Naik Kereta ke Tempat Wisata Murah Dekat Stasiun Bandung

Melihat foto-foto perjalanan kereta dan wisata murah di Bandung, membuatku jadi kangen ingin kembali ke sana. Siapa sih yang tak suka jalan-jalan naik kereta?


Apalagi anak-anak, begitu tiba, dekat pintu keluar stasiun lama Bandung ada monumen miniatur lokomotif kereta uap. Tepatnya di seberang PT.KAI Unit Aset Daop 2 Bandung. 

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Tiba di Stasiun Bandung

Membuat anak-anak berseru kegirangan, matanya membelalak bahagia dan langsung minta foto-foto. "Ihh, lucu. Lokomotif uapnya mungil".

Mereka itu termasuk railfans, idola banget sama kereta. Meskipun ke Bandung bisa dicapai menggunakan bis Agramas dan mobil travel, mereka maunya tetap memilih transportasi beroda besi saja. Bebas macet!

Naik transportasi kereta api itu rasanya lebih menyenangkan, suasananya bersih, dingin kena AC, toiletnya juga sudah hygienis tak menjijikkan lagi. Sesekali ada petugas yang menjajakan makanan atau minuman, tak perlu khawatir kelaparan.

Yang paling menarik adalah pemandangannya sepanjang perjalanan kereta itu indah, sawah membentang hijau luas. Jika melewati Purwakarta, kita akan melihat tumpukan bangkai gerbong kereta. 

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Hamparan sawah menghijau

Serunya lagi kereta akan masuk terowongan yang gelap, terasa seperti malam, atau berbelok melintasi jembatan yang dibawahnya jurang. Serasa naik roller coaster 😁

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Seperti naik roller coaster, kan?

Kemarin saja, begitu mereka melihat fotonya, langsung berkata: "Bunda, ke Bandung lagi yuk naik kereta". Hmm, aku menghela nafas panjang, insyaallah nanti ya, nak.

Kami memang biasanya kalau mau wisata yang dekat-dekat stasiun kereta. Ternyata banyak lho taman-taman kota yang disediakan dekat stasiun kereta seperti Stasiun Malang dan Solo


• Wisata Murah Dekat Stasiun Solo 
 Wisata Murah Dekat Stasiun Malang

Sempat menyesal sih, waktu dulu, enam tahun silam, kami tak bisa berlama-lama berada di Bandung, itu pun hanya menemani suami yang ingin bersilaturahmi dengan saudara sepupunya. 

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html


Meskipun diajak berkunjung ke Taman Gajah dan makan pecel ayam sambel dadakan, tetapi rasanya belum puas, keburu sore karena terjebak macet sepanjang jalan raya. Esok harinya sudah harus segera ke stasiun Bandung untuk kembali ke Jakarta.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Kopdar dadakan seperti tahu bulat

Bahkan niat kopdar dengan temanku saja cuma sebentar, sekelebat, sekedar pelukan melepas kangen, kami bersua beberapa menit sebelum kereta berangkat. Ahh, kalau ingat itu membuat kami merindu lagi. 

Makanya jadi pengen ke Bandung lagi, tapi yang dekat-dekat dengan stasiun Bandung saja dulu, kan katanya banyak tempat wisata yang murah meriah bahkan gratis.


Tempat Wisata Murah dekat Stasiun Bandung


"Kapan mau ke sini lagi, Li?", tanyanya saat kami chatting melalui whatsapp.

Menurut temanku, Bandung sudah banyak sekali perubahan, terutama semakin banyak Taman Kota yang indah dan tentu saja murah meriah, alias gratis. 

Bahkan dia menyakinkan bahwa ada lagi lokomotif yang lain, tepatnya di kantor pusat KAI Viaduct. Wah, wah, benar-benar menggiurkan.. 

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Monumen lokomotif

Dari stasiun baru yang menghadap jalan Kebon Kawung, kita bisa belok ke arah kanan, jika diteruskan berjalan kaki bisa memakan waktu 15 menit untuk menuju kesana. 

"Kalau capek, naik angkot biru aja, terus saja berjalan sampai depan gubernuran, lalu nyebrang, tunggu angkot, turunnya di depan kantor KAI", begitu jelasnya.

Menurutnya, di depan kantor KAI hanya bisa lihat lokomotif saja. Kalau mau main kita bisa berjalan kaki ke Balai Kota (Balkot), tempat ini seperti pusatnya wisata murah untuk keluarga murah di Bandung. 

Alternatif lainnya ada Taman Sejarah, disitu ada kolam renang seadanya dan gratis buat anak-anak. Mau ke Bandung Planning Gallery juga gampang, malah diseberangnya ada museum Kota Bandung. Ini masih dalam satu kawasan.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Sumber: @pipityupit

Anak-anak bisa juga diajak Museum Geologi, bayarnya cuma 5 ribu rupiah. Atau kalau penasaran ingin ke Museum Gedung sate, pengunjung harus bayar tiket masuk sebesar 25 ribu. 

Kalau mau gratis, tak usah masuk ke dalam museum, cukup foto-foto saja depan gedung sate. Yang penting kita sudah punya dokumentasi pernah ke Bandung, ya kan? *Haha good idea..😁


Naik Bandros dan Boseh


"Atau kalau mau ke beberapa tempat wisata taman, naik Bandros saja, bayarnya Rp. 20.000/orang", katanya. "Naiknya dari 3 tempat shelter, yaitu di Taman Balai Kota Bandung, di depan Museum Geologi, dan Alun-alun Bandung".

Wah, pasti lebih seru lagi jika bisa naik. Bandros itu dari singkatan Bandung Tour on Bus. Unit ini memang sengaja disediakan oleh pemerintah kota untuk masyarakat umum yang ingin berkeliling.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Sumber: @bandros_bosehbikeshare

Katanya mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.00 WIB, Bandros beroperasi setiap hari sesuai rute dan warnanya yaitu kuning, hijau, pink, biru, ungu:

- Rute Bandros KuningLapangan Gasibu, Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga.

- Rute Bandros Hijau: Chinatown, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, GOR Padjadjaran, berhenti di depan Museum Geologi.

- Rute Bandros Pink: Gasibu, Taman Pasupati, Taman Jomblo, Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, Taman Budaya.

- Rute Bandros Biru: dari Alun-Alun Bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu.

- Rute Bandros Ungu: Gasibu, Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai.

Penumpang bisa langsung naik ke bus dan pembayaran tiket langsung dilakukan di tempat oleh petugas.  

Takut kemahalan dan susah dapat Bandros? Tenang, alternatifnya ada Boseh, penyewaan sepeda yang hanya Rp. 2000/jam.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html


Dengan menyewa sepeda, kita bebas berkeliling ke beberapa titik wisata dan Taman Kota, bikin badan sehat juga kan? 

Aku pun jadi sangat tertarik, pastinya anak-anak juga akan gembira mengenal kota Bandung. Rasanya sudah tak sabar untuk segera merencanakan membeli tiket kereta api.


Beli Tiket Kereta Promo Diskon


Harga tiket kereta ekonomi dari Jakarta ke Bandung, sebesar 110 ribu, sedangkan kelas Eksekutif 160 ribu rupiah. Bedanya sih cuma di bangku, kalau ekonomi bangkunya tanpa sekat, jadi kalau bawa anak-anak mereka bisa tidur selonjoran.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html
Harga tiket kereta api Jakarta Bandung

Kemarin aku lihat ada diskon di aplikasi Pegi-Pegi. Gempita namanya, Gemerlap Promo Tiket Kereta Api Akhir Tahun. Jika kita membeli tiket kereta api minimal 150 ribu pada setiap hari Rabu, ada diskon 20.000, tapi syaratnya bayar melalui transfer ATM.

https://www.narasilia.com/2018/12/naik-kereta-ke-tempat-wisata-murah-dekat-stasiun-Bandung.html


Kenapa pakai aplikasi Pegipegi? karena:

1. Pegipegi adalah partner resmi PT Kereta Api Indonesia, tiket terjamin keasliannya. Ada 200 stasiun rute perjalanan di wilayah Jawa.

2. Bebas antri, bebas bisa pilih kursi kereta api yang diinginkan. Biasanya aku pilih kursi yang menghadap ke jendela dan tidak terlalu jauh dari toilet.

3. Transaksi cepat dan aman. Bisa bayar lewat ATM, Kartu Kredit, Transfer Bank, Internet Banking, dan bayar tunai di Indomaret.

4. Untuk mendapatkan tiket asli, kita tinggal mereedem saja menggunakan aplikasi PegiPegi di loket stasiun.

5. Pelayanan customer service tersedia 24 jam, jadi kalau ada apa-apa langsung saja telepon atau email.


Oiya, sebaiknya kita sudah berada di stasiun maksimal 1 jam sebelum pemberangkatan agar tidak ketinggalan kereta. Jangan sampai deh, menyesal nanti..

Kereta Argo Parahiyangan (Gopar) ada di stasiun Gambir, tak ada yang dari Stasiun Pasar Senen. Kalau dari stasiun Bojong Gede, kami naik commuterline menuju stasiun Gondangdia, dan naik grab hanya 5 menit saja.

Dan selama perjalanan, kereta Gopar ini hanya berhenti di beberapa stasiun seperti:
1. Gambir
2. Bekasi
3. Purwakarta (kadang-kadang)
4. Cimahi
5. Bandung

Yuk, sebelum liburan habis, segera pesan untuk persiapan jalan-jalan menggunakan kereta api dan berwisata murah dekat stasiun Bandung. 

Semoga bermanfaat ya, aku ucapkan selamat liburan, kawan. Happy holiday..


37 komentar:

  1. aku pernah ke tempat wisata terdekat dr rumah menggunakan kereta api. Anak2 seneeeng banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mbak, kereta api itu idola semuanya deh, bikin pengen naik lagi dan lagi

      Hapus
  2. aku juga suka naik kereta. lama bgt aku nggak naik kereta, kapan terakhir naik kereta ya? kayak di pas SD. masih kecil banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama banget ituu.. ayo dong naik kereta lagi, udah nyaman banget lho 😁

      Hapus
  3. Duh Bandung,,, Pengen segera bisa kesana. Semoga ada jalan untuk ke bandung tahun depan :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga beneran bisa ke Bandung tahun depan 😁

      Hapus
  4. Naik kereta api emang seru Bunda, apalagi kalau sama anak kecil ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lebih leluasa dibanding mobil

      Hapus
  5. Seru banget tuh pastinya bisa jalan-jalan juga naik bandros dan boseh atau dengan naik sepeda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, yuk mampir ke Bandung 😊

      Hapus
  6. Ada museumnya juga, jadi bisa liburan sambil belajar hehe

    BalasHapus
  7. Waahh seru tuh bisa keliling-keliling pasti anak-anak suka :)

    BalasHapus
  8. Aplikasi pegipegi memang terbaik, banyak diskon dan sangat membantu.

    BalasHapus
  9. Tahun ini pingin banget ke Bandung tapi belum kesampaian. Baca artikel mbak jadi tambah pingin kesana apalagi bisa naik kereta api. Transportasi favorit saya sekeluarga hehehe

    BalasHapus
  10. Tahun ini pingin ke Bandung tapi belum kesampaian. Baca artikel mbak jadi pingin banget kesana, apalagi bisa naik kereta api. Salah satu favorit transportasi kami sekeluarga.

    BalasHapus
  11. Sekarang ke beberapa kota enaknya naik kereta api hahahahah.
    Dulu suka naik bus, tapi sekarang sudah beralih ke kereta api

    BalasHapus
  12. Pas banget, bulan depan mau ke bandung
    Thx ya

    BalasHapus
  13. Ya ampun ternyata banyak ya. Tahunya cuma kartikasari aja. Noted mbak. Makasih infonya.

    BalasHapus
  14. Aihhh seru banget yaa.. Sampai sekarang aku belum kesampaian naik kereta ke Bandung, padahal pingin banget gt deh... Apalagi kalau macet kayak sekarang, ke Bandung naik kereta memang pilihan tepat bgt yaaa

    BalasHapus
  15. Waaaaahhh... bahagianya ke Bandung naik KA 🤩🤩😍 Enak sih ya bersih dan nyaman. Jadi anak2 suka deh. Aku belum pernah naik Bandros dan Boseh wkwkwk pdhal urang Bandung. Pesen tiket KA pakai Pegipegi praktis ya dan ada promo juga. Boleh ah kpn2 coba... siapa tau bisa berlama2 liburan di Paris Van Java ini 😘

    BalasHapus
  16. Liburan ini aku aslinya pengen liburan ke Bandung, mba. Tapi eh nggak jadi. Senangnya bisa liburan di tempat wisata murah ya mba. Mau ah aku ikutan dan pesan di pegi pegi

    BalasHapus
  17. beberapa minggu yang lalu pas ke Bandung mo naik Bandros tapi waktunya ga cukup, next mo naik

    BalasHapus
  18. Aku pengguna kereta api kalau ek Bandung. Iya di deket stasiun banyak jg tempat wisata tipis2 hihihi eehh tapi jg banyak wisata kuliner. Cuma selama ini aku seringnya ke tempat yg jauh dr stasiun, paling beli Kartikasari aja yg deket. Kapan2 mau ah coba nginep deket stasiun dan jalan2 di sekitar sana :D

    BalasHapus
  19. Bandung itu emang ngangenin. Harusnya liburan akhir tahun ini rencanaku kesana, tapi batal. Huhuhu. Sudah banyak banget perubahan di sana ya mba, jadi penasaran deh. Aku tertarik naik Bandrosnya kayanya seru.

    BalasHapus
  20. Ah, jadi kangen Bandung. Penginapan di sekitar stasiunnya juga murah. Cuma ke Bandung musim liburan tobat macetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya, jadi terinspirasi mo piknik nginap dekat stasiunnya nih mb, tapi nabung dulu buat 2019

      Hapus
  21. Bandung emang ngangenin ya. Dulu waktu masih jadi mahasiswi, ke Bandung naik kereta tapi samps stasiun Bandung tengah malem, jadi ga sempet keliling stasiun deh, dan gak ngeh kalo ada monumen lokomotif di sana. Hahahay. Eya, belum coba pake app pegi-pegi nih, dupi belinya langsung, jadi pake anyre gitu deh. Pakai pegi-pegi enak nih ya, praktis...

    BalasHapus
  22. wah mueseum bandung , wah aku kok malah abru dengar

    BalasHapus
  23. Belum pernah ajak anak - anak naik kereta ke Bandung. Kapan-kapan ah. Kayaknya seru ya. Biasanya naik kereta kalau pulang ke rumah uti nya di Blitar.

    BalasHapus
  24. pengen euy coba Badros. Buat aku jalan jalan kadang bukan mahal/murah ya. Bahagia apa nggak efek setelahnya itu penting hahaha

    BalasHapus
  25. Kapan aku bisa ke bandBan, khusus jelong-jelong tas, hehehehe.
    Beberapa kali ke Bandung cuma ke rumah kerabat

    BalasHapus
  26. Aku terakhir naik kereta 1/2 tahun yang lalu ke cirebon.. dan aku memang ada rencana tahun ini mau liburan sama anak2 ke cirebon juga naik kereta.. beli jauh hari terus dapat harga diskon.. keberuntungan banget

    BalasHapus
  27. Jadi kangen ke bandung naik kereta.. dulu sering banget pas jaman kecil 😆

    BalasHapus
  28. Mbaaa, aku langsung kepikiran wisata pakai kereta ini, iya juga ya, cari lokasinya yang deket2 Stasiun aja dulu, terutama karena aku masih rempong bawa Alfath dan adik bayinya. Nuhun pisan infonya Mba Liii, kangen ngeBandung nih kebetulan.

    BalasHapus
  29. Belum pernah naik kereta perjalanan jaub gini,pingin deh kapan yaa. Untuk cari info traveling aku juga suka mantau pegi-pegi mba..

    BalasHapus
  30. Waah kayanya ke Bandung naik kereta asyik ya mbak Lia, bisa sekalian lihat pemandangan yang berbeda gituuu.... dan harga tiketnya pun tidak terlalu mahal jadi bisa traveling hemat satu keluarga yaa.

    BalasHapus
  31. Pengen kota-kota naik kereta api tapi belum tersampaikan.. Wkwkw..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com