Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Tak terasa sebentar lagi tahun akan berganti. Apa resolusimu di tahun depan, bun? Kalau resolusiku sederhana, ingin menjadi manusia bermanfaat untuk keluarga dan kemajuan bangsa. Salah satunya ikut berkontribusi dan mendukung gerakan sosial Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia bersama SGM Eksplor agar anak-anak Indonesia siap menjadi Generasi Emas 2045.

Kenapa bisa begitu?

Jadi, minggu lalu pada tanggal 14 Desember kemarin, aku diundang untuk mengikuti press conference di The Westin Jakarta yang dihadiri narasumber keren, seperti ibu Septi Peni Wulandani, Greysia Polii, dan Merry Riana. Sosok para wanita yang hebat berprestasi. Sebagai ibu tentu saja aku merasa bangga berada di dalamnya. Banyak ilmu, pesan, sekaligus motivasi untuk terus mendukung tumbuh kembang anak-anak Generasi Maju.

Dan pada acara kemarin, kami semua kembali diajak peduli dan sadar bahwa kesuksesan Anak Generasi Maju tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, semua lapisan harus turut andil. Mulai dari keluarga, institusi, perusahaan swasta, hingga pemerintah. Termasuk kita sebagai ibu bisa turut serta. Mulai 1000 Hari Pertama Kehidupan, ibu berperan memberikan nutrisi pertama pada anak, mulai saat kehamilan hingga menyusui dan saat anak tumbuh berkembang.

Perlu diketahui, mengapa acara ini kembali digelar, karena pada tahun ini, tercatat hampir 80 juta anak-anak Indonesia mengalami hambatan dan tantangan dalam mendapatkan akses penting pada tumbuh kembangnya. Akibat pandemi, banyak anak-anak yang kekurangan asupan nutrisi, hak pendidikan dan kesehatan. 

Lebih memprihatinkan lagi, pada tahun 2021, Indonesia pun tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Bagaimana mungkin menjadi Generasi Emas jika sejak awal pertumbuhan saja tubuhnya tidak didukung asupan nutrisi yang tepat? 

Jika kekurangan gizi, mereka akan tumbuh dengan perkembangan otak, syaraf, dan tubuh yang lemah. Masalah ini bisa meningkatkan angka stunting yaitu terhambatnya pertumbuhan tinggi badan dan perkembangan otaknya tidak maksimal. 

Oh, tidaaaak..!

Belum lagi dari sisi pendidikan, menurut survey, ada 1 dari 1.000 siswa putus sekolah di jenjang Sekolah Dasar sederajat, 9 dari 10 anak kekurangan akses pendidikan dan nutrisi. Hmm.. terbukti sih, coba lihatlah di sekeliling kita, anak-anak pengamen jalanan semakin menjamur. Dengan wajah kusut nampak belum mandi, berkeliling di pagi hari menjadi badut atau ondel-ondel. Ah, sedih banget kan?

Apa jadinya jika anak-anak tidak lagi bersekolah hanya gara-gara tak punya laptop, gawai, biaya pendidikan, dan alasan ekonomi? Terbayang masa depan mereka redup tanpa harapan. 

Jika hal ini dibiarkan, Indonesia akan kekurangan sumber daya manusia yang sehat dan cerdas. Ironis, jika masa depan negara kita yang makmur ini dipegang oleh para manusia yang lemah secara fisik dan mental. Itulah mengapa SGM Eksplor kembali melanjutkan gerakan sosial Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia agar akses pendukung tumbuh kembang anak tidak lagi terhambat.


Tunjuk Tangan Sebagai Simbol Anak Generasi Maju Yang Sehat dan Cerdas


Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Yap, untuk menurunkan berbagai masalah tadi,
SGM Eksplor kembali menghadirkan gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ mulai pertengahan tahun 2022 ini. Tepatnya pada bulan Agustus hingga Oktober kemarin. Hal ini merupakan keberlanjutan dari program program sosial donasi Ayo Tunjuk Tangan tahun 2021 lalu.

Dalam acara kemarin, ibu Septi Peni Wulandani, selaku Pemerhati ibu dan anak, Founder school of life  dan Ibu Profesional sangat menyambut gerakan sosial ini. Menurut beliau dengan nutrisi yang tepat, dukungan lingkungan yang sehat dapat membuat anak akan bertumbuh kembang secara sehat jasmani, sehat mental dan pikiran, sehingga mereka akan selalu berani tunjuk tangan.

Menurut ibu Peni, jika anak sehat jasmani rohani, mereka senang tunjuk tangan, artinya mereka adalah:
• Anak yang cerdas, berani bertanya, pola pikirnya kritis.
• Penasaran dengan apa yang dilihatnya, 
• Mampu bereksplorasi, 
• Percaya diri,
• Mau menunjuk diri berkontribusi untuk lingkungan, ada inisiatif positif, bukan menjadi orang yang terus ditunjuk-tunjuk. 

Inilah maksud Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia yang harus didukung semua pihak agar anak-anak kita siap menuju Generasi Emas 2045 yang memiliki 10 Megatrend Dunia berupa urbanisasi global, demografi dunia, keuangan global, perdagangan internasional, kelas pendapatan menengah, perubahan iklim, persaingan sumber daya alam, kemajuan teknologi, perubahan geopolitik dan geoekonomi.

Salah satu Anak Generasi Maju yang terbukti mampu berprestasi di bidang olahraga adalah Greysia Polii, Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020. Beliau mengatakan keberhasilannya saat ini adalah dukungan sang bunda yang selalu memastikan asupan nutrisi dan pendidikan sehingga muncul rasa percaya diri, merantau ke Jakarta untuk berlatih lebih keras lagi. 

"Ibu saya berpesan, tidak boleh pulang jika kamu belum menang, membuat saya terus giat berlatih agar bisa menang dan pulang ke rumah," kenang Greysia.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Dari kisah inilah membuat Greysia sangat mendukung adanya gerakan sosial Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju, karena dengan terbukanya akses nutrisi dan pendidikan maka akan semakin banyak anak-anak Indonesia yang bisa meraih pretasi di bidang apa pun, termasuk olahraga, namun beliau berpesan tetap tidak menomor duakan pendidikan formal hingga bisa menyelesaikan kuliah.

Hal ini juga diamini oleh Merry Riana, Motivator dan Pengusaha. Masih banyak anak Indonesia yang membutuhkan peluang meraih impian mereka. Latar belakang ekonomi yang sulit jangan sampai menghambat harapan mereka di masa datang. Saatnya kita berkontribusi, ikut membantu, agar harapan dan cita-cita mereka terwujud siap menjadi Generasi Emas 2045.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

"Seperti perjalanan hidup saya yang tidak selalu mulus dan ekonomi tidak memadai. Namun, di setiap kesulitan yang dialami, kita harus terus percaya diri dan berusaha dalam menciptakan kesempatan untuk terus maju. Akses pendidikan, nutrisi, dan ekonomi sangat diperlukan. Mari kita dukung gerakan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia", pesan ibu hebat yang dulu memiliki pendapatan 1.5 Milyar di tahun pertamanya bekerja.


Keberlanjutan Kolaborasi Gerakan Sosial Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia


Sebelumnya, bapak Arif Mujahidin memberikan sambutannya jika SGM sudah hadir di tengah masyarakat Indonesia selama 68 tahun. Dan sampai hari ini selalu berkomitmen dan terus berinovasi menjawab kebutuhan nutrisi anak, ibu hamil dan ibu menyusui. 
SGM selalu mendukung tumbuh kembang anak melalui nutrisi maupun akses pendidikan dan ekonomi. Termasuk pada gerakan sosial Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju yang berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

PT. Sarihusada yang bertempat di Yogyakarta merupakan bagian dari bisnis Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan melalui makanan kepada banyak orang. Beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Pada kesempatan yang sama, ibu Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor menjelaskan bahwa dalam mendukung anak-anak Indonesia tumbuh jadi #AnakGenerasiMaju, SGM Eksplor berharap semakin banyaknya kolaborasi berbagai pihak untuk menghadapi berbagai tantangan terhadap akses pendidikan dan nutrisi ini. 

Dan di tahun 2022 ini, #SGMEksplor kembali mengajak berbagai pihak seperti orangtua, perusahaan besar, institusi, dan lainnya agar semakin sadar bahwa masih banyak anak-anak Indonesia yang sulit menghadapi tantangan akses nutrisi, pendidikan, serta himpitan ekonomi keluarga, apalagi sejak pandemi.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Melalui gerakan sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia ini SGM Eksplor telah berhasil memberikan manfaat positif dan dukungan akses nutrisi, kesehatan dan pendidikan kepada >200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi. Tentu saja ini adanya dukungan masyarakat yang telah membeli SGM Eksplor Progress Maxx 1+, 3+, dan 5+.

Dukungan tersebut disalurkan dalam bentuk: 
▪︎ Donasi paket #nutrisianak usia di atas 1 tahun, 
▪︎ Donasi paket beasiswa pendidikan,
▪︎ Renovasi rehabilitasi infrastruktur sekolah PAUD
▪︎ Media belajar online seperti kuota internet, laptop, dan handphone.

Dan kali ini SGM Eksplor juga menggandeng organisasi sosial yaitu SOS Children’s Villages untuk mendukung penyaluran bantuan donasi agar dapat menjangkau kebutuhan anak-anak secara merata di seluruh wilayah Indonesia.


Alasan SGM Eksplor Pilihan Tepat Untuk Bantu Nutrisi Anak Jadi Sehat dan Cerdas


Bicara soal kesehatan dan kecerdasan anak tak lepas dari dukungan pola asuh dan asupan nutrisinya. Lebih cepat lebih baik, sedini mungkin anak dibawah usia 5 tahun harus diberikan nutrisi makro dan mikro seimbang sesuai usianya agar #PerkembanganKognitifAnak optimal. Antara lain seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.  

Salah satu nutrisi mikro yang sangat penting adalah vitamin C dan zat besi yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak lebih optimal. Jika nutrisi ini terpenuhi, anak tidak akan mengalami anemia atau kurang darah. Anak jadi semakin konsentrasi belajar, semangat, tidak lesu, daya tangkap pun cepat.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Beruntung, dalam upaya pemenuhan akses nutrisi ini, SGM Eksplor Progress-Maxx pun menghadirkan inovasi
susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung Iron-C™ - yaitu kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C yang berguna untuk mendukung penyerapan nutrisi penting secara optimal, mereka tidak mengalami anemia dan sel-sel tubuhnya selalu sehat.

SGM Eksplor Progress Maxx juga mengandung nutrisi penting untuk #TumbuhKembangAnak, seperti: 
• Minyak ikan tuna (minyak ikan terbaik), Omega 3&6, dan DHA untuk perkembangan otak 
• Serat pangan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan,
• Kalsium dan vitamin D yang menunjang pertumbuhan tulang dan gigi menjadi kuat 
• Vitamin B komplek membantu perkembangan sel-sel tubuh
• Zinc yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh anak semakin kuat bebas penyakit.

Keberlanjutan Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia Bersama SGM Eksplor, Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Inilah alasan mengapa aku pun memilih SGM Eksplor Progress Maxx sebagai produk susu pertumbuhan yang baik untuk anakku sejak awal, rasanya enak, kandungan nutrisinya tepat, dan harganya sangat terjangkau. Apalagi SGM Eksplor menjadi #susupertumbuhan terpercaya nomor 1 yang sudah memajukan 75 juta anak Indonesia sejak tahun 1954. Ditambah banyak gerakan sosial yang sangat membantu masyarakat. 

Cukup membeli SGM Eksplor kita sudah ikutan berkontribusi. Apalagi mudah didapat, tersedia di berbagai supermarket, minimarket, toko susu, warung, bahkan bisa membeli melalui online di berbagai e-commerce official. Kita juga bisa dapat berbagai hadiah lho, jika membeli paket susu atau mengumpulkan kode unik di bagian dalam dus susu. Bagus-bagus hadiahnya, menunjang tumbuh kembang.

Mantap banget kan?

Memilih SGM Eksplor manfaatnya jadi double, bukan cuma anak kita yang sehat dan cerdas, namun anak lainnya pun ikut terbantu jadi tumbuh optimal pada 4 aspek Anak Generasi Maju, yaitu dukung Daya pikir cepat, Pencernaan sehat, Daya tahan tubuh kuat, dan Pertumbuhan maksimal. Jadi berikan mereka #SGMEksplor 2 kali sehari, pagi dan malam. Cek informasi lengkapnya di instagram @akuanaksgm ya!

Bangga deh jadi keluarga #AkuAnakSGM. Semoga anakku dan anak-anak Indonesia lainnya bisa berprestasi dan sukses di masa depan sebagai #GenerasiMaju yang siap menuju Generasi Emas 2045 seperti Greysia Polii dan Merry Riana. Aamiin..!



39 komentar:

  1. Anak-anak memang generasi harapan Indonesia ya, di tangan mereka masa depan Indonesia diberikan
    Karenanya, tumbuh kembang mereka wajib diperhatikan, termasuk kebutuhan zat besinya maupun nutrisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah saatnya lebih peduli dengan akses pendidikan dan nutrisi calon generasi emas 2045

      Hapus
  2. setuju banget, setiap anak Indonesia punya hak yang sama untuk berprestasi
    kita sebagai orangtua bertanggung jawab mewujudkannya sejak 1000 HPH
    sehingga generasi emas 2045 bisa terwujud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih cepat lebih baik sejak 1000 kehidupan

      Hapus
  3. SGM susu aku jaman kecil nih mbak. Alhamdulillah masih ada sampai sekarang ya SGM memang susu yang mencerdaskan anak bangsa.

    BalasHapus
  4. Wahhh iya nih kudu persiapkan anak sebagai generasi penerus Bangsa kita ya.

    Mantabbb SGM, selalu inspiring acaranyaaaaa

    BalasHapus
  5. progam-program CSR dari SGM ini menarik banget buat empowering anak dan ibu. semoga terus berlanjut yaaaa khususnya buat anak-anak kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin selalu berharap selalu ada program-program yang baik seperti ini

      Hapus
  6. Setuju dengan Merry, karena gak ada yang mulus begitu saja pasti ada tantangan. Makanya perlu kerjasama dalam mendukung generasi bangsa lebih maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hal ini harus tetap ada kolaborasi tepat, gak bisa sendiri-sendiri

      Hapus
  7. Dari dulu soal SGM memang dipercaya untuk menunjang perkembangan anak. Soal generasi memang penting menentukan nutrisi dan parenting yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya nanti menjadi pribadi yang baik. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya kak sudah selalu support

      Hapus
  8. Target besar, Indonesia Emas 2045 harus segera ditunaikan, dan programnya harus didukung oleh semua pihak. Salut sih sama pihak SGM yang selain berbisnis juga sarat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi pada anak-anak. Semoga target Indonesia emas 2045 bisa terwujud dengan kualitas SDM anak-anak ke depannya yang unggul dan berdaya saing, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih banyak ya, suka banget dengan statementnya

      Hapus
  9. Generasi emas harus didukung dengan maksimal, agar bisa membuat bangsa semakin maju dan bersinar ya mbak
    Salah satunya ya dengan memberikan nutrisi terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap nutrisi sejak 1000 hari pertama kehidupan ya

      Hapus
  10. Aduh sedih saya bacanya, bahwa jumlah penduduk kurang gizi di Indonesia itu yang tertinggi di asia tenggara.
    Semoga dengan peran serta SGM melalui aksi tunjuk tangan untuk generasi maju, angka ini bisa di tekan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sungguh ironis ya kak kondisi begini karena pandemi

      Hapus
  11. Dulu waktu aku sering bepergian dengan bus. Rasanya miris banget kalau ada pengamen yang masih anak-anak. Sekarang pun masih banyak ya.
    Harapanku. Program SGM ini bisa mengcover untuk pemenuhan hak mereka juga untuk pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin banyak mbak, di sini apalagi di pinggir jalan sering lihat

      Hapus
  12. SGM udah dari dulu terkenal ya, mba. Buat boosting pertumbuhan anak oke banget. Nutrisi anak jadi tercukupi juga biar bisa jadi anak cerdas dan aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hadir sebagai produk Indonesia sejak tahun 1954 lho

      Hapus
  13. SGM sudah dipercaya sejak dulu untuk tumbuh kembang anak yg optimal. Aku pun dulu waktu kecil minumnya SGM lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata anak SGM juga toh, senangnyaa, terbukti jadi blogger sukses nih hehe

      Hapus
  14. Selalu appreciate sama yang dilakukan SGM. Programnya konsisten banget untuk memajukan generasi Indonesia menjadi generasi maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak, yuk ikutan dukung Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia

      Hapus
  15. Meilia Wuryantati20.12.22

    SGM Eksplor susah jadi susu kebanggaan dari anakku yang Gedhe nih, tentunya aku sebagai ibunya akan turut bangga dan berkontribusi dalam gerakan sosial " Ayo Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju Indonesia* 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hormat buat ibu yang selalu dukung nutrisi anak-anak dengan produk yang tepat

      Hapus
  16. anakku dulu juga pakai susu SGM ini dan anak ku juga terbantu banget nutrisinya. Keren deh gerakan sosialnya, semoga gerakannya banyak mengedukasi masyarakat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang mendengarnya, sukses terus buat anak-anak ya mbak

      Hapus
  17. Program SGM keren ya biar anak-anak Indonesia juga sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dan programnya semoga membuat banyak masyarakat makin teredukasi ya

    BalasHapus
  18. Benar kata Mba Shiera bahwa kita harus percaya bahwa setiap anak punya potensi dan hak sama untuk meraih kemajuan. Tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, terutama nutrisi dan pendidikan.Wih keren, ada testimoni dari Mba Merrry Riana juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mereka contoh Generasi Maju Indonesia

      Hapus
  19. SGM Eksplor emang yang terbaik ya dari zaman dulu hingga sekarang. Programnya juga banyak dan bagus-bagus banget. Semoga cita-cita Indonesia Emas di 2045 terwujud. Terutama anak bangsa harus cerdas dengan minum dan makan makanan yang sehat serta begizi seperti SGM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa robbal alamin terimakasih banyak doanya dan supportnya

      Hapus
  20. Apresiasi untuk SGM atas eksplor program sosial Gerakan Tunjuk Tangan Generasi Maju Indonesia menuju Indonesia Emas dalam bentuk donasi di bidang kesehatan, nutrisi dan pendidikan.

    BalasHapus
  21. SGM sejak dulu terpercaya membersamai tumbuh kembang anak Indonesia yaa. Btw, anakku juga minum susu SGM loh, hehehe

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤