7 Trik Belanja Aman di TiktokShop Praktis dan Mudah

7 Trik Belanja Aman di TiktokShop Praktis dan Mudah

"Ibu beli sepatu di Tiktok?", tanya kami tak percaya saat ibu mertua memberikan sepatu baru kepada Selma, cucu perempuannya. Aku dan anak perempuanku itu saling berpandangan. "Keren banget, kok bisa bu?."


"Diajarin si anu, katanya belanja di Tiktok murah-murah, banyak gratis ongkos kirim juga", jawabnya antusias. Wah, wah bisa-bisanya. Tahu gak sih, ibu mertuaku ini usianya sudah 70 tahun lebih, jadi kami kagum aja, karena ibu gak gaptek dan tetap mengikuti perkembangan jaman termasuk belanja di Tiktok.

Dan memang benar, TikTok yang awalnya hanya digunakan sebagai media sosial dengan konten video saja, kini telah memiliki fitur tambahan untuk berbelanja. TikTokShop banyak dimanfaatkan untuk melakukan jual beli online melalui video. Metode pembayarannya pun mudah, bisa melalui transfer bank. Jadi ibu mertua gak perlu repot keluar rumah.

Aku akui, memang banyak sekali pilihan produk yang ditawarkan melalui video TikTok, lucu-lucu, menggemas, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Agar kamu bisa nonton video sambil berbelanja yang aman dan mudah melalui TikTokShop, ikuti triknya di bawah ini!


Trik Aman Belanja Online di TikTok Shop


Belanja di mana pun pasti yang diinginkan adalah keamanan, agar barang yang dibeli sesuai dengan yang dipesan. Untuk itu kamu wajib berhati-hati saat berbelanja, termasuk belanja di TikTok Shop. Berikut trik-trik yang bisa kamu lakukan ketika belanja menggunakan aplikasi TikTok:

1. Pilih Toko Terpercaya

Kamu perlu sangat berhati-hati ketika memutuskan untuk berbelanja secara online. Hal ini karena kamu tidak bertemu secara langsung dengan pemilik toko. Jadi kamu harus memastikan toko yang kamu pilih terpercaya dengan melihat apakah produk yang dijual original atau tidak. 

Mungkin saat kamu masih pertama menggunakan TikTokShop kamu bisa cek keaslian akun toko terlebih dahulu supaya kamu tidak kena penipuan. Ketika kamu sudah berbelanja dan mendapatkan produk yang original dan sesuai, maka kamu bisa menjadikannya langganan.

2. Selalu Periksa Deskripsi dan Ulasan Produk

7 Trik Belanja Aman di TiktokShop Praktis dan Mudah
Source: https://seller-id.tiktok.com/

Trik lainnya yang bisa kamu lakukan ketika ingin memastikan keamanan berbelanja secara online di TikTok adalah selalu teliti. Kamu harus memeriksa deskripsi produk yang akan dibeli untuk memastikan ukuran, warna, variasinya apa sesuai dengan yang kamu butuhkan atau tidak.


Selain itu kamu juga bisa memeriksa ulasan untuk memastikan bahwa produk yang dikirimkan ke pelanggan sesuai gambar. Ulasan produk dari pelanggan yang sudah membeli akan sangat membantumu menemukan jawaban dari keraguanmu. Kamu bisa melihat pendapat yang jujur dari pembeli sebelumnya terhadap sebuah produk.

3. Follow Akun yang Terverifikasi

Otoritas TikTok memiliki tim khusus yang bertugas untuk mereview semua penjual di TikTokShop. Brand yang sudah terverifikasi akan mendapatkan tanda centang biru atau centang hijau. Ini artinya produk tersebut sudah direview dan terverifikasi original.

Namun jika belum brand atau produknya belum terverifikasi, maka pemilik akun akan diperiksa legalitasnya dan diberi tanda verified. Jadi kamu tidak perlu bingung, jika akunnya sudah verified maka barang yang dijual juga bisa dipercaya.

4. Tonton Video Lebih Banyak

Menonton lebih banyak video akan membantumu untuk memilih produk dan toko yang bagus. Semakin kamu menonton banyak video maka kamu akan mendapatkan referensi produk lebih banyak dan dapat lebih mudah menentukan produk mana yang ingin dibeli di TikTok.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak rekomendasi toko-toko mana yang aman dan menjual produk terbaik yang kamu butuhkan. Keuntungan lainnya dengan menonton banyak video adalah kamu bisa membandingkan harga produk dari toko satu dan toko lainnya.

5. Belanja Lewat Live Streaming

7 Trik Belanja Aman di TiktokShop Praktis dan Mudah
Source: https://seller-id.tiktok.com/

Belanja lewat
live streaming ini bisa jadi cara yang paling aman untuk belanja di TikTokShop karena kamu bisa melihat secara langsung produk yang ditawarkan. Penjual akan menawarkan produknya dengan menunjukkan secara langsung di depan kamera saat dia live. 

Jika ada pertanyaan tentang produk yang kamu suka, kamu bisa langsung bertanya melalui kolom chat. Penjual akan menjawab apa saja yang kamu tanyakan. Jadi belanja melalui live streaming sangat mirip dengan belanja di pasar hanya saja secara online dan pembayarannya dengan cara transfer.

6. Lakukan Pembayaran dengan Transfer Bank

Jika kamu belanja online termasuk lewat TikTok Shop kamu harus menghindari untuk bertransaksi langsung dengan pembeli atau COD an, karena memiliki risiko bahaya penipuan lebih tinggi. Akan lebih baik jika kamu bertransaksi melalui aplikasi dan membayarnya dengan transfer melalui bank.

Jangan khawatir dengan biaya yang dibebankan, karena ada bank yang memberikan keuntungan free biaya transfer. Jadi kamu tidak perlu khawatir biaya yang kamu keluarkan akan lebih mahal, karena kamu hanya perlu membayar sesuai harga produk dan biaya ongkirnya saja.

7. Kemudian Cek Rating Toko

Terakhir tapi juga sangat penting untuk dilakukan adalah selalu cek rating toko sebelum melakukan pembelian. Pembeli akan memberi rating pada toko setelah mereka bertransaksi. Jadi rating toko bisa kamu jadikan indikator bahwa sebuah toko dipercaya atau tidak oleh pembeli.

Jika rating toko tinggi, itu artinya toko tersebut mendapatkan penilaian yang baik dari pembeli atau pelanggannya. Jadi kamu bisa mempercayai toko tersebut dan mulai belanja dengan aman di sana.


Gunakan Bank Digital Terpercaya untuk Belanja Online Aman


Berbelanja online memang lebih praktis karena kamu tidak perlu keluar rumah dan bermacet-macetan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Namun kamu tetap harus berhati-hati ketika belanja online agar tidak tertipu. Pilih pembayaran yang aman seperti metode transfer bank dengan digibank by DBS. Dapatkan keuntungan bebas biaya transfer kemana saja dengan menggunakan digibank by DBS.

Dengan memiliki rekening bank kamu bisa belanja online aman dan nyaman dengan menggunakan metode pembayaran transfer bank. Kamu tidak perlu repot lagi membayar melalui ATM atau COD, karena kamu bisa langsung transfer saja dari smartphone. Keunggulan lainnya yang bakal kamu dapat, di antaranya:

  •  Buka Rekening proses 100% digital
  •  Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie 
  •  Tabungan bunga tinggi s.d. 7% (S&K Berlaku) per tahun di 20 dompet 
  •  Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi

digibank by DBS selalu menawarkan transaksi lengkap, mudah dan aman. Jadi tunggu apalagi? Daftar segera menjadi nasabah digibank by DBS dan dapatkan informasi lainnya di sini.



18 komentar:

  1. Jujur sih, saya sendiri belum pernah coba belanja di tiktok shop. Temen2 yg maen tiktokdi kantor sy memang ada yg beli barang disitu. Cuma sy belum karena emng gak aktif maen tiktok hehe. Makasih kak infonya. Tuk jaga2 dari penipuan belanja online.

    BalasHapus
  2. Dari pertama kali Tiktok bisa shopping hingga saat ini masih ragu untuk mencoba berbelanja. Ya berbeda aja kaya e-commerce yang lain. tapi untung ada artikel mba yang bisa bantu orang-orang kaya saya. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya akhir-akhir ini senang belanja di Tiktokshop, soalnya nggak terhubung dengan paylater, jadi saya nggak tergoda buat ngutang, hahaha.
    Alhamdulillah sih nggak pernah yang kecewa selama belanja di sini.

    Cuman emang saya akui, seringnya orang-orang tuh over claim, barang yang dijual ya sebenarnya nggak seheboh yang dia klaim.

    Tapi masih sesuai harga sih, kesimpulannya ga lebih murah, sama aja :D
    Cuman jualannya yang lebih heboh hehehe

    BalasHapus
  4. kalau belanja lewat live streaming daku belum pernah coba, soalnya gak canggih urusan war-war gitu, hehe. Paling memang melihat rating dan kredibilitas sellernya baru siap CO

    BalasHapus
  5. Keren Ibu Mertuanya Mba...Saya juga termasuk yang telat tahu Tiktokshop..karena ya gitu kuatir aja, meski sudah bela-beli di marketplace sebelah. Tapi kalau kita hati-hati seperti tips di artikel ini aman sih....

    BalasHapus
  6. Pantesan banyak ketagihan belanja via TikTok Shop, ternyata selain mudah juga serasa belanja langsung di toko ya?
    Mau coba ah, karena jujur belum pernah ^^

    BalasHapus
  7. Duh saya juga langsung kebanting nih sama di Ibu
    Saya malah ga bisa bagaimana cara belanja di TikTok itu, hehehe... Sekudet itu
    Tapi kalau kita bijak dan memahami tipsnya emang bisa mempermudah segala urusan sih ya

    BalasHapus
  8. Betul. Sekarang belanja online lebih praktis. Bayarnya juga jadi praktis karena bisa pakai digibank transfer bebas biaya.

    BalasHapus
  9. Duh kalau lihat tiktok menggoda banget. Minyak cuma 1000. Tapi emang harus hati hati kemarin lihat penawaran mie 1000/bungkus. Yang di siaran langsung dan keranjang kuning masa beda merk-nya

    BalasHapus
  10. Kalau di tiktokshop saya selalu usahakan beli di toko official atau yang terpercaya, karena seringkali disana ada harga yang dijual murah tapi sebenarnya barang palsu. Makanya harus jeli sih, tapi enak kok belanja di tiktokshopšŸ˜€

    BalasHapus
  11. aku sih kalo mau belanja di marketplace manapun pastinya ga cm khilaf liat promo, tapi misal ranking toko dan testimoni konsumen sebelumnya tuh bs jadi pertimbangan penting, termasuk kalau mau belanja di tiktokshop

    BalasHapus
  12. Seneng banget belanja di tiktokshop karena selain harganya jauh lebih murah, tiktokshop juga sering menawarkan banyak promo, seperti gratis ongkir sampai promo toko kalau rajin live. Jadi seneng banget mantengin live tiktokshop.

    BalasHapus
  13. Wah benar banget tuh, Kak memang kalau hendak membeli di Tiktok Shop lebih baik melihat akunnya terlebih dahulu.

    BalasHapus
  14. Saya jarang si, Kak membeli di Tiktok Shop. Tapi bisa dicoba nih langkah di atas

    BalasHapus
  15. Banyak banget memang ya hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian online

    BalasHapus
  16. Wah terima kasih banyak nih, Kak tentang tips yang sudah diberikan agar bisa melakukan pembelian di tiktok shop dengan benar

    BalasHapus
  17. Benar banget, Kak melihat ulasan mengenai produk yang hendak dibeli itu memang sangat penting

    BalasHapus
  18. apa cuman saya yang belom pernah belanja di tiktokshop

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤