Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut


Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

Ada perasaan campur aduk ketika anak-anak mulai protes kapan pandemi ini segera berakhir. Mereka sudah bosan kelamaan di rumah terus. Ya, mana pernah kami jalan-jalan lagi, pergi ke lapangan dan taman bermain di depan komplek saja bisa dihitung dengan lima jari.


Apalagi pas lebaran kami dilarang mudik, sang ayah pun masih galak memberikan aturan protokoler kesehatan pada kami. Selangkah keluar pagar, syaratnya harus pakai masker. Balik pulang ke rumah harus segera mandi dan berganti baju.

Hadeuuhh.. jenuh!

Jujur, kalau hidup dengan kondisi serba terbatas begini bukan mereka saja yang bosan, aku pun hampir kehilangan harapan, merasa pesimis karena apa yang sudah direncanakan jadi terhambat, merasa tak punya waktu me time, suara ribut anak-anak saat bermain atau berebut argumen, membuat konsentrasiku pecah membuyar.

Salah satu cara adalah dengan mengadakan kembali kegiatan dan acara menarik selama di rumah, seperti menonton, membuat kerajinan, atau kulineran kegemaran mereka, contohnya es krim.


Beli Es Krim Paddlepop Sebagai Rewards

"Dilarang mudik, wisata ditutup, terus ngapain dong?". Nah kan, bertambah lagi pertanyaan anak-anak karena gak jadi mudik ke rumah nenek. Sabaaar, sabarrr! Sebagai gantinya aku membolehkan mereka untuk membelanjakan uang salam tempel lebarannya. 

Ini juga sebagai rewards karena mereka bisa berpuasa sebulan penuh tanpa drama. Dikasih kesempatan begitu, di pikiran mereka cuma pengennya aneka jajan es krim. Mulai es krim yang ada di mekdi sampe jajan es krim Paddlepop  yang ada di minimarket.

Gak takut kena batuk? Ya, enggak. Asalkan daya tahan tubuhnya dijaga dan banyak minum air putih, insyaallah sehat-sehat aja kok. Es krim kan mengandung susu dan sari buah dan sudah ada bersertifikasi BPOM RI dan MUI, jadi cukup tenang.

Apalagi Paddlepop memiliki kandungan kalori hanya 110 Kkal, 12 gram gula, dan 3 gram lemak yang dapat memenuhi angka kebutuhan gizi anak. Serta mengandung buah dan susu dengan rasa yang enak.

Sebagai bunda yang gak mau rugi, aku arahkan mereka untuk membeli 4 bungkus es krim Paddlepop, wong cuma 10 ribuan aja kok, hemat banget kan. Sekalian supaya struknya bisa ditukarkan kode unik untuk akses nonton Wisata Virtual Bawah Laut di laptop. Anggap saja lagi beli tiket untuk berwisata ke Jakarta Aquarium & Safari gitu kan, melihat berbagai satwa laut.

Wah bagaikan angin segar, tumben si bunda? Hehe, iya kan bukan cuma bisa nonton, tapi ada games edukasi dan kuiz fotonya, kita jadi bisa incar hadiahnya, siapa tau nanti dapat kolam renang balon. Wihh, makin seru aja main di rumah. Gak perlu merasa jenuh lagi.

Dari pada mau berwisata tapi malah ada kerumunan massa dan akhirnya ditutup, lebih baik wisata virtual dunia bawah laut bareng Paddlepop aja deh, bisa santai sambil berleyeh-leyeh di rumah. Ya gaaak? *iyaaa...


Cara Menukarkan Struk Belanja Dengan Kode Unik Sebagai Akses Wisata Bawah Laut


Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

Setelah belanja es krim Paddlepop, kertas struk maupun alfagift digital aku kumpulkan supaya tidak hilang. Lalu lakukan hal-hal di bawah ini:

👉 Foto atau screenshoot struk pembelian es krim Paddlepop dengan jelas

👉 Kirim ke Whatsapp 085812231223 dengan Nama#TanggalLahir(DD-MM-YYYY)#no.WA

👉 Tunggu proses validasi data akan dilakukan maksimal 3x24 (jam kerja)

👉 Setelah mendapatkan KODE UNIK, segera kunjungi http://paddlepopmainyuk.com/ untuk dapat masuk ke Wisata Virtual Dunia Bawah Laut.

👉 Kode ini hanya bisa dipakai sebanyak 3 kali, jadi gunakan kesempatan. Kalau batas aksesnya habis, ya mau gak mau harus beli es krim dan kirim struknya lagi.

👉 Jika sudah masuk ke websitenya, kamu akan temukan beberapa fitur edukasi bermain, antara lain:

• Video wisata virtual dunia bawah laut bersama Jakarta Aquarium
• Kuiz berhadiah tentang pengetahuan gizi #CemilanBaikUntukmu
• Main Yuk dengan Twister Mermaid
• Kompetisi Foto keluarga saat menonton wisata virtual dunia bawah laut berhadiah kolam renang angin dan lainnya.


Membuat Perlengkapan Menyelam dari Barang Bekas Inspirasi Dari Main Yuk Twister Mermaid

Supaya wisata dunia bawah lautnya lebih terasa nyata, aku ajak Syadid untuk membuat perlengkapan menyelam seperti kacamata snorkling dan tabung oksigen dari bahan-bahan yang sederhana.

Inspirasi dari rekomendasi Main Yuk Twister Mermaid, yaitu Oxygen Tank And Diving Goggles, pembuatan ini dibutuhkan waktu 30 menit saja. Bahan dan alat yang disiapkan antara lain:

1. Kacamata Snorkling (Diving Goggles)

Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

Bahan
Karton, gunting, lem, pembolong kertas dan karet.

Cara membuat:
• Siapkan karton tebal dan buat pola kacamata besar berikut pipanya.
• Lalu digunting bagian sisinya.
• Rekatkan keduanya sehingga membentuk kacamata snorkling beneran.
• Lubangi kanan kirinya untuk dipasangi karet pengikat kepala dengan pembolong kertas
• Setelah karet dipasang, atur ukurannya dengan lingkar kepala anak.


2. Tabung oksigen (Oxygen Tank)

Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

Bahan
Dua buah botol plastik bekas ukuran 1 liter atau sejenis lainnya, selotip hitam, cat semprot warna silver, kain flanel 25cm x 25cm, 50 cm tali tambang, lem dan gunting

Cara membuat :
• Pertama semprot kedua botol dengan cat silver dan tunggu mengering (lakukan di luar ruangan rumah agar efek aroma catnya tidak banyak terhirup)

• Beri motif garis hitam menggunakan selotip pada masing-masing botol

• Rekatkan kedua botol pada bagian sisi tengah menggunakan lem uhu agar terbentuk tabung oksigen para penyelam.

• Pasangkan tali di bagian belakang botol menggunakan bantuan kain flanel sebagai penutup dan lem.

• Tunggu sampai semua mengering lalu tempelkan stiker karakter yang unik dan bisa diletakkan di punggung anak.

Selesaaaii...

Setelah semua alat menyelam buatan siap, pakaikan pada anak-anak sambil diceritakan bagaimana serunya menjadi penyelam di lautan, agar bermain jadi lebih seru dan dapat mengembangkan imajinasi. 

Lihat saja tingkahnya anakku, percaya diri menggunakan alat mainnya sambil menonton dunia bawah laut ikan pari.

Oya, permainan Twister Mermaid bukan itu saja, masih ada lainnya juga gak kalah seru dan mudah dibuatnya, seperti:

💧 Twister Water Play (percobaan air bisa berjalan dan mencampur warna)

🌈 Rainbow Bubble (percobaan membuat gelembung warna-warni), dan

🥚 Sinking or Floating (percobaan benda terapung, melayang, dan tenggelam)

Penasaran gak? Ayo, coba cari tahu ya di www.paddlepopmainyuk.com, sambil nontonin Video wisata virtual dunia bawah laut bersama Jakarta Aquarium and Safari.


Sinopsis Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Bersama Jakarta Aquarium

By the way, ini sih fitur yang paling duluan ingin ditonton anak-anak. Mereka excited banget kepengen lihat ada apa aja sih di dalam cerita perjalanan wisata virtual kali ini? Oke aku ceritakan sinopsisnya ya.

Pertama kamu itu nanti akan diajak pemanasan dulu bersama kak Sigi dan Paddlepop yang diiringi lagu semangat. "Siapa bilang, main tak belajar. Main teka-teki, bikin aku pintar". Begitu kira-kira lagunya.

Lalu kak Sigi langsung menggunakan kacamata selam dan tabung oksigen seperti yang kemarin kami buat dan mengatakan sebelum menyelam harus pakai perlengkapannya dulu. Kenapa? Supaya dapat bernafas oksigen di dalam air dan melihat pemandangan bawah laut dengan tenang.

Asyiknya Nonton Seaventure Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

1. Gurita
Kak Sigi mengajak kita bertemu gurita dan berhitung jumlah lengannya. Wah ternyata ada 8 lengan dan paling pintar karena banyak syarafnya, dapat mengubah tekstur kulitnya secara cepat. Ihh aku juga baru tau, lho 😄


2. Ikan Pari
Biota laut selanjutnya ada ikan pari, dia adalah kerabat dekat dengan ikan hiu, namun bedanya tidak punya gigi bertaring dan berkembang biak dengan bertelur, jadi bukan melahirkan seperti mamalia ya.

Cara melindungi dirinya dengan menyengat racunnya bukan menggigit. Namun ada ikan pari manta yang ramah dengan ikan-ikan kecil di sekitarnya untuk membantu membersihkan tubuhnya. Ingat gak pelajaran biologi perilaku apa nih? Yes, simbiosis mutualisme, sama-sama diuntungkan.


3. Ikan Hiu
Kak Sigi bilang ikan hiu ini cukup berperan penting untuk ekosistem di bawah laut, namun sayang populasinya mulai punah karena sering ditangkap untuk diambil siripnya. Padahal ikan hiu bertugas untuk memangsa hewan yang lemah atau sakit sehingga ekosistem jadi sehat.


4. Berburu harta karun
Kak Sigi mengajak berburu harta karun yaitu permainan mencari barang-barang yang ada di rumah, kamu disuruh mencari barang misalkan barang yang berwarna abu-abu, benda yang berbentuk bulat, atau buku kesukaanmu. Siapa yang paling cepat kembali ke depan layar laptop, dialah yang menang.


5. Leafy Sea Dragon
Bentuknya sekilas mirip kuda laut namun ada bagian helaian seperti dedaunan sebagai penyamaran. Hidup di lautan Australia dan bertelur sebanyak 250 butir namun hanya sedikit yang bisa menetas. Saking uniknya sering diburu namun dia bisa menyamar seperti sulap.


6. Dugong
Hewan mamalia langka yang hidup diperairan dangkal dan tenang ini kabarnya setiap tahun sering diburu, padahal dugong ini sudah mulai punah dan bisa hidup lebih dari 70 tahun. Uniknya dugong punya sirip yang mirip tangan manusia yang gunanya untuk bergerak memeluk anaknya.


7. Cerita Putri Duyung (Mermaid)
Di Jakarta Aquarium ini ada panggung sandiwara yang bercerita mengenai kerajaan dan kisah cinta putri duyung yang mempunyai sahabat-sahabat ikan barunya menjelajahi dunia bawah laut. Di sini sih akan kelihatan perempuan berenang-renang di dalam Aquarium besar bersama ikan.


Terakhir, petualangan wisata virtual dunia bawah laut ini, kak Sigi mengajak untuk memutar roda ungkapan perasaan. Bagi yang terpilih mempunyai tanggal lahir terbesar, harus mengungkapkan perasaan bagaimana setelah menonton video ini. Nah, kalau kamu gimana? Yuk nonton dan tak lupa kuucapkan "Selamat Idul Fitri ya, mohon maaf lahir dan batin" 😊


20 komentar:

  1. Senangnya bisa berwisata virtual di bawah laut.Anak-anakku udah remaja sih, udah nggak tertarik main beginian. Tapi kalo sama Paddle Pop-nya sih selalu love-love. Aku aja suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kalau sama es krimnya, aku juga masih suka banget

      Hapus
  2. Biar anak-anak dapat wawasan tentang dunia bawah laut sambil main kayak gini pasti seru ya mba, apalagi kalo rame-rame mainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, beli es krim bisa dapat bonus nonton

      Hapus
  3. Keren ya Mba Lia. Nggak perlu mudik tapi masih bisa bermain mengenal hewan-hewan bawah laut. Keren Paddle Pop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya alhamdulillah kak, jadi ada hiburan nih

      Hapus
  4. Lumayan bangett inii buat nemanin ponakan di weekend biar ga rewel main keluar muluuu. Bisa aku ajak wisata virtual bawah laut ajaa biar ala-ala Jakarta Aquarium.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya anakku juga lumayan betah duduk

      Hapus
  5. Seru juga ya kak ceritanya. Tp bener sih kata lagunya. Kata siapa sih bermain itu nggak sambil belajar. Pada kenyataannya, kita selalu bisa menyisipkan informasi pada setiap permainan yang dilakukan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.. setuju banget, sambil main harus disisipi pesan positif

      Hapus
  6. Kak Sigi ternyata membawa para peserta melihat keindahan bawah laut dengan indah. Daku aja seneng nih membayangkannya, apalagi kalau ponakan daku ikut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi inget gak tayangan Blue's Clues? Nah semacam begitu, seru mengajak interaktif

      Hapus
  7. Kezia juga nih selama weekend beberapa kali dia ikut Seaventure bersama Paddle Pop soale seru dan mengedukasi juga.

    BalasHapus
  8. ini beneran seru banget bisa eksplorasi bawah aut tapi dirumah aja. Bikin anak lebih kreatif dan pastinya seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak-anak jadi ada hiburan sambil makan es krim

      Hapus
  9. wah seru banget sih bisa wisata virtual dunia bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure.. banyak hal yang bisa didapatkan termasuk ikutan quiznya

    BalasHapus
  10. Liburan paket komplit ya Mbak walau tinggal di rumah aja. Belajar gunting2, belajar ngecat, sekaligus menikmati dunia bawah air sambil mengenal nama-nama ikan.

    Eh, galfok sama tabung oksigennya, imuuttt

    BalasHapus
  11. Seru banget ya acaranya bisa nambah banyak ilmu dan kreativitas anak ya

    BalasHapus

Gunakan akun google anda jika ingin berdiskusi atau bertanya. Atau silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com