2/08/2018

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak

6 Tempat Wisata di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak

www.narasilia.com -  Februari awal begini, sedang sibuk-sibuknya Shidqi belajar menghadapi persiapan ujian akhir. Saat dia mumet, biasanya dia membuka majalah keretanya, lalu membacanya.

Tiba-tiba:
“Bunda, kapan-kapan kita ke Cirebon, yuk. Naik kereta lagi”, ajak Shidqi, si sulung yang ketagihan naik kereta ke Malang dan menginap di sana.

“Wah, mendadak gitu idenya. Kita harus nabung dulu nih kak. Bunda juga pengen sih, apalagi kalau nginap, kita harus cari lagi hotel yang murah tapi tetap enak, kaya waktu itu tuh”. 


“Iya, pengen nginep lagi di Airy. Nanti kalau Shidqi sudah selesai ujian akhir ya”, ujarnya kegirangan.

“Selma ikut, bunda. Sekalian berenang”. Nimbrung..

“Kok tau-taunya kamu dengan Cirebon?”, tanyaku heran.

“Ya pengen aja, kan di stasiun Cirebon ada bangkai kereta”.

Aduh, jauh-jauh ke sana hanya pengen lihat kereta juga. Hahaha...

Tapi kalau sudah begini gak bisa nahan keinginan anak-anak deh. Melihat kereta yaa sekalian saja melipir ke beberapa tempat wisata di Cirebon yang cocok untuk anak. Sambil jalan-jalan, kita kan juga harus mengenalkan kota-kota di Indonesia. Tapi tetap saja harus memperhatikan keuangan, biar bisa belanja hemat.

Mumpung sudah di Cirebon, kota ketiga yang tumbuh paling cepat di Jawa Barat setelah Bandung dan Bekasi. Katanya banyak tempat wisata dan hotel murah di Cirebon, mencarinya pun sangat mudah.

Kalau lihat-lihat di google maps sih banyak wisata yang pas banget untuk keluarga terutama untuk anak-anak, yang tidak terlalu mahal, cocok untuk para pelancong yang ingin berhemat seperti aku ini.

Kalau sudah aku rangkum, ada 6 (enam) pilihan tempat wisata keluarga yang juga akan membuat anak-anak senang, sambil main air gitu deh. Anak hebat harus diapresiasi kan?

Antara lain:

1. Keraton Kasepuhan

Sepertinya mengenalkan anak-anak pada tempat bersejarah itu perlu. Salah satunya di pusat pemerintahan pertama kesultanan Cirebon di Keraton Kasepuhan. Obyek ini sangat bersih dan terawat. 


6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak
sumber: Airy Rooms

Uniknya, semakin ke dalam keraton kita akan menemukan komplek keraton bernama Siti Inggil. Di dalamnya terdapat koleksi antik seperti porselen bergambar yang berisi kisah-kisah sejarah. Ada juga kereta kencana milik keraton yang masih bisa digunakan untuk keperluan tertentu.


2. Kolam Pemandian Cibulan

Sebenarnya tempat ini seperti kolam renang, tempat pemandian umum. Tetapi kita bisa berenang bersama ikan-ikan yang konon merupakan wujud pasukan kerajaan zaman dahulu yang berkhianat. Sepertinya jadi pengalaman yang menyenangkan buat anak-anak. Kapan lagi bisa bergabung dengan ikan-ikan di kolam.

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak
Inikah jelmaan pasukan kerajaan?


3. Masjid At Taqwa

Konon masjid ini sudah berumur ratusan tahun lamanya, tepatnya didirikan pada tahun 1918 dan baru diresmikan tahun 1963. Luasnya tak tanggung-tanggung, sekitar 2.600 meter persegi dan dekat dengan alun-alun, pasti anak-anak suka deh. Kami memang membiasakan mengenalkan masjid agung sebagai icon daerah.

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak
megah banget yaa..

Masjid ini memiliki menara setinggi 65 meter. Memiliki empat menara kecil yang mengelilingi kubah, konon melambangkan rukun Islam yaitu syadahat, sholat, zakat, puasa, dan ibadah haji.


4. Apita Waterboom

Apita Waterboom sangat populer di Cirebon karena fasilitasnya lengkap dan tarifnya tidak terlalu mahal. Kita sekeluarga bisa menikmati wahana seperti kolam renang, kolam arus, perosotan besar, dan kolam hujan. Setiap wahana juga memiliki versi ramah anak yang aman, sehingga tidak perlu cemas saat mengajak si kecil.

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak
sumber: nyero.id

Fasilitas pengunjung di tempat ini cukup lengkap, misalnya tempat ganti baju dan bilas, area parkir, gazebo untuk santai, musala, toilet, dan kantin. Apita Waterboom berlokasi cukup strategis di Jalan Tuparev 323, Kedawung.


5. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland adalah taman air keluarga yang relatif baru, karena diresmikan pada tahun 2015. Taman air ini memiliki wahana permainan air dan darat, dengan pasir putih mirip pantai, kolam renang ukuran standar Olimpiade, miniatur kapal, dan bahkan beberapa cottage untuk menginap. Shidqi dan Selma sepertinya bisa menikmati keseruan di area wahana air.

Fasilitas pengunjung di Ade Irma Suryani Waterland cukup lengkap, dan pihak manajemen wahana masih terus menambah beberapa wahana serta fasilitas baru. Tempat ini berlokasi di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Bank Indonesia.


6. Outbound dan Waterboom Siwalk

Jika menyukai petualangan, mengunjungi tempat wisata Outbound Siwalk di Setu Patok, Mundu, sekitar 10 kilometer dari Jalur Pantura ini adalah tepat. Tempat wisata ini menawarkan jalur-jalur rintangan yang menantang adrenalin, tetapi cocok untuk segala usia. Semua keluarga bisa mencoba berbagai permainan sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar.

Waterboom Siwalk berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Outbound Siwalk di Mundu. Tempat ini menawarkan berbagai wahana air untuk semua umur, seperti kolam dangkal untuk anak-anak, perosotan besar, kolam ombak, dan sebagainya. Ada juga kedai serta beberapa gazebo untuk bersantai.

Kedua tempat bermain ini merupakan bagian dari Taman Wisata Siwalk, yang menempati area seluas 175 hektar. Fasilitas tempat ini cukup lengkap, seperti MCK, mushola, tempat parkir luas, kedai, serta penginapan. Tempat wisata Outbound Siwalk juga memiliki kolam pemancingan, dan ada lapangan golf tidak jauh dari waterboom serta tempat outbound.


***

Setelah lelah berjalan, rasanya akan terhapus jika sudah menikmati kenyamanan tempat tidur yang empuk dan bersih. Ketika sampai di hotel pilihan, kita pengennya langsung mandi sambil menikmati air hangat dari pancuran, menggunakan perlengkapan mandi gratis yang tersedia. Biar badan kembali segar dan fit.

Habis mandi, ganti baju, melanjutkan makan sambil menonton TV layar datar. Anak-anak bisa nonton, bundanya bisa langsung mengakses internet lewat Wi-Fi gratis dong, serta menikmati kue-kue dan air mineral gratis yang tersedia. Asyik banget yaa.

Semua fasilitas ini akan kita temukan di setiap hotel dan penginapan yang tercantum di aplikasi, cari saja yang dekat dengan lokasi wisata. Aku suka dengan Airy Rooms ini, karena murah banget, bahkan banyak diskonnya. Review-nya juga banyak yang bilang senang.

6 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Cocok Untuk Anak
jadi pengen bobo di sini

Berlibur bersama keluarga tentu saja menuntut akomodasi yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Tip hematnya, kalau bisa sih kita memesan hotel berkualitas lewat aplikasi Airy Rooms, yang bisa diunduh lewat Android serta Apple App Store.

Cara pembayarannya juga mudah, bisa dibayar dengan kartu kredit atau transfer bank, selanjutnya kita akan dikonfirmasi melalui email. Aku pernah memesan Airy Rooms sewaktu di Malang. Puas lah, karena Airy Rooms memiliki jumlah properti hotel dan penginapan terbesar di Indonesia.

Sepertinya keinginan Shidqi Selma untuk bisa ke Cirebon sebagai tempat tujuan wisata keluarga harus diwujudkan nih. Buat liburan makin lengkap dengan memesan kamar hotel Airy yang nyaman, berfasilitas lengkap, dan bisa disesuaikan dengan anggaran.

Yuk deh, kita pesan tiket kereta dari sekarang dan berwisata ke Cirebon saat anak-anak libur sekolah. Inilah 6 Tempat Wisata Cirebon Yang Cocok Untuk Anak.



13 komentar:

  1. wah kotaku sekarang banyak dikunjungi

    BalasHapus
  2. Waterboomnya nih kayaknya makin banyak di beberapa daerah ya mba. Anakku suka nih kalau berenang dan pasti kalau ke Cirebon akan pilih ini

    BalasHapus
  3. Kebanyakan wisata air yah. Aku kalau cirebon ingetnya makanan hahaha

    BalasHapus
  4. Ke Cirebon pernah beberapa kali, itupun cuman lewat, dan hanya mampir sebentar beristirahat dalam perjalanan ke Pati.

    Untuk objek wisata anak, terus terang saya kudet banget.. Tapi ternyata banyak juga yah, semoga dapat memenuhi kebutuhan warga sekitar akan pentingnya tempat wisata yang raamah anak.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke Cirebon. Semoga suatu saat bisa ke sana dan mengunjungi tempat2 ini.. Yg pasti cari penginapannya lewat airy room ya :D

    BalasHapus
  6. Katanya Cirebon ini panas ya mba?
    Klo ke Cirebon selain beli udang pengen mampir ke candi2nya ah

    BalasHapus
  7. kitae gan wong cerbon kie, ngan durung pernah kitae dolan teng Siwalk jeh, jarene sih kepenak tenan dolan mono kuh ya nok?

    BalasHapus
  8. Ini mah nggak cuma cocok untuk anak, tapi buat siapa saja cocok menurut saya..hehe
    Cirebon kulinernya apa aja ya, Teh?

    BalasHapus
  9. keluargaku main ke cirebon tapi ga sempat ke waterboom. kurang lama main ke cirebonnya :D

    BalasHapus
  10. Aku ke Cirebon cuman tau Taman ade irma aja mba sisanya baru tau ternyata Cirebon mayan juga destinasi wisatanya :) terakhir kesini tahun 2013 itupun di hotel aja karena sodara nikahan hehehe

    BalasHapus
  11. Asyikkk... duo S mau jalan2 ke Cirebon ya. Saya mau ke sini belum jadi2. Enaknya kalau jalan2 memang nginep aja sih, biar ga keburu-buru. Saya belum pernah booking di Airy. Kalau simple, asyik untuk dicoba ya...

    BalasHapus
  12. dulu sering lewat Cirebon kalau pas mudik. cuma lewat doang. sekarang karena sudah ada tol Cipali, cuma lihat plang "Cirebon" doang...

    BalasHapus
  13. Wah, ternyata Cirebon menarik juga ya, selama ini hanya numpang lewat aja kalo mudik.....kapan2 perlu mampir kayaknya...

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com