Pengalaman Ikut Kelas Ibu Hamil Di Bogor



Manfaatnya Ikut Kelas Ibu Hamil Yang Wajib Dicoba



Hahh.. kok ikut kelas Ibu Hamil? Emang udah hamil berapa bulan? Haha, enggaaak, aku lagi gak hamil. Tapi memang mau ikut acara Festival Bunda SGM yang diadakan dalam rangka kampanye Langkah Awal Dukung Generasi Maju di Yogya Cimanggu Bogor.

Nah, sebagai Mombassador SGM Eksplor, aku, Cica, Indah, Siti, Eka dan Yessi diajak pihak brand SGM Eksplor untuk berpartisipasi di sana, karena kebetulan tempat tinggal kami di wilayah Bogor dan sekitarnya, dekat dengan lokasi acara.


Aku dan team Mombassador SGM Eksplor

Tapi bukan semata-mata ikutan ya. Jadi sebulan sebelumnya, kami juga diberi tugas, yaitu membantu untuk mencari minimal 30 orang ibu hamil yang bisa diajak ikut acara Festival Bunda SGM. Alhamdulillah banyak yang antusias mau ikut mendaftar, apalagi acara ini GRATIS. 

Iya, tanpa biaya apa pun mereka akan dapat banyak manfaat dari materi seminar dari dokter kandungan, kelas yoga, demo masak, snack dan goodiebag. Menarik banget kan? Hari gini masih ada acara yang memberi fasilitas begitu, rugi banget gak ikutan, jangan sampai dilewatkan deh.

Namun begitu, tetap saja ada yang cancel mendadak menjelang hari Festival Bunda SGM dimulai, alasannya ada acara keluarga. Duh, kami harus mencari lagi peserta lain untuk mengisi kekosongan. Namun biar pun begitu, kami gak patah semangat. Lanjuuutt..!


Ikut Kelas Ibu Hamil di Festival SGM Bunda Tanpa Biaya


Bismillah, tepat jam 7.00 pagi di hari Sabtu 14 Desember 2019, aku berangkat mengajak si kecil Syadid ngebut naik motor menuju ke sana. Udara sejuk dingin masih terasa berhembus di wajah tak menghalangiku terus melajukan si honda hitam agar tidak terlambat.




Alhamdulillah tiba di sana tepat waktu sebelum acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Wow, amazing, terkesima aku dibuatnya, ternyata pihak brand SGM Bunda sudah menyiapkan tempat acara yang super cantik..!

Suasananya nyaman, adem ber-AC, snacknya mewah, bahkan ada ruang untuk pijat relaxing & treatment dari Mom n Jo, serta ruang periksa kehamilan dan USG. Keren, komplit banget manjain ibu hamil, jadi pengen hamil lagi, yiahaha.. *becanda ya Allah, cukup 3 anak aja kok.

Nah, untuk mendapatkan fasilitas tambahan itu, peserta diharuskan membeli susu SGM Bunda senilai 60 ribuan di booth yang sudah disediakan. 




Murah banget kan untuk dapat semua itu? Coba kalau ke tempat lain, bisa-bisa habis ratusan ribu. Ya kan, ya kaaan?

Menjelang pukul 08.30 WIB, acara dimulai. Satu persatu peserta yang kebanyakan ibu hamil pun masuk ke ruang seminar bersama anak dan suami. Pembawa acara menyapa kami semua dan membacakan susunan acara yang akan dilaksanakan hingga pukul 12.00 WIB nanti, yaitu:

1. Seminar dr. Subhan Arif Rahman, SpOG
2. Kuiz
3. Couple Yoga
4. Kuiz
5. Demo masak
6. Pengumuman lomba foto

Iya ada kuiz, lomba foto di sosial media, hadiahnya voucher belanja. Jadi peserta diajak aktif untuk posting foto sebanyak-banyaknya agar bisa menang. Tuh, banyak deh manfaatnya, gak bakal rugi 😁👍


Belajar Nutrisi, Yoga, dan Masak Sebagai Langkah Awal Dukung Anak Generasi Maju


Untuk bahasan pertama, dokter Subhan Arif Rahman, SpOG menyampaikan bagaimana sih tips agar kehamilan itu bisa menjadi langkah awal mendukung anak generasi maju?

Tips-nya: buatlah diri bunda selalu sehat sejak 1000 hari pertama kehidupan janin, yaitu sejak pembuahan di dalam rahim hingga mereka lahir dan berusia 2 tahun disusui. Manfaatkan akan melahirkan anak yang memiliki 5 potensi kecerdasan, yaitu: 
• sehat, tumbuh tinggi
• cerdas kreatif
• supel
• mandiri
• dan percaya diri. 




Siapa pun mau dong punya anak seperti ini. Lalu bagaimana sih tips langkah awal dukung generasi maju?


👉Langkah pertama, mencegah anemia dan KEK (Kekurangan Energi Kronis).

1. Cegah Anemia 

Anemia adalah kekurangan sel darah merah akibat minimnya asupan zat besi dan asam folat dalam darah. Jika dicek kadar Haemoglobinnya dibawah < 12 mg / dL

Masuk akal sih, janin kan terbentuk dari gumpalan darah, jika di dalamnya tidak mengandung sel darah merah yang sempurna, bagaimana mungkin janin akan terbentuk sempurna? 

Efek lain akibat anemia akan membahayakan ibu, antara lain bisa pendarahan. Bahkan untuk si bayi, seperti cacat otak, kelainan tulang, kelainan plasenta, gagal jantung, kematian di dalam rahim, lahir prematur, dan berat badan lahir rendah (BBLR). 

Astaghfirullaah, jangan sampai ya..!

Jadi untuk mencegah hal itu bunda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan asam folat. Kadar porsinya harus 2 kali lipat dari asupan perempuan yang tidak hamil.


2. Cegah Kekurangan Energi Kronis (KEK)

Kekurangan energi membahayakan ibu hamil, jika selama kehamilan lesu, tidak energik bagaimana mungkin bisa kuat melahirkan. Hati-hati ya bun, hal ini bisa disebabkan karena tidak mendapatkan asupan zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) secara optimal. Jangan takut makan dan minum yang bergizi


👉 Langkah kedua, kenali dan jangan pantang makanan yang paling dibutuhkan ibu hamil antara lain karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien seperti kalsium, zat besi, dan asam folat.




Mengapa demikian? Manfaatnya untuk mencegah kekurangan energi, menambah berat badan, meningkatkan imunitas, gak gampang flu dan lesu, memperbanyak pertumbuhan jaringan sel tubuh, mencegah stress dan meningkat pelarut vitamin K.

Makanlah seperti nasi, ubi, singkong, kentang, daging ayam, ikan, telur, sayur mayur dan buah-buahan yang tersedia di tukang sayur tuh. Banyak minum air putih dan minumlah susu agar tambahan zat besi, kalsium, vitamin D dan mineral lainnya tercukupi.


👉Langkah ketiga, lakukan olahraga ringan dan teratur. Olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil bisa yoga, jalan kaki, streaching, berenang, dan olahraga ringan yang aman dan bebas resiko.

Manfaatnya:
• menghindari resiko bayi lahir besar
• cegah otot kaku, melenturkan tulang dan sendi, 
• memperbaiki postur tubuh
• melatih pernafasan, 
• mengurangi stress 
• memperlancar peredaran darah
• meningkatkan imunitas
• mencegah diabetes, pre eklampsia
• mempermudah kelahiran

Nah, kebetulan hari itu juga dilakukan Couple Yoga. Semua ibu hamil diajak yoga berdua dengan pasangan atau peserta lain yang tidak membawa pasangan, dibimbing oleh ahlinya yaitu Instruktur Chandra Dwi Fitriani dan rekan. 




Semua peserta diajak duduk melantai, saling berhadapan dengan pasangan dalam satu matras. Saling memijat, saling mengusap punggung, menarik tangan, dan memegang perut. Ahh, so sweet banget deh..!

Aku aja merasakan enaknya ikut yoga, tulang dan otot terasa kretek-kretek-kretek tertarik, udah lama juga gak streaching. Habis yoga jadi lebih fresh deh. Apalagi acara ini dilanjutkan dengan demo masak.


👉Langkah keempat, masaklah makanan yang bergizi untuk kebutuhan kehamilan. Manfaatnya lebih bersih, aman, terjaga, sesuai selera. Seperti yang dicontohkan dalam demo masak kemarin. 

Chef yang mirip oppa itu membuat 2 macam snack yang menggunakan susu SGM Bunda rasa strawberry dan rasa coklat. Menu ini diklaim bisa mengurangi rasa mual saat kehamilan.




Jadi gak perlu alasan lagi gak mau minum susu. Bisa kok dimodifikasi dan dikreasi menjadi santapan yang lezat. Badan sehat, janin sehat, kehamilan pun jadi menyenangkan.

Jadi, kalau nanti ada acara Festival Bunda SGM lagi di kota bunda, jangan sampai ketinggalan ya, harus ikut deh. Dijamin gak akan menyesal, cek informasinya di @SGMBunda dengan #LangkahAwalDukungGenerasiMaju.


12 komentar:

  1. makasih sharingnya mbak. Semoga yang lagi hamil pada sehat-sehat ya ......

    BalasHapus
  2. https://www.myinfoo.web.id

    BalasHapus
  3. aku pas hamil senengnya yoga, dan ternyata bisa banget bikin badan lebih enak, ga pegel2 dan waktu lahiran pun lebih lancar alhamdulillah

    BalasHapus
  4. Festival bunda SGM keren banget. Sayang deh kalau nggak dapat informasi dari kegiatan itu bagi ibu hamil dan menyusui ya mba

    BalasHapus
  5. Kirain apa singkatan KEK ternyata Kekurangan Gizi Kronis hehehe. Aku jadi ingat pas dulu mengikuti kelas ibu hamil yang senam2 ituuuu loh. ANtusias banget deh karena suami ikutan ke dalam nemenin. Ini acara SGM beragam sekali ya. Sangat bermanfaat nih. TFS.

    BalasHapus
  6. Iyap Penting Juga senam hamil dulupun sempat ikutan ... gak bikin tegang saat melahirkan jadinya walaupun sempet blank Karena Nahan sakit... Pernah Juga nih ikutan acara SGM bnyk manfaatnya

    BalasHapus
  7. Wah bahayanya serem juga ya, Li kalau kekutangan anemia?bisa kerusakan otak pada anak. Duh sempet HB turun waktu hamil. Untung ga sampai anemia.

    BalasHapus
  8. Syadid otw nambah adek ni, upsss, haha... Aku kalau hamil, setelah trimester pertama hobinya makan yg enak2. Senam hamil paling buka youtube, hihi...

    BalasHapus
  9. Syadid otw nambah adek ni, upsss, haha... Aku kalau hamil, setelah trimester pertama hobinya makan yg enak2. Senam hamil paling buka youtube, hihi...

    BalasHapus
  10. Mba doain ya aku bisa segera hamil lagi... Dan salut ya sama SGM,concern banget sama edukasi Ibu hamil. Suka sama kegiatannya deh..

    BalasHapus
  11. Makanya nih tiap hamil dokter sou ding agar zat besinya siperkuat. Apalagi pas binar tuh karena faktor usia sampai double suplemen zar besi

    BalasHapus