16.2.20

Mengupas Tuntas Kinerja Danone Spesialis Nutrisi Indonesia


Rabu kemarin, aku mendapat kesempatan langsung berkunjung ke salah satu pabrik Danone spesialis nutrisi di kawasan industri Citeurep, Sentul, Kab. Bogor bertepatan dengan acara Peluncuran "Sustainability Report Danone Specialized Nutrition Indonesia 2017-2018". Apa itu?

Ini adalah upaya transparansi pihak Danone Spesialis Nutrisi Indonesia. Istilahnya buka-bukaan kepada semua lapisan masyarakat, apa saja sih yang sudah dikerjakan mereka selama itu? 

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Acara ini juga seperti memberikan jawaban jelas bagiku supaya gak mudah terhasut hoax. Oya, sebelumnya aku pernah baper karena seseorang yang sudah kuanggap seperti saudara sendiri meng-unfollow instagramku. Apa salahku ya? 

Iseng, aku cek instagramnya. Mataku langsung tertuju pada sebuah foto ajakan boikot perusahaan makanan dan minuman pro Israel dan misionaris, salah satunya Danone. 

Waduh, apa gara-gara ini?

Selama ini aku memang kebanyakan foto dengan produk Danone, seperti Aqua dan SGM Eksplor. Keduanya dipayungi oleh perusahaan Danone Global. Apa jangan-jangan dia menyangka aku ikut mendukung hal ini? *hayo lhooo..

Duuuh, tapi gak gitu juga kaliii..

Sungguh tak bijak jika alasannya cuma itu. Hari gini masih termakan hoax? Please deh, jangan. Sebaliknya, kita harus mencari tahu dan berbaik sangka, ya kaaan..

Danone Indonesia itu transparan lho, mereka sering memberikan laporan keberlanjutan perusahaan, agar masyarakat tau dan bisa jadi acuan sumber informasi yang betul-betul nyata, bukan hoax, bukan fitnah. 

Saatnya kita membuka mata untuk tahu lebih dalam apa saja sih yang sudah dilakukan Danone di Indonesia ini?


Mengenal Danone Specialized Nutrition Indonesia


Sekedar informasi, Danone adalah perusahaan makanan dan minuman yang tersebar di 160 negara, salah satunya Indonesia. Fokusnya membangun perusahaan dalam bidang: Specialized Nutrition, Essential Dairy and Plant-Based, serta Air minum.

Danone Indonesia itu tidak hanya memproduksi air minum Aqua, tetapi juga berkonsentrasi membangun bisnis di berbagai aspek kesehatan nutrisi dan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Ayooo.. baca sampai selesai ya, biar benar-benar paham!

Sesuai visi dan misinya yaitu One Planet One Health, "kesehatan manusia dan bumi saling berhubungan, apa yang sudah diambil dari bumi dan dimanfaatkan manusia harus kembali baik ke bumi", demikian penjelasan ibu Connie Ang, selaku Presdir Danone Specialized Nutrition Indonesia.

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Ada 10 komitmen yang dipegang teguh oleh perusahaan ini yaitu:

1. Menyediakan kehidupan yang sehat melalui pemberian nutrisi sebagai pondasi kesehatan jangka panjang

2. Memberikan produk dan layanan yang berkualitas sesuai standar Danone, pemerintah dan industri

3. Menerapkan sistem keamanan mutu pangan sesuai prinsip HACCP agar tangguh dan proaktif

4. Memastikan kepuasan konsumen, pelanggan, dan pemangku melalui penyediaan produk yang aman dan halal

5. Mencapai prinsip Zero Accident, mencegah penyakit dan polusi dari semua pihak

6. Melakukan perbaikan terhadap keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan.

7. Menjalankan bisnis yang bertanggung jawab sesuai UU dan kode etik yang berlaku.
 
8. Mendukung pemberian ASI eksklusif

9. Bekerjasama dengan mitra bisnis, asosiasi dagang, asosiasi industri meningkatkan kesadaran mempromosikan pemasaran secara bertanggungjawab.

10. Mendorong budaya perusahaan memegang komitmen sebagai prioritas tertinggi dan bertanggung jawab bersama. 

Sampai di sini mulai paham, guys? Yuk kita lanjut lagi ke topik laporan Danone SN Indonesia ini..!


Topik Penting Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia 2017-2018


Di dalam Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia 2017-2018 ini ada 6 topik utama yang menjadi pilar dasar. 

Yaitu:
1. Riset dan Inovasi
2. Mengelola Karyawan
3. Menyediakan Nutrisi Berkelanjutan melalui Rantai Nilai
4. Alam dan Lingkungan
5. Pemberdayaan Sosial Ekonomi
6. Kepatuhan perusahaan

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Di Indonesia sendiri, Danone Global membangun Danone Specialized Nutrition (Danone SN) dengan tujuan menyehatkan masyarakat melalui nutrisi awal kehidupan untuk 3000 hari pertama kehidupan dan nutrisi khusus yang berlandaskan riset dan sains selama 40 tahun lebih.

Semua itu disiapkan untuk ibu hamil, anak-anak, hingga yang berkebutuhan khusus seperti penderita alergi makanan, anemia, dan stunting. Danone SN sangat konsentrasi persembahkan produk nutrisi kepada masyarakat berupa susu SGM, Bebelac, Nutrilon, dan Lactamil.

Danone Spesialized Nutrition ini dibagi di 4 perusahaan antara lain di: PT. Sarihusada Generasi Mahardika Yogyakarta, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera Ciracas, PT. Sugizindo Citeurep Sentul, dan PT. Nutricia Medical Nutrition. Bekerjasama dengan pemasok dan kemitraan peternak susu sapi yang berkualitas.

Menurut bapak Delta Deritawan selaku Operation Director SN Indonesia, seluruh perusahaan yang dikelola Danone Indonesia ini merupakan perusahaan minim kecelakaan kerja sepanjang tahun 2018, hal ini diantisipasi dengan pelatihan K3.

Bahkan ditambahkan beliau, mereka memiliki kepatuhan anti korupsi 'zero tolerance' yang diawasi oleh Komisi Kepatuhan yang bernama Cluster Complience Commitee (CCC).

Memang terasa sih, saat memasuki kawasan pabrik, kami tidak bisa sembarangan. Semua tamu harus diperiksa dengan seksama, nama-nama kita sudah didaftarkan sebelumnya, wajah pun harus difoto, dan begitu KTP ditukarkan dengan nametag barulah kita dipersilahkan masuk.

Kami juga dilarang membawa makanan, dilarang berfoto dikawasan pabrik tanpa izin, dan harus memakai sepatu khusus juga berjalan di jalur kuning yang sudah disediakan. Meski demikian, mereka mengklaim bahwa pabrik ini tetap nyaman sekelas bintang lima. *Haha, seperti hotel saja ya..

Ada satu hal lagi yang perlu diacungi jempol, untuk menunjang kelestarian alam dan lingkungan, Danone SN juga menerapkan beberapa pendekatan, antara lain:

a. Kontrol Emisi dan Konsumsi Energi

Yaitu dengan melakukan audit energi, optimasi blow down pada boiler, mengatasi kebocoran udara, mengeliminasi evaporator, melakukan instalasi oil injection dan optimasi distribusi tata udara (AHU), serta penggunaan lampu LED di lingkungan kerja.

b. Pengelolaan Air dan Air Limbah

Pabrik mengalirkan limbah air ke sungai Gadjah Wong dan sungai Deleran, dan bertanggung jawab memeliharanya dengan pengolahan air limbah metode aerob dan anaerob sehingga masih aman untuk lingkungan.

c. Kelola dan Olah Limbah produksi

Diakui sudah ada penurunan volume limbah sebanyak 2% menjadi 156.976 ton, karena sebagian juga sudah digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

d. Inisiasi Green Office

Bukan hanya di kawasan pabrik, Danone juga mendisplinkan para karyawan termasuk office boy dengan mengkampanyekan dan pelatihan hemat air, kertas, dan listrik.

Untuk lebih meyakinkan, kami diajak langsung melihat bagaimana kinerja mesin yang memang didesign mengikuti gravitasi untuk mengurangi energi. 

Jadi kami harus menaiki 3 lantai dulu. Nah, lantai teratas adalah ruangan penuangan bahan baku susu yang langsung turun ke ruang bagian bawah untuk proses pengadukan. 

Setelah proses pengadukan, formula susu pun turun lagi ke ruang bawah untuk proses pengemasan alumunium foil dengan mesin otomatis dan didistribusikan ke bawah untuk pengepakan. 


Berbagai Program Menarik Sebagai Pendekatan Nilai Ekonomi, Sosial, Nutrisi, dan Pendidikan.


Selain di bidang bisnis, Danone SN juga mengadakan pendekatan secara ekonomi, sosial, dan pendidikan masyarakat. Menurut bapak Karyanto Wibowo selaku Suistanability Director Danone Indonesia, sejauh ini perusahaan sudah memfokuskan 5 kegiatan socioeconomic empowerment.

Apa saja itu? Yaitu mengembangkan beberapa program, antara lain:

Kesehatan dan nutrisi
👉 Mencegah anemia dan stunting
👉 Program Isi Piringku,
👉 Warung Anak Sehat (baca lengkapnya klik di sini)
👉 Bekerja sama dengan kementerian kesehatan dan FEMA IPB.

Pendidikan usia dini
👉 Dirikan PAUD Cerdas di kawasan pabrik PT. Sugizindo
👉 Taman Pintar di Yogyakarta

Pengembangan ekonomi lokal 
👉 Proyek Merapi
👉 Rumah Tempe

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Pemberdayaan wanita
👉 Duta 1000 Pelangi,
👉 Rumah Bunda Sehat,
👉 dan Rumah Srikandi
👉 Ada 40% karyawan perempuan,
👉 Cuti melahirkan selama 6 bulan, 
👉 Pengadaan ruang laktasi, 

Semua itu dilakukan demi mendukung tumbuh kembang anak Generasi Maju lebih optimal. Ini program kebijakan yang keren banget, apalagi cuti melahirkan selama 6 bulan.

• Pengananan bencana dan kebutuhan khusus seperti bantuan kemanusiaan gempa Palu Sigi dan Donggala.

Nah, semua informasinya ada di buku laporan keberlanjutan Danone SN Indonesia.

Oya, contoh nyata yang kami sambangi adalah melihat langsung kegiatan di lokasi PAUD Cerdas yang berada di kawasan dekat pabrik PT. Sugizindo.

Anak-anak sekecil itu sudah diberi pelajaran manfaat makan makanan sehat dan senam Isi Piringku dan mereka paham. Lucu deh melihat mereka bergerak sambil bernyanyi mengikuti lagu.

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Apalagi saat akan makan, semuanya berbaris teratur mencuci tangan, duduk rapi berdoa, lalu melahap nasi beserta lauknya hingga habis, tak lupa minum susu dan air putih.

https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


Kalau saja semua taman kanak-kanak dan PAUD menerapkan hal ini, yakin deh kita akan memiliki generasi penerus yang hebat, kuat, dan sehat. Seperti yang diharapkan ibu Prof. Dr. Ir. Sri Ana Marliati, Msi, Ketua Departemen Bidang Gizi, FEMA IPB, bahwa semua bisa dicapai dengan sinergi dan penunjang yang baik.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak IPB adalah memberikan pengenalan nutrisi kepada para orangtua dan guru melalui media buku, pengukur tinggi badan dan pamflet berisi materi manfaat nutrisi dan Isi Piringku.


Penutup


Jadi kesimpulan semua ini bagaimana? Pada kesempatan yang sama, ibu Maria Dian Nurani, dari AICON, selaku pengamat dan konsultan di bidang Sustainability, mengatakan bahwa inisiatif keberlanjutan selama 2017-2018 sudah dilakukan dengan sangat baik oleh Danone SN dan sangat relevan dengan kebutuhan saat ini.


https://www.narasilia.com/2020/02/kupas-tuntas-kinerja-Danone-Specialized-Nutrition-Indonesia.html


So, sekarang makin nampak jelas kinerja yang sudah dilakukan Danone Spesialis Nutrisi Indonesia. Jadi bagaimana menurut anda, apakah Danone Indonesia berpihak pada zionis, misionaris atau hal-hal yang negatif? Tentu saja tidak..!!

Kalau masih penasaran, kita bisa mendowload semua Laporan Keberlanjutan ini di www.sarihusada.co.id dan www.nutricia.co.id


27 komentar:

  1. wah asyiknya ayng bisa ke sana melihat langsung ya, keren juga programnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, seneng banget bisa langsung melihat prosesinya ☺️👍

      Hapus
  2. Transparansi Danone membuat kita yakin bahwa semua yang dilakukannya tentunya untuk kebaikan masyarakat agar tetap sehat dan peduli akan gizi seimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mbak, jadi gak ketinggalan info aktual, gak kena hoax juga

      Hapus
  3. Danone makin menginspirasi ya mbak Lia. Saya jadi bertambah ilmu. Apalagi ada kampanye hemat yg diterapkan Danone, mesti didukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga nambah info ☺️

      Hapus
  4. Emang keren yah bunn..pabriknya Danone, berstandarkan internasional tapi tetap tidak lupa dengan masyarakat indonesia, mengangkat ekonomi rakyat dan ramah lingkungan.

    BalasHapus
  5. Pengolahan limbah ini lho penting. Kalau cuma mikir profit tanpa sustainability, ya malah membuat pencemaran.
    Good job, Danone!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, setuju. Gak boleh mau enak sendiri ya

      Hapus
  6. Asik banget kak bisa main ke pabrik Danone langsung.. Semoga nanti bisa ke sana juga, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa berkesempatan langsung 😊

      Hapus
  7. Program yg diadakan Danone macem-macem ya, dari edukasi anak sejak dini sekaligus pengembangan ekonomi lokal. Keren Danone!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua aspek dilakukan dan diperhatikan 😊

      Hapus
  8. Saya pernah mengunjungi pabrik Aqua di Pandaan, menurut saya mereka konsisten menjaga kebersihan dan keamanan kerja. Tapi soal kabar hoax gitu saya tidak seberapa terpancing. Apalagi kalau kabar yang dihembuskan nggak masuk akal, haha

    BalasHapus


  9. Saya pernah berkunjung ke pabrik Aqua di Pandaan mbak. menurut saya mereka konsisten menjaga kebersihan dan keamanan kerja bagi siapapun yang berada di sekitar area pabrik. Salut lah..

    Untuk soal kabar hoax untungnya saya tidak mudah terpancing komen. Kadang-kadang berita yang dihembuskan gak masuk di akal sih, hehe

    BalasHapus


  10. Saya pernah berkunjung ke pabrik Aqua di Pandaan mbak. menurut saya mereka konsisten menjaga kebersihan dan keamanan kerja bagi siapapun yang berada di sekitar area pabrik. Salut lah..

    Untuk soal kabar hoax untungnya saya tidak mudah terpancing komen. Kadang-kadang berita yang dihembuskan gak masuk di akal sih, hehe

    BalasHapus
  11. Menarik sekali informasi ini mbak. Aku malah enggak kepikiran sejauh sampai ke boikot-boikotnya. Hanya setelah membaca ini lebih memahami visi dan misi dari Danone sendiri. Seyogyanya memang perusahaan yang memproduksi sesuatu tetap memberi manfaat terhadap alam.

    BalasHapus
  12. Danone masuk jadi salah satu company favorit aku.
    CSR nya nyata untuk masyarakat.
    Danone juga banyak kasih nilai positif untuk penggunanya.
    Salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaapp, terimakasih sharingnya

      Hapus
  13. Transparansi di Danone bisa membuat kita yakin bahwa semua yang dilakukannya tentunya untuk kebaikan masyarakat agar tetap sehat dan peduli akan gizi seimbang. Semangat!!!!

    BalasHapus
  14. Bener banget ya mbak semua harus di kupas tuntas biar gak termakan hoax, Danone emang keren nih program2nya

    BalasHapus
  15. wah baru kali ini saya baca detail tentang danone Indonesia, malah dibawahnya ternyata ada 4 perusahaan lagi.

    dari segala aspek sudah diperhatikan oleh danone, saya tertarik dengan olah dan kelola limbah sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.

    BalasHapus