28.1.18

[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak

Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka
Narasilia.com - Anak keduaku itu sangat kreatif, sepertinya senang banget bikin ini-itu, meskipun hasilnya tidak sempurna. Sejak kecil sukanya merobek kertas. Di rumah, hampir seluruh tembok jadi tempat coretannya. Bosan menggambar di kertas, lanjut ke tembok, kursi, bahkan di sprei. 

Dia itu sangat lincah, selalu bergerak aktif, kreatif, dan senang menggambar. Sejak kecil jika melihat benda apapun yang menarik perhatiannya selalu ingin dia pegang, ngotot meski pun harus memanjat. Kesukaannya juga ekstrim, belajar panjat dinding di Pemda CibinongPadahal kakak laki-lakinya gak gitu-gitu amat.

Haruskah marah dan melarang?

Sebaiknya jangan, memang begitulah cara anak mengekplorasi kehidupannya, daya tangkap belajarnya melalui ide dan kreasi. Walaupun dia seorang anak perempuan, kita harus tetap mendukung bekal masa depannya. Bisa jadi mereka menjadi anak hebat, berbakat menjadi seniman, komikus, crafter, design interior, designer baju, dan sebagainya.

Syukurlah, sejak masuk TK, Selma mulai terarah dan disiplin, semakin menghabiskan waktu dengan buku bergambar dan selalu ada ide pada benda-benda yang ada untuk dijadikan mainan hasil imajinasi dan buatan dirinya sendiri. Gurunya keren juga untuk mencari cara mendidik anak-anak.


[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak
mainan buatan Selma

Jika diperhatikan, karakter dan kecerdasan majemuk yang menonjol pada dirinya adalah VISUAL SPASIAL, didukung dengan kecerdasan KINESTETIK, dan INTRAPERSONAL. Ciri-cirinya sangat jelas. Dia mudah belajar dengan melihat, menyentuh, dan mengungkapkan emosinya melalui gambar dan benda.

Untuk mengembangkan hal ini, aku selalu mengajaknya bermain peran melalui boneka dan membuat karya dari barang-barang di sekitar rumah yang sudah tak terpakai lagi. Agar imajinasi dan kreatifitas tangannya tersalurkan dengan baik.


Stimulasi apa yang cocok untuk mendukung kecerdasan majemuknya?


Kali ini kami membuat DIY (do it yourself) berupa "Kasur Boneka dan Lemarinya". Terbuat dari kardus bekas, kaos bekas, pita bekas parcel, botol bekas Morinaga Chil-Go! dan kertas. Ditunjang dengan alat gunting, lem, dan spidol. Permainan ini cocok mendukung kecerdasan visual spasial dan kinestetik, juga intrapersonalnya, serta menjadi kegiatan anak yang mengasyikkan.
[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak
main yuk!

Tujuannya agar dia dapat bermain sambil belajar;
  • Dapat berkreasi dengan menempel, menghias, dan menggambar pada pola mainan. 
  • Mengenal bentuk geometrik persegi panjang.
  • Dapat melihat konsep pembuatan kasur dan lemari yang mudah, 
  • Mengenal tata ruang tidur yang asik, 
  • Bertanggung jawab dengan barang yang sudah dibuatnya
  • Yang paling penting, sambil dikenalkan dunia wiraswasta bahwa kasur dan lemari dapat dijual dan jadilah pengusaha, atau arsitek, atau mungkin pemilik sebuah hotel. Wow, kan?!

Selma sangat suka. Sepulang sekolah, dia selalu mengajakku maupun temannya bermain boneka bernuansa kamar tidur. Dia sering merombak tata ruang sesuka hati, pindah sana sini. Seru deh, seperti imajinasi aku waktu kecil dulu.

Bagaimana cara membuatnya?

Gampang kok, tidak terlalu rumit, meskipun dalam membuatnya anak harus didampingi. Tonton dulu video singkatnya di bawah ini:




a.  KASUR BONEKA

Bahan-bahannya, yaitu:
- 1 buah Kardus susu bekas ukuran besar untuk kasur
- 1 buah kardus kecil (pakai kardus bekas bubur bayi)
- 1 helai kaos tak terpakai
- 4 buah botol Morinaga Chil-Go! bekas, potong menjadi dua bagian dan ambil bawahnya
- 1/2 meter Pita
- Gunting
- Lem tembak
- Lem kertas/lakban

Cara membuatnya:
1. Siapkan kardus besar dan kecil. Gabungkan keduanya menggunakan lem kertas atau lakban. Kardus bekas digunakan sebagai kasur, sedangkan kardus kecil digunakan sebagai sandaran kasur.
[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak

2. Lalu alasi semua kasur dengan kaos sampai tertutup. Tempel dengan lem tembak agar tak mudah lepas. Pastikan setiap sudut kasur tertutup dengan sempurna hingga terbentuk sebuah kasur yang nyaman.

3. Tempelkan pita di sekeliling kasur.

4. Balikkan kasur agar bagian bawah terlihat. Lalu tempelkan keempat kaki bekas botol Morinaga Chil-Go! satu persatu pada setiap ujung bawah kasur.


[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak



b. LEMARI BONEKA

Bahan-bahannya: 
- 1 buah kardus kecil (saya pakai kardus bekas bubur bayi)
- 1 lembar kertas HVS
- Spidol
- Lem kertas
[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak


Cara membuatnya:
1. Siapkan kardus, bungkus seperti kado dengan kertas HVS. Rekatkan dengan lem
2. Gambar kotak dan garis, seperti ada dua buah laci dan pintu.

[DIY] Cara Kreasi Membuat Kasur Boneka Untuk Anak


Cara bermain kasur boneka dan lemari:

Susunlah seperti sebuah kamar yang terdapat kasur dan lemari. Senang sekali Selma bermain boneka menggunakan alat peraga tersebut. 

Begitulah cara membuat kreasi kasur dan lemari boneka dari kardus dan kertas bekas. Selamat mencoba. (narasilia.com)




Punya ide lain?
Jangan disimpan sendiri. Masukan idemu di Program Bekal Masa Depan (BMD) Morinaga Chil-Go!

Ayo, kunjungi www.bekalmasadepan.com

19.1.18

Waspadai Hiperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel

Narasilia.com - Waspadai Hyperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel
 “Aduh, jerawatan lagi..!”.

“Kok jerawat gak sembuh-sembuh, ya?”.

Hhhh.. Rasanya bosan ya, kalau setiap hari menghadapi masalah jerawat yang tidak kunjung sembuh. Semua macam obat dan perawatan kulit selalu dicoba, sudah banyak biaya yang dikeluarkan, tetapi hasilnya tidak juga memuaskan, jerawat tetap saja membandel, muncul lagi, muncul lagi.

Jerawat membandel itu sangat mengganggu penampilan, bikin kita jadi minder.

Sama sepertiku, sejak kehamilan anak kedua, aku mengalami masalah jerawat yang tak terkendali. Muncul di pipi, kening, dahi, dan punggung. Padahal sebelum menikah, wajahku baik-baik saja, berjerawat pun cuma sesekali saja menjelang haid, itu pun cepat hilang.

Waspadai Hiperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel

Aku mengira kalau jerawat ini bertubi-tubi muncul karena efek krim wajah yang biasa kupakai sementara diberhentikan. Tetapi ketika konsultasi, dokter kandungan hanya menjawab bisa jadi karena bawaan hamil, hormonnya jadi gak seimbang. Sarannya, aku cuma dianjurkan untuk mengurangi makan gorengan dan banyak minum putih.

Setelah melahirkan, memang beberapa kali jerawat sempat hilang. Apalagi sejak rajin mencuci muka dengan sabun tanpa busa dan minum glukogen. Wajahku kembali berdamai. Senang sih, tapi karena harganya lumayan mahal, sengaja aku tidak memakainya untuk sementara, eh malah jadi jerawatan lagi beberapa bulan setelahnya.

Jerawatku muncul lagi, bentuknya benjolan-benjolan besar, sakit jika disentuh, terasa gatal, meradang berisi nanah, dan bekasnya selalu menghitam. Saking tidak tahan, aku pun berkonsultasi dengan dokter kulit, tetapi jawabannya tidak memuaskan. 

Dokter cuma bilang bisa jadi karena alergi dan pengaruh hormon. 

Huh, itu lagi alasannya...

Dokter gak ngasih tahu itu hormon apa, harus bagaimana, dikasih obat pun tidak, zonk.. Dua ratus ribu keluar cuma mendapat jawaban yang semu, bete gak sih? Mending buat beli bakso, bisa buat rame-rame, *haha.. sebel.


Waspadai Hiperandrogen, Penyebab Munculnya Jerawat Membandel


Beruntung pada Selasa lalu aku mendapat undangan dari Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) untuk menghadiri acara bincang-bincang kesehatan bersama Guesehat.com dan PT. Bayer di Cafe Tebet 39, Jakarta.

Waspadai Hiperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel


Di sana hadir dokter spesialis Aesthetic, Anti Aging & Sexologist, dr. Haekal Yassier Anshari M. Biomed (AAM). Beliau juga adalah host acara ‘Ayo Hidup Sehat’ di TVOne dan ‘Sex & The Woman di MNC Health Beauty.

Menurut dr. Haekal, jerawat yang membandel bisa menyerang siapa saja, termasuk pada wanita yang sudah menikah dan mempunyai anak. Hal itu bisa diakibatkan oleh Hiperandrogen, yaitu gangguan hormonal yang dialami wanita akibat meningkatnya kadar hormon androgen secara berlebih dalam tubuh.

Hiperandrogen akan menyebabkan gejala-gejala yang dikenal dengan SAHA syndrome, antara lain:
- Seboroik (Seborrhea), masalah kulit bagian atas seperti berketombe, kulit mudah mengelupas, kering bersisik, memerah, gatal-gatal, dan berminyak lebih. Biasanya menyerang pada bagian kepala, wajah, hidung, leher, punggung.
- Acne, munculnya jerawat membandel dan banyak komedo
- Hirsutisme, pertumbuhan rambut berlebih pada wanita di tempat yang tidak semestinya, seperti tumbuh kumis, bulu-bulu halus pada kening, lengan dan betis.
- Alopecia, alias kebotakan. Biasanya ditandai dengan kerontokan rambut, kulit kepala panas dan gatal, lalu lama kelamaan kepala akan botak.


Perbedaan Jerawat Hiperandrogen Dengan Jerawat Biasa


Menurut survey, hiperandrogen bisa dialami oleh 10-20% wanita usia produktif hingga menjelang menopause. 

Jerawat hiperandrogen sangat berbeda dengan jerawat puber yang sering dialami para wanita usia 15-25 tahun.

Jerawat puber mah biasanya cuma karena bakteri dan penebalan kulit (keratinisasi), dan malas cuci muka. Solusinya pun gampang, cukup jaga kebersihan, pakai obat anti jerawat dan antibiotik pastinya segera sembuh.

Waspadai Hiperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel
dr. Haekal menjelaskan gejala jerawat membandel

Tetapi menurut dr. Haekal, gejala jerawat hiperandrogen ini akan ditandai dengan tanda-tanda, seperti: 
  • gejala jerawat yang membandel, sulit dikendalikan, 
  • susah sembuh meskipun sudah diberi obat maupun salep. 
  • sering menimbulkan bekas luka (scar), dan 
  • selalu tumbuh lagi di area tubuh yang kelebihan minyak atau sebum.

Hmm, pantesan..

Ternyata inilah jawabannya yang selama ini kucari. Bisa jadi penyebab jerawat membandelku ini karena pengaruh Hiperandrogen. Usiaku kan sudah lewat 38 tahun, wajahku juga masih berminyak, alisku tebal, rambut cepat rontok, sering gatal dan panas.


Penyebab Terjadinya Hiperandrogen Pada Wanita


Jadi apa sih penyebab terjadinya hiperandrogen pada wanita?

Begini, sebenarnya hormon androgen adalah hormon yang lebih banyak dimiliki oleh tubuh pria, tetapi wanita juga mempunyai hormon ini. Tentu saja kadar hormon Androgen pada wanita sangat sedikit dibandingkan pada pria.

Fungsi hormon androgen pada pria adalah sebagai penunjang terbentuknya efek maskulin dan organ reproduksi seperti terbentuknya testis, sperma, kumis, jenggot, bulu dada, jakun, suara yang berat, massa otot, dan libido tinggi.

Sedangkan hormon Androgen pada wanita tidak sebanyak yang dimiliki pria, fungsinya berperan pada tumbuhnya rambut pada ketiak dan kemaluan, membantu dalam kematangan sel telur, membantu meningkatkan gairah seksual, juga bisa mencegah osteoporosis, dan menstabilkan mood.

Tapi jika kadarnya lebih dari >1%, wanita akan mengalami hiperandrogen. Hal ini bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor Endogen (dari dalam) dan faktor Eksogen (dari luar), antara lain:

A. Faktor Endogen (dari dalam) :

- PCOs (Sindrom Ovarium Poliskistik), yaitu kondisi terganggunya fungsi ovarium saat usia subur, akibatnya hormon tidak seimbang, kadar hormon androgen meningkat, dan muncul banyak kista

- Hiperplasia fungsi kelenjar adrenal, yaitu kondisi kelenjar adrenal mengeluarkan hormon androgen berlebih

Adanya tumor pada adrenal, kista pada ovarium, hipophyseal (hormon yang merangsang produksi testosteron), gejala bronkhial


B. Faktor Eksogen (dari luar) :

Pil kontrasepsi kombinasi dengan efek androgen meningkat

Pengobatan menggunakan steroid anabolik yang mencegah inflamasi dan menambah stamina tubuh

Pengobatan kortikosteroid, biasanya obat anti-inflamasi yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, gatal-gatal, dan alergi.

Nah, kalau kalian pernah mengalami hal-hal tersebut di atas, berarti bisa jadi jerawat yang muncul bisa diakibatkan karena pengaruh hiperandrogen tadi.


Mengatasi Jerawat Akibat Hiperandrogen


Dr. Haekal mengatakan, solusi mengatasi masalah kulit karena hiperandrogen, bisa kita lakukan hal-hal berikut ini:

1. Minum Obat Antiandrogen

Biasanya dokter akan mendiagnosa keluhan pasien dengan melihat tanda-tanda umum, dan menggunakan uji laboratorium, kemudian obat antiandrogen akan diresepkan. 

Kita bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan, sekalian bertanya tentang kontrasepsi dan kesehatan rahim. Atau bisa mendatangi dokter kulit. Bahkan dr. Haekal menawarkan pengobatan di kliniknya yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Obat antiandrogen diberikan kepada pasien bertujuan agar supaya kadar hormon androgen menurun, kemudian hormon estrogen dan progesteron meningkat, sehingga produksi minyak berkurang, bulu-bulu halus hilang, dan jerawat pun berkurang.

Obat antiandrogen ada di dalam pil kontrasepsi kombinasi. Contohnya seperti pada pil KB merk Yasmin, Diane 35, dan Mycrogynon yang diproduksi oleh PT. Bayer Indonesia.

Tetapi, tetap berhati-hatilah menggunakan obat antiandrogen, karena bisa berefek samping seperti mual, pusing, menurunkan libido gairah seksual, osteoporosis, dan bad mood.


2. Perawatan Wajah

Sebenarnya perawatan wajah yang berjerawat bisa diatasi dengan rajin mencuci muka, tanpa perlu menggunakan kosmetik apa pun. 

Karena pada dasarnya, kandungan kosmetik tidak ada yang aman untuk kulit berjerawat, kosmetik pasti mengandung bahan kimia, begitu tips yang disampaikan oleh Firman dari Ziandiova Makeup saat memperagakan Daily Makeup yang simpel untuk sehari-hari.

Waspadai Hiperandrogen Penyebab Munculnya Jerawat Membandel
daily makeup bersama Ziandiova Makeup

Firman menambahkan jika jerawat sedang meradang, sebaiknya tinggalkan semua kosmetik, tidak perlu berdandan hingga jerawat sembuh. 

Terus gimana dong, nanti malah terlihat kucel?

Tenang, jika wajah ingin tampil segar, cukup gunakan lipstik, bedak Loose Powder (bedak tabur), Eyeliner mata dan eyebrow untuk alis saja. Tips agar alis  lebih terlihat natural, lebih baik gunakan sedikit eyebrow powder lalu sapukan dengan sisir alis, jangan menggunakan pensil alis.

Begitu pun dr. Haekal mengatakan saat aku berkonsultasi lebih lanjut, bahwa bedak yang aman biasanya akan diracik dokter spesialis menggunakan bahan kandungan Retinol, BHA (Beta Hydroxy Acid), dan asam salicylat.


3. Olahraga Teratur

Olahraga dapat membuat paru-paru sehat, sehingga tubuh mampu meningkatkan aliran oksigen dalam darah dan kulit pun ikut sehat. Apalagi jika keluar keringat, hal ini bisa membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan akhirnya mendapatkan detox alami.


4. Pola Gizi Sehat dan Seimbang

Dr. Haekal bilang, untuk mencegah hormon androgen meningkat lebih baik makan makanan yang mengandung protein seimbang. Panduan gizinya yaitu jangan terlalu banyak makan kacang-kacangan, tahu, tempe, tetapi bisa diimbangi dengan daging rendah lemak. Begitu sebaliknya, jangan terlalu banyak makan sumber protein hewani saja, tetapi harus diimbangi dengan protein nabati.

 ***

Demikianlah kesimpulan acara pada hari itu. Alhamdulillah, sekarang jadi semakin mengerti deh, kenapa jerawat ini membandel dan susah sembuh. Ternyata Hiperandrogen ini penyebabnya. Jika masih penasaran segera hubungi dokter saja ya dan selalu jaga kesehatan.


Semoga jerawat membandel itu tak muncul lagi. Salam sehat... (narasilia.com)

13.1.18

Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Narasilia.com - Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral
Kemarin timnas Indonesia dibikin telak oleh kekuatan tim Islandia. Serunya bikin deg-degan. Antara sedih gak sedih sih, semoga timnas kita semakin lebih baik. 


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral
Credit : indosport.com

Apalagi tahun ini sudah mulai musimnya persiapan sepakbola Piala Dunia 2018, setidaknya banyak hal yang bisa dipelajari di sana. Tapi tulisan ini bukan ingin membicarakan permainan sepakbola ya, aku cuma ingin memberikan tips supaya tetap fit dan gak ngantuk saat menonton sepakbola yang biasanya ditayangkan pada tengah malam.

Suka kesal kan, pas lagi nonton tim kesayangan bertanding dalam laga sepakbola, eh taunya mengantuk lalu ketiduran. Sudah menunggu lama-lama, lho kok ternyata sudah bubar. Apes banget rasanya.



Sebenarnya mengantuk adalah reaksi alami yang mengingatkan tubuh bahwa sudah saatnya otak dan tubuh harus beristirahat sejenak. Bisa stress lho jika kita tidak bisa tidur dan malah mengganggu kesehatan. Mengantuk biasanya ditandai dengan menguap, mata sayu, dan tubuh terasa lemas, lalu mencari bantal, hehe..


Bagaimana caranya biar gak mengantuk dan cepet bikin seger saat menonton sepakbola berlaga? Ini Solusinya:

1. Pejam Mata dan Tidur Sejenak Sebelum Pertandingan Dimulai

Jangan ditahan jika kita sudah menguap. Menguap itu alarm penting. Menguap adalah cara mengambil oksigen secara cepat untuk menurunkan suhu otak yang sudah kepanasan akibat terlalu berfikir.

Kalau sudah menguap sebaiknya pejamkan mata dan tidur sejenak sebelum pertandingan dimulai. Tidur merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan asam laktat diolah di dalam hati untuk menjadi cadangan energi, memulihkan stamina.

2. Minum Air Putih

Selain memejamkan mata dan tidur sejenak sebelum mulainya pertandingan, ternyata minum air putih juga bisa mengatasi rasa mengantuk. 


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Di dalam tubuh, air mengikat oksigen dalam darah sehingga membuat kinerja jantung tetap stabil, tidak berdebar-debar, bebas dehidrasi, membuat tubuh dan otak cepat kembali segar., dan juga menyehatkan saluran kencing, bebas anyang-anyangan.

Mungkin bisa mencoba minum Frozen Air Mineral (sebagai sponsor utama Indonesia vs Islandia) yang bisa memulihkan stamina, karena  beneran cepet bikin seger.

3. Jangan Minum Kopi

Minum kopi ternyata malah akan membuat tubuh semakin lemas, kafein yang ada dalam kopi tidak mampu sempurna membuat otak terjaga, malah kadang-kadang menimbulkan rasa pusing, jantung berdebar-debar, dan mual.

Jadi sebaiknya, jika ingin begadang kita harus banyak minum air putih dibandingkan minum kopi. Dengan minum air putih, tubuh terdetox secara alami, tubuh jadi lebih sehat, fit, dan membuat wajah tetap cerah ceria.

Apalagi jadi ceria bisa melihat salah satu idola kita muncul, membuat mata berbinar-binar, gak pake mata panda deh, hahay..

4. Awasi Gerakan Kiper

Teringat 20 tahun silam, aku diketawain ayah saat heboh mengunggulkan timnas Italia melawan timnas Prancis di final Piala Dunia 1998. Cewek kok suka nonton bola? Mengherankan. Tapi aku jawab dengan senyuman imut ala tokoh manga. Pleasee, gak apa-apa kan, yah?

Karena alasanku cuma satu, supaya gak mengantuk saat begadang mengerjakan tugas kuliah gizi yang menumpuk. Mata jadi selalu awas menanti kiper yang tinggi tegap itu disorot kamera, sampai pagi.

Jarang-jarang kan sosok kiper disorot lama. Sekalinya disorot ya cuma pas mau kebobolan bola, heu..heu. 


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral


Tapi disitulah tingkat kegantengannya, ekspresi tegas nan macho, tubuh kekar, jatuh bangun, tangan merentang berusaha menjadi pelindung dan penyelamat dari serangan musuh. *Aihh..

Kemarin, aku kembali dihanyutkan oleh euforia kiper. Gara-gara Indonesia kedatangan tim Islandia, ternyata kiper Islandia ini bikin mata membelalak, tubuhnya tinggi tegap, dan wajahnya ganteng, uhuk. Namanya Frederik Schram.

Sosok muda yang selalu tersenyum ini akan memperkuat timnya menghadapi duel persahabatan Indonesia vs Islandia.


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Yakin deh, kiper Islandia itu bisa bikin mata kita gak ngantuk, hihi.. *udah sungkem sama ayah kok, alhamdulillah dia gak marah.


Beginilah Cara Frozen Air Mineral Cepet Bikin Seger Indonesia vs Islandia


Masih ngomongin kiper, sosok Frederik Schram juga sempat mencuri perhatian warga setempat, saat lawatan dan latihan di Yogyakarta,  terutama anak-anak sekolah yang ingin berfoto bersama.

Pertama kali berkunjung ke Indonesia, membuat dirinya kagum pada keramahan dan keindahan Indonesia, meski pun faktanya iklim Indonesia yang bersuhu tropis ini membuatnya harus beradaptasi.

Cuaca siang itu, membuat tim Islandia merasa kepanasan saat latihan. Mereka sempat kewalahan karena tidak cocok dengan suhu di sini. Negara bagian Eropa ini sudah terbiasa hidup di iklim dingin yang berkisar minum 5 derajat Celcius.


Beruntung, kali ini promotor menggandeng Frozen Air Mineral sebagai sponsor utama kegiatan laga persahabatan ini. Terbukti, air minum ini dapat memulihkan stamina akibat dehidrasi dan cepet bikin seger. 

Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Nampak para pemain begitu antusias meminum dan mengguyurkan air mineral tersebut supaya tidak mengalami dehidrasi dan kelelahan akibat suhu panas.

Frozen Air Mineral bisa membuat para pemain sepakbola kembali cepet seger di tengah teriknya matahari. Ini karena air mineral berasal dari sumber mata air Pandaan yang jernih. 

Serta disterilkan menggunakan Ozon Injection dan multi ultra filtrasi, sehingga dapat mempertahankan keseimbangan mineral alami.

PT. Sinar Mas Indonesia (anak perusahaan Charoen Pokphand) yang memiliki pabrik air mineral Frozen di Pandaan ini, memproduksi sejak tahun 2015 silam dan sudah menjadi sponsor berbagai kegiatan olahraga seperti futsal dan acara musik. 

Dan kali ini bisa berbangga menjadi sponsor utama olahraga sepakbola yang cukup bergengsi, bertaraf internasional.
Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral


Laurensius Zaoputra, selaku Brand Manager Frozen Air Mineral, mengungkapkan kebanggaannya, karena diberi kesempatan sebagai sponsor utama 'Official Water Sponsor' untuk mendukung Iceland Tour yang berkolaborasi dengan PSSI, Timnas Islandia, dan MediaPro Asia. Frozen Air Mineral bersemangat ingin memberikan kesegaran pada kedua tim nanti.

Kedepannya, Frozen air mineral juga akan memberikan dukungan komitmen dalam industri sepakbola Indonesia  yang lebih baik, agar mampu menuju Piala Dunia 2022.

Kamu juga bisa mencobanya, supaya gak ngantuk saat pertandingan tengah malam tiba. Kan, sudah tau rahasianya kenapa minum air putih lebih penting di saat begadang.

Harga air mineral Frozen ini murah kok, sudah tersedia dalam kemasan 240 ml, 300 ml, 600 ml, 1500 ml, hingga dalam galon berukuran 19 liter. 

Sudahh diekspor ke negara tetangga, Papua New Guniea. Dan sudah merambah ke hotel, restoran, warung makan, cafe, dan dapat diperoleh di berbagai supermarket seperti Prima Freshmart, Giant, dan lainnya.


Tujuan Laga Persahabatan Indonesia vs Islandia


Laga persahabatan Indonesia vs Islandia ini bertujuan untuk mengujicoba anak-anak asuhan PSSI yang tidak bisa tampil pada Piala Dunia, yang nanti diselenggerakan pada pertengahan tahun ini. 

Hitung-hitung latihan mental dan fisik, toh tim Islandia bukan cuma ingin bertanding, tetapi juga akan memberikan pengarahan semacam coaching clinic pada tim nasional sepakbola U-23 Indonesia.

Selama 5 tahun ini, timnas Islandia termasuk negara kecil yang mampu menggungguli negara-negara Eropa lainnya untuk lolos ke babak Piala Dunia 2018. Konon, timnas Italia saja gagal. Timnas Islandia juga sering menjuarai Piala Eropa.

Jadi tidak ada salahnya, tim ini diundang ke Indonesia agar dapat memberikan pencerahan, pengalaman, dan pembelajaran dalam dunia persepakbolaan tanah air, ungkap Sekjen PSSI Ratu Tisha Destriana.

Besok, tanggal 14 Januari 2018, kembali digelar di stasion utama Gelora Bung Karno, Jakarta pukul 18.30 WIB (disiarkan juga di RCTI). Indonesia sudah mempersiapkan segalanya, termasuk membenahi fasilitas di stadion ini menjadi lebih mewah. Iyap, stadion GBK 2017 ini sudah keren banget dan akan diresmikan oleh bapak presiden Jokowi.


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Stasion GBK di tahun 2017 sudah menggunakan rumput kualitas dunia, ruang ganti sekelas stadion Wembley, kursi penonton yang nyaman, lampu dengan penerangan lux, papan skor merk Seiko, dan pemasangan CCTV demi keamanan bersama.


Mengantuk Saat Nonton Sepakbola? Cepet Bikin Seger Dengan Frozen Air Mineral

Panitia juga sudah menyediakan hampir 23 ribu lebih tiket yang dapat dibeli melalui online dan offline yang dibuka pada pukul 10 pagi. Systemnya sudah e-ticketing dan bisa menunjukkan melalui HP saja, untuk menghindari para calo.

Harga tiket Indonesia vs Islandia di stadion Gelora Bung Karno berkisar mulai 100.000 hingga 1.500.000 rupiah, yang tersedia untuk Tribun Atas, Tribun Selatan, Tribun Utara, Kategori Barat dan Timur, VIP Barat dan Timur, serta VVIP.

Semoga kali ini Indonesia mampu berjaya, semoga persiapan fisik para pemain sepakbola U-23 Indonesia juga dipersiapkan dengan matang, ada Evan Dimas, Bambang Pamungkas, Boas, dan Andik, agar Indonesia bisa mengimbangi ketangguhan para lawan tersebut, kan sudah minum Frozen Air Mineral yang cepet bikin seger. 

Dan kamu yang menonton jangan lupa besok ikut serta meramaikan Indonesia vs Islandia ya. Bisa lewat twitter dengan menggunakan hastag #AdaFrozendiGBK sambil minum #FrozenAirMineral supaya #CepetBikinSeger tubuh dan cepet #SegerBolanya.

Salam Olahraga, salam sehat, salam bebas mengantuk dan bebas dehidrasi. (narasilia.com)



3.1.18

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

narasilia.com Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?
Siang itu, suara musik mulai terdengar, kami memejamkan mata, mendengarkan dan mencoba meresapi syair lagu Maywood, ini:

Mother, how are you today?
Here is a note from your daughter.
With me everything is ok.
Mother, how are you today?

Mother, don't worry, I'm fine.
Promise to see you this summer.
This time there will be no delay.
Mother, how are you today?

Stop, stop, stop
Mau ambil tissue dulu,
Air mata ini sudah banjir berlinang-linang..

Gimana gak nangis, lagu sendu ini begitu menghanyutkan, membuat pikiran melayang jauh, terbuai dan langsung mengingat ibu. Aahhh, jadi kangen ibu, pengennya sih nelpon. Sayang, ibuku sudah tiada 15 tahun silam.
Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini, Bu?
credit by pixabay

Seluruh undangan di ruangan Eat and Eat FX Sudirman ini juga terharu biru. Memang begitu sih tujuannya, mas Harry Setiawan ingin semua hadirin di acara "Bincang-Bincang Nutrisi Buat Si Kecil" ini, kembali mengingat ibu. 

Mas Harry adalah penggagas kampanye “Udah Nelpon Nyokap?”. Unik ya. Awal adanya kegiatan nelpon ini karena mas Harry merasa rindu pada ibu dan sangat menyesal sudah tidak bisa lagi bertemu dan ngobrol dengan ibu. Dulu ketika masih ada ibu, dia malah cuek, jarang nelpon. Kini tekadnya bertujuan mulia, yaitu mengajak seluruh masyarakat untuk mengingat ibu.

Kampanye sosial “Udah Nelpon Nyokap?” ini menggandeng Womanation.id, sebuah wadah komunitas perempuan yang memiliki visi dan misi yang sama, selalu ingin menghargai dan memberdayakan semua perempuan agar bisa berkontribusi untuk bangsa (Empowering Woman, Empowering A Nation), termasuk mencegah gizi buruk pada anggota keluarga, calon generasi masa depan.

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?
(Ki-Ka: Harry Setiawan, Myrna Soeryo)
Ibu Myrna Soeryo selaku Chief Community Officer Womanation mendukung kegiatan mulia ini. Sosok ibu memang pantas selalu diingat, jasa ibu mendidik dan membesarkan anak-anak sangat luar biasa. Menelepon ibu, menanyakan kesehariannya, pasti akan membuatnya bahagia, menjadi penghargaan terindah sepanjang hidupnya.

Ayo, yang masih ada ibu, kamu udah nelpon nyokap hari ini?.


Isi Piringku, Penghubung Cinta Ibu dan Anak


Bersamaan pada acara hari itu, psikolog Ajeng Raviando pun menghimbau, selain menelepon, ada cara lain yang bisa dilakukan supaya bisa kembali akrab dengan ibu. Sederhana saja, yaitu makan bareng. 

Makanan bisa menjadi penghubung cinta dan kasih sayang semua orang, termasuk antara ibu dan anak. Seperti ibu kita dulu, memberikan kasih sayangnya dengan makanan bergizi. Meskipun ibu belum makan, tapi kita duluan yang disuruh makan *ibu baik banget, ya..

Diamini oleh ibu Wailayati Ningsih selaku Senior Health and Nutrition Manager Danone Indonesia, beliau mengatakan: kita bisa menelepon ibu untuk menanyakan sudah makan apa belum? Masak apa hari ini? Bikin lauk apa, bu? Aku kangen masakan ibu.

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?
Ibu Wailayati Ningsih dari Danone Indonesia

Kita tumbuh besar dan bisa sukses juga karena ibu. Kasih sayang ibu mempersiapkan bekal masa depan anak-anak, tidak bisa tergantikan.

Ibu selalu menyajikan sebuah piring yang berisi beberapa makanan favorit. Tumis cah kangkung buatan ibu pasti bikin kangen, atau bubur manado yang lezat, mengingatkan betapa nyamannya kita disuapi ibu saat demam.

Isi piring sajian ibu memang selalu membuat nostalgia yang indah, ya.

Ngomong-ngomong isi piring, pemerintah juga menjadikan ISI PIRINGKU sebagai slogan kampanye porsi makanan sehat lho. 

Hmm, kamu baru tahu, kan? *sama..
Coba lihat gambar berikut:

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?


Gerakan Isi Piringku yang diluncurkan Kemenkes RI pada akhir tahun 2017 lalu, menggantikan slogan gizi 4 sehat 5 sempurna yang sudah basi.


Sajian dalam isi piringku ini diharapkan bisa menentukan masa depan generasi bangsa lebih sehat. 


Isi Piringku menjadi pedoman yang pas sebagai ukuran nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam sekali makan. Dalam satu piring, dibagi menjadi 2 bagian:

👉  50% untuk kebutuhan makronutrien (karbohdirat, protein, dan lemak), terdiri dari: 
      - 2/3 makanan pokok
      - 1/3 lauk pauk hewani dan nabati
Sumber makanan: nasi, ubi, singkong, kentang, roti, daging ayam, telur, daging, ikan, tempe, tahu, kacang-kacangan.

👉  50% untuk kebutuhan mikronutrien (vitamin dan mineral), terdiri dari: 
     - 2/3 sayur mayur
     - 1/3 buah-buahan
Sumber makanan: bayam, kangkung, labu, wortel, brokoli, apel, jeruk, jambu biji, pisang, semangka.

Jumlah penyajiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan energi masing-masing orang. Terlalu panjang untuk diuraikan, perlu konsultasi gizi untuk merumuskan. Tapi yang paling penting, ada pesan dalam Isi Piringku, yaitu perbanyak makan sayur dan buah. 

Manfaat banyak makan buah dan sayur bisa membantu penyerapan zat gizi, memperlancar peredaran darah, dan mencegah penyakit degeneratif yang tidak menular, seperti obesitas, hipertensi, stroke, gagal ginjal, jantung koroner.

Isi Piringku mengajarkan, sebaiknya jangan cuma makan 1-2 sumber makanan saja, tetapi ada 4 pokok bahan makanan yang harus disertakan. 

Coba perhatikan tabel di bawah ini, menu mana yang lebih sesuai dengan pedoman ISI PIRINGKU?

Menu
Komposisi tepat dalam porsi 
'Isi piringku'
Komposisi yang tidak tepat dalam porsi 'Isi Piringku'



Nasi Uduk
• Nasi santan
• Orek tempe, tahu bacem, telor kecap
• Tumis kacang panjang, Oseng wortel, bakwan kol wortel.
• Buah jeruk
• Nasi santan
• Perkedel kentang, Bihun goreng, Mie goreng, Tempe bacem, Bakwan jagung
• Jus Alpukat



Good (Seimbang)
Ada lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah
Bad (Tidak seimbang)
Lebih banyak sumber karbohidrat dan lemak, dibandingkan protein, tidak ada sayur, tinggi gula


Nasi Goreng
• Nasi minyak
• Ayam suwir, Telur, Ati ampela
• Kacang polong, Sawi putih, Acar wortel timun
• Pepaya potong
• Nasi minyak
• Telur, suwir ayam, abon, ati ampela, bawang goreng

• Teh manis



Good. (Seimbang)
Ada lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah
Bad (Tidak seimbang)
Lebih banyak sumber protein, tak ada sayur dan buah, tinggi gula

Nah, supaya bangsa ini semakin sehat, bukan saja makan makanan bergizi, tetapi pola hidup sehat juga harus dibiasakan, sesuai tumpeng Pedoman Gizi Sehat (PGS), yaitu jangan lupa untuk selalu:

- mencuci tangan pakai sabun, 
- membiasakan minum air minimal 6-8 gelas sehari, 
- olahraga secara teratur minimal 30 menit, 
- dan mengurangi asupan gula.

[Baca juga: Bijak Konsumsi Gula Untuk Maksimalkan Konsentrasi Anak]


Isi Piringku, Panduan Gizi Pas Untuk Anak 4-6 tahun


Tak terasa waktu hampir menunjukkan pukul 3 sore, pembahasan berlanjut pada bincang-bincang nutrisi buat si kecil, terutama untuk usia anak sekolah di masa keemasannya. 

Pernah memperhatikan gak, kenapa ya orang Indonesia tubuhnya banyak yang pendek-pendek? Banyak yang bilang karena kurang gizi, benarkah?

Yap, ada benarnya juga. Ternyata negeri kita yang subur makmur ini, masih termasuk dalam 5 besar negara bermasalah gizi. Ada sekitar 36,4% penduduk Indonesia mengalami stunting (tubuh pendek).


Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

Saat menjadi penyuluh gizi pada kisaran tahun 1999 lampau, aku pernah menemukan fakta di desa Cianjur banyak yang kekurangan gizi, terutama defisiensi (kekurangan) protein. Bertubuh pendek, moon face, rambut kemerahan, mata terlihat lesu. 

Mereka begitu bukan karena tidak makan. Tetapi ironisnya, sumber makanan yang baik justru lebih banyak dijual daripada dikonsumsi sendiri.

Bapak dan ibunya menganggap kalau makan nasi, ikan asin, dan kuah mie instan itu sudah lebih dari cukup. Sedangkan telur, ikan, daging, hasil bumi lainnya dijual untuk tujuan tabungan masa depan. Membeli perhiasan, membangun rumah, atau membuat hajatan untuk pernikahan anak gadisnya, itulah masa depan. 

*Miris ya, tapi itulah kenyataan hidup.

Padahal semua anak berhak sehat. 

Anak-anak berhak mendapat makanan sehat agar tumbuh besar secara optimal. Setiap anak butuh makanan sehat 3 kali sehari, butuh banyak buah dan sayur, juga butuh makanan yang kaya protein, omega 3, DHA. 

Sebagai ibu yang baik, kita harus banyak belajar dan memahami, makanan bergizi apa saja yang baik diberikan sejak dini, terutama untuk anak usia sekolah 4-6 tahun. Kita harus menyiapkan makanan sehat.


Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?
(Ki-Ka: Aldis Ruslialdi, Ajeng Raviando)

Untuk mewujudkan makanan yang sehat, ahli gizi Aldis Ruslialdi turut menjelaskan 4 pilar penting, yaitu:

1. Makanan sehat dimulai dari belanja yang sehat dan tepat
Cara mendapatkannya, kondisi tempat membelinya, dan kebersihannya mempengaruhi kualitas makanan.

2. Makanan sehat bisa dilihat dari cara penyimpannya.
Penyimpanan yang baik berasal dari suhu yang tepat agar tidak cepat busuk. Bahan makanan daging, ikan, dan seafood lebih baik disimpan dalam keadaan beku.

3. Makanan sehat berasal dari cara pengolahan yang tepat.
Memasak lebih baik tidak terlalu lama agar zat gizinya tidak cepat rusak. Buah potong lebih baik dibanding diblender. Menumis, mengukus, membuat pepes, adalah lebih baik dibanding merebus dan menggoreng.

4. Makanan sehat berasal dari cara penyajian dan makan yang baik.
Cara penyajian makanan menentukan daya nafsu makan seseorang, apalagi jika dikunyah dengan tenang dan tidak terburu-buru, pencernaan menjadi lebih sehat dan zat gizi menyerap dengan baik.



Sekarang pertanyaannya adalah:

“Bagaimana solusi menangani anak yang tidak suka makan nasi, sayur dan suka pilih-pilih makanan, padahal sudah sesuai pedoman gizi? Bagaimana nanti tumbuh kembangnya?"

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

Hmm, biasa deh, permasalahan anak usia dini memang tidak ada habisnya, tak biasa sarapan, ogah makan sayur, maunya makan nugget dan ayam goreng saja. Malas makan karena kenyang donat, sering dehidrasi karena kurang minum, dan suka jajan.


Yuk, kita sama-sama mengevaluasi dan lakukan tipsnya:

1. Berikan contoh yang baik 

Memberikan contoh adalah solusi utama, agar semua anggota keluarga semakin sehat. Biasakanlah sejak kecil. Dan jangan memaksa anak mau makan sayur, tapi ayah ibunya tidak suka makan sayur, *hayoo..

Supaya anak suka makan sayur, kita bisa suguhi sajian yang kekinian, seperti membuat pie salad, kentang kukus isi gado-gado, somay ikan sayur, muffin brokoli, nugget ayam wortel, dan minuman smoothies pepaya wortel yang menyegarkan


2. Kenali Makanan Lokal Yang Kaya Gizi.

Ajaklah anak-anak mengenal makanan yang baik untuk tubuh mereka melalui cerita, belanja bareng, dan bisa ajak bersama-sama mencuci buah dan sayur di dapur.

Kenali sumber makanan lokal, banyak kok sumber alam yang bisa dibanggakan, namun sayangnya masih banyak yang gengsi kalau makan makanan 'kampungan'. Sering dibilang otak tempe lah, padahal tempe kan makanan bergizi yang murah meriah.

Untuk anak yang tidak suka makan nasi, tak perlu dipaksa. Kan bisa diganti dengan roti, ubi, jagung, singkong, kentang, talas, keladi. Silahkan saja dijadikan sumber makanan pokok. 

Jangan malu makan nasi jagung. Jangan minder kalau cuma makan singkong dan ubi rebus. Energi si kecil juga masih bisa diperoleh dari asupan protein dan lemak. 


3. Jangan biarkan jajan sembarangan

Anak-anak itu suka banget sesuatu yang manis, menarik, dan baru. Biasanya jajanan kan banyak mengandung gula, akibatnya akan membuat anak malas makan nasi atau sayur karena sudah merasa kenyang.

Tugas ibu menjaga agar mereka tidak minta jajan atau ngemil makanan manis, sebelum waktu makan. Setidaknya beri jarak sekitar 2-3 jam, agar perut mereka kembali lapar dan nafsu makan meningkat. 

[Baca juga: EMINA Cheese Stick, Solusi Praktis Cemilan Anak Yang Sehat]


4. Membiasakan minum air putih

Anak-anak itu seringkali dehidrasi, cepat haus. Membiasakan minum air putih adalah hal yang baik untuk kesehatan anak-anak. Apalagi banyak kemasan air putih yang menarik untuk anak-anak, seperti kemasan Aqua ini.


Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

Jangan sampai mereka lebih memilih minuman manis, karena minuman yang mengandung gula akan membuat anak jadi malas makan. 

Dalam menggalakkan kampanye Isi Piringku dan banyak minum air putih, pemerintah pun menggandeng Danone Indonesia. Sebagai perusahaan dengan semboyan One Planet, One Health, Danone Indonesia ikut peduli kesehatan lingkungan dengan menjalankan Resolusi Pangan. 

Danone Indonesia memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian alam sampai kapan pun, menciptakan hidup sehat hingga masa yang akan datang, untuk anak cucu selanjutnya.

Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

Revolusi Pangan yang dilakukan Danone Indonesia itu seperti memikirkan apakah sumber makanan sudah sehat, menggalakkan memilah sampah wadah makanan untuk bisa didaur ulang, dan mencari solusi agar sisa makanan yang terbuang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk.

Program ini bagus ya, kita bisa ikut mensukseskan dengan memulai dari rumah, anak-anak bisa diajak untuk mencintai lingkungan agar kehidupan lebih sehat dan bermanfaat

***

Bagaimana bu, sudah siap membangun generasi anak-anak hebat dan sehat?

Kalau aku insyaallah sudah siap. Aku sudah menerapkannya kepada ketiga anakku. Seneng banget ketika mereka lahap makan sayur dan buah, gak susah makan, apa saja yang kusajikan selalu disantapnya.

Setiap makan, Syadid dan Selma suka bilang: " Em.. em.. mantap. Masakan bunda enak". Alhamdulillah, aku memang ingin menjadi ibu yang dikangenin anak-anak jika mereka sudah besar nanti.


Nelpon Nyokap: Apa Isi Piringku Hari Ini?

Jika mereka sedang merantau belajar di Jerman, Swedia atau negara maju lainnya (aamiin), tak lupa padaku, nelpon dan bertanya: “bunda, apa kabar? Lagi masak apa nih? Kangeen masakan bunda, kapan bisa mengisi piringku lagi?".

Aiih, hatiku jadi meleleh..

(www.narasilia.com) Sumber:
#womanation 
#isipiringkuanaksehat 
#DanoneRevolusiPangan.