Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor, Wisata Kampung Eropa Yang Instagramble

 

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor
I wish.. (dok.pribadi)

"Abis ini kita kemana kak? Apa boleh langsung pulang?", tanya kami para ibu-ibu Mombassador SGM Eksplor yang ikut serta dalam kegiatan meliput Warung Anak Sehat dan program Isi Piringku di sekolah Bogor.

"Tidak, jangan dulu, kita masih ada satu lokasi lain untuk dikunjungi. Ke Devoyage Bogor. Peserta Vlogger Danone Academy masih diberi tugas membuat video di sana. Setelah itu kita makan sore di Soto Kuning", ujar ketua Team dari Danone Indonesia.

Eh, tempat apa sih itu? Penasaran tapi rasanya sudah pengen pulang saja. Seharian dari pagi berkeliling Bogor, terguncang di dalam mobil, membuat badan ingin mandi air hangat lalu tidur yang nyenyak di atas kasur. Tapi apa daya, kita nurut aja deh sama yang ngajak.


Fasilitas dan Suasana Devoyage Bogor


Sebenarnya ini adalah cerita tiga tahun lalu sebelum pandemi. Sekarang sih mudah-mudahan sudah kembali normal, lumayan buat referensi wisata Bogor. Waktu itu kami pergi berombongan, jadi yaa mau gak mau harus kompak ikut saja kemana pergi. Begitu sampai di Devoyage, bagus juga, suasana langsung berbeda, seperti ada di film-film luar negeri gitu. 

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor
Neng setia menunggu bang (dok.pribadi)

Devoyage Bogor ada apa aja? Ternyata ini memang tempatnya wisata miniatur berlatar bangunan Eropa dan icon-icon lainnya seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, kotak box telepon merah yang khas London, Gondola Venesia, jembatan gembok seperti Pont des Arts, dan lainnya. Tamannya juga rapi dan bagus, membuat kami tak sabar ingin foto narsis di sana.

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor
Cekrek.. (dok.pribadi)

Katanya sih kita bisa ber-selfie di lebih dari 150 spot foto, tapi kenyataannya aku dan teman-teman sudah kecapekan berkeliling, jadi sekenanya aja berfoto, terutama di lokasi yang ada tempat duduknya, paling enak emang duduk mengaso, emang dasar badan udah loyo, hahaha. 

Buat para kawula muda, ke sini tuh pas banget deh, banyak spot cantik buat nambahin foto koleksi di Instagram. Dan di beberapa spot ada informasi sejarahnya juga lho, jadi bisa belajar.


Beruntungnya, saat kami ke sana pengunjung tidak terlalu ramai, suasana sore pun agak mendung, jadi cuaca agak dingin dan berkabut sehabis gerimis, semakin mendukung saja seperti di Eropa beneran. Mungkin karena hari itu adalah hari kerja, bukan hari Sabtu, Minggu. Jadi kami bisa sepuasnya berfoto di kawasan yang katanya seluas 1.5 hektar itu.

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor, Bagai Ke Eropa

Sayangnya, pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan, apalagi rantangan, jadi di sini bukan tempat piknik yang bisa gelar tikar ya, guys! Hehe. Tapi tenang, di dalam sini tersedia fasilitas umum seperti tempat bermain anak, restoran, musholla, toko suvenir, ATM, dan toilet. Parkirnya pun cukup luas.

Untuk menu-menu Coffee and Kitchen Deresto, restoran di Devoyage, menyediakan makanan khas Eropa seperti Gelato, Pizza, Chicken Cordon Bleu, Butterscotch Latte, Classic Curros. Tentu tak lupa terdapat hidangan khas sunda banget, seperti nasi kencur, soto kikil, Tahu Aci Bumbu Rujak, Gurame sambal Dabu-Dabu, Soto Bandung, dan lainnya yang pasti membuat perutmu kenyang dan membuat tubuh kembali berenergi.

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor, Bagai Ke Eropa
Source: @deresto_

Di restoran ini juga tempatnya asik dan banyak spot foto cantik. Disediakan tempat buat kita yang mau membuat acara seperti perpisahan sekolah, pembubaran panitia, acara kantor dan lainnya. Tentunya dibarengi paket menu makanan dengan harga yang sangat terjangkau. Gimana, berminat?

Buka dari jam 09.00 - 18.00 WIB untuk hari biasa, sedangkan hari Sabtu, Minggu, tutup sampai jam 20.00 WIB, semakin malam semakin cantik karena ditambah lampu-lampu hias yang beraneka warna. Wah siang harinya aja udah bagus karena cerah berwarna-warni, gimana kalau malamnya ya?



Harga Tiket Masuk Devoyage Bogor


Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor
Source: @devoyagebogor

Untuk masuk ke sini, tiket masuknya sekitar 40 ribu hingga 50 ribu perorang. Oya, mulai Juni lalu, Devoyage juga menyediakan tiket terusan seharga 200 ribu untuk 2 tiket masuk dan main games yang ada di sana seperti menyewa kano, ATV dan Gowes Angsa di Rumah Air, juga menggenjot Becak Mini.

Sambil menunggu kawan-kawan dari Vlogger Danone mengerjakan tugas, kami para bunda Mombassador SGM Eksplor memanfaatkan berkeliling dan mengabadikan moment kebersamaan dengan berfoto. Anggap saja sedang berwisata ke Paris, Italia, Belanda, Inggris. Makanya gak heran di sini sering disebut Kampung Eropa Bogor.

Teringat nasihat ayah yang pernah ke Swedia dan Jepang, menurutnya beliau, bisa pergi ke sana itu karena impian, menghayal, dan menggoreskan harapan saat membaca buku bergambar mengenai Jepang dan Eropa. Bisa saja kamu pun demikian, belum bisa pergi ke luar negeri, jalan-jalan dulu aja ke Devoyage. Ya gak?



Angkutan Umum Ke Devoyage Bogor


Sebenarnya lokasi ini lebih gampang ditempuh dengan mobil pribadi atau bus rombongan. Tetapi buat kita yang mau ngangkot, cari ide buat Lifestyle dan Traveling, atau backpackeran, bisa naik angkutan umum. Hal yang paling mudah yaitu naik kereta atau bus Trans, kemudian di lanjutkan dengan ojek online.

Jalan-Jalan Ke Devoyage Bogor

Commuterline Stasiun Bogor

Jika ingin naik kereta, pilih Commuterline jurusan stasiun Bogor. Lalu lanjut aja naik ojek online. Jarak tempuhnya sekitar 10km atau kurang lebih 23 menit sampai jika tidak tersendat macet.

Bus ke Bogor

Kita bisa naik bus umum maupun naik TransJakarta dari shelter Senen bisa semua, asal menuju Terminal Baranangsiang ya. Nah dari sana bisa naik ojek online lagi. Jarak tempuhnya lebih dekat dibanding dari stasiun Bogor, sekitar 8 km atau kurang lebih 20 menit.

Kenapa dari tadi tidak disarankan naik angkot hijau yang fenomenal itu? Sttt, ini tips traveling kalau ke Bogor ya. Jalur angkotnya ribet bangeeet, harus naik turun beberapa angkot. Pikir sekali lagi deh, bakalan buang biaya dan waktu, apalagi kalau diajak mangkal. Bukannya mau wisata ke Devoyage Bogor, tapi malah wisata angkot, haha..

Jadi pilihan ada di tanganmu!

Kalau aku sih karena rombongan, tinggal ikut kemana pergi. Itu pun sebelum jam 5 sore kami udah cusss pergi lagi ke Soto Kuning Pak Yusup yang enaaaak banget. Bikin sakit kepala cespleng hilang. Kuahnya kental dan gurih pisaaan, apalagi ditambah sambalnya, beuuuh.. 👌🏻👌🏻

Yuk main ke Bogor dulu sebelum kamu pergi ke luar negeri!



15 komentar:

  1. Wah menarik banget destinasi wisatanya jelaslah berasa ke Eropa ada menara eiffel ada juga yang lainnya mirip di Erope. Hemm kalau di sini mirip Florawisata San Terra kali ya. Seru pasti kalau bisa ke sana, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Oh ini namamya Devoyage Bogor, kemarin sempet liat dan lewat di beranda di reels Instagram orang, tapi gak ada keterangan lokasi di caption. Penasaran wisata dimana karena spot2nya bagus2. Ahaha. Pas banget baca blog ini hihi.

    BalasHapus
  3. walau aku belum pernah ke eropa, tapi kalau diajak ke tempat wisata seperti ini pun juga udah bikin senang hati hehe..

    BalasHapus
  4. 150 spot? huhuhu bakal gempor deh kaki
    senyum pun udah garing karena kelamaan
    Eniwei baswei, Devoyage Bogor ini ngingetin saya tempat instagramable di Lembang
    Lupa namanya, tapi isinya mirip banget

    BalasHapus
  5. Kayaknya kalau weekend tempat ini rame, ya. Jadi buat saya kemungkinan lebih nyaman di hari kerja. Biar lebih puas explore dan foto-fotonya kalau di sana

    BalasHapus
  6. Ya kok aku telat ya tahu Devoyage Bogor. Padahal aku tinggalnya di Depok. Thanks ya kak sudah review ini. Pengen deh kesana refreshing nanti di awal bulan

    BalasHapus
  7. Seru juga ya jalan-jalan kesini. Jauh nggak ya dari Depok? Lumayan bisa refreshing sama keluarga dan teman-teman

    BalasHapus
  8. Seperti di Eropa beneran hadir di wisata instagramable ini. Pas, kapan ya biaa kesana?

    BalasHapus
  9. Kalo lihat foto-foto bangunan dan vibes yang terlihat memang nuansanya Eropa banget ya Mbak. Makanya banyak spot foto istagenic nya. Restonya juga estetik dan menyenangkan. Masuk dalam wish list ini sih kalau punya kesempatan ke Bogor.

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah ke sanaaaa hahaha
    Beruntung nih ke sana ma emak2 mombassador :D
    Oh ternyata ada tiket terusan jadi kalau mau main wahana gak perlu bayar2lagi ya mbak? Aku penasaran kalau anak2 tiketnya berapa ya? Kali kapan2 aku ke sana jg hehe

    BalasHapus
  11. Waaahh, aku belum pernah kesini mbak. Salah satu wishlistku kalau main ke Bogor sih, haahhaha. Banyak spot cakep-cakep ya buat foto

    BalasHapus
  12. Bogor menjadi tempat wisata pilihan dengan European vibes. Seru banget. Liburan paling seru jalan ke Bogor dan menikmati segala yang ditawarkan sampai culinary nya yang lezat.

    BalasHapus
  13. ada 150 spot foto di Devoyage Bogor ini? Harus datang jam 9 ini ya mbak, dari awal buka kalau pengen ngerasain semua, atau jangan-jangan seharian nggak cukup nih saking banyaknya

    BalasHapus
  14. Instagramable lokasinya, penuh keceriaan dan bisa dikunjungi suatu waktu nantinya

    BalasHapus
  15. Aku langsung terpesona. Berasa kayak jalan-jalan ke Eropa nih. INstagramable banget. Tiketnya juga murah 40-50rb. Kalau bawa anak-anak kayaknya lebih hemat pakai tiket terusan nih. Jadi penasaran ingin main ke sini.

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤