NarasiLia.com

be a good life and happy family

Sambal Bawang Limau Dadakan Caralia Bisa Bikin Badan Montok

Hari gini makan gak pakai sambal? Mana enak?

Apalagi kalau sambalnya pakai bawang goreng, aroma jeruk limau, duh dijamin bikin kamu yang ingin berat badannya ideal makin sukses (sukses nambah montok, xixi..)

http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/sambal-bawang-limau-dadakan-caralia.html

Aku yang masih menyusui pun tak peduli  jika makan apa pun pakai sambal. Makan tempe pakai sambal, makan ayam pakai sambal, makan nasi pakai sambal.

Katanya sih makan pakai sambal, bikin anak bayi jadi mencret. Hmm, mau tua, muda, bayi, masalah mencret ya karena ususnya kena bakteri jahat, kuman, dan virus. Bukan karena cabai. Gempur pakai bakteri baik (lactobasillus) saja.

[Baca Juga: Saat Anak Muntaber, Berikan Bakteri Baik]

Cabai justru banyak vitamin A dan C. Bagus untuk memperbaiki sel-sel yang mulai kendor atau rusak, sumber antioksidan gitu lho. Jadi gak usah pusing beli suplemen antioksidan yang harganya melangit itu.. *alibi.

Mencret pada bayi itu umumnya karena pencernaan mereka memang sedang bermasalah, entah karena bakteri yang masuk melalui mulut yang memang lagi senangnya gigit-gigit semua barang atau memang daya tahan tubuh mereka sedang menurun.


Ibu Menyusui Harus Gembira, Banyak Makan, dan berisi (montok).


Makan tanpa sambal itu berasa hambar. Bisa-bisa gak nafsu makan. Aduh kalo perut lapar, ASI pun jadi berkurang. Gak makan, badanku makin kurus, gak montok lagi, gak keliatan seger lagi.

Yah, jadi kasian sama my baby Syadid yang memang doyan banget sama ASI. Meskipun sudah minum bergalon-galon tea booster ASI,  atau susu ibu menyusui, ASI tetap gak bakalan banjir kalau ibunya tidak makan, bahkan sampai tidak sempat makan. Percaya deh. Hayuk lah, sama-sama take and give.

Alhamdulillah selama ini, aku makan sambal juga gak pengaruh sama kondisi dia. Ibu menyusui bisa makan pakai sambal, asal sesudahnya minum air putih yang banyak, makan buah juga jangan lupa. Dan yang paling penting JANGAN LUPA CUCI TANGAN.

Aku hanya bersugesti baik, makan enak, hati senang, ASI lancar, bayi ikut senang. Living fun and healthy.

Jangan stress lah gara-gara denger anjuran gak boleh makan ini, makan itu. Sekali-kali mah cobain dikit juga gak apa-apa. Kalau makanan yang dikonsumsi gak sesuai mood,  malah nanti kita jadi sakit, bayi pun sakit. Bergembira sajaa.. *curcol, sekarang aku merdeka!

Nah, saking sambal sudah menjadi candu bagiku, sepertinya sambal dadakan bisa menjadi pilihan di saat kita mengejar waktu di sela-sela bayi sedang tidur.

Selesai menyusui, biasanya perut jadi lapar lagi. Mari kita buat sambal bawang beraroma jeruk limau dadakan Caralia yang dijamin bakalan bikin kita nambah dan nambah.

Resep Sambal Bawang Limau Dadakan Caralia

Bahan:


http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/sambal-bawang-limau-dadakan-caralia.html


  • 10 Cabai rawit merah (kalau gak suka yang terlalu pedas, campur pakai cabai merah keriting atau cabai merah besar.)  Sebenarnya, rahasia sambal enak itu karena ada aroma cabai rawit. Rasanya juga beda lho sama cabai biasa.
  • 8 butir bawang merah (lebih banyak lebih enak rasanya).
  • 1 buah tomat, iris-iris.
  • 1-2 buah jeruk limau yang besar dan banyak airnya.
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis bahan.
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdm gula pasir
Cara Membuatnya:
  1. Tuang minyak ke dalam wajan panas
  2. Masukkan cabai dan bawang ke dalam minyak panas, oseng sampai harum dan layu. Ini juga akan membuat aroma sambal jadi enak, tidak langu.
  3. Tambahkan juga irisan tomat, oseng sampai layu. 
  4. Angkat semua cabai, bawang, dan tomat dan tiriskan.
  5. Masukkan semua bahan (kecuali minyak dan jeruk) ke dalam ulekan.
  6. Ulek semua sampai agak halus. Gak perlu sampai kaya bubur. Penampilan kasar malah menambah selera makan.
  7. Berikan perasan air jeruk limau, aduk rata.
  8. Hidangkan bersama nasi dan lauk pauk.
  9. Selamat makan
http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/sambal-bawang-limau-dadakan-caralia.html

Peringatan sekali lagi:

sambal dadakan ini berbahaya bagi anda yang sedang diet nasi dan sedang dalam program penurunan berat badan. Bisa-bisa gagal deh, nambul euy, hehe..

Rahasia sambal enak ini, jika dibuat dengan penuh cinta, makin disayang keluarga. Terbukti suami makin cinta padaku, gak marah, kalo tau aku belum beres masak, bikin sambal dadakan aja duluan, plus goreng tempe.. *biar dia gak cemberut lapar, hihi.

Lalu dihidangkan, dia makan pakai sambal ini, hasilnya tak berkutik, cemberutnya hilang, dan hanya bisa mengucap: "mantapphh.. shhh.. shhh.." sambil kepedesan.
Hahaha.. 


25 komentar:

  1. sedap bun sambel cintanya :D
    ini bisa bkin nagih-nagih terus, saya jg suka mkan pke sambal. tpi resep bkin sambal spt pny bunda ini blum prnh nyoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. nikmat makan pakai sambal siang2 gini ya mbak, selamat mencoba

      Hapus
  2. Wadaw kalau begitu mah jadi lapar nih mbak disiang bolong begini lihat sambal jadi pengen metis saja nih mbak.

    BalasHapus
  3. Wah wah kayaknya cocok nih di sajikan dengan nasi liwet di tambah tempe dan tahu, lalap nya juga jangan lupa :) jadi pengen merasakan sambal limau ulekan mba lia nihh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha cocoook.. ulekan sendiri biasanya lbh enak lho :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. hehe.. biasanya tinggal makan aja ya mas

      Hapus
  5. Emang ya sambel tuh bikin gagal yang ngurangin nasi, hahaha...
    Aku juga penyuka sambel, tapi mesti sadar diri krn takut nambah BB ku, hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya mbak, sambal itu bikin nambah makan ya

      Hapus
  6. wooow jadi membayangkan makan ikan asin sama samnbal ini

    BalasHapus
  7. Pas hamil, aku makan sambal teruss. Skarang anakku ya doyan sambal, MUngkin karna aku juga doyan sambal ya. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama dong mbak, hamil anak ketiga aku mulai doyan sambal super pedess.. anaknya hebat nih doyan sambal juga hihi

      Hapus
  8. Lia, itu nama sambalnya sebenarnya Cara Lia, trus disatukan jadilah CARALIA. Betul gak sih? Bunda juga suka banget sama sambel dadakan ini, trus dicoel pake lalaban daun pepaya rebus, ikan asin (cocok banget tuh kata Tira Soekardi juga pake ikan asin, hehe...) Sambel ini sudah biasa dibikin hampir tiap hari sllama si Mbak, persis lho resepnya, bedanya kalo bunda pasti pake bawang putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda, cara aku maksudnya hihi.. yaaah bunda aku jadi lapar pake lalaban daun paya pula, bikin ASI makin banjir xixixi.. ooh bunda pakai bawang putih, oke sip nanti dicoba lagi

      Hapus
  9. jeruk limau, beda dengan jeruk nipis mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda, jeruk nipis krg beraroma dan bentuknya lbh besar, kulitnya mulus dibanding limau

      limau itu jeruk limo yg suka ada di kobokan di pecel lele, aromanya sgt kuat, dan bentuknya lbh kecil

      Hapus
  10. Suedappo, ini bisa bikin nafsu maem tambah tambah nih
    I line aneka sambel sambelan, apapun bahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya makan sambal bikin nafsu makan :-)

      Hapus
  11. bumil lihat ini bikin langsung laper. thank you resepnya mba, sepertinya tidak begitu susah untuk dipraktekin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gampang bikinnya.. selamat ya atas kehamilannya, semoga sehat trs smp melahirkan nanti :-)

      Hapus
  12. ini salah satu sambal favoritku deh mba, bikin semangat melahap makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, tempe, tahu, telor, dll jd terasa nikmat pake sambel dadakan

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP