NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

26.10.22

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang, Kab. Bogor

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Asiknya berenang di kolam arus Garuda Waterland 

"Bunda, besok hari Sabtu, anak pasus diajak berenang sama bu Papat. Katanya mau ke Garuda gitu namanya", ujar Selma, anakku yang tergabung dalam Pasukan Khusus Pramuka, di sekolahnya. Ibu Papat adalah panggilan akrab anak-anak kepada ibu kepala sekolah.

"Wah asik dong, dimana tuh? Kok baru denger namanya. Memang Selma gak capek? Baru kemarin pulang kemping di Cimandala", sahutku.

"Selma juga gak tau kolam renang Garuda itu dimana. Tapi pengen ikut. Gak apa-apa kan? Selma udah lama gak berenang, lebih seru bareng teman-teman".

Aku pun penasaran, langsung googling. Katanya sih dekat dari sekolah. Begitu lihat informasinya, wah ternyata bagus juga.  Namanya Garuda Waterland. Harga tiketnya pun terjangkau. Duh, jadi malu, ketahuan kurang gaulnya, kemana aja nih baru tahu ada kolam renang bagus di daerah Tajur Halang Kabupaten Bogor?

Hihi, harap maklum ya guys, dari dulu biasanya kami berenang di kolam renang Villa Bogor atau Rumah Ibu. Nah, Garuda Waterland ini ternyata termasuk kolam renang baru dibangun tahun 2017. Sampai pandemi melanda, kami gak bisa jalan-jalan, lebih banyak nonton youtube, baca buku, novel remaja, bahkan nonton film atau drama keluarga dengan berbagai genre salah satunya romance, anak ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), thriller.


Alasan Diajak Berenang di Garuda Waterland


Ajakan berenang di Garuda Waterland oleh ibu kepala sekolah, bukanlah tanpa alasan. Beliau ingin memberikan hadiah istimewa untuk anak-anak pasus yang berjumlah 20 orang anak itu, terdiri dari regu laki-laki dan regu perempuan. Mereka sudah berusaha meraih beberapa kemenangan di acara kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Ibtidaiyah (P2MI) seminggu lalu.


Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Membuat pionering
Sebelumnya hampir dua bulan lebih anak-anak digembleng latihan dasar kepramukaan. Waktunya penuh, pulang pun sampai menjelang ashar, seperti kejar tayang. Apalagi selama pandemi, kegiatan Pramuka sempat dihentikan, tidak pernah ada lagi latihan rutin. Jadi wajar saja jika mereka harus benar-benar digodog, dilatih semaphore, pionering, membuat tandu, menjawab rahasia sandi-sandi, baris berbaris, yel-yel, ketangkasan main engrang dan kolam batok, sampai benar-benar menguasai.

Alhamdulillah, semangat dan kesabaran mereka tidak sia-sia. Mereka berhasil meraih 9 piala untuk beberapa kategori tersebut. Sebagai orangtua aku turut bangga melihat hasil latihan mereka. Selain jadi pengalaman berharga, kegiatan ini pun membuat anak-anak jadi lebih percaya diri, belajar disiplin dan bertanggungjawab.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Pasukan Khusus Pramuka MIS Ikhwanul Muslimin
Dan aku setuju saja jika mereka dihadiahi berenang di Garuda Waterland. Manfaat berenang kan bisa menyehatkan tubuh, menunjang tumbuh kembang anak, dan untuk healing. Di sekolah pun tidak ada pelajaran berenang.  

Asiknya lagi, kami sebagai orangtua tidak dibebani biayai apa pun. Sejak kegiatan P2MI hingga berenang, biaya akomodasinya 100% ditanggung sekolah. Masyaallah tabarokallaah, semoga Allah SWT membalas kebaikan Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Muslimin ini, aamiin.


Suasana Kolam Renang di Garuda Waterland, Ada Bioskop Mini 3D!


Malam sebelumnya Selma sudah berkemas menyiapkan peralatan untuk berenang besok. Katanya harus berkumpul jam 08.30 WIB di sekolahan. Benar saja, tak lama setelah berkumpul, anak-anak langsung siap berangkat menggunakan mobil odong-odong. Lucu juga lihatnya, seperti karnaval.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang

Kalau lihat dari google maps, jarak dari sekolahan menuju kolam renang ditempuh sekitar 6.8 km. Lokasinya di jalan raya Kalisuren, tak jauh dari SMAN 1 dan Puskesmas Tajurhalang. Strategis. Kamu bisa datang dari arah Bojonggede, Cilebut, Parung, dan Sawangan. Sudah banyak review yang membahas ini.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang

Sekitar jam sembilan lewat anak-anak dan ibu guru tiba di sana. Semua bahagia
 begitu melihat kolam renang dan wahana yang luas. Suasananya bagus dan cukup lengkap. Cocok untuk wisata murah, ada:
• Ember Tumpah, 
• Aneka seluncuran, 
• Taman Air Mancur, 
• Kolam Arus, 
• Kolam Mandi Busa, 
• Kolam Ombak dan 
• Bisa nonton Bioskop Mini 3D.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Taman Air Mancur
Beruntung, hari itu suasananya sedang tidak ramai, sehingga anak-anak bisa puas bermain air tanpa harus berdesak-desakan. Mereka disewakan ban untuk di kolam arus seharga 25 ribu per 2 ring ban, bisa barengan bersama kawan-kawan lainnya. Seru-seruan di taman air mancur, perosotan, kolam busa dan kolam ombak.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Kolam busa
Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Ember Tumpah Credit by: yudhi dharmawan (google maps)
Namun sayang ruang gantinya sedikit, kalau saja bertepatan dengan hari libur, sepertinya bakalan antri. Tapi alhamdulillah hari itu, anakku bisa bilas dan mandi di dalamnya tanpa antrian. Kemudian dilanjutkan sholat di musholla dan makan siang di saung. Untuk menempati saung ini pun kepala sekolah sudah memesannya terlebih dahulu.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Credit by: Ibu guru Ika Choirunnisa

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Istirahat makan siang di saung (Credit by: Ibu guru Ika Choirunnisa)
Untuk mengenyangkan perut, kita bisa bawa bekal dari rumah atau bisa jajan di kantin serba ada di sana. Selesai berenang dan makan anak-anak bisa menikmati film pendek 3D menggunakan kacamata khusus. Ruangan movie-nya tidak terlalu luas, cukuplah menampung 10an penonton. Yah, harap maklum sih, dengan tiket terjangkau seperti itu, puji syukur ada tambahan fasilitas unik begini.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Credit by: diastuti tri puspitasari (google maps)
Memang harga tiket masuknya berapa sih? Normal untuk umum adalah:
👉🏻 Weekday 20rb
👉🏻 Weekend 30rb
👉🏻 High Sesion 40rb

Kalau mau lebih murah kita bisa cek harga promo-nya di akun resmi @garudawaterland. Seperti bulan Oktober ini ada promo seharga 17rb. Dan berlaku sampai November 2022. Asik banget kan kalau bisa ajak keluarga.

Asiknya Berenang di Garuda Waterland Tajur Halang
Credit by: @garudawaterland
Anak-anak pasus pun puas bermain air dan berenang di sana, hampir 5 jam. Hadiah ini tidak boleh dilewatkan. Sampai di rumah Selma pun tidak bisa menahan kantuk. Selesai beberes dan sholat ashar, langsung izin tidur sejenak. Nyatanya baru bangun menjelang azan maghrib. *Haha, tubuhnya sudah lelah sekali tapi semangat jiwanya masih membara.

Kegiatan ini membuat kesan baik bagi mereka, tak henti-hentinya Selma bercerita tentang acara perkemahan di Cimandala dan berenang di Garuda Waterland. Rasanya terpuaskan setelah tak henti-hentinya berlatih demi menjadi juara. Terimakasih banyak ibu kepala sekolah dan para guru pembimbing, barokallah..



16 komentar:

  1. Aku dulu juga tinggal di tajur halang. Asyik ya sekarang ada waterland ini

    BalasHapus
  2. Main air memang selalu mengasikkan.
    Apalagi buat anak-anak.
    Btw, harga tiketnya masih sama di tahun ini kak?

    BalasHapus
  3. Beberapa waterland biasanya ada larangan bawa makanan sendiri. Tapi, Garuda Waterland asik juga karena gak ada larangan seperti itu. Lumayan bisa irit kalau boleh bawa makanan sendiri

    BalasHapus
  4. Senengnya kalau punya Kepala Sekolah baik hati kayak bu Papat, memberikan hadiah hiburan untuk anak-anak yang telah berjuang membawa nama baik sekolah.
    Seneng banget pastinya Selma bisa berenang bersama teman-teman ya mbak

    BalasHapus
  5. Berenang tuh sepertinya sudah jadi salah satu kegiatan favorit anak-anak ya Mbak. Mainnya bisa berjam-jam sampe kulit keriput. Apalagi jika tempat renangnya sebagus di Garuda Waterland ini. Bakal betah habis pastinya.

    BalasHapus
  6. Sangat terjangkau banget ya harga tiketnya, cocok untuk kumpul2 keluarga nih di Garuda Waterland. Bisa santai ria dan kumpul pastinya makin kompak... penat pun hilang.... nanti kalo ada kesempatan bisa kesini.

    BalasHapus
  7. Senangnyaaaa......
    Baru tahu ada kawasan Tanjur Halang di Bogor
    (kudet banget ya saya? Kaya katak dalam tempurung)
    Walau cape, saya sering nemanin aktivitas anak (termasuk berenang) karena saya yakin pengalaman menyenangkan ini akan mambantu mereka melakukan "keseimbangan psikis" setelah dewasa

    BalasHapus
  8. Wah, Selma, dkk senangnya double nih Mbak. Senang bertamasya sekaligus merayakan prestasi yang sudah diperoleh.
    Fasilitas kolam renangnya pun lumayan bagus sampai ada bioskop 3D nya segala. Seru!

    BalasHapus
  9. Ya ampun jadi kangen tajur deh, enak ya kolamnya juga terjangkau, pengen deh ngajak anak berenang heheh

    BalasHapus
  10. Wah, sekarang di Tajurhalang ada waterland ya? Keren euy! Aku pernah tinggal di kawasan itu duluuu ketika masih sepi. Kalo pengen renang ya mesti ke kolam renang di Telaga Kahuripan :))

    BalasHapus
  11. Wih, bu kepsek seru banget sih. Pasti bu kepsek termasuk guru kesayangan murid-murid pastinya. Reward nya berenang? Saya pun mau untuk terus berprestasi lagi. Semoga kakak-kakak pramuka juga bisa terus berprestasi lagi. Semangat

    BalasHapus
  12. Aku kemarin pas ke Cirebon juga main ke waterboom yang uda dari sejak tahun sebelum pandemi (lupa tepatnya) lalu keseran pandemi, praktis gak digunakan sama sekali kan..
    Kasian banget lihatnya karena tentunya tetap membutuhkan biaya maintenance.

    Alhamdulillah,
    Bermain air di Garuda Waterland masih bisa dilakukan dengan penuh suka cita.
    Semua kembali normal dan sehat.

    BalasHapus
  13. Seru banget berenang di situ, rekreasi bareng keluarga memang menyenangkan sih ya, hati lebih bahagia dan fresh kembali hihi!

    BalasHapus
  14. wahh serunya. anakku senang banget main air, kalo diajak ke sini pasti dia senang banget karena bisa main air sepuasnya. sayang banget tempatnya jauh, hiks

    BalasHapus
  15. Wah, liburan sambil berkemah di Cimandala pastinya seru banget! Nggak kebayang betapa nikmatnya bisa menikmati suasana alam yang indah, melihat pemandangan yang luar biasa, dan berenang di waterland juga bareng teman lainnya.

    BalasHapus
  16. Wah wah seru banget ini main ke waterboom kayak begini. Anak-anakku suka deh. Dan senengnya, sekarang mah banyak tempat kayak gini. Jadinya gak terlalu jauh kalo nyari ya. Bahkan di daerah kabupaten juga ada. Semoga abis lebaran bisa main-main air nih bareng anak-anakku.

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge