Merdekakan Senyum Para Pemulung Saat Pandemi, Why Not?



Hampir lima hari ini, kantong-kantong berisi sampah basah dan botol plastik bekas yang ada di bak sampah depan rumah, masih saja teronggok rapi. Biasanya sih setiap subuh sudah diacak-acak pemulung. 

Tukang sampah yang setiap hari bertugas pun ternyata hanya datang seminggu sekali. Ditambah lagi, tukang loak yang berkeliling mencari barang bekas layak daur ulang pun tak ada. 

Wah, repot juga. Baru terasa manfaatnya mereka sebagai #PahlawanSampah. Kalau tidak ada mereka, rumah jadi penuh sampah, tidak terlihat bersih.

Hal ini karena ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di komplek kami. 
Di pos satpam, siapa pun yang melewati portal harus dicek. Selain warga, tidak boleh ada yang masuk. Alhasil, ojek, pemulung, tukang loak, pedagang keliling, pengemis, tidak ada di lingkungan kami.

Ahhh, pandemi Covid-19 ini benar-benar memporak porandakan kehidupan normal. Membuat hampir semua orang tidak bisa beraktifitas seperti biasanya. Bukan cuma kita yang rugi, tapi SEMUA..

Terus gimana nasib mereka? Duh, kebayang sedihnya, senyumnya pasti hilang. Kaya kamu, senyum manisnya suka mendadak hilang, apalagi menjelang akhir bulan. *Aiihhh.. 😫😫


Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih,
#MerdekakanSenyum Keluarga Indonesia





Jadi gimana kabar mereka selanjutnya? Hei, hei, ada kabar gembira nih. Senin siang tanggal 10 Agustus 2020 kemarin, aku merasa mendapat jawaban dan solusi. Beruntung banget bisa ikut Zoom Meeting bersama segenap jajaran yang mempedulikan nasib para pemulung, yaitu Pepsodent dan kitabisa.com

Bersamaan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 75, PT. Unilever Indonesia Tbk khusus brand pasta gigi meluncurkan "Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih".

Apa tujuannya?

Ibu Fiona Anjani Foebe, selaku Head of Oral Care Marketing PT. Unilever Indonesia TBK menerangkan: "Pepsodent bukan saja ingin merdekakan senyum masyarakat di Indonesia, yang merdeka dari rasa ngilu sakit gigi, gusi berdarah, caries, atau berlubang, tetapi juga ingin senyumkan pemulung #PahlawanSampah dan #SenyumkanBumi Indonesia ini".

Senyuman adalah sumber energi positif yang harus ada di setiap orang agar bisa menularkan semangat-semangat baru lainnya. 

Semua pasti suka dong dengan senyuman?

*Iya lah, iya dong!

Aku menyakini itu, bahkan percaya dari sebuah hadist jika senyuman itu dianggap sedekah yang paling ringan tapi banyak berkahnya.

Setuju? 

Lanjuuutt..


Oiya, lalu apa keistimewaan #PepsodentEdisiSpesialMerahPutih ini?

1. Pepsodent Edisi Spesial Merah putih ini khusus didesign dengan 7 gambar #PahlawanSenyum berasal dari Kalimantan, Papua, Maluku, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, Sumatra Barat yang mewakilkan senyuman lambang persatuan bangsa.




2. Pasta giginya unik, berwarna merah putih dan dilengkapi dengan kalsium, fluoride dan zinc untuk melawan gigi berlubang demi kesehatan gigi selama pandemi Covid 19 ini.




3. Kemasannya karton maupun tube-nya 100% dapat didaur ulang, karena telah menggunakan teknologi PBL (Plastic Barrier Laminate), mengganti lapisan penghalang aluminium dengan lapisan plastic 5% EVOH.



4. Spesial donasi untuk pemulung dan keluarganya. Jadi kita membeli 1 kotak Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, otomatis kita sudah menyisihkan donasi sebesar 2.5% dan jika sudah terkumpul akan disalurkan melalui Ikatan Pemulung Indonesia (IPI)




Alasan Berdonasi Bersama Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih dan KitaBisa.com


Ibu Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia Tbk pun menjelaskan tujuan Pepsodent meluncurkan Edisi Spesial Merah Putih ini yaitu menjalankan strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang diluncurkan tahun 2010 lampau.

Hingga saat ini PT. Unilever Indonesia Tbk terus mengembangkan bisnis, sekaligus juga harus bertanggung jawab mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan, dan tentunya meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat.

Intinya, USLP itu memiliki 3 (tiga) tujuan utama yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan 1 milyar orang pada tahun 2020 

2. Mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada tahun 2030

3. Meningkatkan penghidupan jutaan orang pada tahun 2020

Nah, di saat pandemi ini karena ada 4 juta pemulung yang juga terkena imbas akibat pandemi. Penghasilan mereka berkurang drastis, tidak bisa berkeliling, dan ironisnya harga jual sampah plastik pun menurun.

Mereka juga adalah masyarakat yang berisiko tinggi terpapar virus COVID-19. Sudah bekerja di antara timbunan sampah yang penuh bibit penyakit, ditambah adanya pandemi. Jadi gak ada alasan lagi kita harus bantu fasilitasi mereka dengan perlindungan diri yang baik.

Hal ini juga dibenarkan oleh bapak M. Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com. Beliau bercerita bahwa, “pemulung itu seringkali tidak mendapat perhatian. Himbauan di rumah saja tidaklah berlaku kepada mereka, karena kebutuhan mereka cukup banyak yang harus dipenuhi".

Pendapatan pun mereka semakin berkurang, biasanya sehari bisa mendapat 70 ribu hingga 100 ribu, kini cuma 50 ribu. Jadi bagaimana bisa mereka ikut protokoler kesehatan? Beli masker saja tidak bisa, bahkan ada pemulung yang menggunakan robekan kain untuk masker, tidak bersepatu boot. Maka kolaborasi bersama Pepsodent ini sangat bermanfaat.


Cara Mudah Berdonasi Untuk Pahlawan Sampah dan Senyumkan Bumi


Oke, setelah mendengar pemaparan para narasumber, kita pasti mau dong menjadi bagian #PahlawanSenyum. Caranya adalah dengan membantu mengukir senyuman ribuan pemulung di berbagai wilayah Indonesia.

Bagaimana cara berdonasinya?

• Membeli Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih ukuran 160 gram di minimarket atau supermarket langganan anda dan 2.5% laba akan disumbangkan.

• Melalui donasi ke kitabisa.com/merdekakansenyum hingga 31 Oktober 2020. Dan jumlah totalnya nanti akan dilipat gandakan oleh Pepsodent.



• Dan yang paling penting, ambil bagian menjadi salah satu warga yang mencintai bumi dan alam sekitarnya. Antara lain dengan: memilah sampah, menanam pohon, memakai tas belanja sendiri, menggunakan sedotan stainless, dan lain sebagainya.

Seperti aku dan suami, sepakat menanam pohon buah-buahan seperti pisang, jambu, alpukat, meski pun tanah depan dan samping rumah bisa dibilang sempit. Tujuannya adalah supaya lingkungan rumah kami adem, bisa menahan debu, dan pastinya kami bisa menikmati buah-buahannya.. *asyik kan?



Oiya, balik lagi ke donasi ya!

Jika ada yang bertanya untuk apa donasinya? Jawabannya adalah nanti akan disalurkan kepada pemulung melalui Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) dan diberikan dalam bentuk:

- Pemberian mesin press sampah yang mudah digunakan dan menghemat waktu para pemulung dalam meringkas sampah.

- Paket kesehatan dan kebersihan, seperti masker kain, hand sanitizer, sepatu boot, dan produk Pepsodent yang diberikan untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut pemulung dan keluarganya.

- Pepsodent juga akan memberikan pemeriksaan, perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung dan keluarganya secara rutin.



Titik pemberian ini akan tersebar di 8 titik wilayah Jabodetabek, Jawa dan Sumatera.

Keren banget kan?

Bagaimana, kamu tertarik ikut program Edisi Spesial Merah Putih ini? Ayo gabung menjadi Pahlawan Senyum yang merdekakan senyum, agar pahlawan sampah dan bumi pun ikut tersenyum! 😊

37 komentar:

  1. suka banget deh aku sama kemasan pepsodent edisi kemerdekaan ini, packagingnya emang keliatan indonesia banget yaa hihhi, aku mau beli juga aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gambar di kemasannya menarik banget, menggambarkan senyum di setiap daerah 😃

      Hapus
  2. Lucu ya kemasannya, ini edisi khusus diproduksi secara kontinu atau hanya event agustusan aja nih. Karena belum beli nih di minimarket. Bisa sekalian donasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam jangka waktu spesial kemerdekaan merah putih aja kak

      Hapus
  3. Ternyata pemulung bermanfaat juga ya hehehe, biasa siy aku sebel soalnya habis ngacak ngacak gak dibalikin lagi sampahnya, bikin tambah berantakan. Tp pemulung juga berhak atas kebebasan untuk tersenyum merdeka ya mba, program yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya dibalik ngacak-ngacaknya, mereka ada kebaikannya juga

      Hapus
  4. benar sekali ini, Mbak Lia. Tukang sampah dan pemulung itu sebenarnya sangat membantu kita. Dan keberadaan dan bantuna mereka baru kita sadari saat mereka tak hadir mengambil sampah.
    Apalagi dengan masa pandemi ini, pastinya membatasi juga ruang gerak mereka, termasuk pemulung yang tidak bisa bebas keluar masuk komplek.

    Keren sekali program dari Pepsodent ini. Semoga semakin banyak pahlawan sampah yang terbantu dari donasi Pemsident edisi merah putih ini. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak, makanya ada sebutan pahlawan sampah karena sebenernya mereka membantu juga

      Hapus
  5. Ayo ah jadi pahlawan senyum utk para pemulung biar kesehatan dan kesejahteraan mereka dpt membaik aamiin 😊

    BalasHapus
  6. wah ini dari kemarin kemasan pepsodent yang baru seliweran di timeline :))
    weekend belanja ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya pas event kemerdekaan soalnya

      Hapus
  7. suka banget sama desainnya pepsodent baru, merahnya cantik dan gambarnya desain luarnya meriah sekali, luv it, pasta gigi favorit keluarga ini mah, ibu kalau bukan pepsodent ga mau pakai, beli ini bisa sekalian donasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut buat ibu, konsisten banget ya setia sama Pepsodent

      Hapus
  8. Iya ya, selama ini pasti saudara2 kita yg pemulung gak ada yang mikirin gimana periksa giginya, krn makan aja udah syukur, huhuuu... bagus banged ini program donasi Pepsodent edisi spesial merah-putih. Perlu kita support bersama. Merdeka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, kita aja kalo gigi bermasalah suka takut berobatnya, takut mahal hehe

      Hapus
  9. Wah ada lagi ya pasta gigi dengan dua warna gini. Spesial banget nih. Ikutan beli Pepsodent edisi spesial aaahh... bagus juga ya langkah Unilever untuk membuat kemasan yang ramah lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya juga beda nih yang spesial merah putih, lebih soft

      Hapus
  10. iya ya pemulung juga pejuang sampah yang seharusnya bisa lebih diperhatikan karena sudah turut membantu kita mengurai sampai plastik untuk didaur ulang ya.. keren nih pepsodent! nanti aku beli pepsodent merah putih juga aaaah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa adanya mereka, sampah akan terus teronggok

      Hapus
  11. Y allah 4 juta pemulung banyak juga ya. Kukira kalau byk yg dirumah aja, sampah jadi makin banyak pemulung bisa dpt untung, tp ternyata enggak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enggak juga, di beberapa tempat ada pemulung yang begitu-begitu aja hidupnya

      Hapus
  12. Idol itu ya Pepsodent n itu tahu semua kita n kini mereka senantiasa berbagi ternyata. Good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terimakasih sudah mampir ke blog aku

      Hapus
  13. Senengnyaaa...di halaman rumah ada pohon buah-buahan. Di halaman rumahku juga ada pohon, ortu yang dulu nanam. Tapi pohon mengkudu, belimbing sayur, dan melinjo. Yang nggak bisa buat dicemilin :D tapi bisa buat masak.

    Btw, seneng banget kemasan Pepsodent sekarang udah sepenuhnya ramah lingkungan. Smeoga segera disusul dengan produk2 lainnya biar Bumi pun bisa tersenyum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, semoga makin banyak yang saling peduli terhadap alam dan sesama

      Hapus
  14. Keren banget program donasi ini dan barapu tau juga nih kalau ada IPI Ikatan pemulung Indonesia. Semoga programnya lancar ya dan banyak yang berdonasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I hope so, semoga semua saling bersinergi

      Hapus
  15. Aku juga dapet nih kak ps launching barengnya,unik ya pasta giginya merah putih,udah aku bagiin juga ke pemulung pas lagi main ke Bandung. Semoga kita bisa jadi salah satu pahlawan senyum ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap banget kak, terimakasih sharingnya

      Hapus
  16. Suka dengan donasi yang digerakkan dari pepsodent, karena simple untuk kita yang ingin berpartisipasi dengan cara membeli produknya. Kuy kota dukung pahlawan senyum

    BalasHapus
  17. Pepsodent kemasan khusus ini doodle nya keren banget, mencirikan Indonesia banget yaah Mbak.

    BalasHapus
  18. Bagus yah pepsodent sekarang ini Dari kemasan nya dan konsumen pas membeli langsung donasi

    BalasHapus
  19. Pepsoi udah jadi pasta gigi andalan keluarga ku dari dulu nih. Sekaramgbada edisi merah putih yah. Bagus banget sekalian berdonasi. Mau borong ah yuk nanti

    BalasHapus
  20. Salah satu pahlawan dalam kehidupan ya pemulung ini...Terima kasih Pepsodent sudah berinisiatif memberikan donasi untuk para pemulung

    BalasHapus
  21. Bagus banget desainnyaaa... Suka banget deh! Program donasinya juga oke. Semoga membuat senyum para pemulung terus berkembang.

    BalasHapus
  22. Aku paling konsen yang namanya gigi. Selalu mengusahakan membersihkan gigi apapun kondisinya. Syukur sampe sekarang gigi saya masih utuh.

    BalasHapus