Juli 24, 2017

Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Perjalanan menggunakan kereta dari stasiun Pasar Senen ke stasiun Malang Jawa Timur tidaklah singkat, jauh, memakan waktu selama 16 jam lebih. Belum lagi jika dihitung berangkat dari rumah di Bojong Gede, menempuh perjalanan dengan commuterline selama hampir satu jam untuk tiba di stasiun Pasar Senen, stasiun awal keberangkatan kereta jurusan Jakarta-Malang. Untuk mengantisipasi kelelahan, aku harus cari penginapan yang nyaman.
Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Di Dekat Stasiun Malang

Ini perjalanan perdana bagiku dan ketiga anak-anak. Kereta Matarmaja berangkat tepat pukul 15.15 WIB. Shidqi, Selma, dan si kecil Syadid sangat antusias. Kerjanya makan saja 
dan tidur pulas di malam hari. [Baca juga: Makanan Yang Wajib Dibawa Selama Perjalanan Untuk Anak]
Dan begitu subuh tiba, kondisi mereka sudah cukup segar untuk sholat subuh dan menikmati pemandangan pagi hari dari balik jendela kereta. Hamparan sawah yang hijau dan luas sangatlah menawan. 


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Apalagi disuguhi secangkir teh manis panas yang kami beli di dapur kereta seharga Rp. 7000/gelas. Suasana ini yang kami cari. Ceritanya Shidqi sangat maniak dengan kereta, Syadid juga selalu mengucap: " teta.. teta.."
Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Perjalanan ini bukan saja bertujuan untuk wisata liburan, tetapi ada alasan lain. Wisata liburan mah sudah pernah di Kidzania atau di D'Kandang

Alasan berani pergi bertiga dengan anak-anak saja, tanpa ayah, karena aku akan menghadiri acara pernikahan teman segrup whatsapp yang telah terjalin 5 tahun lamanya. Sebagian teman lainnya juga akan hadir, jadi semacam kopi darat di Malang. 

Keren kan? Kami harap perjalanan ini membawa berkah.
Tiba di stasiun Malang sekitar pukul 8 pagi, sedikit molor lima belas menit dari jadwal yang tertera di tiket.

Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Inginnya sih langsung bisa ke penginapan, menaruh tas dan koper, membersihkan diri, lalu mencari sarapan. Tetapi check in hotel kan tepatnya jam 14.00 WIB, kami harus menunggu 6 jam lagi. Untungnya kami boleh menitip bawaan kami di lobby penginapan Airy Rooms, sehingga tak perlu repot ke sana kemari membawa buntelan. 

Nah lho, sebelum diperbolehkan masuk ke penginapan, kemana kita harus menghabiskan waktu selama itu?

Wisata Murah di Sekitar Stasiun Malang dan Hotel Airy Rooms

Bersyukur, solusinya main saja di sekeliling tak jauh dari stasiun Malang (Malang Kota Baru) ini. Di kota Malang kecamatan Klojen, ada beberapa tempat yang bagus juga untuk dikunjungi, gak perlu naik angkot dan murah meriah. Antara lain:

1. Taman Bentoel Trunojoyo.
Untunglah di dekat stasiun Malang ini terdapat Taman Trunojoyo. Lokasi ini terdapat di dua tempat, di sisi kanan dan kiri stasiun. Menurut kabar, taman ini dibangun bekerja sama dengan Bentoel diperuntukkan untuk umum dan gratis. Taman ini persis di sepanjang jalan Trunojoyo, maka begitulah disebut namanya.
Bahkan para penumpang kereta api yang sedang menanti kedatangan kereta, bisa menunggu di sini sambil meluruskan kaki dan ngopi-ngopi. Eh, tapi jangan merokok ya. Ini kawasan ruang terbuka yang bebas asap rokok.
Jika kita memilih di sisi kanan, akan terlihat 3 (tiga) patung Singa yang berukuran besar, simbol kebanggaan warga pecinta klub bola Arema Malang. Ada taman bermain, ayunan, jungkat jungkit, tempat duduk-duduk, bahkan terdapat perpustakaan kecil dengan koleksi buku yang cukup banyak untuk dibaca.



Sedangkan di sisi kiri stasiun, juga ada taman bermain (playground), ayunan, jungkat jungkit dan tempat duduk-duduk santai. Tetapi tidak terlalu luas. Kedua taman ini suasananya teduh dan bersih. Sesekali tukang sapu bekerja membersihkan daun-daun yang jatuh berserakan.
Di sini aku dan anak-anak menghabiskan waktu bermain, sarapan pagi dengan nasi uduk dan teh manis hangat. Di kawasan ini, berjejer warung nasi pecel dan aneka minuman bisa kita dapatkan, harganya cukup murah sekitar Rp. 10,000 untuk nasi goreng sosis dan nasi uduk telor ceplok, nasi rawon Rp. 15,000, teh manis panas pun cukup tiga ribuan, tidak semahal teh manis panas di kereta api tadi.

2. Alun - Alun Tugu Balai Kota Malang
Sudah merasa cukup sarapan dan bermain, aku mengajak anak-anak berjalan kaki menuju alun-alun Tugu Malang yang katanya cukup unik dan tertata indah. Lokasinya tepat diseberang kantor Balai Kota Malang, SMAN Malang, hotel, dan perkantoran. Menurutku tidak terlalu jauh dari stasiun Malang. Sekitar 10 menit kami tiba di alun-alun.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Bentuk alun-alun ini bundar dan cukup luas. Terdapat tiang lampu berhias bunga-bunga matahari. Di beberapa titik, diletakkan bangku-bangku cantik untuk duduk santai. Sekeliling mata kami disuguhkan tatanan tanaman bunga dan rumput yang hijau, rapi dan tentu saja indah. Di tengahnya terdapat Tugu yang menjulang ke atas, kolam air mancur berisi ikan-ikan dan bunga teratai.
Saat itu kami bertemu dengan seorang anak ditemani bapaknya, sengaja membawa sekantong besar pelet, memberi makan ikan-ikan yang ada di dalam kolam. Seru sekali melihat ikan-ikan mas berebut makanan yang dilemparkan.

3. Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung 3D (Tridi)
Untuk menuju kampung warna-warni yang ngehits ini, kami bisa berjalan kaki. Jaraknya pun tidak jauh dari hotel Airyrooms yang kami tempati. Kalau dari stasiun Malang sekitar 700 meter, melewati jejeran para penjual helm dan warung nasi serta pom bensin. Juga ada jembatan kereta api, kami bisa melihat kereta api lansir melintasi jembatan di atas.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Untuk masuk ke kawasan kampung ini, kami cukup membayar Rp. 5000 untuk berempat dan menukarkan dengan gantungan kunci dari bahan kain flanel. Normalnya setiap orang dikenakan Rp. 2500. Murah ya.
Di sini hanyalah kumpulan rumah yang dicat berwarna-warni. Di beberapa dinding dan jendela rumah warga diberi lukisan efek 3 dimensi. Kita bisa berfoto-foto di sini.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang


Tetapi aku merasa agak kurang bebas, gimana ya, namanya juga rumah orang, agak malu jika kami bergaya, agak sungkan. Bahkan Selma sempat terjungkal akibat pintu yang tidak terkunci karena dia menyangka di situ bisa ambil posisi foto.
Gimana, tetap penasaran mau coba ke sini? Monggo..

Pengalaman Menginap di Airy Rooms Stasiun Malang Gajah Mada

Ahhh, alhamdulillah, akhirnya siang menjelang sore kami bisa beristirahat setelah lelah mengitari ketiga tempat tadi. Anak-anak hebat, pada kuat jalan lho. Aku memilih pesan di Airy Rooms Syariah Stasiun Malang Gajah Mada. Alamatnya di Jl. Gajah Mada No. 17, sangat dekat dengan dengan stasiun Malang. Enak kan, tiba di stasiun Malang bisa langsung istirahat.
Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Kenapa aku pilih Airy Rooms?
Sebelumnya aku pernah membaca reviewnya para blogger yang suka jalan-jalan, salah satunya di blog-nya almarhum cumilebay.com. Mereka merasakan kalau tidur di Airy Rooms nyaman, harganya juga aman.

Penasaran kan. Apalagi fasilitasnya juga oke. Akhirnya aku pesan 10 hari sebelumnya. Aha, bener murah lho. Apalagi saat itu aku dapat diskon 50% sebagai pengguna pertama di aplikasinya. Yeayy..
Apalagi ini ada label Syariahnya, rasanya bikin hati tenang. Bukan kenapa-kenapa, ini syarat yang baik. Bagi yang bukan suami istri tidak boleh berada di dalam satu kamar, wajib menunjukkan surat nikah. Jadi, menginap pun tetap cari yang baik secara moril, *tsahh..
Ketika sampai di gerbang, kok terlihat Morse Guest House Syariah bukan Airy Rooms?
Tenang, mereka ini bekerja sama. Lihat saja, jika ada tanda plang biru seperti di foto, ini menunjukkan Airy Rooms berada di situ.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Enak ya, parkirnya luas, suasananya juga asri seperti di rumah sendiri. Jendelanya besar-besar. Gak keliatan suram. Melihat interior bangunannya juga bagus dan bertingkat dua. Ada musholla kecil, kita bisa numpang sholat berjama’ah di dalamnya jika tak muat di kamar.
Saat memasuki lobby, aku registrasi ulang dengan menunjukkan KTP asli dan voucher tanda pembelian yang dikirimkan melalui email, atau bisa tunjukkan foto screenshoot setelah kita melakukan pembelian di aplikasinya.
Setelah itu kami diantar ke kamar lantai bawah nomor 109. Kamarnya persis paling ujung dekat parkiran motor. Di dalam kamar terasa sejuk, AC-nya berfungsi baik.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang
pintu kamar kami, seperti rumah kontrakan ya?


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang
penampakan hotel tempat kami menginap

Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang
ada arah kiblatnya lho

Kamarnya memang tidak luas, jadinya begitu buka pintu langsung bertemu kasur berukuran standar double yang empuk, berseprai dan selimut putih. Wangi pula. Ada dua bantal putih dan bantal kecil biru bertuliskan Airy Rooms.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Di meja kecilnya tersedia kotak yang berisi beberapa buah snack dan air mineral. Wah, anak-anak suka banget. Sambil mengantri mandi, mereka memakan cemilan berupa biskuit malkis, bengbeng, dan biskuit coklat Better. Juga menonton televisi yang sepertinya cuma siaran lokal, aku gak menemukan chanel televisi kabel.



Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Soal kamar mandi gimana? Penting nih. Bersih banget, kalau buka pintu terdengar suara exhause. Ada wastafel, wc duduk, dan shower air panas yang memanjakan badan kami, menjadi segar kembali dari lelahnya berjalan-jalan tadi. 


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Airy Rooms juga sudah menyediakan dua handuk putih wangi berukuran besar, sekantong peralatan mandi yang berisi sabun cair, shampo, sisir kecil, dua odol dan dua sikat gigi. Cocok buat kita yang lupa bawa peralatan mandi, gak perlu ke warung, hihi..
Nikmatnya kami tidur di malam hari. Umpel-umpelan berempat bersama ketiga anakku itu seru dan jadi terasa hangat. Keluarga kecil ini merasa bahagia dunia akhirat, haha.. Sesekali bikin teh dan susu di tengah malam yang dingin. Air hangatnya aku minta di lobby sebelumnya.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Pagi harinya kami mendapatkan sarapan pagi. Sekitar jam 07.00 WIB, petugas mengetuk pintu kamar dan mengantarkan dua piring nasi pecel sayur lengkap dengan peyek, bakwan jagung, tempe goreng dan pete cina. Makanan tradisional yang nikmat rasanya. Sedangkan untuk membuat teh manis, kami bisa meminta lagi air panas dari galon yang berada di lobby.


Wisata Murah dan Menginap di Airy Rooms Dekat Stasiun Malang

Sebenarnya kami masih betah di penginapan ini, apalagi wifi-nya kenceng, masih ingin berleha-leha di sini, anak-anak juga agak malas-malasan ketika kusuruh bersiap pergi. Pengalaman menginap di Airy Rooms Malang ini berkesan nyaman banget.
Namun sayang, kami harus check out pada jam 12.00 WIB untuk pindah ke penginapan Airy Rooms lainnya . Lokasinya lebih dekat dengan alun-alun Malang dan masjid Jami’ Malang. Aku ingin anak-anak bermain di sana, melihat kawanan burung merpati jinak, dan air mancur menari di malam hari. Jika kami masih tetap menginap di sini, jalannya lumayan jauh sekitar 2 km. 
Jadilah kami pindah, setelah selesai menunggu Shidqi sholat Jum’at (dia bareng sama karyawan penginapan di sini), kami pun melanjutkan perjalanan menuju penginapan kedua, tentu saja tetap dengan berjalan kaki, hehe..
Seperti apa?
Nanti aku ceritakan di tulisan berikutnya.
So, akhir tulisan ini, aku merekomendasikan kalian yang ingin mencari penginapan murah di dekat Stasiun Malang, pesan di sini saja melalui aplikasi Airy Rooms. Tips nya download dulu di playstore, supaya dapat promo diskon. Seperti kemarin itu, aku cukup membayar Rp.116,550. Padahal harga sewa normalnya adalah Rp. 233,100. Hemat kan?

Oiya, aku punya potongan harga Rp. 100,000 buat anda yang mau nyoba nginap di sini. Coba juga pesan melalui DiskonHotel ini..!

*Review ini bukan sponsor, asli bayar sendiri, haha. Aku suka aja nginep di sini, jadi kutulis testimoni apa adanya, semoga bermanfaat, kamu senang aku pun senang. Sumber foto pribadi, jangan asal copy tanpa izin.

13 komentar:

  1. Paling seru tuh emang pergi bawa ktucils ya mba. Yaaaa walaupun rasa capenya bakal berkali kali lipat dibanding pergi sendiri

    BalasHapus
  2. Kayaknya boleh juga deh cobain aplikasi ini. Biasanya pake aplikasi yang iklannya sering muncul iklannya di tivi itu

    BalasHapus
  3. jadi pilihan tepat Airy Rooms apalagi itu diskonnya lumayan
    bolehlah kapan-kapan ikut menikmati biasa liburan bawa gadis kecilku hehe
    terima kasih untuk informasinya

    BalasHapus
  4. Oh ya mohon maaf ini tdk sesuai dg artikel setelah dibaca dihapus tdk apa2 blogku sdh hampir dua bulan ini mengalami masalah, daftar bacaan artikel terbaru tdk muncul di daftar bacaan kami sdh berusaha mencari solusinya tapi blm berhasil jadi sekali lagi mohon maaf ya, itu bukan karena ada unsur kesengajaan
    mungkin sist punya solusinya, terima kasih untuk bantuannya
    selamat malam

    BalasHapus
  5. stasiun Malang sepertinya disediakan untuk menyamankan para pengguna stasiun juga masyarakat sekitar yang ingin berwisata murah, dan bagi yang dari luar kota pun dinyamankan dengan ketersediaan hotel mantap Airy Rooms yang ada di Dekat Stasiun Malang.

    mirkisip banget deh ih

    BalasHapus
  6. Kalau penginapan syariah gitu harus menunjukkan buku nikah gak, Mbak?

    BalasHapus
  7. sudah lama aku gak naik kereta api. kapan terakhir kali naik ya? waktu itu sih masih balita kata ortuku.

    BalasHapus
  8. wah koq nggak ngabarin saya mbak,jadinya kan bisa kopdar juga

    rumahku deket situ aja soalnya, jalan embong brantas samping stasiun itu (rumah nenek tepatnya)

    BalasHapus
  9. Kangen malaaaangggg
    Makasih sharenya loh mbk, bs jd pilihan aku nihbklok melepas rindu sm malang, :)

    BalasHapus
  10. Wah, asik dapat potongan ya, Teh, selain itu dekat stasiun juga, jadi kalau yang datang dari luar kota, naik kereta cocok nginep disini ..hehe

    BalasHapus
  11. Wah, jadi pengen ikut nyobain serunya nginep di AIry room neh. Setahuku di Yogya juga banyak Airy room ini. Secara harga dan tingkat/kualitas pelayanan, konon katanya (dari) teman2 yang sudah pernah nyoba nginep pakai Airy room recomended.

    BalasHapus
  12. Ada pilihan baru lagi ya Yayyy, wajib coba nih Airy rooms :)

    BalasHapus
  13. Kapan anak2ku bisa diajak jalan kemana2 gt Yaa.. Selama ini kalo kita traveling, si kaka mah msh rewel kalo disuruh jalan agak jauh dikit.. -_-

    Aku tau airy ini slalu bgs kamarnya.. Krn mereka punya standard sendiri kan yaa.. Kapan2 ah mau coba rasain, tp mungkin kalo aku traveling sendiri ato bareng temen mbam kalo ama anak2, mrk punya syarat sendiri hotelnya harus seperti apa :D. Susah jadinya :p

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com