10/15/2017

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu
Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Tiga minggu lalu, ceritanya Syadid ikut memeriahkan program imunisasi nasional dan mendapat suntikan MMR (Measles, Mumps, Rubella), alhamdulillah. Tapi naas pada malam harinya, dia jatuh dari kursi dan kepalanya langsung membentur piring kakaknya yang sedang makan. Ahh.. darahnya bercucuran, ada luka sobek menganga.

Alhasil ada 6 jahitan mampir di kepalanya. Dokter memberikan terapi antibiotik berupa sirup Amoxicillin dan salep Gentamicyn, untuk mencegah infeksi lebih luas [Baca: Merawat Luka Bocor Pada Kepala Anak].

Dokter mengharapkan agar tidak ada infeksi berlanjut, karena bersamaan tubuh Syadid baru saja mendapat imunisasi. Ibaratnya, Syadid harus berperang dengan kekuatan luar biasa untuk mempertahankan daya tahan tubuhnya.

Mirisnya lagi, tiga hari kemudian kuku jari tangan Syadid kejepit pintu pagar, dia ingin membantu menutup, tapi malah "jepreett..!!".

Saking kencangnya, menyebabkan luka dalam. Diobati tapi gak bisa masuk. Beberapa hari berlalu, kukunya malah bernanah dan harus dicabut. 

Duuuh, ada-ada saja...

Habis imunisasi, kepala bocor, eh kuku jari kejepit. Ditambah lagi timbul benjolan-benjolan kecil pada bagian leher dan belakang telinga Syadid. Menurut dokter, itu bisa terjadi karena reaksi getah bening menghadapi banyak infeksi dalam tubuh Syadid. 

Rasanya gak karu-karuan deh, aku takut Syadid akan lemah dan sakit karena terlalu bertubi-tubi. Mana dalam minggu-minggu ini, banyak undangan pernikahan. Gak enak kan kalau tidak datang, masa mau jadi alasan: "maaf ya jeng, gak bisa datang, anakku sakit". *Heuuh, alasan klasik.. ya kan??

Tapi alhamdulillah, kenyataannya selama ini Syadid tetap sehat dan lincah. Tidak mengalami demam karena imunisasi dan infeksi, tidak batuk pilek meski cuaca gak menentu, buang air juga teratur, nafsu makan juga tidak berkurang. 

Aku sangat bersyukur, terimakasih ya Allah. Jadi deh pergi ke undangannya, yiahaha, yang senang bukan bunda saja, anaknya juga senang karena bisa pergi jalan-jalan.



Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu


Rahasianya apa, kok Syadid bisa tetap lincah meski pun kondisi tubuhnya begitu?
Bagaimana solusinya?


Syadid anak yang aktif

Pertama,
Pasrah dan sabar, terus tawakal kepada Allah, mau gimana lagi? Anak usia 2 tahun ini memang lagi senang-senangnya eksplorasi, ada saja yang dipegangnya. Sudah diawasi, malah tetap terjadi. 

Kedua, 
Perkuat fisiknya berkali lipat. Caranya dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang mengandung zat gizi penting dalam penyembuhan luka, seperti putih telur, susu, roti, tempe, tahu, ikan, hati. Tak ketinggalan buah-buahan yang kaya vitamin A dan C seperti pepaya, mangga, jeruk, jambu biji, tomat, juga sayur bayam dan wortel. Jika dia kekurangan zat tenaga, zat protein, lemak, vitamin dan mineral, otomatis segala penyakit mudah menyerangnya. Terbayang kan??

Ketiga,
Sehatkan ususnya. Dengan menambah pemberian INTERLAC Probiotik setiap hari.

Tahukah anda, rahasia utamanya di sini.. *cateet!

Sekitar 80% sistem imunitas kita terletak pada usus. Saluran pencernaan adalah organ yang paling besar dibandingkan organ lainnya. Jika dibentangkan, saluran cerna kita bisa mencapai 300 meter persegi, lho. *Luaar biasaa. Logikanya, saat daya tahan tubuh diserang oleh infeksi virus atau bakteri, kita harus menambah "pasukan" kekebalan tubuh, selain dari makanan bergizi tadi.

Apalagi Syadid sedang terapi minum antibiotik. Antibiotik diberikan tujuannya agar dapat membunuh bakteri yang jahat, tapi sayangnya, bakteri baiknya juga ikut mati. Akibatnya mikroflora dalam usus tidak seimbang. 

Jika selama hampir 10 hari Syadid minum antibiotik, khawatir efek sampingnya akan menyebabkan Dysbiosis, yaitu ketidak seimbangan pertumbuhan mikrobiota pada saluran cerna karena pertumbuhan bakteri baik sangat sedikit. 

Akibatnya bisa saja akan terjadi diare, nyeri perut,  penurunan berat badan, mulut berbau, tinja berbau busuk. Atau sebaliknya, bisa menyebabkan mual, sendawa, konstipasi (susah BAB), akibat makanan tidak tercerna dengan baik.

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu
Gejala Dysbiosis

Coba bayangkan, jika saja Syadid terkena gejala Dysbiosis, semakin kasihan kan?

Habis diimunisasi.
Kepala sakit karena dijahit.
Kuku nyut-nyutan karena kejepit.
Eh, tambah pencernaannya tidak sehat.
Olalaaa.. Jangan sampai deh, pasti rewelnya gak ketulungan!

Makanya, selain makanan bergizi, probiotik pun harus ditambah sebagai tameng pertahanan tubuh, biar anak kita tetap sehat dan ceria. HEALTHY BABY, HAPPY BABY.

Keempat,
Membiasakan hidup sehat dan menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan, memotong kuku, mandi, menyikat gigi dan tetap mengajaknya bermain dengan gembira sekaligus olahraga. Seperti semboyan: mens sana in corpore sano, jiwanya sehat, badannya pun kuat.
 

Mekanisme Kerja Probiotik

 
Sebagian masyarakat mulai familiar dan menjadikan probiotik sebagai gaya hidup sehat. Apalagi promosi produk makanan dan minuman yang mengandung probiotik semakin banyak. 

Sebenarnya bagaimana sih probiotik yang tepat? Bagaimana mekanisme kerjanya?

Beruntung, pada Sabtu di akhir bulan September lalu, aku diundang dalam kegiatan gathering blogger di Playground Restoran, Pondok Indah Mall, Jakarta. Dalam rangka mengkampanyekan INTERLAC Probiotics - Healthy Tummy Happy Baby.


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu
INTERLAC Probiotik-Healthy Tummy Happy Baby

Di sana hadir narasumber dr. Intan Diana Sari, selaku Head of Medical PT. Interbat yang menjelaskan panjang lebar mengenai probiotik ini.


Banyak hal yang baru kuketahui, termasuk pada bagian jalan lahir seorang perempuan hamil mengandung probiotik alami.

Jadi menurut penelitian, bayi yang lahir secara normal ternyata mempunyai kekebalan tubuh yang baik karena terkena bakteri lactobacillus yang ada pada jalan lahir ibunya tersebut. *Hebat ya kuasa ilahi.


So, Apa itu Probiotik? 
Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup dalam jumlah yang tepat dan memberikan manfaat. Hidup di dalam pencernaan dan bertugas memerangi bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, Clostridium Perfringens yang sering menimbulkan penyakit pada tubuh.

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu
bakteri baik vs bakteri jahat

Penemunya adalah Louis Pasteur pada ratusan tahun yang lalu, lalu dikembangkan oleh Elie Metchnikoff sebagai pelopor pertama probiotik pada abad 20, dan menyusul ilmuwan di Jepang yaitu Minoru Shirota membuat fermentasi strain khusus Lactobacillus Casei Shirota.


Probiotik adalah suplemen makanan, bukan obat.

BPOM di Indonesia menkategorikan probiotik adalah suplemen makanan, bukan sebagai obat. Probiotik sendiri berasal dari bahasa Yunani, pro = untuk, bios = kehidupan. Probiotik digunakan untuk kehidupan yang lebih sehat.

Probiotik biasanya ditambahkan pada susu, yoghurt, minuman, dan suplemen dalam bentuk tablet juga serbuk.

Bahkan kebutuhan probiotik mulai dilirik para peternak unggas dan penambak ikan sebagai pencegahan penyakit yang baik tanpa efek samping, bahkan dapat menambah kualitas ternak. Gak percaya? Coba saja cari referensinya.

Bagaimana Kerja Probiotik? 
Mekanisme kerja probiotik adalah menempel pada dinding usus, berkompetisi menjaga nutrisi dari bakteri patogen, berkembangbiak di saluran cerna, dan merusak reseptor yang ada pada bakteri patogen, sehingga dapat meningkatkan imunitas.

Pada tahun 2002, WHO pun telah menetapkan bakteri yang memenuhi syarat sebagai probiotik yang bermanfaat, adalah:

  • Lactobacillus (L. Reuteri Protectis, L. Acidophilus, L. Plantarum, L. Casei Subspecies Rhamnosus, L. Brevis, L. Delbreuckii Subspecies Bulgaricus)
  • Dan Bifidobacterium (B. Adolescentis, B. Bifidum, B. Longum, B. Infantis, dan B. Breve).

Syarat-syarat lainnya adalah sebagai berikut:
  • Berasal dari manusia, seperti ASI
  • Dapat hidup dan bertahan di saluran cerna
  • Jumlahnya sekitar 10⁷ - 10¹²  
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan bakteri jahat
  • Stabil pada saat proses produksi
  • Teruji secara klinis hingga dapat diklasifikasi hingga level Strain.

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu


Coba kalau beli makanan dan minuman yang mengandung bakteri baik, cek dulu, adakah nama-nama seperti tersbut di atas? Jika ada, berarti kita gak salah pilih. Itu sumber probiotik yang baik sesuai syarat WHO.

Apa Beda Probiotik Dengan Prebiotik dan Sinbiotik? 
Jangan bingung. Probiotik adalah makhluk hidup yang juga butuh makanan, nah Prebiotik adalah makanannya probiotik.

Nutrisi yang diperlukan untuk kehidupannya ada pada FOS/GOS (Frukto/Galakto Oligosakarida), Bifidobacteria Lactulose. 

Sedangkan Sinbiotik adalah campuran Probiotik dan Prebiotik. Nah Interlac ini termasuk yang sudah komplit.


Keunggulan Interlac Probiotik


Dulu sebelum kenal dengan INTERLAC Probiotik, aku sudah memakai probiotik merk lain untuk terapi anak pertamaku yang menderita muntaber. Pemberian dosisnya sehari 3 kali [Baca: Saat Anak Muntaber, Berikan Bakteri Baik]. 

Tapi kini aku beralih mencoba memberikan Syadid dengan INTERLAC Probiotik. Ternyata lebih praktis pemakaiannya, hemat, cukup sekali dalam sehari.

Alasan lainnya, produk ini dikembangkan oleh BioGaia, perusahaan Bioteknologi di Swedia yang sudah diakui dunia sebagai World Leader In Probiotics. 

Dan yang pasti, menurut dr. Intan, INTERLACⓇ Probiotik mengandung bakteri Lactobacillus Reuteri Protectis yang paling menonjol, dibanding probiotik-probiotik lainnya, karena mengandung level strain dengan jumlah 10 CFU. Wow..wow..!

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

INTERLAC Probiotik juga sudah mendapat sertifikat FDA Amerika Serikat dengan predikat Generally Recognized as Safe (GRAS). Dan telah direkomendasikan oleh dokter-dokter di 90 negara. 

INTERLAC Probiotik alami, tanpa bahan tambahan apapun, tidak ada tambahan gula, tidak mengandung laktosa. Jadi sangat aman digunakan untuk semua kalangan, termasuk untuk bayi prematur yang baru saja lahir, hingga lansia.


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu


Hal inilah yang membuat PT. Interbat bekerja sama dengan BioGaia berani memasarkan produk INTERLAC Probiotik kepada di masyarakat umum di Indonesia, sebagai satu-satunya produk suplemen probiotik yang aman dan efektif untuk kesehatan usus, begitu yang disampaikan bapak Mohamad Nurhadi, selaku Brand Manager.



INTERLAC Probiotik telah teruji klinis terhadap hampir 13.000 orang pada 160 kasus, terhadap bayi prematur, bayi, anak batita, anak usia sekolah, dan orang dewasa. Terbukti tanpa efek samping dan manfaatnya sudah banyak dirasakan oleh seluruh dunia.

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Jadi Apa Saja Manfaat InterlacⓇ Probiotik?
  • Terapi mencegah infeksi candida/jamur
  • Menjaga kesehatan saluran cerna, agar mikrobiota seimbang
  • Sebagai terapi sakit perut pada anak,
  • Mencegah dan mengobati diare
  • Mencegah konstipasi (susah buang air besar)
  • Mencegah gumoh, sendawa dan kembung.
  • Terapi mencegah kolik infantil yang ditandai tangisan berlebih pada bayi usia < 4 bulan berlebih akibat gangguan pencernaan.
  • Meningkatkan sistem imunitas, 
  • Mencegah alergi.
  • Mendukung perkembangan syaraf yang optimal pada bayi
  • Mencegah NEC (Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur.
  • Menjadi pendamping penggunaan antibiotik dan mengurangi efek sampingnya.

Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam UsusmuINTERLAC Probiotik dibuat menjadi 3 jenis yang disesuaikan dengan kondisi dan umur seseorang.

Ada oral drops (untuk bayi prematur, bayi dan batita), serbuk sachet (0 - 3tahun), dan tablet kunyah (>4 tahun hingga dewasa).

1. INTERLAC Oral Drops
Mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ..10 CFU.


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Aturan pakai: 
- Sebotol oral drops ini bisa digunakan selama 25 hari, total sekitar 125 tetes. 
- Cukup 5 tetes sekali dalam sehari, atau sesuai anjuran dokter.
- Kocok dahulu sebelum diberikan kepada bayi dan balita 
- Sebaiknya menggunakan sendok, atau bisa langsung diteteskan ke lidah bayi.
- Rasanya tawar seperti air, tidak pahit, cocok untuk bayi dan anak-anak.


2. INTERLAC Sachet
Bentuknya serbuk, bisa dicampurkan ke dalam susu, air minum, atau jus dengan syarat harus dihabiskan, tidak ada sisa makanan maupun minuman.
Mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ..10⁸ CFU.


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Aturan pakai: 
- Dalam satu box terdapat 30 sachet, pas untuk sebulan.
- Cukup 1 sachet dalam sehari, atau sesuai anjuran dokter.
- Larutkan dengan sedikit air
- Rasanya tawar, cocok untuk bayi, anak usia 1-5 tahun, bahkan lansia.


3. INTERLAC Tablet Kunyah
Ada dua rasa yaitu strawberry dan Lemon.
Mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ..10⁸ CFU.


Interlac Probiotik: Ada Rahasia Imunitas Dalam Ususmu

Aturan pakai: 
- Dalam satu box terdapat 30 tablet kunyah, cukup untuk sebulan.
- Cukup 1 tablet sehari, atau sesuai anjuran dokter
- Rasanya enak dan segar, pasti disukai anak-anak usia sekolah hingga lansia.
 
Dimana Mendapatkan InterlacⓇ Probiotik?
INTERLAC Probiotik sudah tersedia di berbagai apotik terkemuka, seperti Guardian, Halodoc, Go-Med App, atau di Lazada.co.id.

Atau bisa cek langsung melalui sosial medianya di:
- Website     : www.interlac-probiotics.com
- Facebook  : Interlacprobiotics
- Instagram  : @interlacprobiotics 

Disana kita akan banyak mendapat informasi tambahan mengenai probiotik suplemen makanan ini. Siapa tahu juga ada info diskon, hehe..

***

Akhir cerita, aku mau bilang kalau sekarang Syadid sudah lepas jahitan meskipun masih terlihat bekasnya memerah, tapi aku tetap bersyukur dia senantiasa sehat, tanpa kurang sesuatu apapun. Anak hebat, terimakasih ya Allah, terimakasih INTERLACⓇ.

So, asupan makanan-minuman bergizi, pemberian probiotik, dan olahraga inilah yang aku percaya dapat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuhnya.

Healthy Tummy Happy Baby. Saluran cerna sehat, anak pun ceria.

Tak terkecuali, orang dewasa juga bisa lakukan hal ini. Pencernaan yang sehat adalah cerminan kesehatan tubuh. Interlac Probiotik adalah teman baik usus kita.

Anda juga punya pengalaman mengenai kesehatan keluarga?
Yuk, sharing dong...!!

Salam sehat..
Share ya, jika tulisan ini bermanfaat 😊💓
⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓

23 komentar:

  1. Ya Allah Syadid.. sehat terus ya dek. Aku baca-baca Interlac ini bagus buat pendamping antibiotik ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih tante atas doanya. Iya, saya masih terus kasih Interlac tujuannya mengembalikan dan menambah bakteri baik pada ususnya semasa dia minum antibiotik :)

      Hapus
  2. ka mau tanya ini gak apa2x kalau diminum jangka panjang..anak ku umur 19bln susah banget makan dan babnya 3x sehari itupun kalau bab ngeden

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin juga dibahas Interlac bisa nambah nafsu makan, dan baik utk konstipasi (susah BAB), mungkin dedenya memang kurang bakteri baik dan kurang serat makanan mbak

      Hapus
  3. Meskipun saya bukan anak2 lagi. Sepertinya saya juga perlu interlac probiotik, masalah dalam usus saya kayaknya belum hilang.

    Dan pastinya rasa strawberry itu enak ya.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun cobain interlac yg tablet kunyah mbak, biar gak sendawa terus hihi

      Hapus
  4. Duh, Syadid kasihan banget deh. Untung punya ibu yang luar biasa.
    Sehat selalu ya anak cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin ya robbal aalamiin, terimakasih doanya Tante Sitti :)

      Hapus
  5. Untuk anak-anak yang susah makan bagus juga ya mbak Interlac ini? Anak saya kalau disuruh makan susah sekali, milih-milih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin dijelasin bisa untuk menambah nafsu makan. Oiya, susah makan bisa jadi karena mulai bosan pada rasa tertentu kang..

      Hapus
  6. Terima kasih infonya, baru tau tentang interlac ini.
    Sehat2 ya dek Syadid, ngeri baca ceritanya tentang kepala yg kena piring itu hiks. Syukurlah udah gpp sekarang ya.
    Jadi inget lulut sulungku beberapa tahun lalu juga sobek kena piring dan harus dijahit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terimakasih mbak :)
      Aduh, ngilu rasanya kalau ada yg robek kena pecahan piring ya

      Hapus
  7. Wah ikut prihatin dengan kejadian yang menimpa syadid,orang tua pasti ikut was was.Untungnya daya tahan tubuhnya kuat kalau nggak bisa jadi panas demam nih

    BalasHapus
  8. Interlac ini bisa untuk terapi daya tahan tubuh juga ya? Enggak mesti pas sakit gangguan pencernaan? Ini penting banget kalau gitu ya, Mbak. Harus selalu sedia Interlac.

    BalasHapus
  9. Syadid hebat ya tentu saja karena sang ibu yang juga hebat sangat tahu yang diperlukan oleh sang buah hatinya
    Salam buat Syadid tetap sehat dan jadi kebanggaan keluarga

    BalasHapus
  10. Masya allah dede syidad, hati hati ya, Nak. Suh, Alhamdulilah anaknya kuat ya Mbak, aktif pula. Kesehatan saluran pencernaan juga penting sekali untuk anak aktif

    BalasHapus
  11. Di tempatku kayaknya interlac kok belum ada ya..

    Di lihat dari segi penjelasan dan khasiatnya, interlac ini bagus juga kayaknya. Sudah terbuat dari bahan alami, bisa mengobati dan mencegah beberapa macam penyakit.

    BalasHapus
  12. insha allah kuat putranya mbak
    yang penting hati2 lagi untuk ke depannya
    tapi ya namanya anak
    eh ini aku dulu pernah penelitian beberapa strain probiotik
    emang bagus buat usus
    terutama bisa jadi lawan baktreri H Pylori yg buat sakit pencernaan

    BalasHapus
  13. Anakku baru sembh dari sakit, mba. Trauma juga kalau anak sakit ya mba. Berasa jadi serba salah. Baru tahu juga nih tentang interlac yang pas buat melindungi usus anak dan dewasa ya mba

    BalasHapus
  14. Wah interlac cocok nih dicoba kalau ntar udah punya anak hehehe :D

    BalasHapus
  15. Ibunya pinter anaknya hebat.

    Untuk masalah obat-an malah saya kurang paham.
    Saya baca tadi banyak bahasa medisnya jadi , hanya iya2 aja wkwk

    BalasHapus
  16. Di tengah zaman kualitas makanan yg sedang menurun, entah dikarenakan campuran zat kimia yg merusak atau maraknya "junk food" sebagai santapan favorit, maka suplemen makanan seperti Interlac Probiotik kadang jadi solusi yg diperlukan sebagai penunjang kesehatan lainnya...terima kasih informasinya Mbak Sila

    BalasHapus
  17. Ya ampun semoga lekas pulih ya .. emang kalau usus bermasalah bisa kemana-mana, kita yang gede aja bisa kena tipes kalo gitu, apalagi anak kecil ya yang diserang imunnya...

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow By Email