun sepakat banget kalau harus kreatif. Dan itu juga tetap harus didukung dengan pemenuhan gizi yang pas buat anak ya mba termausk minum susu

    BalasHapus
  3. Permainannya bisa aku contek nih buat anak anak di rumah. Sekarang lagi senang banget buku buku aktivitas si abang Pendar dan Bi lagi suka lego. Selain bermain, jangan lupa nutrisinya ya

    BalasHapus