27.11.19

Suka Duka Jadi Mombassador SGM Eksplor, Banyakan Mana?


Sudah hampir tahun kedua ini, aku mengambil peran sebagai Mombassador SGM Eksplor Complinutri. Sebuah gelar yang diberikan kepada para ibu yang berkomitmen mendukung tumbuh kembang anak-anaknya dengan memberikan nutrisi tambahan sejak di kandungan hingga masuk usia sekolah.

Lalu gimana rasanya? Suka dukanya banyakan mana? Kerjanya ngapain aja? Nanti aku ceritain, jangan pergi dulu ya. Baca sampai habis.. 



Oya, sekedar info aja, gelar ini bukan seperti gelar Anggun C. Sasmi yang menjadi Duta Shampo dan tak bisa pakai merek shampo lain ya, bukan, beda jauuuh. 

Dia sih memang Brand Ambassador yang dikontrak mahal secara eksklusif, sendirian. Sedangkan kami? Tercatat sejak tahun 2014 hingga 2017 kemarin, Mombassador SGM Eksplor itu berjumlah sekitar 500 orang anggota. 

Banyak banget, kan?

Untuk menjadi Mombassador SGM Eksplor ini, kami diseleksi. Awalnya harus mengisi format pendaftaran online. Jika terpilih, peserta harus menjalankan kegiatan pengukuhan selama 3 hari di Yogyakarta. 

Aku terpilih sebagai Mombassador SGM Eksplor batch 7, tergabung bersama 200 peserta lainnya, jadi merasa banyak teman, meski tetap saja suka lupa namanya satu persatu, hehe..

Di Yogyakarta bukan sekedar jalan-jalan manjah, tapi kami belajar, dikenalkan berbagai pengetahuan kesehatan, manfaat gizi, produk SGM sebagai penunjang tumbuh kembang anak, diajak melihat pabriknya langsung, outbound, dan edukasi personal branding.



Kami senang karena seperti kuliah lagi. Selain belajar, kami punbbisa bobo dan makan enak di Hotel berbintang The Alana Yogyakarta & Convention Center tanpa gangguan dedek. Lumayan bisa me time sejenak dari rutinitas dapur dan sumur alias mencuci, hehe

Dan akhir acara kami pun mendapat sertifikat semacam pengukuhan resmi menjadi Mombassador SGM Eksplor, membawa ilmu yang diharapkan bisa dimanfaatkan dan diterapkan pada keluarga juga lingkungan.


Dukanya Jadi Mombassador SGM Eksplor Complinutri, Kami Bukan Tukang susu


"Sudah dibekali macam-macam begitu, tugas Mombassador SGM Eksplor ngapain aja?", mungkin itu pertanyaan yang terpikirkan oleh kalian.

Baiklah, aku akan ceritakan apa yang sudah kami alami selama ini. 

Pertama-tama, aku ingin sampaikan bahwa kami bukanlah tukang susu, bukan Milk Lady yang diharuskan menawarkan produk ke rumah-rumah. 

Kami bukan jadi seseorang yang secara langsung nawarin: "susunya bu, pak!" 

Tapi kami di sini adalah komunitas para ibu yang ingin maju, tidak termakan hoax karena kami selalu diberikan bekal pengetahuan terupdate dari ahlinya. Di sini kami adalah keluarga. Sama-sama ingin maju demi Generasi Maju.

Pernah sih sesekali diledek teman karena postingan sosial media kami selalu saja mengenai SGM Eksplor, kesannya kami terlalu promosi produk. Apalagi harus bernuansa merah, suka dibilang sebagai kader partai juga, wakakak, ya ampun julidnya.. *kecup juga nih ☺️

Tapi mau bagaimana lagi, ya memang kerjaannya begitu, terima saja. Toh gak ada yang dirugikan. Dibawa santai aja meski sesekali boleh dong kita marah. Meluapkan isi hati daripada dipendam.

Kalau lagi bete ya kepancing juga sih jika diledek begitu, pengen julid balik lhaa situ gak ngapa-ngapain, atau situ semua susu diiklanin, kalo saya cuma SGM Eksplor.

Tapi.. ups.. sudahlah, jangan ikutan balik julid. Tetaplah menjadi inspirator yang mempesona meski pun sedang kesal. *Haha, gimana coba mempesona tapi muka mengkerut? 😆

Begitulah, sepertinya itu saja dukanya, karena kalau dipikir-pikir masih banyak kok sukanya dibanding dukanya.


Sukanya Menjadi Mombassador SGM Eksplor Complinutri


Oke, daripada ngomongin dukanya, aku mau jelasin suka-suka aja. Apa sih yang bikin aku suka di sini?

Belajar menjadi pribadi yang baik dan bijak bersosial media

Kami sering dilibatkan ikut aktif menonjolkan kegiatan anak-anak sehat, kuat, mandiri, supel, cerdas kreatif dan berprestasi sebagai inspirator untuk semua para bunda di Indonesia. 

Ya wajar dong, itu kan sebagai ciri khas anak #GenerasiMaju. Anak-anak inspiratif yang minum susu SGM Eksplor Complinutri 2 kali sehari.

Jadi isi konten sosial media kami berupa facebook, instagram, dan twitter itu bukan sekedar narsis kosong sok cantik-cantik gak jelas, tapi sebaiknya lebih berbobot, diisi informasi seputar parenting, kesehatan, dan tumbuh kembang. 


Sering diajak belajar gratis

Untuk beberapa kali Mombassador SGM Eksplor mengadakan Kelas Bunda yang memberikan workshop bertema Digital melalui media sosial dan blog. Media itu bisa dijadikan lahan cerita sehari-hari mengenai aktifitas sehat.

Termasuk belajar cara memotret produk dengan baik di salah satu hotel kawasan Bogor, bersama @captainruby.



Lagi-lagi gratis, lho. Coba kalau ikut seminar di tempat lain, biasanya bayar sekian ratus ribu. Kalau kami malah dikasih snack dan makan siang gratis juga. Enak banget kan?

Bersamaan dengan itu kami juga selalu diberitahu untuk kegiatan edukasi lainnya seperti live chat bersama dokter atau ahli gizi terkenal, tanya jawab bersama psikolog, atau sekedar berbagi pengalaman menarik antar sesama Mombassador SGM Eksplor Complinutri.

Satu hal lagi yang menarik adalah Program Klub Bunda SGM (KBS). Nah ini, sekalian mau ngingetin, kalau bunda pilih susu SGM Eksplor Complinutri, kotak susunya jangan dibuang dulu ya, penting..!! 



Periksa dibaliknya, ada kode uniknya lho yang bisa dikumpulkan menjadi poin-poin dan ditukarkan dengan berbagai hadiah. Aku pernah ceritakan caranya di sini, "Keuntungan Menjadi Member Klub Bunda SGM Eksplor", silahkan dibaca dan dipelajari caranya di sana ya.


Dream Come True

Tempat yang digunakan biasanya di Cyber Tower Kuningan, gedung perkantoran Danone Indonesia yang sistem pengamanannya sangat ketat. Siapa pun yang mau masuk ke sana harus menyerahkan KTP atau tanda pengenal lainnya.

Berasa masuk kantor elit deh, seumur-umur mana pernah ngantor kaya ibu-ibu karir, kaciaaan, haha. Norak gak apa-apa kan? Ibu rumah tangga yang hidupnya mengabdi di rumah saja, wajar dong sedikit bangga bisa menginjakkan kaki di sana. Apalagi itu sempat aku cita-citakan sejak 20 tahun sebelumnya. Olalaa, dream come true!



Di tempat ini juga aku bisa mengembangkan diri, mulai belajar bagaimana cara membuat caption bersama narasumber influencer cantik, belajar SEO blog agar makin ciamik, dan diajak bergabung berdiskusi langsung bersama Danone Global.


Diajak acara kegiatan di Taman Prestasi

Begitu pun jika ada event Taman Prestasi SGM Eksplor Complinutri, kami diundang untuk hadir bermain bersama si kecil untuk mengasah tumbuh kembangnya. 

Bayar berapa tiketnya? 

Kalau orang lain harus membeli paket susu minimal 1 dus ukuran 900 gram. Kami? GRATIS untuk 1 tiket anak. Hasek, hasek, jos! Alhamdulillah. 




Malah pernah, gara-gara aku ikut event ini, seorang wartawati dari Inews meminta agar aku memberikan kesan pesan yang baik setelah mengikuti acara tersebut, pastinya aku direkam dan masuk tipi dong, muehehehe..



Terpilih menjadi BundaFluencer SGM Eksplor

Di antara 500 orang anggota Mombassador, ada 50 orang peserta dipilih kembali untuk menjadi BundaFluencer SGM Eksplor yang tugasnya memberi edukasi sesuai pengalamannya masing-masing melalui sebuah foto selama 3x sebulan. Tentu saja ada rewardnya.




• Terpilih menjadi tamu undangan Danone Vlogger untuk ikut kunjungan Warung Anak Sehat dan Program ISI PIRINGKU

Satu lagi kebahagiaanku di sini, diajak mengunjungi sekolah-sekolah yang sudah menerapkan hidup sehat dan makanan bergizi menjadi nostalgia saat aku kuliah gizi dulu, pergi ke desa untuk intervensi gizi. Sejalan dengan profesiku dulu 😁




Yap, masih banyak lagi sih sukanya menjadi Mombassador SGM Eksplor yang tidak bisa semuanya aku ceritakan. Yang pasti untuk menjadi Mombassador SGM Eksplor Complinutri itu harus aktif, berkomitmen menjaga nama baik mendukung terciptanya anak-anak Indonesia yang hebat. 

Untuk kalian para ayah dan bunda yang ingin juga mengetahui informasi seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak, bisa mencari informasinya di: 

Website: www.generasimaju.co.id
Facebook "Aku Anak SGM"






8 komentar:

  1. Satu kebanggaan tentunya mba, terpilih dari sekian banyak. Apalagi misinya juga untuk menekan hoax soal nutrisi tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bang, terimakasih ya sudah support kami

      Hapus
    2. Sama2 mba. sukses terus

      Hapus
  2. Lebih banyak sukanya ya mba, pengen juga suatu saat jadi mombassadornya SGM biar dapat banyak ilmu kayak mba, oiya salam kenal dari medan ya :)

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya acaranya, jang jelas jadi punya banyak teman juga dan bisa berbagi pengalaman

    BalasHapus
  4. Pasti senang banget rasanya, banyak pengalaman baru yang didapatkan. Teman baru juga.

    Kalo gak julid bukan netizen namanya. Orang lagi jadi ambassador susu SGM, malah dihubungkan dengan partai merah. Ada aja bahan buat julid ye

    BalasHapus
  5. Wah... mantap mbak... sukses selalu menginspirasi soal nutrisi

    BalasHapus
  6. waaah semangat terus mom! Terus menginspirasi banyak orang ya :D

    BalasHapus