Berkreasi Dengan Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju


Biasanya karpet sponge evamat itu dipakai untuk alas lantai saja. Ternyata bisa kita manfaatkan sebagai media bermain yang menakjubkan untuk anak Generasi Maju. Seperti apa? Yuk simak ceritaku..



Ada rasa sedih ya saat anak kita yang masih batita sering banget terpeleset jatuh ke lantai. Kalau bukan bokongnya yang sakit, kepalanya yang sering kali mendarat duluan. "Dug..!"

Langsung terbayang isi kepalanya, duh semoga tidak kenapa-kenapa. Jangan sampai kena syaraf kepala, kalau otaknya rusak? Amit-amit, naudzubillah. 

Buru-buru kutenangkan dia dan kuusap-usap kepalanya. "Maafin bunda ya nak, makanya jalannya hati-hati..!"

Mau marah tapi siapa yang salah? Menurut pakar pendidikan anak yang pernah kudengar saat ikut seminar Mombassador SGM Eksplor, kalau anak jatuh atau kejedot, jangan ucapkan: "Ini nih, lantainya nakal ya bikin adek jatuh".

Hayo siapa yang suka giniii? 😃

Kenapa tidak boleh? Karena hal itu akan membuat anak jadi tidak percaya diri, mudah menyalahkan orang lain, dan mudah menyerah. Sebaiknya, beri tahu apa adanya, dukung jiwanya agar tetap berani dan jika berjalan memang harus pelan-pelan supaya tidak gampang jatuh.

Solusinya sejak kejadian itu, akhirnya aku membeli karpet alas lantai puzzle yang terbuat dari sponge evamat. Bahannya yang empuk dapat meminimalisir kerasnya lantai. Jika si kecil terjatuh, lumayan lebih aman. Ya kan?

Alhamdulillah di toko online ada yang menjual karpet evamat yang bermotif jalan raya, Syadid suka banget, kan bisa buat jalur bermain mobil-mobilan di situ. Malah suka sampai ketiduran, hehe.

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju




Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan


Semakin besar, alhamdulillah si kecil sudah jarang terjatuh di lantai. Dan apakah karpet alas lantai itu tetap digunakan? Tentu saja, jika diperlukan kami akan menggelarnya untuk alas anti dingin di saat dia bermain atau berkreasi.

Karena bentuknya puzzle, ternyata karpet evamat ini bisa dikreasikan menjadi media bermain dan belajar yang seru. Antara lain:


1. Bermain Engklek


Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju


Permainan tradisional yang dikenal dengan nama Dampu atau Petak Gunung ini ternyata banyak manfaatnya untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Antara lain:
1. Melatih kemandirian dan rasa percaya diri dengan berani melompat dan melempar dadu
2. Merangsang berpikir kreatif sambil berhitung saat meniti kotak-kotak
3. Melatih keseimbangan tubuh dan koordinasi otak
4. Melatih motorik kasar
5. Tubuh akan tinggi dan kuat.

Bunda bisa membuat kotak-kotak engklek menggunakan alas evamat, ajak si kecil menyusunnya. Lalu ambil benda kecil seperti batu, tutup botol, tempat benang yang untuk digunakan sebagai dadu. Bermainlah sambil mengajarkan mereka berhitung


2. Menyusun Puzzle Dengan Benar

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju


Menyusun puzzle adalah permainan yang baik untuk menstimulasi otak, melatih kreatifitasnya berkembang, dan membantu kemampuan dalam menyelesaikan sesuatu.

Menyusun puzzle evamat ini pun sangat mudah untuk usia anak balita. Motorik halusnya pun dapat dirangsang bekerja dengan telaten. Bagus untuk melatih emosionalnya juga, mereka akan lebih konsentrasi dan sabar.


3. Membuat Kreasi Bangun Ruang

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju


Dengan karpet puzzle evamat ini, ayah bunda bisa mengajarkan mereka matematika mengenal bangun ruang. Bentuknya segi empat, bisa dibuat menjadi bangun ruang yang menarik seperti kendaraan atau bangunan rumah, menara, dan sebagainya.

Anak diajak berfikir dan berimajinasi, hasilnya pun dapat digunakan untuk bermain. Mereka bisa bangga lho dengan hasilnya.


4. Mengajarkan Kerapihan

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Yang Menakjubkan Untuk Anak Generasi Maju


Karpet puzzle evamat ini mudah dibongkar dan dibersihkan. Ajaklah anak-anak untuk bertanggungjawab merawatnya dengan mencuci dan menyimpannya dengan baik. Atau bila perlu ajak untuk menggunakannya saat ingin mendekorasi kamar atau ruang bermain.


Manfaat Bermain Bersama Bunda


Ide bermain ini aku dapatkan setelah membaca artikel di website https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda/. Ada beberapa aktivitas belajar dan bermain dikelompokan sesuai usia 1-3 tahun dan 3-5 tahun. Ayah dan bunda bisa memilihnya mana yang cocok untuk anak sendiri.

Lebih asiknya lagi, kita bisa menonton video tutorial yang berdurasi selama 5 menit dan manfaatnya dijelaskan oleh pakar pendidikan. Permainan ini juga bisa dilakukan bersama bunda dan si kecil yang dapat menstimulasi 5 Potensi Prestasi: berpikir kreatif, percaya diri, mandiri, bantu tumbuh kembang, dan supel.

Mengapa begitu? Karena biasanya anak-anak akan lebih gembira jika bisa bermain bersama ayah atau bundanya. Mereka lebih tenang, tertawa lepas, bounding jadi erat, dan jadi mudah berkomunikasi.

Jangan lupa, supaya anak-anak tetap sehat dan kuat, berikan nutrisi yang tepat dan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Seperti pada susu SGM Eksplor Complinutri yang mengandung zat gizi lengkap seperti kalsium, vitamin C & D, serat pangan, minyak ikan, omega 3 & 6, zinc.

Kunjungi akun sosial media seperti Instagram dan Facebook Aku Anak SGM untuk mendapatkan informasi lengkap seputar nutrisi, tumbuh kembang, dan pola asuh anak-anak selama di rumah aja. Selamat mencoba!




Tidak ada komentar