Membuat Minyak Kelapa dan Kemiri Sendiri Dengan Mudah

Siapa yang tak tahu minyak kelapa atau coconut oil? Sejak jaman dahulu, jaman nenek moyang, minyak kelapa ini sangat digemari. 


Manfaat minyak kelapa itu banyak banget. Dan Indonesia salah satu negara penghasil kelapa terbesar dan pengekspor bahan baku minyak kelapa ke Belanda.

Membuat Minyak Kelapa dan Kemiri Sendiri
Source: Pixabay

Kita bisa membuat minyak kelapa sendiri dengan mudah. Aku pernah diajari oleh ibu, mulai dari memarut, memeras santan, menyaring ampas, memasaknya, hingga jadi minyak tersebut. Seru juga, beramai-ramai bikin minyak kelapa.


Manfaat Minyak Kelapa 


Apa saja sih manfaatnya minyak kelapa? Berikut beberapa yang pernah kurasakan manfaatnya.

• Menghitamkan rambut, mencegah uban
Manfaat minyak kelapa itu salah satunya bisa melebatkan dan menghitamkan rambut, alis, kumis, dan jenggot atau jambang. Rambut jadi tidak kering, sehat mengkilat.

Beneran terbukti lho, tetanggaku juga rajin meminyaki rambut panjangnya dengan minyak kelapa, ternyata sampai usia 50 tahun lebih rambutnya tetap hitam dan sehat, tidak ubanan.


Menambah stamina dan mudah melahirkan
Manfaat lainnya pernah aku minum selama kehamilan, setiap hari 1 kali sendok makan. Aku percaya bisa menambah stamina, terutama menjelang melahirkan, katanya sih buat melicinkan jalan lahir, wallahu a'lam, tapi aku sih merasakan kemudahan itu.


• Menghaluskan Kulit Dari Iritasi
Aku pernah membuat minyak kelapa sendiri, kubuat untuk mengoleskan ke badan bayiku yang sering beruntusan kena keringat bahkan suka alergi terkena minyak kayu putih. Alhamdulillah, kulitnya tidak ruam lagi, tidak bersisik lagi, malah jadi lembut dan halus.


• Minyak Pijat dan kerokan, bahan sabun mandi.
Meski aromanya gurih banget, tapi minyak kelapa juga mantap untuk menjadi minyak urut, pijat, dan kerokan. Bahkan sebagai bahan baku sabun


Cara membuat Minyak Kelapa dan Kemiri


Karena susah mendapatkannya, tidak ada di toko obat atau apotik, aku sekarang pun suka bikin minyak kelapa sendiri, asalkan telaten, minyak dihasilkan dengan cara sederhana. 

Di dalam tulisan ini, saya sedikit mengkombinasikan kelapa (coconut oil) dengan kemiri, diharapkan perpaduannya memberikan manfaat maksimal. 

Membuat Minyak Kelapa dan Kemiri Sendiri


Supaya rambut semakin hitam dan berkilau. Perbandingannya 3 kelapa tua : 1/4 gr kemiri. Semakin tua, santan kelapa semakin bagus.

Okelah, daripada bingung, begini cara mudah membuat minyak kelapa dan kemiri sendiri.

Bahan:
- 3 butir kelapa tua, parut.
- 250 gr kemiri, sangrai hingga hitam
- 2 liter air
- 10 lembar daun pandan, untuk menghilangkan bau langu
- Wajan, serbet bersih, mangkuk, pipet, dan botol kosong


Cara membuat:
1. Campurkan air dan kelapa parut, aduk. Peras hingga keluar santannya

2. Haluskan kemiri yang sudah disangrai. Bisa ditumbuk dengan ulekan atau diblender dengan sedikit air.

3. Masak santan, kemiri tumbuk, dan daun pandan bersamaan. Terus di aduk-aduk hingga santan mengering dan berwarna kecoklatan 

Membuat Minyak Kelapa dan Kemiri Sendiri


4. Setelah dingin, angkat dan masukkan ke dalam serbet, padatkan dan peras dengan kencang sehingga keluar minyaknya ke dalam mangkuk.

5. Setelah selesai, masukkan minyak kedalam botol bersih menggunakan pipet. Teteskan hingga penuh.

6. Ehhhh, ada sisa ampasnya. Jangan buang ampasnya, karena rasanya enak jika dicampur nasi hangat, yummyy..

Tuh bener kan gampang. Yuk, kita membuat minyak kelapa dan minyak kemiri sendiri, selama mencoba!


6 komentar:

  1. wow kereeen...
    coba juga aaah di rumah

    BalasHapus
  2. Trims tipsnya bunda...
    kemarin aq da coba buat hasilnya warna kuning kecoklatan cenderung tua,apa kelamaan ya?
    jam 12 siang selesai jam 3 saya aplikasikan ke anak saya, rambutnya lembutttttt dan sedap
    bunda biar baunya fresh n wangi bukan sedap enaknya dikasih tambahan apa ya....? makasih bunda

    BalasHapus
  3. sama-sama.. coklat bisa jadi apinya kebesaran, atau kulit ari kelapanya kurang dibersihkan.. utk wangi-wangian bisa ditambahkan bunga2 wangi segar aja mbak, kalau pakai pandan memang sedap banget ya hehe

    BalasHapus
  4. mbak berartii ini kemirinya sebelum di tumbuk harus di sangrai dulu ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh disangrai dulu aja biar gak bau langu

      Hapus