Danone Indonesia Jadikan Sekam Padi Sebagai Energi Boiler Biomassa di Pabrik Jawa Tengah

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada
Sumber energi Biomassa sekam padi

Di negara agraris seperti Indonesia ini, siapa yang tak mengenal sekam padi? Kulit padi yang bentuknya kecil keras berserat, warnanya kuning kecoklatan, dan setelah padi digiling sering menjadi limbah tak bisa dimakan. Lalu untuk apa sekam padi ini?

Sekam padi bukanlah limbah, bisa dimanfaatkan menjadi media tanam, pupuk organik, abu gosok telur asin, briket sekam pengganti batu bara, silica gel, campuran batu bata, dan bahan bakar pengering padi maupun boiler pabrik tahu. Menjadi sumber ekonomi lainnya bagi para petani selain menjual beras.

Sekam padi bisa dijadikan bahan bakar dan sumber energi terbarukan untuk industri rumahan maupun industri besar. Tak perlu kayu bakar, batu bara, listrik, diesel, cukup dengan memanfaatkan sisa sekam padi. Ini disebut Biomassa, yaitu bahan material yang berasal dari organisma hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan produk sampingan seperti sampah kebun, hasil panen dan lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

Ini merupakan langkah terbaik agar tidak ada emisi, efek rumah kaca, dan pemanasan global yang dapat menyebabkan perubahan iklim ekstrim di Indonesia


Peresmian Pembangunan Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi di Pabrik PT. Sari Husada Generasi Mahardika


Terobosan biomassa ini juga akhirnya diambil oleh Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia dengan membangun Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi di pabrik PT. Sari Husada Generasi Mahardika, Prambanan, Klaten. Ini adalah pabrik pertama di Jawa Tengah yang menggunakan sekam padi sebagai sumber energi untuk kinerja mesin-mesin produksi di sana.

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Dan tanggal 15 Juni 2022 resmi diumumkan bahwa Danone Indonesia memiliki bangunan Boiler Biomassa pertama di pabrik Prambanan, Jawa Tengah, dengan menghadirkan saksi dari berbagai kalangan penting, antara lain:
Vera Galuh Sugijanto, selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia.
Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS
Edi Wibowo selaku Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementrian ESDM
Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah
Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si selaku Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah
Karyanto Wibowo, selaku Sustainable Development Director, Danone Indonesia
Marzuki Mohamad, Rapper dan Penggiat Pertanian
• Media nasional, Blogger Danone Academy seperti aku dan teman-teman melalui zoom, dan masyarakat umum yang menonton melalui Youtube Live.

Boiler Biomassa itu sendiri artinya perangkat mesin berbentuk ketel uap (boiler) berukuran besar yang berfungsi memanaskan air sehingga berubah menjadi uap sumber energi produksi yang dialirkan melalui pipa-pipa di pabrik. Untuk memanaskan air ini dibutuhkan pembakaran dan sekam padi sebagai bahan bakarnya yang diangkut dari persawahan ke tempat fasilitas Boiler Biomassa menggunakan truk.

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Sampai di sini paham?
Oke, lanjut yaa..

Sesuai dengan visinya yaitu One Planet One Health, penggunaan Boiler Biomassa sekam padi ini bisa menurunkan emisi sebesar 8300 ton Karbondioksida (CO2). Ini setara dengan emisi karbon yang diserap oleh 120.000 penanaman pohon. Pada pelaksanaan kegiatan produksi produk-produk bernutrisi untuk ibu, anak, dan keluarga di Pabrik Prambanan tersebut, Boiler Biomassa bisa mengurangi jejak karbon hingga 32%, sehingga bisa tetap menyehatkan bumi, lingkungan, dan manusianya, demikian yang dijelaskan oleh ibu Vera Galuh Sugijanto, selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia.

Danone Indonesia juga turut memitigasi (mengurangi resiko bencana) akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon tadi. Ambisinya agar tercapai:
• penggunaan energi listrik terbarukan hingga 100% pada tahun 2030,
• Mencapai karbon netral pada tahun 2050,
• Guna mendukung target Pemerintah meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025,
• Mencapai karbon netral pada tahun 2060

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Selain itu, penggunaan Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi ini juga bertujuan mulia yaitu menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat petani sekitar pabrik. Dengan mengambil bahan baku sekam padi dari penggilingan beras, memberikan kembali abu sekam yang dihasilkan kepada petani yang bisa digunakan sebagai pupuk. Ke depannya semoga semakin banyak petani yang semangat memproduksi beras dan sekam padi tadi.


Kerjasama Danone Indonesia dengan BECIS Dalam Operasional Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi


Dalam hal ini Danone Indonesia tidak sendiri, tetapi bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) dalam membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi. Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS menjelaskan dalam setahun digunakan 10.500 ton sekam padi untuk menghasilkan 6 ton steam perjam.

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi, bisa dijadikan pupuk organik, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Dan sampai kini Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam tersebut kepada kelompok tani. Tentu saja tetap mendapat pendampingan dalam penggunaannya ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha.

Sebagai penyedia layanan solusi energi terbarukan, BECIS percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan. BECIS sangat antusias mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini. Fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atap yang menjadikannya pengoperasiannya sangat ramah lingkungan.


Boiler Biomassa Sejalan Dengan Upaya Pemerintah Memanfaatkan Sumber Energi Terbarukan


Pada kesempatan inagurasi ini, Bapak Edi Wibowo selaku Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementrian ESDM yang hadir melalui zoom online ini menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada Danone Indonesia karena pembangunan ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi Terbarukan yang adil.

Pemerintah juga berupaya menjadikan biomassa sumber energi dari limbah yang ada di kebun, hutan, sawah, peternakan, industri kelapa sawit, seperti kayu, singkong, kotoran hewan, sekam padi, kelapa, tebu, jagung, dan sampah kota jika dikonversikan akan setara dengan listrik sebesar 56.97MW.

Ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Peluang pengembangan bioenergi masih sangat terbuka, pemanfaatan terbesar bioenergi saat ini khususnya biomassa dapat digunakan sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MW.

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Dalam inagurasi peresmian ini juga mendapat sambutan hangat dan apresiasi terobosan yang diambil oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang diwakilkan oleh bapak Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah: "Di Indonesia sebenarnya banyak potensi sumber energi, seperti energi tenaga surya karena sinar matahari sepanjang tahun, energi angin dari pantai selatan, sehingga penggunaan bahan bakar fossil bisa teralihkan.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah sangat berterimakasih dan mengapresiasi insiatif dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dimana saat ini Energi Baru Terbarukan menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia. Semoga semakin banyak perusahaan-perusahaan yang mencontoh dan memanfaatkan sekam padi yang sering kali menjadi limbah, belum banyak yang memanfaatkannya menjadi sumber energi".


Upaya Meningkatkan Kinerja Petani Sebagai Penghasil Beras dan Sekam Padi.


Kenapa memilih sekam padi sebagai sumber energi Boiler Biomassa? Karena menurut bapak Karyanto Wibowo, selaku Sustainable Development Director, Danone Indonesia, upaya ini dilakukan karena pabrik membutuhkan energi lebih besar dan tidak bisa mengandalkan energi listrik saja. Sehingga pemilihan sekam padi menjadi tepat karena di sekitar pabrik Prambanan masih banyak persawahan.

Selain Boiler Biomassa, pabrik Danone Indonesia adalah pionir menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terbesar di Jawa Tengah. Hal ini dilakukan agar tetap ada keseimbangan energi dan dapat mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari fossil seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Menurut bapak Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si selaku Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, di daerah ini masih banyak potensi sumber energi alam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat maupun industri. Salah satunya ada Sumur Geni yang viral, ini adalah rawa gas yang sekarang dimanfaatkan menjadi sumber gas yang dialirkan ke rumah-rumah warga sehingga mereka tidak lagi menggunakan gas elpiji melon.

Di satu sisi ada kekhawatiran, pelaksanaan kegiatan produksi menggunakan Boiler Biomassa sekam padi akan terhambat jika petaninya tidak berkelanjutan menanam padi di sawah dan menghasilkan sekam padi. Masalah ini harus dicegah agar petani kembali giat memproduksi sawahnya.

Salut! Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Boiler Biomassa di Pabrik PT. SariHusada

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun masyarakat agar cinta dan bangga menjadi petani dan sejahtera. Hal ini sudah diupayakan oleh seorang Marzuki Mohamad, Rapper dan Penggiat Pertanian. Mulai tahun 2014 beliau sudah mengajak anak-anak muda untuk sekolah pertanian, diberikan beasiswa, dan diberikan semangat untuk bisa sukses di desa, tidak perlu pergi ke kota.

Dan kini sudah menghasilkan beras sendiri dari Desa Kokosan Prambanan Klaten untuk dijual ke pelanggan tetap seperti Dian Sastro dan lainnya. Upaya ini sangat bersinergi dengan pemerintah dan Danone Indonesia. Saluuuuut..

Mari saatnya kita dukung dan sebarkan infromasi ini agar Indonesia maju memiliki sumber energi baru terbarukan dan berhasil mencapai zero emission pada tahun 2060. Yakin bisa ya!!


#BiomassBoiler 
#DanoneIndonesia



26 komentar:

  1. Danone memang perusahaan yang sangat memperhatikan lingkungan sekitarnya semoga dengan dibangunnya Boiler Biomassa dapat menginspirasi perusahaan lainnya sehingga sedikit bnyak bsa mengurangi global warming

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjadi pionir dan inspirasi, semoga makin banyak yang mengikuti pemanfaatan bahan bakar biomassa ini

      Hapus
  2. Sekam padi bener-bener bisa bantu danone Indonesia untuk berproduksi sekaligus menjaga lingkungan ya mbak. Teladan yg bagus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan visinya One Planet One Health, menyehatkan lingkungan dan manusianya

      Hapus
  3. Alhamdulillah dari limbah pertanian bisa diubah jadi energi berbentuk steam dan hasilnya pun bermanfaat untuk pupuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, jadi minim limbah ya

      Hapus
  4. Iya sih sudah waktunya industri berbasis pelestarian lingkungan digalakkan. Siapa lagi yang merawat lingkungan kalau bukan kita?
    Salut euy sama Sari Husada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, sebaiknya dimulai secepatnya ya biar makin banyak yang memanfaatkan sumber alam sebagai bahan bakar murah

      Hapus
  5. Sekam padi sering jadi sampah setelah panen, apalagi gatal kalau kena itu. Eh ternyata ini bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat pemanfaatan sekam padi ini.

    BalasHapus
  6. Taunya sekam tu di bakar dan jadi pupuk tanaman atau abu gosok. ternyata manfaatnya luar biasa, jadi energi...

    BalasHapus
  7. Ternyata dasyat banget ya pengaruhnya sekam selain sebagai alternatif energi juga pupuk untuk tanaman
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  8. Exciting banget saya waktu mengikutinya
    Akhirnya ada perusahaan yang mau menggunakan biomasa dari sekam padi, material yang sebelumnya cuma dibung
    semoga semaakin banyak yang meniru ya?

    BalasHapus
  9. Inovasi cerdas yang luar biasa sih ini , bisa manfaatkan sekam padi sebagai bahan bakar boiler, salut banget sama komitmen Danone tentang menjaga lingkungan.
    Banyak banget loh inovasinya, dan selalu berdampak positif untuk lingkungan :)

    BalasHapus
  10. Ternyata makin banyak manfaat lain yang bisa dihasilkan dari sekam padi ya mbak. Kalau dulu kan sekam dibuang-buang aja. Alhamdulillah itu artinya bisa ikut membantu menjaga lingkungan juga

    BalasHapus
  11. waw keren jg ya manfaat sekam. dari sesuatu yang tidak bermanfaat jika diolah dengan benar bisa jadi sesuatu yg bermanfaat, bs mengurangi limbah dan bs menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu loh kalau SEKAM PADI itu manfaatnya banyak banget. Termasuk salah satunya melestarikan alam. Luar biasa kegiatan CSR nya DANONE INDONESIA. Patut ditiru oleh sekian banyak organisasi yang menguasai pasar konsumsi di Indonesia. Semoga program ini berkelanjutan juga hingga efeknya berasa di segala bidang kehidupan.

    BalasHapus
  13. Keren banget inovasi yang dilakukan Danone ya. Sekam padi bisa digunakan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian yang proses pengolahannya juga ramah lingkungan.
    Sebelumnya sekam dianggap bagian yg tak bermanfaat. Semoga kegiatan ini ditiru oleh perusahaan lain.

    BalasHapus
  14. Sekam yang terbuang dan menjadi limbah akhirnya kini punya manfaat besar untuk hasil yang besar. Selain baik untuk tujuan menjaga lingkungan, baik juga untuk sektor pertanian.

    BalasHapus
  15. Kehadiran Boiler Biomassa ini semoga menjadi solusi apik untuk bahan bakar kita kedepannya. Dan bisa pula untuk hadir juga di kota-kota lainnya, karena energi terbarukan itu perlu

    BalasHapus
  16. inget zaman kecil di kampung, air sekam bakar buat keramas hihi.. belakangan, ngurusin komposting, sekam jadi salah satu bahannya. eiiiih, ada yang lebih penting, jadi sumber energi. danone keren deh!

    BalasHapus
  17. Setahuku sekam hanya untuk alas telur atau tanaman ternyata ada yang lebih lagi ya untuk pemanfaatan nya.

    BalasHapus
  18. Wah baru tahu ternyata sekam bisa jadi sumber energi. Keren banget
    Aku tahunya cuma bisa buat media tanam aja.
    Semoga bisa dikembangkan & dipakai semua lapisan masyarakat di Indonesia

    BalasHapus
  19. Pas banget tadi habis wisata ke salah satu kafe yang berada di tengah sawah. Mereka baru aja panen. Jadi lihat deh itu betapa banyaknya sekam padi, yang entah nanti jadi apa. Salut sama Danone Indonesia yang bergerak melakukan terobosan sehingga bisa mengatasi dua isu sekaligus.

    BalasHapus
  20. Menarik sekali ini, pemanfaatan bahan bakar boilerbiomass dari sekam padi oleh Danone SN Indonesia. tentu akan bermanfaat bagi pengurangan emisi, efek rumah kaca dan pemanasan global, untuk Indonesia dan dunia lebih baik lagi ke depan

    BalasHapus
  21. Wah salut banget sama pabrik yabg mulai menggunakan bahan bakar ramah lingkungan seperti ini
    Jadi upayakan mitigasi perubahan iklim juga ya mbak

    BalasHapus
  22. Danone memiliki program bagus untuk kemajuan ekonomi dan penemuan

    BalasHapus

Gunakan akun google untuk komentar atau silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com